Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar Beserta Contohnya

Diposting pada

Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar Beserta Contohnya – Dalam keadaan yang berbeda beda Allah menciptakan manusia dengan warna kulit hitam dan putih, laki laki dan perempuan, ada yang pintar dan tidak serta ada yang memiliki rambut keriting dan lurus. Hal ini tentunya berkaitan dengan cara mengidentifikasi tanda tanda qada dan qadar. Lalu apa saja dalil qada dan qadar itu? Apa saja contoh qada dan qadar? Apa saja hikmah beriman kepada qada dan qadar? Semua manusia memiliki takdir yang merupakan hak Allah SWT dalam menciptakan kita. 

Apakah fungsi beriman kepada qada dan qadar itu? Sebenarnya kita harus meyakini rukun iman yang ke 6 yaitu iman kepada qada dan qadar. Sebenarnya ada tanda tanda beriman kepada qada dan qadar pada diri seseorang. Sepanjang waktu kita selalu dilengkapi dengan qada dan qadar dikehidupan ini. Contoh qada dan qadar tersebut memang perlu kita imani karena menjadi salah satu rukun iman kepada Allah yaitu iman yang keenam. Hikmah beriman kepada qada dan qadar memang sudah sepatutnya dilakukan oleh seorang muslim secara teguh. Bahkan di dalamnya sudah terdapat dalil tentang qada dan qadar itu sendiri. Dalil qada dan qadar tersebut telah tercatat dalam Al Quran.

Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar Beserta Contohnya
Qada dan Qadar

Keteguhan dalam iman kepada qada dan qadar sebenarnya memiliki tanda tanda yang khas. Untuk itulah ada cara mengidentifikasi tanda tanda qada dan qadar pada diri seseorang tersebut. Akar dari tanda tanda ian kepada Allah SWT ialah keyakinan yang tulus. Dalam dalil qada dan qadar tersebut juga dijelaskan bahwa seseorang akan mengetahui rizkinya telah dituliskan ketika orang itu memiliki iman kepada qadar. Selain itu jika ia belum menerima semuanya, maka ia tidak dapat meninggal. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tanda tanda beriman kepada qada dan qadar beserta contoh qada dan qadar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar Beserta Contohnya

Berdasarkan dalil tentang qada dan qadar dijelaskan bahwa sikap qanaah harus muncul terhadap apa yang diberikan oleh-Nya. Sikap qanaah yang dimaksud mengarah pada usaha yang dilakukan seseorang terhadap keduniaan, dimana jauh dari kerakusan, mengorbankan rasa malunya dan kebakhilan. Jika sikap qanaah dikaruniakan pada diri hambanya, maka cahaya kebahagiaannya akan bersinar. Akan tetapi jika sikap qanaah tidak dimiliki seseorang, maka kehidupannya akan semakin rugi, keruh dan pedih karena jiwa rakus dan tamak yang dimilikinya. Dengan kata lain musibah akan sedikit menimpanya jika sikap qanaah tertanam dalam jiwanya. Hal ini dikarenakan orang yang terpenjara dalam hawa nafsu adalah salah satu orang yang termasuk dalam ketamakan.

Baca juga : Pengertian Islah dan Macam Macamnya

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai tanda tanda beriman kepada qada dan qadar, contoh qada dan qadar serta dalil qada dan qadar. Saya akan menjelaskan pengertian iman kepada qada dan qadar terlebih dahulu. Beriman kepada qada dan qadar maknanya meyakini dan mempercayai Allah SWT sepenuh hati, dimana semua makhluk hidup atas keputusan, ketetapan dan kehendak-Nya termasuk apa yang akan ditimpa oleh semua kejadian pada makhluk makhluknya. Kejadian kejadian tersebut dapat berupa hal baik atau buruk, hidup atau mati dan kemusnahan atau kemunculan. Semua hal ini adalah bukti dari kekuasaan Allah SWT.

Pengertian qada dan qadar

Kita sebagai makhluk Allah sudah sepatutnya mengetahui cara mengidentifikasi tanda tanda qada dan qadar serta dalil tentang qada dan qadar tersebut. Allah SWT memang telah menetapkan segala sesuatunya. Namun kita juga harus mengetahui betul mengenai arti qada dan arti qadar tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

Qada memiliki makna seperti di bawah ini:

  • Berdasarkan Surat An Nisa ayat 65 dalam Al Quran maknanya hukum atau keputusan.
  • Berdasarkan Surat Fussilat ayat 12 dalam Al Quran maknanya mewujudkan atau menjadikan.
  • Berdasarkan Surat Ali Imron ayat 47 dalam Al Quran maknanya kehendak.
  • Berdasarkan Surat Al Isra’ ayat 23 dalam Al Quran maknanya perintah.

Qadar memiliki makna seperti di bawah ini:

  • Berdasarkan Surat Fussilat ayat 10 dalam Al Quran maknanya menentukan atau mengatur sesuatu.
  • Berdasarkan Surat Ar Ra’du ayat 17 dalam Al Quran maknanya ukuran.

Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Agama Kelas 4 UTS Semester 1 Beserta Jawabannya

  • Berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 236 dalam Al Quran maknanya kekuasaan atau kemampuan.
  • Berdasarkan Surat Al Mursalat ayat 23 dalam Al Quran maknanya kepastian atau ketentuan.
  • Berdasarkan Surat Al Qomar ayat 49 dalam Al Quran maknanya perwujudan kehendak Allah SWT berbentuk batasan tertentu kepada semua makhluk-Nya.

Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar

Ketentuan Allah SWT telah diimani oleh seorang muslim dengan beberapa tanda ketaatan yang dimilikinya. Cara mengidentifikasi tanda tanda qada dan qadar tersebut melalui ciri ciri di dalam orang tersebut. Adapun beberapa ciri ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar yaitu sebagai berikut:

  • Senantiasa menerima dan sadar dengan kenyataan.
  • Selalu memiliki kesabaran.
  • Tidak menyerah dengan mudah, semangat dan giat dalam berusaha.
  • Menjauhi larangan-Nya dan patuh kepada perintah Allah SWT.
  • Senantiasa bertawakal terhadap Allah SWT.
  • Kehidupannya selalu diisi dengan hal positif dan berbuat baik sehingga kelak di akhirat dapat menggapai kebahagiaan.

Selain tanda tanda beriman kepada qada dan qadar di atas. Adapula dalil tentang qada dan qadar. Adapun dalil qada dan qadar yaitu sebagai berikut:

Tanda Tanda Beriman Kepada Qada dan Qadar Beserta Contohnya

Setelah mengetahui cara mengidentifikasi tanda tanda qada dan qadar di atas. Selanjutnya ada beberapa hikmah beriman kepada qada dan qadar yaitu melatih diri sendiri untuk senantiasa selalu bersyukur kepada Allah SWT, menentramkan jiwa, menghalangi kita dari sifat sombong, agar lebih dekat dengan Allah SWT serta melatih manusia agar tidak putus asa dengan cepat dan selalu giat berusaha. Hikmah ini tentunya sama seperti fungsi beriman kepada qada dan qadar.

Baca juga : Sifat yang Dimiliki Para Nabi dan Rasul Beserta Artinya (Wajib dan Mustahil)

Contoh Qada dan Qadar

Setelah menjelaskan tentang tanda tanda beriman kepada qada dan qadar di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh qada dan qadar. Berikut contohnya yaitu sebagai berikut:

Contoh Qada

  • Terbitnya matahari ketika siang hari serta terlihatnya bintang dan bulan ketika malam hari adalah ketetapan Allah SWT.
  • Kapan laut harus surut dan pasang adalah ketetapan Allah SWT.
  • Kematian pada setiap makhluknya adalah ketetapan Allah SWT.
  • Jenis kelamin perempuan dan laki laki yang dimiliki oleh makhluknya adalah ketetapan Allah SWT.
  • Kelahiran seseorang adalah ketetapan Allah SWT.

Contoh Qadar

  • Takdir mubram  yakni kejadian yang tidak dapat dirubah dan pasti terjadi.
  • Takdir mualak yakni kejadian yang dapat dirubah dengan cara berdoa dan berusaha (ikhtiar).

Sekian penjelasan mengenai tanda tanda beriman kepada qada dan qadar beserta contoh qada dan qadar. Beriman kepada qada dan qadar maknanya adalah meyakini dan mempercayai Allah SWT sepenuh hati, dimana semua makhluk hidup atas keputusan, ketetapan dan kehendak-Nya termasuk apa yang akan ditimpa oleh semua kejadian pada makhluk makhluknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *