Macam Macam Pakaian Adat Riau Beserta Gambar Terlengkap

Diposting pada

Macam Macam Pakaian Adat Riau Beserta Gambar Terlengkap – Di Pulau Sumatera terdapat salah satu daerah yang memiliki landasan Islam dalam nilai nilai luhur melayunya yaitu daerah Riau. Riau tersebut memiliki kebudayaan baru yang tercipta dari kombinasi nilai nilai Islam dengan adat dari masyarakat melayu sehingga dapat dijadikan sebagai ciri khas mereka. Salah satunya ialah baju adat Riau tersebut. Pakaian adat ini dapat dijadikan sebagai interpretasi yang kuat dari nilai nilai kebudayaan itu. Jenis pakaian adat dari Riau memang kental dengan nilai agama dan nilai adatnya. Bahkan model dan gaya pakaiannya juga disesuaikan dengan budaya masyarakat di negara Indonesia.

Masyarakat Riau setempat menjunjung tinggi nilai nilai kesopanan yang diwujudkan dalam bentuk pakaian panjang dan tertutup. Pakaian adat Riau ini memiliki ciri khas model yang sederhana sehingga dapat dikaitkan dengan gaya berpakaian orang melayu. Baju adat dari Riau tersebut juga mempunyai corak khas yang sama kuat persamaannya dengan tradisi melayu seperti penggunaan rok  maupun sarung panjang atau lebar. Kemudian untuk baju yang dikenakan lebih longgar dan memiliki kerah tinggi sehingga hampir sama dengan tradisi Melayunya.

Gambar Pakaian Adat dari Riau
Gambar Pakaian Adat dari Riau

Baju adat Riau untuk pria dan wanita pada dasarnya hampir sama, bahkan tidak jauh berbeda pula dalam penggunaan aksesorisnya. Pakaian adat di berbagai wilayah di Indonesia merupakan salah satu bentuk ciri khas budaya di daerah tersebut. Bahkan sampai sekarang tetap dijaga kelestariannya sehingga tidak hilang dimakan zaman. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam pakaian adat Riau beserta gambar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Pakaian Adat Riau Beserta Gambar Terlengkap

Sejak zaman dulu, kebudayaan masyarakat Riau memang terus berkembang sampai pada akhirnya menciptakan baju adat Riau yang beraneka macam jenisnya hingga sampai sekarang masih dipakai oleh masyarakat Riau itu sendiri. Meskipun pakaian adat ini terdiri dari beberapa jenis, namun memiliki satu persaman dalam nilai nilai agama dan adat melayu di dalamnya.

Baca juga : 34 Nama Provinsi di Indonesia Beserta Rumah Adat, Tarian Adat, Pakaian, dan Senjata Tradisional

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa pakaian adat Riau untuk pria dan wanita memang tidak jauh berbeda. Letak perbedaannya hanya terdapat pada acara yang didatanginya. Untuk itu baju adat Riau dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti pakaian anak anak untuk keseharian, pakaian dewasa untuk keseharian, pakaian orang tua untuk keseharian, pakaian adat resmi, pakaian upacara adat dan pakaian upacara pernikahan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pakaian Anak Anak Untuk Keseharian

Pakaian adat dari Riau yang pertama saya jelaskan khusus untuk anak anak dalam kesehariannya. Fungsi pakaian adat tidak hanya untuk acara acara tertentu saja. Namun fungsi dari beberapa pakaian adat juga untuk pakaian sehari hari. Contohnya saja pakaian anak anak untuk keseharian ini. Pakaian adat anak anak untuk sehari hari dapat di bagi menjadi dua jenis yaitu pakaian anak perempuan dan pakaian anak laki laki.

Pakaian adat Riau untuk anak laki laki tersebut dinamakan dengan baju monyet. Pakaian ini dapat dikombinasikan dengan celana panjang tanggung dengan penutup kepala atau kopyah yang bentuknya segi empat. Kemudian untuk pakaian adat anak perempuan Riau dinamakan dengan baju kurung yang motifnya bunga bunga. Pakaian tersebut dapat dikombinasikan dengan kerudung atau jilbab dan rok lebar. Kegunaan pakaian masyarakat Riau untuk keseharian ini juga untuk menuntut ilmu maupun mengaji.

Pakaian Dewasa Untuk Keseharian

Pakaian adat dari Riau selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah khusus untuk dewasa dalam kesehariannya. Pakaian khas yang dikenakan oleh masyarakat Riau usia dewasa berhubungan dengan nilai budaya dan agama yang erat. Pakaian yang dikenakan oleh laki laki melayu dinamakan dengan Baju Kurung Cekak Musang. Baju Kurung Cekak Musang ialah baju menyerupai busana muslim yang dikombinasikan dengan celana longgar dan panjang. Penggunaan pakaian ini bebarengan dengan penggunaan kopyah dan sarung.

Pakaian adat Riau khusus perempuan Melayu dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti Baju Kurung Laboh, Baju Kurung Tukang Belut dan Baju Kebaya Pendek. Ketiga jenis baju adat Riau ini dikenakan bebarengan dengan penutup kepala yang berasal dari kain selendang. Selain itu, baju adat ini juga dapat dikombinasikan dengan kerudung atau jilbab.

Baca juga : Dampak Tanam Paksa Dalam Bidang Politik di Indonesia Lengkap

Pakaian Orang Tua Untuk Keseharian

Pakaian adat dari Riau selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah khusus untuk orang tua dalam kesehariannya. Pakaian adat yang dikenakan oleh laki laki berusia setengah baya atau berumur panjang disebut dengan Baju Kurung Teluk Belanga atau Baju Kurung Cekak Musang. Baju adat ini terbuat dari kain katun atau kain lejo. Jenis baju adat dari Riau tersebut memiliki nuansa agamis dalam pembuatannya.

Kemudian untuk pakaian adat Riau perempuan yang berusia tua dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti Baju Kebaya Laboh, Baju Kurung Teluk Belanga, dan Baju Kebaya Pendek. Ketiga jenis baju adat Riau ini dilengkapi dengan selendang yang digunakan untuk kerudung. Biasanya kaum wanita di Riau mengkombinasikan pakaian tersebut dengan kerudung asli ataupun jilbab.

Pakaian Adat Resmi

Pakaian adat dari Riau selanjutnya ialah pakaian adat resmi. Penggunaan baju adat resmi Riau di masa lalu hanya dikenakan saat ada kunjungan atau pertemuan resmi dengan kerajaan. Tetapi penggunaan pakaian tersebut pada zaman sekarang dikenakan saat acara kepemerintahan yang resmi. Pakaian adat resmi untuk laki laki dinamakan dengan Baju Kurung Cekak Musang. Baju ini dipadukan dengan sarung dan kopyah lengkap. Pembuatan Baju Kurung Cekak Musang sendiri berasal dari bahan kain yang kualitasnya tinggi seperti kain sutra ataupun kain satin.

Pakaian Adat Resmi Riau

Pakaian adat Riau resmi untuk perempuan dinamakan dengan Kebaya Laboh. Bahan dari baju adat Riau ini adalah kain tenun. Pembuatan kain tersebut berada di beberapa daerah Riau sehingga menjadi ciri khas masyarakatnya seperti di Siak, Trengganu, Indragini dan sebagainya. Para wanita atau gadis perawan di Riau menggunakan kebaya yang desainnya panjang sampai tiga jari diatas lutut. Kemudian untuk wanita setengah baya mengenakan kebaya yang desainnya panjang sampai tiga jari dibawah lutut.

Pakaian Upacara Adat

Pakaian adat dari Riau selanjutnya ialah pakaian upacara adat. Penggunan baju adat ini untuk acara acara resmi seperti upacara penobatan raja, upacara penerimaan anugerah, upacara pelantikan, upacara penerimaan tamu dan sebagainya. Pakaian upacara adat tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu pakaian khusus perempuan dan laki laki. Pakaian upacara adat untuk laki laki dinamakan dengan Baju Kurung Cekak Musang yang dikombinasikan dengan kopyah dan sarung. Sedangkan pakaian upacara adat untuk perempuan dinamakan dengan Baju Kebaya Laboh Cekak Musang atau Baju Kurung Tulang Belut yang dipadukan dengan kerudung atau jilbab.

Baca juga : Pengertian Moralitas dan Legalitas

Pakaian Upacara Pernikahan

Pakaian adat dari Riau selanjutnya ialah pakaian upacara pernikahan. Baju adat Riau untuk pengantin laki laki dinamakan dengan Baju Kurung Cekak Musang yang dikombinasikan dengan sarung dan kopyah. Selain itu pengantin laki laki juga mengenakan sebai di bahu kirinya dengan warna kuning, di kelingking terdapat canggai, di pinggang kirinya diletakkan keris dengan bentuk kepala burung serindit dan di kepala terdapat mahkota.

Pakaian Adat Pernikahan di Riau
Pakaian Adat Pernikahan di Riau

Baju adat Riau yang dikenakan oleh pengantin perempuan dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pelaksanaan upacaranya. Contohnya Baku Kurung Teluk Belanga yang dikenakan pengantin perempuan ketika upacara malam berinai. Kemudian Baju Kurung Cekak Kebaya pendek yang dikenakan ketika upacara berendam dan Baju Kebaya Laboh yang dikenakan ketika upacara bersanding.

Demikianlah beberapa macam pakaian adat Riau beserta gambar terlengkap yang dapat saya jelaskan. Jenis jenis pakaian adat dari Riau tersebut memiliki nilai nilai agama Islam dan adat melayu yang terdapat di dalamnya. Penggunaan baju adat tersebut juga dikenakan dalam kehidupan sehari hari sehingga tidak hanya ketika menghadiri upacara upacara tertentu saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *