12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)

Diposting pada

12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku) – Pengertian puisi secara umum ialah sebuah karya sastra yang berisi curahan hati atau ungkapan dari dalam diri seorang penyair. Hal ini dikarenakan ungkapan perasaan penyairlah yang menjadi dasar pembuatan karya sastra puisi tersebut. Puisi sendiri dibuat dengan bahasa yang indah, dimana di dalamnya terkandung beberapa hal seperti bait, makna, irama, matra dan rima. Puisi tersebut juga terdiri dari beberapa jenis seperti puisi lama dan puisi baru. Setiap jenis puisi memiliki contohnya masing masing. Salah satunya ialah puisi rumahku istanaku. Puisi tentang rumah tersebut merupakan satu dari sekian contoh puisi dengan ciri ciri tertentu didalamnya. Untuk itulah contoh puisi pendek tentang rumah ini tidak hanya dibuat dengan asal asalan saja.

Lalu bagaimana contoh puisi tentang rumah yang baik itu? Puisi bertemakan pengalaman di rumah ini harus disesuaikan dengan ciri ciri dan kaidah kebahasaan dalam puisi itu sendri. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masing masing karya sastra pasti mempunyai ciri ciri khusus. Salah satunya ialah ciri ciri puisi tersebut. Puisi lama sendiri memiliki ciri ciri seperti tidak diketahui nama pengarang puisinya, memiliki hubungan dengan peraturan irama, baik, rima dan baris, dinamakan dengan sastra lisan karena dari mulut ke mulut proses penyampaiannya, isinya mengenai fantastis dan kerajaan, serta menggunakan majas yang klise dan tetap.

Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)
Puisi Bertemakan Rumah

Selain puisi lama adapula puisi rumahku istanaku atau contoh puisi pendek tentang rumah yang termasuk dalam puisi baru. Puisi baru sendiri merupakan jenis puisi yang memberi kebebasan bagi para penyairnya. Adapun ciri ciri puisi baru yaitu banyak diketahui nama pengarang puisinya, tidak memiliki hubungan dengan peraturan irama, bait, rima dan baris, disampaikan dalam bentuk tulisan ataupun lisan, isinya mengenai kehidupan, bentuknya simetris dan rapi, menggunakan majas dinamis atau berubah ubah, serta biasanya lebih teratur persajakan akhirnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh puisi tentang rumah (puisi rumahku istanaku). Dalam puisi tersebut terdapat berbagai jenis puisi bertemakan pengalaman di rumah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)

Kita tahu bahwa contoh puisi pendek tentang rumah memiliki tema mengenai rumah. Untuk itu kata kata yang digunakan semua berkaitan dengan rumah. Rumah ialah sebuah tempat tinggal. Puisi tentang rumah ini memberikan gambaran bagaimana rumah berperan ketika seseorang dilahirkan, dibesarkan hingga dapat meraih impian dan cita cita. Selain itu contoh puisi bertemakan pengalaman di rumah juga menjadi gambaran bagaimana anggota anggota dirumah tersebut beraktivitas setiap harinya. Tentunya semua kegiatan yang dilakukan akan meninggalkan sebuah kesan dan pengalaman tertentu. 

Baca juga : 24 Contoh Puisi Berantai Lucu Singkat Terbaru

Dalam contoh puisi tentang rumah juga terdapat gambaran siapa saja yang menghuni rumah tersebut. Kita tahu bahwa dalam rumah tersebut terdapat beberapa anggota didalamnya seperti ayah, ibu dan anak. Anggota rumah ini mungkin tergolong umum, namun pastinya masih ada penghuni rumah lainnya. Selain itu puisi rumahku istanaku juga menggambarkan bentuk dari rumah itu seperti sederhana ataupun megah. Semua itu tergantung dari pemilik rumah itu sendiri bagaimana membuat bentuk bangunan yang sesuai keinginannya. Contoh puisi pendek tentang rumah juga dapat mengganti sebuah dari sebuah negara atau tanah airku. Berikut beberapa contoh puisi bertemakan pengalaman di rumah yaitu meliputi:

Contoh Puisi Pendek Tentang Rumah

Puisi biasanya dibuat tidak terlalu panjang, hal ini untuk menghindari susunan rima acak yang mungkin terjadi. Jadi bisa dikatakan kalau semakin pendek puisi tentang rumah maka semakin mudah pula kita mengatur rimanya. Dibawah ini sudah saya siapkan beberapa contoh puisi tema rumah pendek yang mengangkat tema rumahku istanaku.

“Kaulah Rumahku”
Kaulah rumahku
Tempat dimana aku melepas kepenatanku
Pulang untuk merilekskan pikiranku
Dimana dan kemana aku melangkahkan kakiku
Hanya engkaulah tempat terbaikku.

Kaulah rumahku
Tempat dimana aku mengutarakan bagaimana keluh kesahku
Tempat dimana aku menjadi diriku
Bukan untuk orang lain, melainkan hanya demi diriku

Kaulah rumahku
Tempat akhir dimana aku melaju
Melepaskan semua beban hidupku
Dan menjadi tempat peristirahatanku

Kaulah rumahku
Tempat dimana aku diterima dan ditunggu
Yang selalu mendukungku
Dan tidak pernah meninggalkanku

Kaulah rumahku
Tempat dimana menghabiskan hari tuaku
Tempat dimana napas terakhirku menghembus
Hingga hilang seperti angin berhembus.

Kaulah rumahku
Apa adanya ku selalu menyangaimu
Mencintaimu
Tempat dimana telah kuterima kekurangan dalam pembelajaran hidup
Tempat dimana rasa cinta telah kumengerti dalam hidup

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa contoh puisi tentang rumah memang dapat menggambarkan sebuah negara atau tanah air seseorang. Negara dimana pertama kali seseorang dilahirkan dalam negara tersebut, dibesarkan hingga semua aktivitas yang dilakukanya. Puisi bertema pengalaman di rumah ini dapat menjadi pengganti atau kiasan sesuatu yang dicintai oleh seseorang. Di bawah ini terdapat contoh puisi rumahku istanaku lainnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : 24 Contoh Puisi Pendidikan Singkat, Terbaik dan Terbaru

“Rumahku Istanaku”
Rumahku istanaku…
Tempat dimana pertamaku dilahirkan
Tempat dimana pertamaku dibesarkan
Tempat dimana aku belajar berjalan

Rumahku istanaku…
Tempat tinggak kedua orangtuaku
Tempat dimana aku dan adiku
Tempat untuk berlindung atas ridho-Mu

Rumahku istanaku…
Tempat berlindungku
Dari bahaya yang ingin menerkamku
Meski kau tak megah dan sederhana
Namun tetap megah untuk bersama

Contoh Puisi Pendek Tentang Rumah

Selain mengangkat tema rumahku istanaku beberapa orang juga menganggap hunian sebagai surga di dunia. Sebenarnya ini hanyalah kesan hiperbola yang diterapkan sebagian sastrawan saja. Namun seperti biasanya, semua orang mempunyai perspektif sendiri dalam menanggapi suatu hal.

Contoh puisi tentang rumah singkat dibawah agak berbeda dari sebelumnya. Puisi tersebut menggunakan majas hiperbola dalam penggunaan barisnya.

“Rumahku Surgaku”
Rumahku kebanggaanku
Tempat bersinggahku
Tempat berteduh keluargaku
Dari apa yang mengganggu

Rumahku surgaku
Tempat dimana banyak sekali pengalamanku
Mulai dari aku kecil hingga dewasa
Bahkan sampai tua nantinya

Rumahku suurgaku
Tempat yang sangat berguna untukku
Untuk orang tuaku
Dan semua anggota rumahku

Contoh Puisi Tentang Rumah

“Rumahku Tercinta”
Rumahku tercinta
Tempat sederhana
Dengan berbagai suka dan duka
Dimana banyak kesan tercipta 

Baca juga : Kumpulan Puisi Keindahan Alam dan Lingkungan Terbaru

Rumahku
Tempat terakhir aku pulang
Banyak yang terkenang
Untuk itulah kau kusayang

Di gubuk ini
Terukir semua pengalaman ini
Kenangan ini
Dah keindahan yang dirasakan ini

Meski sederhana
Aku tetap senang disana
Berada disana
Dan terus singgah disana

Rumah merupakan tempat tinggal yang memang patut dicintai dan dianggap penting. Ia menjaga manusia dari panasnya matahari, basahnya hujan, dan bahaya dari luar. Tidak heran jika banyak sastrawan yang mengangkat puisi tema rumah dengan berbagai pola majas. Sebenarnya masih banyak lagi contoh puisi singkat yang ingin saya sampaikan, namun karena waktu yang terbatas saya akan membahasnya lain waktu.

Sekian beberapa contoh puisi tentang rumah (puisi rumahku istanaku) yang dapat saya bagikan. Contoh puisi pendek tentang rumah juga dapat menggambarkan sebuah cerminan hidup seseorang yang berbentuk hati. Untuk itulah contoh ini tidak hanya memiliki maksud seperti puisi bertemakan pengalaman di rumah saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *