Fungsi Laten Lembaga Pendidikan Beserta Fungsi Manifesnya

Diposting pada

Fungsi Laten Lembaga Pendidikan Beserta Fungsi Manifesnya – Ketika bayi mulai dilahirkan, dari situlah awal pendidikan yang akan terjadi sepanjang hidup. Bahkan sebelum bayi dilahirkan sudah terjadi pendidian yang banyak orang lakukan seperti membawa buku dan memainkan musik untuk bayi di dalam kandungan. Pendidikan ini digunakan untuk memberikan pengajaran kepada bayi sebelum mereka dilahirkan. Dalam kehidupan sehari hari tentunya terdapat pengalaman hidup yang lebih berarti bagi beberapa orang dibandingkan pendidikan formal. Untuk itulah ada beberapa fungsi lembaga pendidikan yang tentunya tidak mengganggu pribadi masing masing orangnya. Lantas apa fungsi laten pendidikan itu? Apa fungsi manifes lembaga pendidikan? Apa saja jenis jenis lembaga pendidikan?

Peran anggota keluarga dalam proses pengajaran memang sangat mendalam, bahkan tanpa disadari lebih mendalam dibandingkan hal lain di luar sana. Meskipun pada dasarnya anggota keluarga memberikan pengajaran yang tidak resmi. Kemudian dalam lingkup bermasyarakat tentunya terdapat peran pengajaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan. Pengetahuan dan keterampilan seseorang dapat diperoleh dengan melalui pendidikan ini. Maka dari itu penting untuk anda mengetahui pengertian lembaga pendidikan, fungsi lembaga pendidikan, fungsi laten lembaga pendidikan dan fungsi manifes lembaga pendidikan.

Fungsi Laten Lembaga Pendidikan Beserta Fungsi Manifesnya
Lembaga Pendidikan

Pada hakikatnya lembaga pendidikan memiliki wujud yang tidak identik dengan lembaga formal seperti sekolah. Hal ini dikarenakan pelaksanaan pendidikan tersebut dapat berada di berbagai tempat. Pelaksanaan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara mempunyai tiga pilar penting seperti pendidikan dalam masyarakat, pendidikan di lingkungan keluarga dan pendidikan di lingkungan sekolah. Pilar pilar inilah yang cukup penting untuk menunjang pendidikan dalam diri seseorang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi laten lembaga pendidikan beserta fungsi manifes lembaga pendidikan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Fungsi Laten Lembaga Pendidikan Beserta Fungsi Manifesnya

Pengertian lembaga pendidikan ialah sebuah usaha yang terencana dan sadar untuk membuat keinginan manusia menjadi terwujud. Tujuan pendidikan sendiri ialah untuk membuat potensi dalam diri peserta didik menjadi lebih aktif berkembang. Hal ini tentunya hampir sama dengan fungsi lembaga pendidikan tersebut. Kemudian adapula peran lembaga pendidikan lainnya yaitu usaha untuk membentuk kekuatan spiritual keagamaan dalam pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan, kepribadiian, dan akhlak mulia yang dibutuhkan oleh individu tersebut. Pengertian pendidikan tersebut ialah untuk sarana seseorang untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan demi masa depannya.

Baca juga : Nama Mata Uang Dunia Beserta Kode dan Konversinya

Peningkatan kualitas diri yang dilakukan oleh masyarakat melalui pendidikan pada umumnya mempunyai satuan pendidikan di berbagai kelompok layanan pendidikan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis lembaga pendidikan seperti jalur informal, formal dan nonformal. Pendidikan tersebut dapat diartikan sebagai usaha terencana dan sadar untuk membuat proses pembelajaran dan suasana belajar menjadi terwujud agar secara aktif potensi peserta didik dapat dikembangkan sehingga di dalamnya terdapat kekuatan keagamaan, kepribadian, akhlak mulia, spiritual, keterampilan, pengendalian diri, dan kecerdasan yang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan fungsi laten lembaga pendidikan dan fungsi manifes lembaga pendidikan.

Pengertian lembaga pendidikan ialah badan yang berupaya untuk menyelenggarakan dan mengelola kegiatan sosial, keagamaan, keahlian, kebudayaan dan penelitian keterampilan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai fungsi lembaga pendidikan secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Dalam proses pendidikan terdapat keperluan yang harus dipenuhi.
  • Membuat individu berguna sebagai anggota masyarakat.
  • Untuk memberikan pengajaran hal yang tidak dapat dipelajari secara sistematis di lingkungan keluarga dan juga lebih mudah.

Fungsi Manifes Lembaga Pendidikan

Setelah menjelaskan tentang pengertian lembaga pendidikan, pengertian pendidikan dan fungsi lembaga pendidikan secara umum di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa fungsi manifes lembaga pendidikan yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Beserta Bentuknya

  • Memberikan keterampilan yang tertanam dalam demokrasi. Hal ini dikarenakan iklim demokrasi akan terwujud melalui partisipasi aktif di dalam pendidikan.
  • Melakukan transmisi kebudayaan di dalam masyarakat sehingga nilai budaya bangsa yang diwariskan kepada penerus bangsa atau generasi muda.
  • Membuat potensi para anggota masyarakat menjadi lebih siap berkembang dan membuat mereka siap untuk mencari nafkah dengan bekerja. Para peserta didik diberikan keterampilan melalui lembaga pendidikan nonformal maupun formal sehingga nafkah yang dicari dapat memenuhi keperluan hidup.
  • Membuat kebudayaan berkembang sehingga terjadi peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui inovasi teknologi dan sosial.
  • Membuat tenaga pembangunan menjadi tersedia. Hal ini dikarenakan program pembangunan akan lebih sukses jika ditunjang adanya peran tenaga terdidik, terampil dan terlatih.
  • Dengan pelajaran diharapkan warga negara dapat timbul secara patriotik demi gambaran kejayaan bangsa.
  • Memperbaiki dan membuka kesempatan nasib. Pekerjaan seseorang dapat diraih dengan melalui pendidikan sehingga diri sendiri maupun orang lain mampu disejahterakan.
  • Membuat kemampuan berfikir menjadi berkembang secara bebas dan rasional.
  • Memberikan pengajaran terkait norma dan nilai dalam lingkungan sekitar.
  • Membentuk kepribadian dan membuat kemampuan penyesuaian diri menjadi lebih meningkat.
  • Memberikan pengajaran terkait peranan sosial.
  • Memberikan jaminan untuk keutuhan masyarakat dapat dijaga dengan adanya integrasi sosial.
  • Membuat kehidupan menjadi lebih kaya melalui perkembangan cakrawala intelektual.

Fungsi Laten Lembaga Pendidikan

Setelah menjelaskan tentang fungsi manifes lembaga pendidikan. Selanjutnya saya akan membahas tentang fungsi laten lembaga pendidikan. Masyarakat tidak sertamerta merasakan fungsi ini, maka dari itu fungsi laten bersifat tidak langsung. Fungsi laten pendidikan ialah fungsi yang dapat diramalkan dan tidak dikehendaki karena konsekuensi dari lembaga pendidikan. Adapun beberapa fungsi laten dalam lembaga pendidikan yaitu sebagai berikut:

  • Membuat masa peralihan kedewasaan anak tertunda dan membuat masa ketidakdewasaannya semakin panjang. Jika sekolah anak dilanjutkan, maka anak akan tertunda untuk masuk dunia kerja sehingga menimbulkan rasa ketergantuangan kepada keluarganya. Inilah dampak ketergantungan yang menyebabkan generasi muda belum masuk dalam proses sosial.
  • Menyalurkan mobilitas sosial di masyarakat. Cita cita seseorang yang berada di kalangan bawah dapat dikejar melalui lembaga pendidikan hingga dapat menempatkannya di kalangan atas dan menjadikannya seorang yang profesional.
  • Membuat budaya berbakti dan hormat kepada orang tua mejadi luntur.
  • Membuat sistem kelas sosial menjadi bertahan.
  • Membuat sikap pengawasan orang tua menjadi melemah. 

Baca juga : Pengertian Norma Sosial, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Jenis Jenis Lembaga Pendidikan

Dalam sistem bernegara, pemerintah selalu membagi lembaga berdasarkan jenis instansinya. Begitu juga dengan instansi pendidikan dibawah naungan menteri pendidikan dan kebudayaan. Selain pengertian lembaga pendidikan dan fungsi lembaga pendidikan di atas. Adapula macam macam lembaga pendidikan yang terdapat di Indonesia. Adapun jenis jenis lembaga pendidikan beserta ciri cirinya yaitu sebagai berikut:

Pendidikan Formal

Pengertian pendidikan formal ialah jalur perndidikan yang berjenjang dan terstruktur seperi pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pendidikan menengah. Adapun ciri ciri lembaga pendidikan formal yaitu meliputi:

  • Memiliki pengelompokan usia dan persyaratan usia di kelas kelas tertentu.
  • Terdapat perancangan jadwal yang sebelumnya telah dilakukan.
  • Terdapat penyusunan materi pelajaran sesuai kurikulum untuk diajarkan nantinya.
  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada umumnya di dalam kelas.
  • Pengaturan proses belajar dilakukan secara terkendali, tertib, dan terstruktur.
  • Terdapat pembatasan masa studi peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
  • Memiliki penghargaan, sistem evaluasi dan laporan hasil belajar yang berbentuk surat tanda tamat belajar, sertifikat ataupun ijazah.

Pendidikan Nonfomal

Jenis lembaga pendidikan selanjutnya ialah pendidikan nonformal. Jenis ini tentunya memiliki fungsi laten lembaga pendidikan di dalamnya. Pengertian lembaga pendidikan nonformal ialah pelaksanaan alur pendidikan secara berjenjang dan terstruktur yang ada di luar pendidikan formal. Adapun contoh lembaga pendidikan nonformal yaitu LPK atau Lembaga Pendidikan Keterampilan. Di bawah ini terdapat ciri ciri pendidikan nonformal yaitu sebagai berikut:

  • Lebih singkat waktu belajarnya daripada pendidikan formal.
  • Dapat dimanfaatkan dengan segera dan sifat materi pelajarannya lebih praktis.
  • Penyesuaian program pendidikannya lebih mendesak karena kebutuhan belajarnya harus dipenuhi.
  • Secara ketat tidak mengenal adanya jenjang atau kelas.
  • Pendidikan jenis ini bertujuan untuk menciptakan pekerjaan dan membuat status sosial lebih naik.
  • Tempat dan waktu belajar disesuaikan dengan keadaan dan situasi lingkungan dengan peserta didiknya.

Pendidikan Informal

Macam lembaga pendidikan selanjutnya ialah pendidikan informal. Pengertian lembaga pendidikan informal ialah pelaksanaan pendidikan yang ada di lingkungan sekitar dan lingkungan keluarga. Adapun contoh pendidikan informal yakni di lingkungan keluarga terdapat sosialisasi orang tua dengan anaknya. Di bawah ini terdapat ciri ciri lembaga pendidikan informal yaitu sebagai berikut:

  • Tidak memiliki guru ketika berlangsung pembelajaran sehingga cukup anggota keluarga saja.
  • Tidak memiliki ikatan waktu dan ruang.
  • Tidak ada metode tertentu yang digunakan seperti di dunia pendidikan formal lainnya.

Sekian penjelasan mengenai fungsi laten lembaga pendidikan beserta fungsi manifes lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang terencana dan sadar untuk membuat keinginan manusia menjadi terwujud. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *