Pengertian Islah dan Macam Macamnya

Diposting pada

Pengertian Islah dan Macam Macamnya – Menurut Bahasa Arab terdapat kata islah yang maknanya menghilangkan, memperbaiki dan mendamaikan sengketa atau kerusakan. Dengan kata lain definisi islah ialah sebuah upaya untuk memberikan keharmonisan, melakukan perbuatan, menimbulkan perdamaian dan memberikan anjuran pada orang terkait perdamaian yang dilakukan. Hal hal inilah yang termasuk dalam bentuk macam macam islah itu sendiri. Dalam Al Qur’an sendiri juga telah disebutkan mengenai makna islah yang tertera dalam Surah An Nisa ayat 35 dan 113, Surah Al A’raf ayat 55 dan 85, Surah Al Baqarah ayat 220 dan 228, serta Surah Hud ayat 87.

Pengertian islah dalam bentuk kata perintah sebenarnya juga telah disebutkan lima kali di Al Qur’an seperti Al Anfal ayat 1, Al A’raf ayat 142 dan Al Hujurat ayat 9 – 10. Istilah islah ini dalam arti modern dapat disebut sebagai tajdid (pembaharuan). Umat Islam memang wajib melakukan macam macam Islah. Jenis jenis islah yang dilakukan tersebut dapat berupa masyarakat ataupun perseorangan. Penekanan fokus pada islah sendiri lebih berkaitan dengan interaksi antar sesama manusia untuk memenuhi kewajiban hidupnya kepada Allah SWT. 

Pengertian Islah dan Macam Macamnya
Makna Islah dalam Agama

Sebenarnya ruang lingkup islah tersebut cukup luas karena berhubungan dengan aspek kehidupan secara sosial maupun pribadi. Definisi islah menurut At Tirmidzi, Al Hakim, Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Ibnu Majah sesuai dengan riwayat hadist Rasulullah SAW dijelaskan bahwa larangan islah mengenai hal yang mengharamkan untuk menghalalkan-Nya atau menghalalkan apa yang Allah SWT haramkan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian islah dan macam macam islah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Islah dan Macam Macamnya

Sebelum menjelaskan tentang definisi islah dan jenis jenis islah tersebut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai gambaran dari islah itu sendiri. Sebenarnya Allah SWT telah menunjukkan salah satu contoh islah yang berupa masalah rumah tangga. Dalam rumah tangga tersebut terdapat sengketa dan kisruh yang dapat diatasi dengan Surah An Nisa ayat 35 mengenai perintah Allah untuk mendamaikan mereka kembali dengan mengutus pihak ketiga yang berasal dari Istri maupun suami. Sebenarnya kita juga dapat memetik hikmah dari islah itu sendiri. Adapun beberapa hikmah islah untuk kita pahami yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Agama Kelas 4 UTS Semester 1 Beserta Jawabannya

  • Menciptakan rasa persatuan dan persaudaraan.
  • Membuat akidah kepada Allah SWT menjadi semakin kuat.
  • Menciptakan persaudaraan yang terdapat diantara umat muslim.
  • Menumbuhkan rasa setia kawan yang dijalin antar sesama manusia.

Berdasarkan hukum Islam terdapat penjelasan mengenai pengertian islah yaitu mendamaikan, menghilangkan dan memperbaiki kerusakan atau sengketa, membawa keselarasan, memiliki perilaku sebagai orang suci, berusaha untuk menciptakan perdamaian, melakukan perbuatan baik dan memberikan anjuran kepada orang agar diantara satu yang lainnya dapat berdamai. Selain itu adapula definisi Islah lainnya yaitu sebuah penuntasan dan perdamaian dalam perkelahian. Dengan kata lain islah dapat diartikan sebagai sebuah upaya perdamaian dalam perkelahian dan terjadinya pertikaian sehingga terdapat pihak ketiga yang mengislahkan serta melerainya.

Macam Macam Islah

Setelah menjelaskan tentang definisi islah, selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam Islah. Adapun jenis jenis Islah yaitu sebagai berikut:

Islah dalam Akidah

Pengertian akidah adalah sebuah keyakinan dalam penganutan agama oleh seseorang. Misalnya akidah Kristen berupa trinitas, akidah Islam berupa tauhid monoteisme.

Baca juga : Sifat yang Dimiliki Para Nabi dan Rasul Beserta Artinya (Wajib dan Mustahil)

Islah dalam Kehidupan Pribadi

Macam islah selanjutnya terdapat dalam kehidupan pribadi. Perdamaian diantara umat manusia memang telah diwajibkan dalam Islam, terutama dalam kehidupan pribadinya masing masing. Dalam jiwa manusia memang sudah tertanam kepribadian untuk menggambarkan budi pekerti dan akhlak pada perilaku seseorang. Untuk itulah kita harus memperhitungkan dan memikirkan perbuatan yang dilakukan sehingga secara mudah dan sederhana dapat diketahui permasalahannya.

Islah dalam Jalinan Antar Manusia

Jenis islah selanjutnya berlaku dalam jalinan antar manusia. Diantara manusia pada umumnya terdapat hubungan yang mencakup konstitusi Islam diantara orang orang untuk melakukan perdamaian (islah). Dalam hal ini terdapat tanggung jawab di konsespsi yang serupa terdapat isi mengenai peranan untuk memutuskan, membenarkan dan melanda gengsi dalam diri setiap orang. 

Islah dalam Struktur Masyarakat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian islah secara sederhana ialah untuk mendamaikan. Dalam hal ini berlakunya islah terdapat dalam diri seseorang ataupun masyarakat. Jika masyarakat dengan manusia lainnya saling bersatu maka akan tercipta sebuah pendirian pada islah sehingga terdapat keharusan didalamnya. Untuk itulah hidup seseorang tidak mungkin terpencil di dalam akhlak manusia. 

Macam islah ini dapat disusun karena ketidakmampuan dan dampak yang disebabkan oleh bertambahnya kebutuhan manusia secara bersama sama. Manusia sendiri sebenarnya memiliki akhlak bawaan seperti keinginan akan gempuran dan dominasi diantara pihak satu dengan yang lainnya. Maka dari itulah dapat menyebabkan timbulnya aksi yang mengganggu dan tidak terpikirkan. Rakyat islam berdasarkan pendapat Ahmad Muhammad Jamal melakukan langkah perdamaian dengan cara merealisasikan amanat kebenaran, nahi mungkar dan amar ma’ruf diantara anggota masyarakat.

Islah dalam Pemerintahan

Jenis islah selanjutnya terdapat dalam pemerintahan. Dalam pemerintah terdapat keadilan yang diwajibkan sehingga hak hak pada setiap orang dapat berdasar pada skema Islam, meskipun diantara mereka juga ada yang bukan termasuk orang Islam. Sejak periode rasul SAW sudah merealisasikan rancangan islah di masyarakat tersebut. Selain itu adapula Piagam Madinah yang sudah diproklamasikan terkait perdamaian diantara penganut Islam dengan orang kafir. Kemudian pemerintah Islam juga tetap melindungi mereka yang non muslim bernama ikafir zimmi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian islah dan macam macam islah. Definisi islah ialah menghilangkan, memperbaiki dan mendamaikan sengketa atau kerusakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *