Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap – Dalam sebuah paragraf terdapat topik atau gagasan pokok yang dapat ditentukan dengan berbagai macam cara sesuai dengan jalan pikiran dari penulisnya. Penulis sendiri memiliki jalan pikiran dalam merangkai kalimat satu dengan yang lainnya hingga dapat menjadi paragraf yang saling berkaitan. Topik atau gagasan utama dalam paragraf dapat ditentukan untuk mewakili kalimat kalimat di seluruhnya. Apa itu gagasan pokok? Bagaimana bentuk contoh gagasan pokok? Gagasan pokok adalah sebuah kalimat utama yang dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat kalimat lainnya.

Penjelasan tentang gagasan pokok ini memiliki kesimpulan bahwa kalimat utamanya ini merupakan kesimpulan dari paragraf seluruhnya. Gagasan utama dapat dinamakan dengan pokok pikiran, gagasan pokok, pokok pembicaraan atau pikiran utama. Bagaimana cara menentukan gagasan pokok itu? Bagaimana contoh gagasan pokok itu? Gagasan pokok adalah sebuah topik dalam teks yang sedang dibahas atau dibicarakan. Gagasan utama memang selalu dimiliki oleh masing masing paragraf, baik letaknya secara tersirat ataupun tersurat. Gagasan utama secara tersurat dapat dilihat pada bagian akhir, awal maupun awal dan akhir kalimatnya. Kemudian untuk gagasan pokok secara tersirat biasanya letaknya ada di semua kalimat diparagraf tersebut.

Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap
Pokok Pikiran Sebuah Paragraf

Apa pengertian gagasan pokok itu? Gagasan utama memang dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan dalam pembahasan yang menjadi inti dari semua permasalahan. Dalam penjelasan tentang gagasan pokok terdapat pembahasan lebih dalam mengenai gagasan utama tersebut. Letak gagasan pokok sendiri berada di awal dan sekaligus disimpulkan. Apa yang dimaksud gagasan pokok itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menentukan gagasan pokok beserta contoh gagasan pokok terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Apa itu gagasan pokok? Gagasan pokok adalah inti dari sebuah kalimat yang dinyatakan untuk dibahas. Gagasan pokok sendiri dapat dinamakan dengan pokok pikiran atau ide pokok. Dalam penjelasan tentang gagasan pokok tersebut terdapat penulis yang ingin menyampaikan sesuatu hal tertentu. Di gagasan pokok ini terdapat kandungan kalimat yang berupa kalimat topik atau kalimat utama. Gagasan pokok sendiri dapat dibagi menjadi kalimat deduktif (gagasan utamam di awal kalimat), kalimat induktif (gagasan utama di akhir kalimat), dan kalimat campuran (gagasan utama berada di awal dan akhir kalimat). Letak pikiran pokok tersebut memang dapat berada di tengah paragraf. Jenis paragraf ini dapat dinamakan dengan paragraf deskripsi.

Baca juga : 12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)

Bagaimana cara menentukan gagasan pokok itu? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa gagasan pokok dapat diartikan sebagai sebuah inti kalimat yang akan disampaikan oleh penulis. Di dalam gagasan utama tersebut terdapat beberapa ciri ciri di dalamnya. Adapun ciri ciri gagasan pokok yaitu sebagai berikut:

  • Terdapat penjabaran lebih lanjut mengenai permasalahan yang terkandung dalam topik.
  • Terdiri dari beberapa kalimat yang dapat bangun sendiri dengan pandai dan lengkap.
  • Memiliki sebuah pengertian yang tidak memiliki kaitannya dengan kalimat lain.
  • Pembentukannya tidak menggunakan transisi dan kata sambung.
  • Tanda pada gagasan utama di paragraf induktif ialah kata kunci “kesimpulan”, “oleh karena itu”, “oleh lantaran itu”, “bersama ini demikian”, “yang penting”, “jadi”, dan sebagainya.

Cara Menentukan Gagasan Pokok

Setelah membahas tentang pengertian gagasan pokok dan ciri ciri gagasan pokok di atas. Selanjutnya terdapat penjelasan tentang gagasan pokok terkait cara menentukannya. Dalam cara mencari gagasan pokok ini juga akan saya sertakan contoh gagasan pokoknya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Membaca Dengan Cermat

Cara menentukan gagasan utama yang pertama ialah dengan menbacanya lebih cermat. Di dalam paragraf terdapat satu kalimat dengan kalimat lainnya yang harus dibaca dengan cermat serta apa yang dibicarakan atau dibahas dalam teks juga harus dipahami. Setelah itu secara keseluruhan dalam teks yang dibaca, kita dapat menentukan jawaban dari pertanyaan yang dicari. Jawaban yang dicari ini dinamakan dengan topik atau pokok pikiran.

Menemukan Kalimat Utamanya

Cara menentukan gagasan pokok selanjutnya yaitu dengan menemukan kalimat utamanya. Di setiap paragraf memang terdapat kalimat utama di dalam teksnya. Kalimat utama sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kalimat memiliki gagasan pokok dan mempunyai sifat umum. Kemudian adapula kalimat penjelas yang merupakan kalimat pendukung khusus pada kalimat utamanya. Oleh karena itu kalimat penjelas akan mendukung kalimat utama di dalam teks paragraf sehingga dapat ditentukan.

Baca juga : Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya

Dalam penjelasan tentang gagasan pokok memang harus menemukan kalimat utamanya terlebh dahulu agar mudah dicari topiknya. Usahakan teks dibaca dengan cermat sehingga dalam setiap paragraf terdapat kalimat utama yang dapat ditentukan. Agar kalimat utama dapat ditemukan dengan mudah maka anda dapat memperhatikan ciri ciri kalimat iu sendiri. Ciri ciri kalimat utama tersebut akan membantu anda menemukan kalimat ini dengan cepat. Setelah dalam paragraf ditemukan kalimat utamanya, kemudian subjek dan predikat dalam inti kalimatnya diambil sehingga gagasan utamanya dapat disimpulkan.

Contoh Gagasan Pokok

Setelah membahas tentang cara menentukan gagasan pokok di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh gagasan pokok. Seperti yang telah kita ketahui bahwa gagasan pokok adalah sebuah topik dalam teks yang sedang dibahas atau dibicarakan. Letak gagasan pokok tersebut dapat berada di awal, akhir ataupun awal dan akhir paragraf. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh di bawah ini:

Gagasan Pokok di Awal Paragraf

Pensiun tidak akan membuat orang stres. Pensiun berarti tidak bekerja, namun gaji tetap diterima. Mereka tidak berdinas lagi maka beban pikiran akan pekerjaan tidak dimiliki dan untuk bersantai lebih banyak waktu luang. Orang tidak akan terkena stres apabila dapat mengoptimalkan waktu luang tersebut dengan macam macam aktivitas yang produktif dan positif.

Dalam contoh gagasan pokok di atas terdapat inti kalimat yaitu pensiun tidak membuat stres. Dalam paragraf ini terdapat gagasan utama yang terkandung di kalimat utama yaitu pensiun tidak akan membuat orang stres. Di kalimat akhir tersebut terdapat kalimat penjelas yang memperkuat pokok pikiran di dalamnya. Dari penjelasan tentang gagasan pokok tersebut dapat disimpulkan bahwa contoh di atas termasuk dalam kalimat deduktif.

Gagasan Pokok di Akhir Paragraf

Berdoa dan rajin beribadah memang sewajarnya dilakukan seorang muslim. Lantunan kata indah setiap hari pasti dipanjatkan kehadirat Allah. Dengan berdoa, ia yakin bahwa kesulitannya dapat diselesaikan dengan mudah dan harapannya bisa dicapai. Senjata paling ampuh seorang muslim adalah doa.

Baca juga : Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Dalam contoh gagasan pokok di atas terdapat inti kalimat yaitu kedudukan doa untuk seorang muslim. Dalam paragraf ini terdapat gagasan utama yang terkandung di kalimat utama yaitu senjata paling ampuh seorang muslim adalah doa. Dalam contoh di atas kita dapat menerapkan cara menentukan gagasan pokoknya melalui kalimat utamanya.

Gagasan Pokok di Awal dan Akhir Paragraf

Keluarga kami hari ini sangat bahagia. Kebahagian ini datang karena Riko akan wisuda. Di barisan pertama terlihat kakak pertamaku yang terlihat duduk rapi. Dengan pakaian serba hitam yang dilengkapi topi persegi, ia duduk bersama para mahasiswa lainnya dan berjejer rapi. Kedua bibir ayah dan ibuku dari tadi aku perhatikan tidak pernah terkatup dalam mengucapkan tahmid tiada henti, bahkan sesekali senyum mereka juga diumbarnya. Bagi kami hari ini memang sangat spesial.

Dalam contoh gagasan pokok di atas terdapat inti kalimat yang letaknya di awal dan akhir kalimatnya. Dalam penjelasan tentang gagasan pokok di atas dapat kita lihat bahwa di akhir dan awal kalimat dalam paragrafnya terdapat maksud yang sama.

Dalam hal ini kalimat utama dengan gagasan pokok tersebut berbeda satu sama lain. Yang membendakan gagasan pokok dan kalimat utama ialah perbedaan serta maksud di dalamnya. Pengertian kalimat utama ialah kalimat yang didalamnya terdapat kalimat lain untuk memperjelasnya dan gagasan pokok di paragraf tersebut. Sedangkan pengertian gagasan pokok ialah inti suatu bacaan yang menjadi bagian dalam kalimat utama. Letak kalimat utama sendiri dapat berada di awal dan akhir (campuran/deduktif induktif), awal (deduktif), serta akhir paragraf (induktif).

Sekian penjelasan mengenai cara menentukan gagasan pokok beserta contoh gagasan pokok terlengkap. Apa itu gagasan pokok? Gagasan pokok adalah sebuah pernyataan dalam pembahasan yang menjadi inti dari semua permasalahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi gagasan pokok di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *