Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Diposting pada

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD – Matematika yang diperkenalkan di Sekolah Dasar (SD) pada umumnya adalah materi dasar. Pembelajaran Matematika dasar ini menjadi pondasi atau tahap awal untuk materi Matematika di kemudian hari yang lebih kompleks. Dalam materi Matematika kelas 5 SD tersebut pada umumnya berkaitan dengan teori bilangan bulat, aritmatika sosial, bilangan, pengukuran dan pecahan sederhana. Salah satu materi yang cukup penting untuk dipelajari ialah materi pecahan. Dalam rangkuman materi Pecahan Kelas 5 SD tersebut dijelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan pecahan dan apa saja operasi hitung bilangan pecahan tersebut. Operasi hitung pecahan tersebut tentunya berhubungan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan.

Dalam rangkuman materi bilangan pecahan kelas 5 SD memang terdapat penjelasan lengkap mengenai penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan, perkalian pecahan dan pembagian pecahan. Operasi hitung bilangan pecahan tersebut masih tergolong materi dasar sehingga perhitungannya tidak terlalu kompleks. Akan tetapi dalam materi pecahan Matematika kelas 5 SD juga tersedia beberapa rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal soal terkait pecahan tersebut. Materi bilangan pecahan Matematika memang telah dimasukkan ke dalam materi pembelajaran Matematika kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD/MI. Dalam hal ini terdapat berbagai bentuk pecahan beserta perhitungannya untuk diajarkan kepada para siswa.

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD
Materi Pecahan Dalam Matematika

Bilangan pecahan pada dasarnya dapat berupa pembilang (a) dan penyebut (b). Untuk pembilang pada pecahan biasa memiliki nilai lebih kecil dibandingkan penyebut (a<b). Sedangkan untuk pembilang pada pecahan campuran memiliki nilai lebih besar dibandingkan penyebut (a>b). Di dalam materi pecahan juga terdapat salah satu jenis pecahan seperti pecahan desimal. Jenis pecahan ini menggunakan koma (,) dalam penulisannya. Contohnya 0,25 dan 0,8. Bentuk pecahan ini dapat diubah menjadi pecahan campuran ataupun biasa. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi bilangan pecahan matematika kelas 5 SD. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Kita mungkin sudah familiar sekali dengan bilangan pecahan dalam Matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran Matematika dasar ketika di bangku sekolah juga membahas tentang bilangan pecahan tersebut. Untuk itulah dalam rangkuman materi pecahan Matematika terdapat operasi hitung bilangan pecahan yang tergolong dasar. Bilangan pecahan secara singkat dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memuat pembilang dan penyebut. Selain itu adapula pengertian bilangan pecahan lainnya yaitu jenis bilangan dari bilangan bulat yang dibagi dengan bilangan asli, dimana hasil nilai pada pembilangnya lebih kecil dibandingkan penyebutnya. 

Baca juga : Rangkuman Materi Faktorisasi Prima Matematika Beserta Contoh Soal

Dalam rangkuman materi bilangan pecahan Matematika juga dijelaskan bahwa definisi pecahan lebih mudahnya yaitu bilangan yang memiliki dua angka yaitu angka penyebut (pembagi) dan angka pembilang. Bentuk bilangan pecahan tersebut dapat berupa a/b, dimana b≠0. Huruf a melambangkan pembilang dan huruf b melambangkan penyebut. Dalam hal ini a dan b adalah bilangan bulat. Pecahan pada dasarnya dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis bilangan pecahan yaitu sebagai berikut:

  • Pecahan biasa ialah pecahan yang termasuk dalam bentuk umum karena berupa Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD.
  • Pecahan campuran ialah pecahan yang berbentuk bilangan bulat dengan bilangan pecahan. Misalnya Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD.
  • Bilangan desimal ialah pecahan yang berasal dari pembagian dalam pecahan. Contohnya Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD.

Operasi Bilangan Pecahan

Dalam rangkuman materi pecahan Matematika kelas 5 SD tidak hanya membahas tentang pengertian pecahan saja. Saya juga akan menjelaskan tentang beberapa operasi bilangan pecahan dan cara menghitungnya. Di bawah ini terdapat penjelasan tentang operasi hitung bilangan pecahan yaitu sebagai berikut:

Menyederhanakan Pecahan

Operasi bilangan pecahan yang pertama berisi cara menyederhanakan pecahan. Pecahan dapat disederhanakan dengan cara pembilang dibagi dengan penyebut. Kedua bilangan ini (pembilang dan penyebut) dicari FPBnya sehingga dapat lebih disederhanakan lagi. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh di bawah ini:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD, dari sini terlihat FPB dari 20 dan 160 adalah 20. Maka 20 digunakan untuk membagi angka 20 dan 160 tersebut.

Baca juga : Perbandingan Rasio Matematika: Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Penjumlahan Pecahan

penjumlahan pecahan juga termasuk dalam salah satu rangkuman materi bilangan pecahan Matematika. Bilangan pecahan satu dengan yang lainnya dapat dijumlahkan dengan memperhatikan penyebut di kedua bilangan. Yang diperhatikan apakah penyebutnya sudah sama atau belum. Hal ini dikarenakan ketentuan dalam penjumlahan pecahan ialah menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Dengan begitu penyebutnya tetap dan pembilang diantara kedua pecahan tinggal dijumlahkan saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh penjumlahan pecahan di bawah ini:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Bagaimana jika penyebut dalam penjumlahan pecahan tidak sama? Jika anda menemukan soal seperti ini maka tidak perlu bingung. Anda cukup menyamakan penyebutnya dengan cara KPK. Kedua bilangan penyebut dicari KPKnya kemudian dibagi dengan penyebut masing masing pecahan. Setelah itu hasil baginya dikalikan dengan pembilang dari pecahan tersebut. Operasi bilangan pecahan ini memang cukup rumit. Namun jika anda mengetahui kunci utama operasi hitung pecahan tersebut, maka akan lebih mudah dilakukan. Berikut contoh soal penjumlahan pecahannya yaitu:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Pengurangan Pecahan

Pengurangan pecahan juga termasuk dalam salah satu rangkuman materi bilangan pecahan Matematika kelas 5 SD. Operasi hitung pecahan tersebut pada dasarnya hampir sama dengan penjumlahan pecahan. Yang terpenting ialah memperhatikan penyebut diantara bilangan bilangan pecahan tersebut. Jika kedua penyebut pada bilangan pecahan yang dikurangkan tidak sama, maka dapat menggunakan KPK untuk menyamakannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh pengurangan pecahan di bawah ini:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Perkalian Pecahan

Perkalian pecahan juga termasuk dalam salah satu rangkuman materi pecahan Matematika kelas 5 SD. Bilangan pecahan satu dengan yang lainnya dapat dikalikan dengan cara operasi perkalian biasa. Caranya yaitu pembilang dikalikan dengan pembilang dan penyebut dikalikan dengan penyebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh perkalian pecahan di bawah ini:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Baca juga : Mencari Panjang Sisi Segitiga Menggunakan Aturan Sinus Lengkap

Pembagian Pecahan

Operasi bilangan pecahan selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah operasi pembagian pecahan. Operasi hitung pecahan ini dapat diselesaikan dengan cara membalik pecahan yang kedua dan mengubah operasi pembagian menjadi perkalian. Setelah itu kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh pembagian pecahan seperti di bawah ini:

Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Demikianlah penjelasan mengenai rangkuman materi bilangan pecahan matematika kelas 5 SD. Bilangan pecahan dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memuat pembilang dan penyebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *