10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap

Diposting pada

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap – Di berbagai daerah di Nusantara pasti sering menemukan adanya senjata tradisional. Seperti halnya senjata tradisional dari Bali ini. Jenis jenis senjata tradisional di daerah tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya. Pada zaman dahulu masyarakat Bali sajalah yang memiliki senjata tradisional ini. Bahkan sampai sekarang senjata ini tidak semua dimiliki oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan terdapat sistem keamanan yang tertata dengan baik sehingga berbagai jenis perkakas modern dapat bermunculan dan kehidupan manusia sekarang ini bisa dipermudah.

Macam macam senjata tradisional Bali sampai sekarang masih tetap eksis dan masih dipusakakan juga. Meski begitu masih terdapat beberapa orang yang belum mengetahui apa saja jenis senjata tradisional dari Bali tersebut. Provinsi Bali dalam melestarikan budaya nenek moyangnya masih sangat kuat dan erat di lingkungan masyarakatnya. Keeksisan Bali tersebut terlihat dari adanya rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, alat musik tradisional dan senjata tradisional yang tetap dilestarikan sampai sekarang.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa senjata tradisional dari Bali merupakan bukti adanya pelestarian budaya nenek moyang masyarakat Bali sekarang ini. Untuk itulah banyak sekali ragam jenis dari senjata tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa jenis senjata tradisional Bali beserta gambar dan penjelasan terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sampai sekarang masih banyak senjata tradisional dari Bali masih tetap eksis karena warga Bali sendiri tetap mempertahankannya. Meskipun senjata tradisional ini jarang diketahui oleh banyak orang, apalagi anak zaman sekarang yang cenderung kurang mengetahui sejarah tentang Nusantara. Tidak heran jika tidak banyak orang yang tahu tentang jenis jenis senjata tradisional ini.

Baca juga : Macam Macam Pakaian Adat Riau Beserta Gambar Terlengkap

Senjata tradisional Bali dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan segi fungsinya. Setiap macam senjata tradisional dari Bali tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda beda. Adapun beberapa macam senjata tradisional di Bali yaitu sebagai berikut:

Keris Tayuhan
Jenis senjata tradisional dari Bali yang pertama ialah keris tayuhan. Menurut keyakinan masyarakat disana, keris ini asalnya dari kerajaan Majapahit sebagai bentuk kebudayaannya. Keris tayuhan bagi masyarakat Bali sendiri dijadikan sebagai identitas dan simbol diri sendiri. Bahkan keris tayuhan ini memiliki nilai nilai kesakralannya juga. Maka dari itu penyimpanan dan perawatannya lebih diperhatikan.

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Keris Tayuhan

Kegunaan keris tayuhan jika dilihat dari segi fungsionalnya ialah untuk melindungi diri khususnya ketika berperang. Namun fungsi keris tayuhan sekarang ini beralih menjadi benda pusaka yang lengkap dengan hiasan hiasannya seperi sarung, hiasan gagang, maupun bilah. Untuk pembersihan keris tayuhan ini sering dilakukan di Bali pada ritual pergantian tahunan dan ritual keagamaan lainnya.

Wedhung

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Senjata Wedhung

Jenis senjata tradisional Bali selanjutnya ialah wedhung. Wedhung merupakan jenis pisau atau belati berasal dari logam yang ditempa, dimana asal gagangnya dari kayu yang diukir. Penemuan senjata tradisional tersebut tidak hanya di Bali saja. Namun senjata yang hampir sama dengan wedhung ini juga ditemukan di Cirebon. Di Cirebon terdapat  senjata seperti wedhung dengan bagian bilah yang polos. Namun untuk wedhung di Bali memiliki nilai seni yang terletak pada ciri khas motif di dalamnya.

Tiuk

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Senjata Tiuk

Baca juga : 16 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Nasional dan Internasional

Macam senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah Tiuk. Senjata Tiuk dari Bali ini hampr menyerupai wedhung. Maka dari itu bentuk senjatanya sejenis pisau atau belati. Tetapi senjata tiuk memiliki perbedaan yang sedikit dengan wedhung yaitu dalam hal penggunaannya. Wedhung digunakan oleh kaum pria untuk mempertahankan diri dalam peperangan. Sedangkan tiuk digunakan untuk membuat sesaji, memasak, dan kepentingan dapur lainnya. Selain itu desain liuk juga lebih sederhana daripada wedhung.

Tajen atau Taji
Macam senjata tradisional di Bali selanjutnya ialah Tajen atau Taji. Pada dasarnya masyarakat Bali sangat gemar dengan hobi bertarung ayam bangkok. Untuk itu tidak heran apabila terdapat taji yang ditemukan dalam kebudayaannya sebagai jenis senjata tradisional disana. Kegunaan taji ialah untuk melengkapi pertarungan ayam dan untuk kebutuhan upacara adat tabur roh. Upacara tabur roh merupakan upacara korban yang didalamnya terdapat penyembelihan hewan, dimana darahnya akan ditaburkan.

Kandik

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Senjata Kandik

Jenis senjata tradisional Bali selanjutnya ialah Kandik. Kandik ialah senjata tradisional yang bentuknya menyerupai sebilah kapak. Penggunaan kandik sendiri ialah untuk membantu para pria menyelesaikan pekerjaan yang berat. Misalnya membelah kayu, menebang pohon dan sebagainya. Hal ini disesuaikan dengan bentuk dari senjata tradisional tersebut.

Caluk

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Senjata Caluk

Jenis senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah caluk. Caluk ialah senjata tradisional yang bentuknya menyerupai sebilah pisau lengkung dan memiliki pegangan atau gagang panjang. Caluk tersebut memiliki gagang panjang yang berfungsi untuk menggapai daerah yang letaknya lebih tinggi. Contohnya saat memotong ranting, memanen buah dan sebagainya.

Arit
Macam senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah arit. Arit ialah senjata tradisional menyerupai caluk, namun bentuk gagangnya pendek. Bentuk dari arit sendiri hampir sama dengan celurit yang khas dari Madura. Celurit Madura sendiri berbentuk pisau melengkung menyerupai bulan sabit. Senjata ini berguna untuk bekerja di ladang, mencari rumput dan sebagainya.

Blakas

10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap
Gambar Senjata Blakas

Macam senjata tradisional Bali selanjutnya ialah blakas. Bentuk dari blakas sendiri menyerupai golok dapur atau golok cepot. Kegunaan blakas ialah untuk memotong hewan qurban dan sebagai alat dapur. Pilihan bentuk yang sangat bagus untuk senjata ini ialah dua pisau beda dimensi yang dimasukkan dalam satu sarung. Ukuran dalam satu bilah tersebut sangat berat dan tebal. Kemudian untuk bilah yang lainnya memiliki bentuk melengkung dan ukurannya tipis.

Baca juga : Peta Benua Asia Lengkap Dengan Batas Wilayah dan Negara Negaranya

Keris
Macam senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah keris. Di Bali memang banyak orang yang mencari senjata ini karena kesakralan dan keunikannya. Biasanya keris banyak digunakan untuk koleksi ataupun kepentingan ritual. Karakter keris Bali yang utama hampir sama dengan keris Jawa yaitu dalam proses penempaannya menciptakan lekukan. Jumlah lekukan pada keris sendiri ialah ganjil karena pakemnya mengikuti konsep keris Jawa. Bahkan terdapat anggapan bahwa keris yang dibuat sempurna itu memiliki jumlah ganjil. Hal ini dikarenakan terdapat filosofis didalamnya.

Tombak
Jenis senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah tombak. Tombak ialah senjata yang biasa digunakan dalam perang sejak zaman dahulu. Para prajurit banyak yang menggunakan tombak ketika berbagai jenis kerajaan di Nusantara sudah berdiri yaitu untuk alat atau senjata dalam perang. Dalam tarian Bali terdapat gambaran senjata tombak yang terkenal dengan nama Tarian Wirayudha. Tarian Wirayudha ialah tarian perang yang menggunakan senjata tombak dan diperankan oleh 2 – 4 pasang penari. Tarian tersebut menjelaskan tentang persiapan segerombolan prajurit Bali Dwipa untuk melaju sampai medan perang.

Penampad
Jenis senjata tradisional Bali selanjutnya ialah penampad. Penampad ialah senjata yang bentuknya hampir sama dengan pisau panjang seperti pedang. Kegunaan penampad di pematang sawah ialah untuk membersihkan rumput rumput disana.

Trisula
Jenis senjata tradisional dari Bali selanjutnya ialah trisula. Dalam bahasa Sansekerta, Trisula dapat disebut serampang atau Trishul yang artinya tombak dengan mata tiga. Secara harfiah trisula dapat diartikan sebagai tiga tombak. Trisula tersebut sebenarnya ialah senjata yang dimiliki oleh dewa Siwa yang berupa Trimurti. Senjata ini terdapat di kerajaan Hindu Budha yang sering disembah di wilayah Bali ataupun Jawa. 

Sekian penjelasan mengenai beberapa senjata tradisional Bali beserta gambar dan penjelasan terlengkap. Jenis jenis senjata tradisional dari Bali tersebut sampai sekarang keeksisannya masih dipertahankan. Bahkan kesakralannya juga masih dipertahankan karena sangat tinggi filosofis di dalamnya. Maka dari itu warisan leluhur tanah air kita perlu dilestarikan dan dijaga dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *