Pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Aksara Beserta Perbedaan

Diposting pada

Pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Aksara Beserta Perbedaan – Tuhan telah menciptakan Bumi dari dulu sampai sekarang, dimana diberbagai bidang mengalami banyak sekali kemajuan dan perkembangan. Namun menurut pendapat para ilmuan belum mengetahui secara pasti kapan penciptaan bumi dilakukan oleh Tuhan YME. Di Indonesia sendiri telah ada artefak dan fosil yang ditemukan, dimana di dalamnya terdapat penjelasan mengenai cara manusia purba bertahan hidup. Dari sinilah akan terbentuk zaman praaksara dan zaman aksara. Diantara keduanya terdapat perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara. Apa sebenarnya definisi zaman praaksara itu? Apa pengertian zaman aksara itu?

Di Indonesia sendiri terdapat masa praaksara yang berbeda dengan yang lainnya karena disesuaikan dengan aksara yang mendukung. Dari penemuan tersebut kita dapat mengetahui silsilah nenek moyang di negara ini. Dari penemuan alat tersebut awal jalur yang ditunjukkan dapat ditelusuri sampai akhir. Dalam hal ini tentunya terdapat penjelasan sedikit mengenai pengertian zaman praaksara dan pengertian zaman aksara beserta perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara. 

Pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Aksara Beserta Perbedaan
Zaman Praaksara dan Aksara

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bumi ini mengalami perkembangan dari awal terbentuknya hingga sekarang telah telah dihuni manusia dengan kemajuannya. Perkembangan di bumi ini dapat dibagi menjadi beberapa zaman seperti zaman neozoikum, arkaezoikum, mesozoikum dan paleozoikum. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian zaman praaksara, pengertian zaman aksara beserta perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Aksara Beserta Perbedaan

Pada zaman dahulu manusia belum mengetahui adanya tulisan, lebih tepatnya pada zaman praaksara atau prasejarah. Masa praaksara ini memang selalu dialami oleh semua suku bangsa di dunia pada beberapa periode ke depan. Setelah itu zaman mulai berubah ke tahap zaman aksara atau zaman sejarah, dimana manusia sudah mulai mengenal adanya tulisan. Dari sinilah akan terlihat perbedaan zaman praaksara dan aksara. Selain itu adapula definisi zaman praaksara dan definsi zaman aksara juga.

Baca juga : Sejarah Perang Aceh Beserta Kronologinya Lengkap

Dalam pembahasan kali ini terdapat penjelasan mengenai pengertian zaman praaksara, pengertian zaman aksara, beserta perbedaan zaman aksara dan zaman aksara. Perbedaan diantara zaman praaksara dan zaman aksara tersebut dapat dibagi berdasarkan berbagai segi atau unsur. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Zaman Praaksara

Definisi zaman praaksara atau prasejarah ialah zaman ketika tulisan belum dikenal manusia. Pada zaman praaksara ini terdapat kehidupan manusia yang bernama manusia purba. Kata praaksara sediri berasal dari kata “Pra” yang maknanya sebelum dan “Aksara” maknanya tulisan. Dengan kata lain zaman praaksara dapat diartikan sebagai sebuah masa perkenalan tulisan dalam diri manusia.

Dari pengertian zaman praaksara tersebut tentunya secara garis besar telah mengetahui makna dari masa prasejarah ini. Zaman prasejarah dapat dibuktikan dengan adanya tulang dan barang yang digali dari daerah situs sejarah. Benda benda artefak ini dapat dipelajari kehidupan masa lampaunya menggunakan ilmu arkeolog. Para pakar arkeolog tersebut akan menghasilkan hasil penelitian mengenai tabir kehidupan prasejarah masyarakat Indonesia. Pada zaman ini terdapat dua pembagian zaman lagi didalamnya seperti zaman logam dan zaman batu.

Para ahli melakukan penelitian dan mempelajari zaman prasejarah berdasarkan hal hal penting. Adapun hal penting yang dilakukan para ahli yaitu sebagai berikut:

  • Melaksanakan ekskavakasi yakni penemuan peninggalan budaya yang tertanam banyak dalam tanah.
  • Meneliti suku terasing yang masih hidup di masa sekarang seperti pada zaman nenek moyang terdahulu.

Baca juga : Latar Belakang Lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia Terlengkap

Selain pengertian zaman praaksara di atas, pada umumnya peninggalan budaya praaksara tersebut dapat ditentukan usianya menggunakan beberapa metode. Adapun metode penentuan usia peninggalan budaya prasejarah yaitu sebagai berikut:

  • Metode stratigrafi yang menggunakan tanah tempat peninggalan untuk menentukan relatifnya umur sehingga didasarkan pada lapisan paling muda (lapisan teratas) untuk menentukannya. Dengan kata lain usianya akan semakin tua jika lapisannya semakin bawah.
  • Metode tipologi yang menggunakan tipe benda peninggalan untuk menentukan usianya sehingga usianya akan semakin tua jika bendanya semakin sederhana. Akan tetapi banyak kelemahan dalam metode ini karena belum tentu pembuatan benda sederhana tersebut lebih dulu dibandingkan benda sempurna dan lebih halus.
  • Metode kimiawi yang menggunakan unsur kimia dalam penentuan usia benda bersejarah dan biasanya unsur tersebut terdapat dalam benda itu sendiri.

Zaman Aksara

Setelah menjelaskan tentang pengertian zaman praaksara, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian zaman aksara. Zaman aksara ialah sebuah masa dimana manusia telah mengenal tulisan. Aksara sendiri dapat diartikan sebagai sebuah sistem visual yang berbentuk simbol dalam kertas ataupun tertera pada media lainnya (kain, batu, kayu dan sebagainya). Dengan begitu sebuah bahasa dapat diungkapkan unsur ekspresifnya. Aksara dapat dibagi menjadi dua berdasarkan klasifikasi fungsional yakni berupa abjad dan alfabet. Selain itu dalam aksara juga terkandung unsur unsur kecil berupa huruf, tanda baca, grafem, diakritik dan lain lain.

Selain pengertian zaman aksara secara umum, adapula definisi menurut para ahli. Adapun pengertian zaman sejarah menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Herodotus
Pengertian zaman sejarah menurut Herodotus ialah zaman dimana arah perkembangannya tidak dengan kepastian tujuan, tetapi bergerak menyerupai tinggi rendahnya garis lingkaran. Dari sinilah terdapat julukan Bapak Ilmu Sejarah atau The Father of History yang diberikan kepada Herodotus karena kondisi kehidupannya.

Ibnu Khaldun
Pengertian zaman aksara berdasarkan Ibnu Khaldun ialah sebuah catatan mengenai peradaban dunia atau masyarakat umat manusia dan terjadinya perubahan dalam masyarakat itu sendiri.

Dr.H. Roesman Abdulgani
Definisi zaman aksara berdasarkan Dr.H. Roesman Abdulgani ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sistematis dalam menyelidiki dan meneliti kemanusiaan di masa lampau dan perkembangan masyarakat secara menyeluruh serta peristiwa peristiwa di dalamnya. Dalam hal ini semua penelitian akan menghasilkan sebuah data secara kritis.

Baca juga : Dampak Tanam Paksa Dalam Bidang Politik di Indonesia Lengkap

Perbedaan Zaman Praaksara dan Zaman Aksara

Setelah menjelaskan tentang pengertian zaman praaksara dan pengertian zaman aksara di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan zaman praaksara dan aksara. Kedua zaman ini memiliki perbedaan seperti di bawah ini:

Dari Segi Konsep
Perbedaan antara zaman praaksara dan zaman aksara yang pertama didasarkan dari segi konsep. Pengertian zaman prasejarah sendiri merupakan sebuah zaman dimana makhluk hidup belum ada seperti manusia, tumbuhan dan hewan. Kemudian berakhirnya zaman ini ditandai dengan berhentinya pengembangan atau evolusi fisik dan adaptasi manusia sehingga menurut arkeologi terdapat pembagian praaksara di Indonesia. Kemudian zaman berubah menjadi sejarah.

Dari Segi Pengertian
Perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara selanjutnya ditinjau dari segi pengertian. Pengertian zaman praaksara ialah zaman sebelum sejarah dimana catatan sejarah atau tulisan belum diketahui manusia pada eksistensi periode tersebut. Sekitar tahun 1830an negara Perancis mulai menggunakan istilah prasejarah. Kemudian pada tahun 1851 terdapat negara Inggris yang menggunakan istilah prasejarah atas perkenalan dari arkeolog Daniel Wilson.

Selanjutnya pengertian zaman aksara ialah zaman dimana tulisan telah ditemukan. Zaman sejarah mulai berlangsung ketika zaman prasejarah telah berakhir. Namun di dunia ini tidak sama permulaan zaman aksara dalam berbagai negara. Hal ini dikarenakan sesuai dengan peradaban dari bangsa itu sendiri. Misalnya saja di Indonesia yang memiliki berbagai artefak yang ditemukan sebagai bukti permulaan sejarah.

Pembagian Zaman
Perbedaan zaman praaksara dan aksara selanjutnya ditinjau dari segi pembagian zaman. Zaman praaksara terdiri dari dua zaman yakni zaman logam dan zaman batu. Sedangkan zaman aksara terdiri dari zaman Paleosoikum, Neozoikum, Arkeozikum dan Mesozoikum .

Perbedaan Kepercayaan
Perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara selanjutnya ditinjau dari segi kepercayaannya. Kedua zaman ini tidak hanya memiliki pengertian zaman praaksara dan pengertian zaman aksara yang berbeda, namun kepercayaan yang dianutnya juga berbeda. Manusia pada zaman prasejarah lebih mempercayai kekuatan gaib seperti Animisme dan Dinamisme. Sedangkan pada zaman sejarah lebih mempercayai arwah nenek moyang. Untuk itulah terdapat salah satu bentuk peninggalan yang berupa menhir.

Sekian penjelasan mengenai pengertian zaman praaksara, pengertian zaman aksara beserta perbedaan zaman praaksara dan zaman aksara. Di berbagai negara di dunia pada dasarnya memiliki perbedaan dalam hal permulaan diantara kedua zaman tersebut. Untuk itulah awal dimulainya kedua zaman untuk semua negara tidak dapat disamakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *