Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya – Biografi dapat diartikan sebagai sebuah keterangan atau peristiwa mengenai kehidupan dari seseorang. Jika dibandingkan dengan biodata, biografi memang tergolong lebih rumit karena tidak sekedar berisi data pekerjaan, daftar tanggal lahir dan meninggalnya seseorang. Hal ini dikarenakan biografi juga memuat perasaan yang berkaitan dengan peristiwa di dalamnya. Untuk itulah kehidupan seseorang yang disampaikan dalam biografi memang cukup lengkap, mulai dari kecil hingga tua dan bahkan hingga saat meninggal. Lantas bagaimana struktur biografi itu? Apa saja jenis jenis biografi? 

Biografi tersebut memang berisi penjelasan tentang semua karya, jasa dan segala hal yang dilakukan atau diciptakan oleh seorang tokoh. Biasanya orang lain yang menyusun teks biografi tersebut, sehingga bukan dirinya sendiri yang membuatnya. Dari penjelasan ini tentunya anda telah mengetahui gambaran sedikit mengenai pengertian biografi, struktur biografi dan jenis jenis biografi. Selain itu biografi pada dasarnya memang juga membutuhkan sumber atau bahan penunjang utama seperti kliping koran, buku harian, surat surat dan sebagainya.

Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya
Pengertian Teks Biografi

Pembuatan biografi juga membutuhkan bahan penunjang biasa yang meliputi buku referensi untuk menggambarkan peranan seseorang di biografi tersebut. Bentuk bentuk biografi tersebut dapat dibagi menjadi dua macam seperi biografi panjang dan biografi singkat. Isi biografi singkat tersebut berupa peran serta fakta penting didalam kehidupan orang itu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian biografi, struktur biografi dan jenis jenis biografi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya

Biografi memang dapat berbentuk singkat dan juga panjang. Untuk kategori biografi panjang biasanya berisi kisah penting yang menginformasikan secara detail dengan gaya cerita yang ditulis dengan baik. Definisi biografi secara umum ialah sebuah tulisan yang membahas tentang keterangan dan kisah seseorang seperti riwayat hidup dan kehidupan yang dijalaninya. Kata biografi secara etimologis memang asalnya dari Bahasa Yunani yang dapat dibagi menjadi dua kata yakni “Bios berarti hidup dan “Graphien” berarti tulisan. Untuk itu makna biografi secara singkat ialah sebuah tulisan yang menjelaskan tentang kehidupan dari seseorang.

Baca juga : 10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian biografi sendiri merupakan penjelasan tentang kehidupan seseorang yang disajikan dalam bentuk tulisan. Biografi dibuat untuk tokoh yang dianggap mempunyai pengaruh dan penting saja dalam kehidupan banyak orang. Bentuk biografi tersebut dapat berupa tulisan singkat satu artikel pendek dan juga berbentuk buku. Untuk bentuk biografi yang berupa artikel singkat berisi fakta singkat dalam kehidupan orang tersebut. Sedangkan untuk bentuk biografi yang buku memiliki isi semua fakta hidup dan informasi secara detail dari kisah seseorang, dimana gaya bahasa yang digunakan dalam penulisannya tergolong lebih menarik.

Teks biografi dapat dikenali dengan cara memperhatikan ciri ciri di dalamnya. Untuk itu ada beberapa ciri ciri biografi yaitu meliputi:

  • Struktur biografinya baku dalam hal pembuatan seperti peristiwa, orientasi dan reorientasi.
  • Pembuatan isi biografi didasarkan pada cerita fakta kisah hidup seorang tokoh.
  • Penulisan biografi memiliki gaya yang bentuknya narasi sehingga pembacaannya lebih menarik.
  • Kisah yang terdapat dalam biografi berupa kehidupan tokoh tertentu untuk menginspirasi dan menarik perhatian para pembacanya.
  • Berisi hal hal yang memotivasi seseorang sehingga kehidupan tokoh biografinya dapat diteladani dan dicontoh.

Struktur Biografi

Setelah menjelaskan tentang pengertian biografi dan ciri ciri biografi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang struktur biografi. Biografi memiliki struktur umum yang berupa tiga bagian seperti orientasi, masalah dan peristiwa serta reorientasi. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Orientasi
Struktur teks biografi yang pertama ialah orientasi. Pengertian orientasi ialah sebuah bagian yang isinya gambaran awal atau pengenalan tokoh yang akan diceritakan.

Masalah dan Peristiwa
Struktur biografi selanjutnya ialah masalah dan peristiwa. Bagian biografi ini memiliki isi yang berupa pengalaman peristiwa yang pernah dihadapi tokoh. Selain itu adapula penjelasan tentang usaha dalam masalah tokoh untuk menggapai tujuan dan inspirasi pengalaman dari tokoh itu sendiri.

Baca juga : Macam Macam Pakaian Adat Riau Beserta Gambar Terlengkap

Reorientasi
Struktur teks biografi selanjutnya ialah reorientasi. Pengertian reorientasi ialah bagian biografi yang berupa penutup dan bersifat opsional. Selain itu penulis juga menyertakan pandangannya dibagian ini mengenai penceritaan tokoh dalam biografi itu.

Jenis Jenis Biografi

Selain pengertian biografi dan struktur biografi di atas. Adapula macam macam biografi tersebut. Biografi pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan izin penulisan, isi, masalah yang dibahas dan penerbitnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

Jenis jenis biografi yang pertama berdasarkan izin penulisannya. Adapun macam macam biografinya yaitu sebagai berikut:

  • Authorized Biography ialah sebuah biografi yang memperoleh izin dan sepengetahuan tokoh untuk menuliskan cerita kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography ialah sebuah biografi yang tidak memperoleh izin dan tanpa sepengetahuan tokoh untuk menuliskan cerita kisah hidupnya. Unauthorized Biography tersebut ditulis ceritanya karena tokohnya telah meninggal.

Biografi Berdasarkan Isinya

Jenis jenis biografi selanjutnya berdasarkan isinya. Kategori ini lengkap dengan pengertian biografi didalamnya. Adapun macam macam biografinya yaitu sebagai berikut:

  • Biografi Perjalanan Hidup ialah sebuh biografi yang berisi perjalanan hidup lengkap tentang seorang tokoh atau beberapa bagian perjalanan hidup yang diambil cukup berkesan saja.
  • Biografi Perjalanan Karir ialah sebuah biografi yang berisi pelaksanaan perjalanan karir sekarang ini, baik di awal sampai akhir karirnya. Dengan kata lain karir yang diceritakan biasanya berisi kejelasan perjalanan untuk menggapai kesuksesannya.

Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

Jenis jenis biografi selanjutnya berdasarkan masalah yang dibahas. Adapun macam macam biografinya yaitu sebagai berikut:

  • Biografi Politik ialah biografi yang jika dillihat dari sudut pandang politik berisi kisah hidup tokoh di dalam sebuah negara. Biografi ini dilakukan berdasarkan riset dan dengan syarat tertentu sehingga disesuaikan dengan cerita tokoh serta untuk kepentingan dari penulis itu sendiri.
  • Biografi Intelektual ialah biografi yang jika dillihat dari sudut pandang ilmiah berisi gambaran kisah hidup tokoh secara intelektual. Pembuatan biografi tersebut dilakukan dengan bahasa ilmiah dan berdasarkan riset.
  • Biografi jurnalistik ialah biografi yang dilakukan berdasarkan hasil wawancara kepada tokoh secara langsung untuk kisahnya dapat ditulis.

Baca juga : 16 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Nasional dan Internasional

Biografi Berdasarkan Penerbit

Jenis jenis biografi selanjutnya berdasarkan penerbitnya. Kategori ini lengkap dengan pengertian biografi didalamnya. Adapun macam macam biografinya yaitu sebagai berikut:

  • Buku sendiri ialah penerbit yang menjadikan biografi tokoh menjadi buku dengan biayanya sendiri seperti pemasaran, penulisan hingga percetakannya. Penulisan biografi tersebut bertujuan untuk memperoleh perhatian publik dan menjual bukunya di pasaran.
  • Buku subsidi ialah biografi tokoh, dimana didalamnya terdapat sponsor yang menanggung biaya produksi dan penulisannya. Biasanya biografi ini memiliki harga jual tidak terjangkau atau tinggi dan bahkan tidak dapat laku apabila dilihat dari segi komersil.

Sekian penjelasan mengenai pengertian biografi, struktur biografi dan jenis jenis biografi. Biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang keterangan dan kisah seseorang seperti riwayat hidup dan kehidupan yang dijalaninya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Dampak Tanam Paksa Dalam Bidang Politik di Indonesia Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.