Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya – Majas pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis majas tentunya memiliki fungsi yang berbeda beda karena maknanya juga berbeda. Salah satunya ialah majas litotes. Apa pengertian majas litotes itu? Apa ciri ciri majas litotes? Apa fungsi majas litotes? Majas litotes merupakan majas yang menggunakan kata kata dengan arti berlawanan di sebuah kondisi tertentu. Contoh dalam majas litotes tersebut memiliki maksud yang berlawanan dengan makna kalimatnya. Kata litotes menurut KBBI dapat diartikan sebagai pernyataan yang melemahkan atau memperkecil sesuatu, menyatakan kebalikan dan merendahkan diri. Contohnya ungkapan tidak bodoh yang dikatakan untuk menyatakan pandai.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian majas litotes secara umum ialah majas yang kata katanya berlawanan dengan kenyataan karena pengunaannya dalam kondisi tertentu untuk merendah diri namun maksudnya lebih tinggi. Apakah anda tahu apa fungsi majas litotes itu? Jenis majas ini tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri. Hal ini dikarenakan ciri ciri majas litotes digunakan untuk membedakannya dengan majas lainnya. Dengan ciri ciri ini, contoh majas litotes juga dapat dikenali dengan mudah.

Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya
Contoh Majas Litotes pada Kalimat

Pada dasarnya majas litotes termasuk dalam salah satu majas Bahasa Indonesia. Majas ini dapat digunakan dalam kalimat dengan maksud tertentu. Kata kata dalam majas ini memiliki maksud yang berlawanan dengan kenyataan yang sebenarnya. Akan tetapi maksud dari kata kata ini sebenarnya memiliki maksud yang lebih tinggi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh majas litotes dalam kalimat beserta penjelasan tentang pengertian majas litotes, ciri ciri majas litotes dan fungsi majas litotes. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

Pernahkah anda mendengar istilah “low profile” dalam kehidupan sehari hari? Ya pasti pernah. Ungkapan inilah yang mungkin sangat cocok menggambarkan penggunaan majas litotes dalam kehidupan kita. Sering kali orang mengungkapkan suatu hal dengan cara yang santun serta rendah hati pada orang lain. Nah, cara penyampaian yang rendah hati tersebut bisa menjadi contoh majas litotes dalam konteks bermasyarakat. Dalam implementasinya majas litotes digunakan dengan berbagai tujuan. Entah itu untuk merendah, sarkasme, maupun kepuasan pribadi seseorang.

Orang yang menggunakan contoh kalimat litotes tidak serta merta merendahkan dirinya begitu saja. ia justru menggunakan ungkapan lain agar tidak terlihat sombong ketika berbicara. hal ini pun sejalan dengan apa yang diajarkan pada kita di sekolah tentang menjaga sopan santun serta rendah hati. Dalam artikel kali ini kita akan mendalami materi majas litotes terkait pengertian, ciri ciri, fungsi, dan juga contoh majas litotes itu sendiri.

Pengertian Majas Litotes

Materi majas sudah diberikan pada kita bahkan semenjak kita menginjak bangku SMP. Unsur unsur serta contoh majas litotes sendiri bisa dengan mudah kita temukan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Meskipun sebenarnya terlihat simpel namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang gagal paham memahami kalimat litotes. Maka dari itu saya akan memberikan pendalaman materi dimulai dari pengertian litotes itu sendiri.

Secara umum pengertian majas litotes ialah majas mengenai sebuah hal positif yang dikecilkan menjadi hal negatif. Pengertian lainnya adalah kenyataan sebenarnya yang dikecilkan dengan kata lainnya. Selain itu adapula definisi majas litotes yaitu majas pertentangan yang bermaksud merendahkan diri sehingga orang lain dapat dipengaruhi. Majas litotes memiliki maksud melemahkan atau mengurangi kenyataan sebenarnya dalam proses pengungkapannya. Inilah yang menjadi salah satu ciri ciri majas litotes dan fungsi majas litotesnya.

Ciri ciri Majas Litotes

Dalam arti sempit, litotes memiliki maksud berupa ungkapan mengenai fakta yang dikecilkan. Untuk itulah fungsi majas litotes ini untuk menghaluskan kata kata yang dilakukan dan menjaga kesopanan dalam kalimat. Sebelum membagikan contoh majas litotes tersebut, anda harus memahami ciri ciri majas litotes terlebih dahulu. Majas litotes memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki kata kata kiasan yang digunakan sebagai pilihan kata untuk menyamakan hal yang satu dengan hal lainnya.
  • Menggunakan kata kata abstrak sehingga isi sajak dan ceritanya dapat dinyatakan tujuan dan maksudnya.
  • Memiliki kata pembanding, misalnya bak, bagaikan, bagai, laksana, dan sebagainya.
  • Menggunakan susunan kata yang halus untuk menyatakan maksud tertentu lebih tinggi sehingga kesopanan dalam kalimatnya dapat dijaga.

Baca juga : Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Jika sebuah kalimat yang diucapkan seseorang memiliki kriteria seperti diatas maka bisa dipastikan ia menggunakan majas litotes. Dengan membaca karakteristik diatas diharapkan bisa menambah wawasan kita dan bisa membantu mengidentifikasi kalimat litotes dalam kehidupan sehari hari.

Fungsi Majas Litotes

Dalam pembelajaran bahasa indonesia majas diciptakan dengan berbagai alasan spesifik. Begitu juga dengan contoh majas litotes yang akan saya bagikan nanti di sesi terakhir. Selain pengertian majas litotes dan ciri ciri majas litotes di atas. Adapula beberapa fungsi majas litotes yang wajib anda ketahui sebagai bagian dari pendalaman materi. Majas litotes memiliki beberapa fungsi di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Dalam penggambarannya terdapat efek kesenangan yang dihasilkan secara imajinatif.
  • Membuat hal hal abstark lebih terlihat menjadi konkrit dengan tambahan imajinatif yang dihasilkan majas ini sehingga dapat dinikmati.
  • Membuat intensitas perasaan pengarang menjadi bertambah sehingga sikap dan makna yang disampaikan dapat mempengaruhi pembacanya.
  • Menggunakan bahasa yang mudah sehingga penyampaian maksud tertentunya dapat dipahami oleh pembaca.

Terdapat batasan dalam menggunakan contoh majas litotes yang perlu anda ketahui. Majas ini diciptakan untuk menimbulkan kesan rendah hati dan bukan untuk sarkasme. Jadi ketika menggunakan ungkapan litotes bacalah situasi dan konteks pembicaraan terlebih dahulu. Jangan sampai niat anda yang ingin sopan dan rendah hati malah dianggap sebagai sebuah kesombongan.

sampai disini saya anggap anda sudah memahami benar ciri ciri serta fungsi dari majas tersebut. Pada sesi terakhir ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat litotes yang bisa anda analisa.

Contoh Majas Litotes

Setelah menjelaskan tentang pengertian majas litotes, ciri ciri majas litotes, dan fungsi majas litotes di atas. Meskipun penggunaan majas litotes dapat dengan mudah kita temukan dalam keseharian bermasyarakat namun tetap saja kita perlu menganalisanya. Tujuannya adalah agar kita tidak salah dalam menginterpretasikan kalimat litotes yang dilontarkan tersebut. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh pada majas litotes beserta penjelasannya. Silahkan simak kalimat di bawah dan perhatikan susunan kata yang saya cetak tebal:

  • Saya meminta maaf karena mengenakan pakaian tidak pantas dalam acara ini.  Pakaian tidak pantas ini memiliki tujuan merendah karena pakaiannya tidak bagus.
  • Saya sebagai orang awam meminta ijin untuk mengungkapkan pendapat terkait masalah tersebut. Orang awam ini memiliki maksud yaitu orang yang memiliki pengetahuan.
  • Terima kasih sudah datang di gubuk reot saya. Gubuk reot ini bertujuan untuk merendahkan diri karena rumahnya mewah.
  • Mohon maaf jika hanya hal kecil ini yang dapat saya bantu. Hal kecil ini memiliki maksud yang berupa bantuan cukup berarti besar.
  • Hanya mobil butut ini yang saya miliki. Mobil butut ini bertujuan untuk merendahkan diri karena mobil mewah yang dimiliki sangat layak.
  • Terimalah hadiah sekadarnya ini sebagai kado ulang tahunmu. Hadiah sekadarnya ini bertujuan untuk merendahkan diri karena hadiahnya mewah.
  • Saya berdiri disini sebagai pengusaha kecil untuk memotivasi kalian semua. Pengusaha kecil ini memiliki maksud pengusaha yang sukses sekali.
  • Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya dengan tubuh rapuh dan renta ini. Tubuh rapuh dan renta ini bertujuan untuk merendahkan diri karena memiliki tubuh yang kuat.
  • Ijinkanlah saya yang kurang berpengalaman memberikan solusi. Kurang berpengalaman ini memiliki maksud dapat membantu orang yang membutuhkan dengan pengalaman yang banyak sekali.

Baca juga : Materi Hikayat: Pengertian, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat

Terlepas dari contoh kalimat diatas sebenarnya masih banyak sekali contoh majas litotes yang bisa kita pelajari. Bahkan kita bisa mempelajarinya dengan cara mempraktekannya sendiri dalam kehidupan sehari hari. Belajarlah untuk memposisikan diri lebih sopan serta rendah hati ketika berbicara.

Contoh Kalimat Litotes

Berdasarkan contoh majas litotes di atas dapat disimpulkan bahwa maksud dari kata kata yang digunakan berlawanan dengan kenyataan sebenarnya. Hal ini tentunya sama dengan maksud pengertian majas litotes, ciri ciri ungkapan litotes dan fungsi kalimat litotes yang saya jelaskan di atas. Selain contoh tersebut, saya akan membagikan beberapa contoh kalimat litotes lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Saya bersama keluarga hanya tinggal di tempat beratapkan langit dan beralaskan tanah.
  • Datanglah kerumahku nanti malam karena ada pesta kecil kecilan yang saya adakan.
  • Dengan modal pas pasan ini, saya hanya menjadi pengusaha kecil saja.
  • Di kantor kecamatan ini, saya hanya menjadi pegawai biasa.
  • Di perusahaan itu, saya memiliki penghasilan untuk keluarga yang cukup sehingga dapat makan dengan lauk seadanya.
  • Barang ini tidak seberapa untuk diberikan kepada kamu.
  • Terimalah bantuan dari orang bodoh seperti saya ini untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Hidup saya ini penuh tantangan dan penuh kesederhanaan.
  • Malam ini saya akan pergi ke acara jamuan dengan pakaian apa adanya.
  • Hadiah ini memang tak seberapa, maka jangan dilihat harganya tetapi maknanya saja.
  • Dia memang dapat memberikan semuanya, namun hanya kasih sayang dan cinta yang dapat saya berikan.
  • Dengan usaha kecil kecilan ini, kami dapat bertahan hidup sampai sekarang.
  • Selama 15 tahun, saya bekerja keras untuk membeli mobil jelek ini.

Sekian penjelasan mengenai pengertian majas litotes, ciri ciri majas litotes, fungsi majas litotes dan contoh majas litotes dalam kalimat. Majas litotes merupakan majas mengenai sebuah hal positif yang dikecilkan menjadi hal negatif atau kenyataan sebenarnya yang dikecilkan dengan kata lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi majas litotes di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *