Pengertian dan Contoh Penyerbukan Tetangga pada Bunga (Tumbuhan)

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Penyerbukan Tetangga pada Bunga (Tumbuhan) – Tumbuhan mengalami perkembangbiakan secara generatif secara langsung. Perkembangbiakan generatif ini dapat dilakukan dengan cara penyerbukan pada bunga. Apa pengertian penyerbukan itu? Penyerbukan dapat diartikan sebagai sebuah proses masuknya dan menempelnya serbuk sari di sel jantan menuju sel betina (kepala putik). Maka dari itu akan terjadi pembuahan dalam tumbuhan itu. Penyerbukan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah penyerbukan tetangga. Apa pengertian penyerbukan tetangga itu? Apa saja contoh tumbuhan yang mengalami penyerbukan tetangga?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyerbukan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Dalam hal ini perkembangbiakan tumbuhan secara generatif ini memang dapat dibantu oleh benang sari (sel jantan) dan putik (sel betina). Suksesnya penyerbukan disertai dengan buluh serbuk yang tumbuh dengan segera dimana akan masuk ke dalam bakal biji melalui saluran putik. Pada bakal biji akan terjadi proses pembuahan yang termasuk dalam proses setelah penyerbukan. Apakah anda tahu pengertian penyerbukan tetangga itu? Apa saja contoh penyerbukan tetangga itu? Pada dasarnya penyerbukan dapat dinamakan dengan polinasi. 

Contoh Penyerbukan Tetangga Beserta Pengertian Lengkap
Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan (polinasi) dapat diartikan sebagai peristiwa dimana serbuk sari jatuh menuju permukaan putik. Peristiwa dimana serbuk sari mulai jatuh ke kepala putik dalam proses penyerbukan pada dasarnya terjadi di sebagian besar bunga. Penyerbukan tesebut adalam bagian penting dalam tumbuhan berbiji untuk proses reproduksi. Penyerbukan pada tumbuhan berfungsi untuk membuat serbuk sari menempel dengan mudah pada kepala putik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian penyerbukan tetangga dan contoh penyerbukan tetangga lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Contoh Penyerbukan Tetangga pada Bunga (Tumbuhan)

Biasanya berhasilnya sebuah penyerbukan disertai dengan buluh serbuk yang tumbuh untuk masuk ke dalam saluran putik hingga ke bakal biji. Di bakal biji ini akan terjadi proses selanjutnya yaitu pembuahan. Seperti yang kita ketahui bahwa penyerbukan pada tumbuhan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis penyerbukan tersebut dapat didasarkan pada serbuk sari dan juga perantara. Akan tetapi tidak semua penyerbuhan akan berakhir menjadi pembuahan dengan berhasil. Hal ini dikarenakan kegagalan dalam penyerbukan dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca juga : Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya

Sebelum saya menjelaskan tentang pengertian penyerbukan tetangga dan contoh penyerbukan tetangga. Saya akan membahas sedikit mengenai penyerbukan tersebut. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa gagalnya penyerbukan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor faktor penyebab kegagalan penyerbukan tersebut dapat berupa tidak samanya waktu masak antara serbuk sari dan putik, beda jauh antara panjang tangkai putik dengan tangkai benang sari, serta tidak memungkinkannya bentuk bunga untuk proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Contoh Penyerbukan Tetangga Beserta Pengertian Lengkap
Proses Terjadinya Penyerbukan

Macam macam penyerbukan berdasarkan perantaranya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu penyerbukan dengan bantuan angin, manusia, hewan dan air. Sedangkan jenis jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti penyerbukan tetangga, penyerbukan bastar, penyerbukan sendiri, dan penyerbukan silang.

Pengertian Penyerbukan Tetangga

Apakah anda tahu contoh penyerbukan tetangga di beberapa tumbuhan itu? Apa pengertian penyerbukan tetangga itu? Proses penyerbukan pada bagian bagian bunga pada umumnya dapat dilakukan menggunakan alat reproduksi tanaman yang bertanggung jawab. Kemudian untuk jenis penyerbukan tetangga sebenarnya dapat dinamakan dengan Geitonogami. Penyerbukan jenis ini memiliki ciri ciri khusus di dalamnya. Lantas apa ciri ciri penyerbukan tetangga itu?

Penyerbukan tetangga pada dasarnya dapat diartikan sebagai proses jatuhnya serbuk sari yang menempel pada kepala putik di bagian bunga lain, namun masih termasuk dalam satu tanaman. Dengan kata lain, penyerbukan tetangga menggunakan dua bunga yang terlibat dalam satu pohon yang sama. Terjadinya penyerbukan ini disebabkan karena satu bunga tidak ada alat kelamin betina dan jantan dalam tumbuhan tersebut. Untuk itu terjadinya proses penyerbukan tetangga ini didukung dengan bantuan hewan dan angin.

Baca juga : Struktur Daun Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

Dalam contoh penyerbukan tetangga terdapat proses berpindahan serbuk sari di satu bunga melalui bantuan hewan yang hinggap atau angin menuju bunga lainnya, tapi masih sama dalam satu tumbuhan. Untuk itu pada tanaman geitonogami terdapat bunga bunga yang pembuahannya dilakukan dengan bunga lain, dimana masih sama dalam satu tanaman. Biasanya proses penyerbukan tetangga memang terjadi pada tanaman yang mempunyai banyak bunga. Dalam penyerbukan tetangga terdapat penyerbukan tertutup, penyerbukan bebas dan penyerbukan terbuka dimana secara bebas serbuk sari akan melakukan penyerbukan di berbagai bunga yang mekar. Dalam hal ini perkembangbiakan penyerbukan terbuka dapat disebut dengan chasmogamie atau kasmogami.

Contoh Penyerbukan Tetangga Pada Bunga

Kemudian untuk jenis penyerbukan tersembunyi atau penyerbukan tertutup dapat dinamakan dengan cleistogamie atau kleistogami. Terjadinya proses penyerbukan terbuka ini disebabkan oleh masaknya serbuk sari dan putik setelah mekarnya bunga (anthesis) di waktu yang sama. Terjadinya penyerbukan ini dapat berlangsung ketika serbuk sari dan putik bunga memiliki persamaan ataupun perbedaan. Penyerbukan bebas sebagian besar menyebabkan penyerbukan silang. Di bawah terdapat beberapa contoh penyerbukan tetangga yaitu meliputi:

  • Jagung
  • Toadflax
  • Pepaya
  • Kelapa
  • Pisang

Sekian penjelasan mengenai pengertian penyerbukan tetangga dan contoh penyerbukan tetangga lengkap. Penyerbukan tetangga ialah proses jatuhnya serbuk sari yang menempel pada kepala putik di bagian bunga lain, namun masih termasuk dalam satu tanaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *