Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya

Diposting pada

Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya – Manusia disebut juga sebagai makhluk sosial yang notabenya tak akan pernah bisa hidup sendirian. Dalam berinteraksi masing-masing individu tertunya akan mempunyai cara pandang dan pola pikir berbeda. Perbedaan seperti ini bisa dengan mudah kita jumpai khususnya di Indonesia yang merupakan negara majemuk. Salah satu bentuk interaksi yang paling umum adalah memberi tanggapan serta tantangan kepada lawan bicara. Kedua kegiatan tersebut harus dilakukan menggunakan kaidah kebahasaan yang benar agar lawan bicara tidak terseinggung.

Perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis dapat dilihat dari segi pengertian, struktur, dan ciri cirinya. Dari aspek itu kita bahkan bisa juga mengidentifikasi persamaan antara keduanya. Kendati demikian, masih banyak siswa tidak mampu menjawab ketikda ditanya oleh guru. Padahal sedikit banyak materi teks tantangan dan tanggapan pasti akan muncul sebagai butir soal ketika ujian.

Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya
Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis

Secara garis besar teks tantangan adalah suatu bacaan yang berisi sanggahan beserta data dan bukti yang benar (valid). Biasanya membahas peristiwa konflik sosial untuk membantah argumen yang menurutnya tidak benar. Dari pengertian ini tentunya ada beberapa kemiripan dengan definisi teks tanggapan kritis. Akan tetapi munculnya teks tantangan biasanya diberikan oleh pihak yang merasa pemberitaan tertentu tidak benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis beserta persamaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya

Sebelum menjelaskan tentang perbedaan teks tantangan dan tanggapan kritis beserta persamaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian teks tantangan dan pengertian teks tanggapan kritis terlebih dahulu. Teks tantangan dapat diartikan sebagai sebuah teks berisi bantahan informasi terkait hal hal dalam masyarakat yang sedang berkembang atau kontroversial. Biasanya bantahan dapat diperkuat dengan data data dan argumen yang lengkap. Adanya teks tantangan ini pada umumnya dijadikan sebagai penyangga dalam debat.

Baca juga : Teks Tanggapan Kritis, Pengertian Contoh Dan Struktur Teks Tanggapan Kritis

Kemudian adapula definisi teks tanggapan kritis yaitu sebuah teks berisi kritikan untuk kesalahan sesuatu yang salah secara pedas. Misalnya dalam debat terdapat si A yang memberikan kritikan kepada si B. Munculnya kritikan tersebut disebabkan oleh kurang pasnya penyampaian pendapat si B.

Dari ilustrasi di atas bisa kita simpulkan arti teks tanggapan kritis lainnya yaitu analisis sebuah pendapat yang disebutkan sebagai bentuk pemberian tanggapan kepada orang lain agar lebih baik lagi manfaat dan ulasannya. Di bawah ini terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis beserta persamaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perbedaan Teks Tantangan dan Tanggapan Kritis

Hal pertama yang akan saya bahas dalam materi ini ialah perbedaan teks tantangan dengan teks tanggapan kritis. Tidak banyak orang yang mengerti betul perbedaan dari kedua jenis teks dalam bahasa indonesia tersebut. Padahal jika kita amati dari sudut pandang pendidikan terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Nah, apakah anda ingin mengetahuinya?

Perbedaan diantara teks tantangan dan tanggapan kritis tersebut dapat ditinjau dari segi pengertian maupun struktur teks yang terdapat di dalamnya. Untuk anda yang belum terlalu paham cara membedakan teks tantangan dengan teks tanggapan kritis silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Teks

Perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis yang pertama ditinjau dari segi pengertiannya. Pengertian teks tantangan ialah sebuah teks berisi bantahan mengenai sesuatu hal dalam masyarakat yang sedang kontroversional. Misalnya naiknya harga BBM, naiknya harga makanan pokok dan lain lain.

Baca juga: 6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Sedangkan pengertian teks tanggapan kritis ialah sebuah teks yang berisi komentar (tanggapan) mengenai sebuah masalah di sekitar kita yang diduga terjadi karena kesalahan tertentu. Secara otomatis teks tanggapan harus disertai dengan alasan dan fakta sesuai dengan cara berpikir secara kritis.

Struktur Teks

Perbedaan teks tantangan dan tanggapan kritis selanjutnya ditinjau dari segi struktur teks di dalamnya. Secara garis besar struktur menjadi aspek penting untuk menyusun ide-ide agar menjadi paragraf yang koheren. Struktur teks tantangan tersebut memiliki beberapa bagian didalamnya seperti argumen, pengantar (isu), dan kesimpulan. Berikut penjelasannya yaitu:

  • Pengantar atau isu adalah bagian teks tantangan yang berisi isu atau topik yang nantinya dibantah.
  • Argumen ialah bagian teks yang berisi beberapa alasan dan bukti terkait terjadinya sebuah masalah yang akan di bantah.
  • Kesimpulan ialah struktur teks tantangan yang berisi penegasan ulang terkait perbincangan isu yang akan dibantah.

Baca juga : 6 Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi, Beserta Strukturnya

Selain struktur pada teks tantangan di atas, selanjutnya adapula struktur teks tanggapan kritis. Teks tanggapan kritis berisi beberapa bagian di dalamnya seperti penegasan ulang, evaluasi dan deskripsi. Berikut penjelasannya yaitu:

  • Evaluasi ialah bagian teks tanggapan kritis berisi pernyataan umum mengenai teks yang akan disampaikan oleh penulis.
  • Deskripsi ialah bagian teks yang berisi informasi yang mendukung atau tidak mendukung disertai dengan pendapat dan data tertentu.
  • Penegasan ulang ialah struktur teks tanggapan kritis yang berisi penegasan ulang dimana berupa keputusan dan pelaksanaan individu dengan pendapatnya sendiri.

Persamaan Teks Tantangan dan Tanggapan Kritis

Setelah menjelaskan tentang perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang persamaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Diantara kedua jenis teks ini terdapat beberapa persamaan di dalamnya seperti di bawah ini:

  • Kandungan teksnya berisi tanggapan sebuah masalah tertentu.
  • Mempunyai persamaan dalam unsur atau kaidah kebahasaan seperti konjungsi, referensi, kalimat kompleks dan diksi.
  • Memiliki persamaan dalam struktur deskripsi dan argumen yang berisi pendapat disertai bukti terkait sebuah masalah, baik pendapat menentang maupun mendukung.
  • Memiliki persamaan dalam struktur penegasan ulang dan kesimpulan yang berisi rekomendasi atau solusi untuk mengambil jalan tengah terkait cara memberikan kesimpulan dalam masalah tertentu.

Kedua jenis teks diatas dapat dengan mudah kita bedakan terlebih lagi jika kita sering belajar maupun membaca. Untuk melihat contoh teks tanggapan kritis dan teks tantangan silahkan anda buka artikel sebelumnya. Disana saya telah membahas pengertian, ciri, kaidah kebahasaan, dan struktur teks lebih mendalam.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis beserta persamaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Kedua jenis teks Bahasa Indonesia ini dapat ditinjau dari segi pengertian maupun struktur teks di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.