Pengertian Observasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Observasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis Jenisnya – Dalam membuat sebuah laporan ilmiah atau jenis laporan lain yang membutuhkan bukti tentunya harus melakukan observasi terlebih dahulu. Apa yang dimaksud observasi itu? Apa tujuan observasi itu? Apa manfaat observasi? Apa saja jenis jenis observasi? Observasi dapat diartikan sebagai sebuah proses secara sistematis untuk mencatat dan mengamati gejala gejala yang akan diteliti. Observasi tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data secara langsung dan cermat meninjau atau mengamati lapangan atau lokasi penelitian agar keadaan yang terjadi dapat diketahui secara langsung. Dengan begitu sebuah desain penelitian dapat dibuktikan kebenarannya.

Tujuan observasi biasanya memang untuk mengumpulkan data yang disesuaikan dengan tujuan dari penelitiannya sehingga secara sistematis validitas (kesahihan) dan reliabilitas (keandalan) dapat dikontrol, dicatat dan direncanakan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian observasi dalam arti singkat merupakan sebuah teknik untuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan dari penelitiannya. Untuk itulah manfaat observasi dalam penelitian memang cukup besar. Selain itu adapula jenis jenis observasi yang disesuaikan dengan tujuan dari penelitian itu sendiri.

Pengertian Observasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Observasi Dalam Penelitian

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penelitian selalu membutuhkan bukti untuk membuat laporannya. Bukti inilah dapat diperoleh secara langsung dengan melakukan pengamatan (observasi). Dengan begitu data dapat terkumpul dan apa saja yang diperlukan dalam penelitian tersebut dapat terpenuhi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian observasi, tujuan observasi, manfaat observasi dan jenis jenis observasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Observasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis Jenisnya

Definisi observasi secara umum ialah sebuah aktivitas secara langsung dan cermat di lokasi penelitian untuk mengamati suatu objek sehingga gejala gejala yang akan diteliti secara sistematis dapat dicatat. Selain itu adapula pendapat lainnya mengenai observasi yang merupakan sebuah proses atau tindakan secara cermat untuk mengamati seseorang atau sesuatu sehingga kebenarannya dapat dibuktikan dan informasi terkait penelitian dapat diperoleh.

Baca juga : Pengertian Hipotesis, Fungsi, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Kegiatan observasi memang bertujuan untuk mengumpulkan data yang disesuaikan dengan tujuan dalam penelitian. Untuk itu kegiatan observasi dapat sangat membantu untuk penelitian tersebut. Selain definisi secara umum, adapula pengertian observasi menurut para ahli. Adapun beberapa pengertiannya yaitu sebagai berikut:

Sutrisno Hadi
Observasi menurut Sutrisno Hadi ialah sebuah kegiatan dengan berbagai macam proses yang sangat kompeks sehingga proses pengamatan dan ingatannya lebih dipentingkan, baik proses psikologis ataupun biologis.

Hanna Djumhana
Definisi observasi menurut Hanna Djumhana ialah sebuah metode dalam ilmu pengetahuan empiris yang paling utama secara ilmiah serta di dunia penelitian karya ilmiah telah diakui sebagai metode pengumpulan data yang sering digunakan.

Suharsimi Arikunto
Pengertian observasi menurut Suharsimi Arikunto ialah sebuah pengamatan objek secara langsung kepada lingkungan seperti menggunakan penginderaan untuk memperhatikan terjadinya semua aktivitas dalam kajian objek, baik masih berjalan atau sedang berlangsung saat ini.

Prof. Dr. Bimo Walgito
Observasi menurut Prof. Dr. Bimo Walgito ialah sebuah pelaksanaan penelitian secara disengaja dan sistematis atas peristiwa langsung dengan menggunakan alat indera (khususnya mata) sehingga waktu berlangsungnya kejadian dapat ditangkap.

Kartini Kartono
Definisi observasi menurut Kartini Kartono ialah sebuah proses pengujian mengenai sesuatu dengan tujuan dan maksud tertentu seperti mengumpulkan nilai/skor, pengungkapan kata (verbalisasi) dan data terkait semua hal yang telah diamati.

Tujuan Observasi

Selain pengertian observasi, adapula tujuan dari observasi itu sendiri. Adapun beberapa tujuan observasi yaitu meliputi:

  • Untuk memberikan gambaran sebuah objek penelitian menggunakan panca indera dalam proses pengamatan.
  • Untuk memperoleh kesimpulan dalam pengamatan objek. Dengan begitu kita dapat menyusun kesimpulan yang bermanfaat dan relevan di sebuah laporan sebagai bahan pembelajaran.
  • Untuk memperoleh informasi atau data dalam bentuk karya non ilmiah atau ilmiah yang dibagikan kepada pihak lain.

Baca juga : Penulisan Proposal yang Benar Beserta Contohnya Terlengkap

Manfaat Observasi

Setelah menjelaskan tentang definisi observasi dan tujuan observasi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang manfaat observasi. Observasi memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

  • Dapat memberi konfirmasi terkait hasil penelitian.
  • Untuk mendeskripsikan perkiraan atau kejelasan tentang dunia nyata.
  • Untuk memberikan tafsiran bagaimana interpretasi dan hasil penemuannya.
  • Memberikan penjelasan terkait sebuah peristiwa dan kualitasnya dapat diuji serta menciptakan sebuah spekulasi aturan nyata mengenai peristiwa tertentu.
  • Dalam sebuah eksperimen, observasi digunakan untuk mencatat kondisi yang tidak dapat direplikasikan.
  • Untuk mencatat secara berurutan terkait kronologis sebenarnya.

Jenis Jenis Observasi

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis observasi. Di bawah ini terdapat macam macam observasi yaitu diantaranya:

Observasi Partisipasi
Macam observasi yang pertama ialah observasi partisipasi. Pengertian observasi partisipasi ialah sebuah pengamatan secara langsung, dimana terdapat keterlibatan observer dalam penelitian objek secara aktif. Namun jika observer (peneliti) tidak terlibat didalamnya maka dapat disebut observasi non partisipasi.

Observasi Sistematis
Jenis observasi sistematis selanjutnya ialah observasi sistematis. Observasi sistematis (observasi berkerangka) merupakan sebuah observasi yang sebelumnya kerangkanya sudah ditentukan. Kerangka di dalamnya tersebut mencakup faktor berdasarkan kategorinya untuk diobservasi.

Observasi Eksperimental
Macam observasi selanjutnya ialah observasi eksperimental. Definisi observasi eksperimental ialah sebuah pelaksanaan observasi yang sedemikian rupa telah dipersiapkan dalam keadaan tertentu demi meneliti sebuah objek.

Sekian penjelasan mengenai pengertian observasi, tujuan observasi, manfaat observasi dan jenis jenis observasi. Observasi merupakan aktivitas secara langsung dan cermat di lokasi penelitian untuk mengamati suatu objek sehingga gejala gejala yang akan diteliti secara sistematis dapat dicatat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *