Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya – Bumi merupakan tempat tinggal bagi makhluk hidup. Bumi termasuk dalam planet tata surya yang memiliki beragam manfaat bagi makhluk hidup di dalamnya. Selain itu disekeliling bumi juga terdapat macam macam ekosistem sebagai habitat bagi makhluk hidup dengan beragam karakteristik yang berbeda beda. Apa saja komponen ekosistem itu? Apa saja contoh ekosistem? Ekosistem yang muncul dibumi tersebut disebabkan oleh adanya permukaan bumi berbentuk tidak datar. Di bumi terdapat lapisan tempat tinggal makhluk hidup yang dinamakan dengan kerak bumi. Kerak bumi ialah lapisan paling luar di bumi.

Apa saja jenis jenis ekosistem itu? Setiap macam ekosistem memiliki contoh ekosistemnya masing masing. Namun untuk kategori komponen ekosistemnya tidak jauh berbeda. Bumi dibentuk oleh beberapa lapisan didalamnya. Lapisan lapisan tersebut yang menyebabkan bentuk bumi menjadi tidak rata. Bumi memiliki lapisan yang dapat mengeluarkan tenaga bernama tenaga endogen. Tenaga endogen ialah tenaga yang asalnya dari bumi bagian dalam. Dikulit bumi terdapat lipatan dan patahan yang disebabkan oleh tenaga tersebut. Maka dari itulah bumi memiliki bentuk yang beraneka ragam. Selain itu adapula tenaga eksogen yang merupakan tenaga yang asalnya dari bumi bagian dalam dan berpengaruh terhadap pembentukan permukaan bumi.

Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya
Macam Macam Ekosistem di Bumi

Bentuk bumi memang cukup banyak karena tidak rata yaitu ada yang datar, cekung ataupun menonjol. Masing masing bentuk bumi mempunyai ekosistem yang berbeda beda. Apa yang dimaksud ekosistem itu? Ekosistem dapat diartikan sebagai hasil interaksi yang terdapat diantara komponen biotik (benda hidup) dengan abiotik (benda tidak hidup). Diantara komponen terebut terdapat interaksi yang menciptakan sebuah habitat sampai akhirnya akan membentuk ekosistem. Setiap macam ekosistem memang berbeda karena tempat ia berada dan iklim disekitarnya cukup berpengaruh. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis ekosistem berserta komponen ekosistem dan contoh ekosistem. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya

Ekosistem yang dimiliki oleh daerah beriklim tropis berbeda dengan ekosistem di daerah beriklim sub tropis. Bumi sendiri merupakan planet yang sekelilingnya terdapat air dan daratan. Untuk itu dibumi terdapat ekosistem terbesar berupa ekosistem air dan ekosistem darat. Apa pengertian ekosistem itu? Istilah ekosistem pasti sudah tidak asing lagi untuk kita. Bahkan pembahasan tentang materi ekosistem juga diajarkan kepada kita ketika masih dibangku sekolah.

Baca juga : Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

Pengertian ekosistem ialah sebuah sistem ekologi yang pembentukannya terdapat diantara lingkungan dan tamu sehingga didalamnya terdapat hubungan timbal balik. Ekosistem juga dapat diartikan sebagai tatanan yang terjadi diantara semua elemen lingkungan secara menyeluruh dan utuh, dimana terdapat pengaruh diantara masing masing elemen. Ekosistem memiliki organisme didalamnya dan bersama sama dengan lingkungan fisik melakukan perkembangan di masyarakat melalui sebuah sistem. Untuk kehidupan organisme sendiri biasanya memiliki pengaruh terhadap lingkungan fisik serta melakukan adaptasi kepada lingkungan tersebut. Untuk itulah terbentuk jenis jenis ekosistem beserta komponen ekosistem dan contoh ekosistemnya.

Ekosistem memang selalu dikaitkan dengan beberapa unit biosistem yang digabungkan serta terdapat hubungan interaksi antara organisme dengan lingkungan fisik yang timbal balik dalam sistem lingkungan. Ekosistem sendiri memiliki komponen yang menjadi sumber utama makhluk hidup yaitu matahari. Kemudian bersama dengan lingkungan fisik akan ada perkembangan komunitas ekosistem organismenya menggunakan sebuah sistem. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai macam macam ekosistem, komponen ekosistem dan contoh ekosistem. Berikut penjelasan selengkapnya:

Komponen Ekosistem

Sebelum menjelaskan tentang jenis jenis ekosistem dan contoh ekosistem. Saya akan akan membahas tentang komponen dalam ekosistem terlebih dahulu. Ekosistem dibentuk dengan bersumber dari dua komponen seperti komponen abiotik dan komponen biotik. Kedua komponen ini memiliki karakteristik yang berbeda beda. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Komponen Biotik

Pengertian komponen biotik ialah komponen yang termasuk organisme atau benda hidup. Selain itu adapula yang mengartikan komponen biotik sebagai penyusun dalam ekosistem, selain komponen tidak bernyawa (abiotik). Komponen biotik dapat dibagi menjadi dua jenis yakni heterotrof (konsumen) dan dekomposer (pengurai). Heterotrof ialah komponen berupa organisme yang memperoleh makanan dari bahan organik yang disediakan olehnya. Adapun yang termasuk komponen heterotrof yaitu hewan, mikroba, manusia dan jamur.

Pengertian dekomposer atau pengurai ialah sesuatu yang berperan dalam organisme mati untuk menguraikan bahan bahan organiknya. Untuk itulah pengurai dapat dinamakan dengan sapotrof (konsumen makro) karena ukuran makanan yang dimakan cukup besar. Adapun yang termasuk komponen pengurai yaitu seperti jamur dan bakteri. Selain itu adapula kutu kayu yang merupakan contoh hewan pengurai pada sisa sisa bahan organik yang memakannya. Kedua komponen ekosistem kategori biotik inilah yang menjadi dasar dalam jenis jenis ekosistem.

Baca juga : Indikator, Derajat Keasaman, dan Tetapan Kesetimbangan Air Lengkap

Dalam komponen biotik juga terdapat dekomposisi. Adapun beberapa tipe dekomposisinya yaitu meliputi:

  • Aerobik ialah oksigen yang menerima oksidan dan elektron.
  • Anaerobik ialah oksiden yang bukan bahan organik dan tidak terlibat dalam menerima oksidan maupun elektron.
  • Fermentasi ialah anaerobik yang menerima elektron, tetapi mengalami oksidasi dalam bahan organiknya. Tipe dekomposisi ini melakukan interaksi untuk membuat kesatuan ekosistem yang terbentuk menjadi teratur serta berada di suatu tempat.

Komponen Abiotik

Komponen ekosistem selanjutnya ialah komponen abiotik. Pengertian komponen abiotik ialah komponen yang tidak bernyawa atau tidak hidup seperti komponen kimia dan fisik. Biasanya di dalamnya terdapat substrat atau medium yang dijadikan sebagai tempat hidup untuk melangsungkan kehidupan beserta lingkungannya. Untuk itulah terdapat variasi waktu dan ruang dalam komponen abiotik sebagian besarnya. Komponen inilah yang juga berpengaruh terhadap jenis jenis ekosistem di bumi. 

Di bawah ini terdapat beberapa macam komponen abiotik yang berupa faktor distribusi organisme, bahan organik ataupun senyawa organiknya yaitu meliputi:

  • Batu dan tanah yang memiliki komposisi mineral, pH dan struktur fisik, dimana penyebaran organisme menjadi terbatas menurut kandungan sumber makanan di dalam tanah.
  • Iklim yaitu keadaan cuaca di sebuah area dalam waktu yang lama. Kemudian adapula iklim makro yang meliputi iklim lokal, global dan regional. Selain itu adapula iklim mikro yang berupa suatu iklim ditempat hunian sebuah komunitas tertentu dalam sebuah daerah.
  • Suhu yang berpengaruh terhadap proses biologi, unggas dan mamalia.
  • Air yang berpengaruh terhadap distribusi organisme.
  • Garam yang terdapat dalam organisme, dimana berpengaruh terhadap keseimbangan air melalui osmosis.
  • Cahaya matahari yang berpengaruh terhadap proses fotosintesis.

Jenis Jenis Ekosistem

Setelah membahas tentang pengertian ekosistem dan komponen ekosistem di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam ekosistem. Ekosistem sendiri adalah hasil interaksi antara komponen bumi tidak hidup dengan makhluk hidupnya. Ekosistem sendiri dibedakan berdasarkan tempat ia berada dan iklim disana. Di sekeliling bumi sendiri terdapat air dan daratan. Untuk itulah ekosistem terdiri dari ekosistem air dan ekosistem daratan.

Ekosistem Darat

Jenis jenis ekosistem yang pertama ialah ekosistem darat. Ekosistem ini dapat dinamakan bioma yakni daerah yang mempunyai tempat, iklim dan sifat dimana berbagai jenis makhluk hidup berkumpul serta sama sama memiliki tingkat geografis. Ekosistem daratan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu meliputi bioma hutan gugur, bioma savana, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis, bioma karst, bioma padang rumput dan bioma tundra. Berikut penjelasannya yaitu:

Baca juga : Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata dan Invertebrata Lengkap

  • Bioma hutan hujan tropis ialah ekosistem yang mempunyai curah hujan tinggi karena terletak di daerah iklim tropis. Selain itu di daerah tropis juga memiliki suhu kurang lebih 25 derajat.
  • Bioma hutan gugur ialah bioma yang mempunyai subtropis dan 4 musim di daerah tersebut.
  • Bioma padang rumput mempunyai iklim subtropis dan tropis di penemuan daerahnya, dimana curah hujannya cenderung rendah. 
  • Bioma savana mempunyai curah hujan tinggi dan berada di daerah tropis.
  • Bioma taiga mempunyai beberapa macam pohon seperti pohon daun jarum dan terletak di daerah iklim dingin.
  • Bioma tundra biasanya terdapat di bumi paling dingin seperti artis dan antartika. Hal ini dikarenakan cahaya matahari yang masuk memang tidak ada.
  • Bioma gurun mempunyai curah hujan yang sedikit dan bahkan curah hujannya juga tidak ada serta terletak di daerah terpanas.
  • Bioma karst terletak di daerah yang terdapat batu gamping berkumpul.

Ekosistem Air

Jenis jenis ekosistem selanjutnya ialah ekosistem air. Di bumi ini memang sebagian besar terdiri dari perairan. Meski begitu masuknya cahaya matahari juga berpengaruh terhadap ekosistem ini. Di bawah ini terdapat macam macam ekosistem air yaitu meliputi:

  • Ekosistem laut ialah ekosistem yang dipengaruhi oleh arah angin dalam pergerakan airnya serta kadar garam didalamnya juga tinggi.
  • Ekosistem air tawar ialah ekosistem yang kadar garam didalamnya sedikit serta dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut kondisi airnya.

Contoh Ekosistem

Selain pengertian ekosistem, komponen ekosistem dan jenis jenis ekosistem di atas. Adapula beberapa contoh dari ekosistem itu sendiri. Ekosistem yang akan saya bagikan contohnya ini termasuk dalam ekosistem alami dan buatan. Berikut contohnya yaitu meliputi:

Contoh Ekosistem Alami

  • Ekosistem Danau
  • Ekosistem Padang Rumput
  • Ekosistem Pantai
  • Ekosistem Sungai
  • Hutan Gugur
  • Hutan Hujan
  • Rawa Rawa

Contoh Ekosistem Buatan

  • Waduk
  • Suaka Marga Satwa
  • Taman Safari
  • Taman Hutan Raya

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis ekosistem berserta komponen ekosistem dan contoh ekosistem. Macam macam ekosistem sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yakni ekosistem daratan dan ekosistem air. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi ekosistem di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *