Pengertian Hak dan Kewajiban Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Hak dan Kewajiban Menurut Para Ahli Terlengkap – Definisi hak secara umum ialah sesuatu yang perlu didapatkan sejak lahir ke dunia oleh masing masing orang. Selain itu adapula definisi hak dan kewajiban menurut para ahli lainnya. Hak berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan sebagai sebuah keadaan dalam melaksanakan sesuatu yang benar, kepunyaan, kekuasaan, milik, dan wewenang dikarenakan sesuai dengan aturan, Undang Undang dan sebagainya. Kebenaran dari kekuasaan itu sendiri sesuai dengan martabat atau derajat serta sesuatu ataupun demi menempuh sesuatu itu sendiri. Lantas apa pengertian hak dan kewajiban menurut ahli itu?

Pengertian hak menurut para ahli dan pengertian kewajiban menurut para ahli tersebut berbeda beda. Hal ini dikarenakan ada beberapa persamaan dan perbedaan diantara makna hak dan kewajiban menurut para ahli itu sendiri. Untuk itulah ada beberapa pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli. Secara umum, definisi kewajiban ialah sesuatu yang termasuk sebuah keharusan dan perlu dilakukan. Dalam hal ini tema hak memiliki umur yang lebih mudah dalam perjalanan histori dibandingkan tema kewajiban, walaupun sebenarnya telah lahir sebelumnya. Pada tahun 1948, tema hak pertama kali dilahirkan melalui deklasrasi HAM PBB. Kemudian untuk tema kewajiban sudah lahir sebelumnya dengan karakter umum melalui ajaran agama. Dalam hal ini kewajiban manusia ialah mengamalkan perbuatan baik kepada sesama dan menyembah Allah.

Pengertian Hak dan Kewajiban Menurut Ahli

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli terlengkap. Dalam pembahasan tersebut akan saya jelaskan satu persatu mengenai pengertian hak dan kewajiban menurut ahli itu. Definisi hak dan kewajiban menurut para ahli ini hampir sama dengan pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Agar anda lebih memahami mengenai pengertian hak menurut para ahli dan pengertian kewajiban menurut para ahli tersebut. Maka dapat anda simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Hak dan Kewajiban Menurut Para Ahli Terlengkap

Definisi hak dan kewajiban pasti sudah sering kita dengar dalam ilmu hukum maupun pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Pengertian kedua hal tersebut dapat secara umum ataupun para ahli. Lantas apa pengertian hak dan kewajiban menurut ahli itu? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa sejak seseorang berada di dalam perut ibunya (dalam bentuk janin), ia telah memiliki hak. Kemudian setelah ibunya melahirkan dia, maka akan diikuti dengan hak dan kewajibannya. Untuk itulah makna hak dan kewajiban menurut para ahli mulai dikembangkan.

Dalam pembahasan tersebut terdapat pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli yang dibagi menjadi dua sub menu yaitu pengertian hak menurut para ahli dan pengertian kewajiban menurut para ahli. Definisi hak dan kewajiban menurut para ahli ini hampir sama dengan pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Hak Menurut Para Ahli

Dalam materi pembahasan pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli yang pertama saya jelaskan ialah definisi hak menurut para ahli. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Soerjono Soekanto
Pengertian hak menurut para ahli yang pertama dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Definisi hak menurut ahli ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Hak relatif atau searah. Definisi hak ini pada umumnya terdapat dalam hukum perjanjian dan perikatan. Contohnya hak melunasi prestasi dan hak menagih.
  • Hak absolut atau hak jamak arah yang berupa hak kepribadian, hak tubuh, hak dalam Hukum Tata Negara (HTN) yang ditujukan untuk warga hak asasi untuk ditagih pajaknya oleh penguasa, hak kehormatan dan kebebasan, hak kepribadian, hak suami istri, hak anak, hak kekeluargaan, hak orang tua, hak cipta, hak paten dan merek, serta hak untuk objek imateriel.

Prof. Dr. Notonegoro
Definisi hak menurut para ahli selanjutnya diungkapkan oleh Prof. Dr. Notonegoro. Dalam materi pengertian hak dan kewajiban menurut ahli tersebut juga tercantum pendapat dari Prof. Dr. Notonegoro. Hak menurut Prof. Dr. Notonegoro ialah wewenang dalam melakukan atau menerima yang sudah sepatutnya dilakukan dan diterima pihak tertentu secara terus menerus dari pihak lain manapun sehingga pada dasarnya secara paksa telah dituntut olehnya.

Baca juga : Hubungan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap

Salmond
Pengertian hak menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Salmond. Dalam materi pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli tersebut juga tercantum pendapat dari Salmond. Pengertian hak menurut Salmon dapat dibagi menjadi beberapa arti yaitu meliputi:

  • Hak dengan arti sempit yaitu hak memiliki pasangan berupa kewajiban. Misalnya hak yang terdapat pada pemiliknya sehingga telah melekat pada orang tersebut, hak yang ditujukan untuk orang lain sebagai pemegang kewajiban berkorelatif dan kewajiban antar hak.
  • Hak kemerdekaan yaitu hak kepada seseorang yang diberikan untuk kemerdekaan dalam menjalankan kegiatan hukum, tetapi tidak digunakan untuk melanggar, mengganggu, dan menyalahgunakan sehingga hak orang lain tetap bebas dan tidak dilanggar.
  • Hak kekuasaan yaitu hak yaang ditujukan dengan cara hukum dan melalui jalan, untuk mengubah kewajiban, hak, dipertanggungjawabkan dalam hukum, dan sebagainya.
  • Hak imunitas atau kekebalan ialah hak yang dimiliki oleh orang lain agar dibebaskan dari kekuasaan hukum.

Curzon
Definisi hak menurut para ahli selanjutnya diungkapkan oleh Curzon. Dalam materi makna hak dan kewajiban menurut para ahli tersebut juga tercantum pendapat dari Curzon. Pengertian hak menurut Curzon dapat dibagi menjadi beberapa arti yaitu meliputi:

  • Hak sempurna dan tidak sempurna. Contohnya hak yang memaksa dan melaksanakan hukum (hak sempurna), hak kadaluwarna karena terdapat batasan di dalamnya (hak tidak sempurna).
  • Hak utama ialah hak yang terdiri dari hak hak lainnya sehingga diperluas dan dilengkapi dengan hak tambahan.
  • Hak publik ialah hak yang terdapat dalam masyarakat serta hak perdata yang terdapat dalam diri seseorang.
  • Hak positif dan negatif.
  • Hak milik ialah hak yang berhubungan dengan barang, serta hak pribadi yang berhubungan dengan kedudukan dari seseorang.

Pengertian Kewajiban Menurut Para Ahli

Dalam materi pembahasan pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah definisi kewajiban menurut para ahli. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Prof. R. M. T. Sukamto Notonagoro
Pengertian kewajiban menurut para ahli yang pertama dikemukakan oleh Prof. R. M. T. Sukamto Notonagoro. Dalam materi pengertian hak dan kewajiban menurut ahli tersebut juga tercantum pendapat dari Prof. R. M. T. Sukamto Notonagoro. Kewajiban menurut Prof. R. M. T. Sukamto Notonagoro ialah sesuatu yang dipertanggungjawabkan oleh pihak tertentu untuk dilakukan, sehingga orang yang berkepentingan dapat menuntutnya secara paksa.

Baca juga : Hasil Amandemen UUD 1945 Beserta Tahapannya

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Definisi kewajiban menurut para ahli selanjutnya berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam materi makna hak dan kewajiban menurut para ahli tersebut juga tercantum pendapat dari KBBI. Kewajiban menurut KBBI dapat diartikan sebagai sesuatu yang perlu dilakukan dan diwajibkan.

Perbedaan Hak dan Kewajiban

Setelah menjelaskan tentang pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang perbedaan hak dan kewajiban. Materi definisi hak dan kewajiban para ahli hampir sama dengan pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Pada dasarnya hak berhubungan dengan kewajiban karena hak yang diperoleh seseorang akan digunakan untuk melakukan kewajiban serta sebaliknya.

Hak adalah sesuatu yang dimiliki oleh seseorang secara mutlak. Dengan kata lain hak dapat diambil oleh orang tersebut dan apabila tidak diinginkan maka dapat pula tidak diambil. Sedangkan kewajiban ialah sesuatu yang patut dilakukan seseorang. Dengan kata lain harus ada tanggung jawab dari seseorang dalam menjalankan sesuatu. Apabila orang tersebut tidak melakukannya maka akan terkena sanksi seperti sanksi sosial ataupun hukum.

Sekian penjelasan mengenai pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli terlengkap. Dalam pembahasan mengenai pengertian hak dan kewajiban menurut ahli diatas terdapat penjelasan mengenai pengertian hak menurut para ahli dan pengertian kewajiban menurut para ahli secara detail. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *