Pengertian Hikayat, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat

Diposting pada

Pengertian Hikayat, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat – Pada dasarnya hikayat termasuk dalam salah satu karya sastra yang terdiri dari beberapa aspek. Struktur teks hikayat tersebut berguna untuk membangun keseluruhan cerita menjadi lebih terpadu dan utuh. Hal ini tentunya sesuai dengan konsep pada seluruh jenis karya sastra yang membangun cerita menjadi lebih sempurna dan utuh. Struktur tersebut juga bertujuan agar pembaca dapat memahami isi pesan dan cerita pada hikayat dengan mudah.

Materi Hikayat: Pengertian, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat
Contoh Cerita Hikayat

Masa pemerintahan Melayu Klasik merupakan awal dimulainya perkembangan teks hikayat. Tidak heran bila contoh hikayat sering mengandung bahasa Melayu Klasik yang tidak mudah dimengerti. Seiring berjalannya waktu, teks hikayat pun menjelma jadi materi bahasa indonesia yang wajib kita kuasai. Meski sudah mendapat penjelasan dari guru ternyata tak semua siswa mampu menyebutkan struktur ataupun ciri ciri hikayat dengan benar.

Secara garis besar, tujuan cerita hikayat adalah untuk menghibur, membangkitkan semangat, serta memeriahkan suatu acara. Hikayat sendiri dapat diartikan sebagai salah satu bentuk karya sastra prosa yang menggunakan Bahasa Melayu. Isi ceritanya pun hanya berkutat pada dongeng tentang karakter di masa lampau.

Pengertian Hikayat, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat

Pada dasarnya karya sastra prosa dapat dibagi menjadi beberapa bentuk seperti hikayat, cerpen, cerita rakyat dan legenda. Masing-masing mempunyai kaidah kebahasaan, struktur, dan ciri ciri yang berbeda. Di lain sisi, kita pun pasti sudah sering mendengar banyak sekali jenis cerita di tengah masyarakat. Misalnya kisah pandawa melawan kurawan, hang tuah hang jebat, dan lain-lain.

Biasanya cerita hikayat menjelaskan tentang kisah kepahlawanan dan kehebatan seseorang beserta mukjizat, keanehan, dan kesaktian tokoh utama secara lengkap. Hikayat disampaikan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat juang, pelipur lara ataupun menghibur banyak orang. Oleh karenanya banyak sekali contoh teks hikayat yang dapat ditemukan baik pada buku maupun internet. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu cerita hikayat secara lengkap.

Pengertian Teks Hikayat

Pengertian hikayat adalah karya sastra lama yang didalamnya terdapat kisah kehidupan kaum bangsawan, keluarga istana ataupun orang ternama dalam bentuk prosa serta berisi seluruh kepahlawanan, kehebatan, kegagahan dan kesaktian yang dimilikinya. Kemudian dalam hikayat juga terdapat kisah tentang mukjizat, kekuatan dan segala hal keanehannya. Asal istilah hikayat sebenarnya dari bahasa Arab yang maknanya “Haka” berarti menceritakan atau bercerita.

Hikayat sebenarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan cerita sejarah berisi hal hal yang dipenuhi oleh keajaiban yang banyak dan tidak masuk akal. Berkembangnya hikayat tersebut berawal pada masa Melayu Klasik, sehingga di dalamnya terdapat banyak kata yang menggunakan bahasa Melayu Klasik. Tidak heran jika banyak yang susah mengerti dengan maksud dalam hikayat tersebut.

Baca juga : 12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa hikayat secara singkat dapat diartikan sebagai salah satu jenis karya sastra prosa. Namun secara umum, hikayat dapat diartikan sebagai karya sastra lama yang didalamnya terdapat kisah kehidupan kaum bangsawan, keluarga istana ataupun orang ternama dalam bentuk prosa serta berisi seluruh kepahlawanan, kehebatan, kegagahan dan kesaktian yang dimilikinya. Selain pengertian adapula beberapa struktur hikayat dan contoh hikayat singkat. Berikut penjelasan mengenai materi hikayat yaitu sebagai berikut:

Struktur Teks Hikayat

Seperti halnya karya sastra prosa lainnya, hikayat juga memiliki struktur teksnya sendiri. Struktur tersebut digunakan sebagai pedoman pembuatan cerita hikayat. Lantas apa saja struktur yang terdapat dalam hikayat itu? Di bawah ini terdapat beberapa struktur dalam hikayat yaitu sebagai berikut:

Abstraksi

Struktur hikayat yang pertama ialah abstraksi. Abstraksi merupakan bagian yang berisi inti atau ringkasan cerita yang diperluas menjadi gambaran awal atau rangkaian peristiwa dalam cerita. Abstraksi memiliki sifat yang opsional. Dengan kata lain struktur abstraksi dapat digunakan atau tidak dalam sebuah cerita hikayat.

Orientasi

Struktur teks hikayat selanjutnya ialah orientasi. Orientasi ialah bagian teks yang berhubungan dengan tempat, waktu dan suasana dalam cerita. Hal ini tentunya berkaitan dengan pengertian hikayat dalam materi hikayat di atas.

Komplikasi

Struktur hikayat selanjutnya ialah komplikasi. Komplikasi merupakan bagian yang isinya serangkaian peristiwa yang berkaitan dengan akibat dan sebab. Untuk itulah struktur ini sangat diperlukan dalam pembuatan contoh hikayat singkat. Struktur komplikasi berisi hal hal yang berhubungan dengan watak dan karakter tokoh cerita karena mulai muncul berbagai kejadian yang rumit.

Baca juga : Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya

Evaluasi

Struktur teks hikayat selanjutnya ialah evaluasi. Evaluasi merupakan bagian hikayat yang berupa klimaks dari terjadinya konflik. Namun dalam bagian ini terdapat cara untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Resolusi

Struktur hikayat selanjutnya ialah resolusi. Resolusi ialah bagian yang berisi solusi untuk pelaku atau tokoh dalam penyelesaian masalahnya.

Koda

Struktur teks hikayat selanjutnya ialah koda. Koda adalah bagian yang berisi pelajaran atau nilai yang terdapat dalam cerita untuk diambil hikmahnya bagi pembacanya. Biasanya, coda akan ditulis secara jelas agar pembaca lebih mudah memahami kandungan makna/hikmah.

Ciri Ciri Teks Hikayat

Dalam cerita hikayat sendiri tidak hanya berisi pengertian hikayat, struktur hikayat dan contoh hikayat singkat saja. Namun adapula beberapa ciri ciri atau karakteristik hikayat. Adapun beberapa ciri ciri hikayat yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahasa melayu lama.
  2. Memiliki tema berupa lingkungan istana atau istana sentries.
  3. Ceritanya mengandung kemustahilan (pralogis).
  4. Bersifat tetap dan kaku (statis).
  5. Bercerita tentang kesaktian tokoh.
  6. Bersifat anonim.
  7. Menggunakan kata arkais seperti maka, upeti, syah, hatta, sebermula, titah dan bejana.

Jenis Jenis Hikayat

Hikayat pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut asalnya. Setiap jenis hikayat tersebut tentunya memiliki contoh yang berbeda beda. Adapun macam macam hikayatnya yaitu sebagai berikut:

Melayu Asli

Jenis teks hikayat yang pertama ialah hikayat melayu asli yang berasal dari suku bangsa kita sendiri. Hikayat jenis ini memiliki beberapa contoh di dalamnya. Adapun beberapa contoh hikayat melayu asli yaitu sebagai berikut:

  • Hikayat Si Miskin (memiliki unsur yang bercampur Islam)
  • Hikayat Malim Deman
  • Hikayat Hang Tuah (memiliki unsur yang bercampur Islam)
  • Hikayat Indera Bangsawan

Pengaruh Jawa

Hikayat pengaruh jawa merupakah salah satu jenis materi hikayat dengan ciri khasnya sendiri. Untuk itu contoh teks hikayatnya juga berbeda dengan jenis hikayat lainnya. Adapun beberapa contoh dalam hikayat pengaruh jawa yaitu sebagai berikut:

  • Hikayat Cekel Weneng Pati
  • Hikayat Indera Jaya (berasal dari cerita Anglingdarma)
  • Hikayat Panji Semirang

Pengaruh Hindu (India)

Jenis teks hikayat selanjutnya mempunyai pengaruh yang datang dari aspek Hindu India. Contoh teks hikayat yang satu ini sudah sangat terkenal dan legendanya pun diturunkan secara turun temurun. Hikayat tersebut memiliki beberapa contoh didalamnya seperti:

  • Hikayat Perang Pandhawa (berasal dari cerita Mahabarata)
  • Hikayat Bayan Budiman
  • Hikayat Sri Rama (berasal dari cerita Ramayana)
  • Hikayat Sang Boma (berasal dari cerita Mahabarata)

Baca juga : Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Pengaruh Arab Persia

Jenis teks hikayat selanjutnya ialah hikayat pengaruh arab persia. Hikayat tersebut memiliki beberapa contoh didalamnya seperti hikayat Backtiar, hikayat seribu satu malam, dan hikayat Amir Hamzah (Pahlawan dalam Islam).

Contoh Hikayat Singkat

Di suatu ketika hiduplah sepasang keluarga yang dikaruniai anak laki laki bernama Hang Tuah dari ayah Hang Mahmud dan ibu Dang Merdu. Keluarga tersebut tinggal di sebuah desa bernama Sungai Duyung. Di daerah itu terdapat pemimpin wilayah bernama Raja Bintan yang dikenal sebagai raja baik hati dan bahkan segenap rakyatnya sangat menyeganinya.

Kemudian disuatu hari, Mahmud ingin mengadu nasibnya di Bintan dan berniat ingin meminta izin kepada istrinya. Ia berpikir bahwa nantinya ia akan mengubah nasib keluarganya menjadi lebih baik. Lalu ia berbincang bincang dengan istrinya terkait masalah tersebut.

Malam harinya, Mahmud bermimpi bahwa diatas kepala Hang Tuah (anaknya) terdapat sinar yang turun dari bulan di langit. Mahmudpun kemudian bangun dan menemui anaknya langsung. Di kala itu terciumlah bau yang sangat wangi dari Hang Tuah. Kemudian dipagi harinya terdapat penyelenggaraan acara syukuran yang dilakukan oleh keluarga tersebut.

Hang Tuahpun tumbuh menjadi anak yang patuh dan penurut. Ia bahkan membantu ayahnya untuk mengumpulkan persediaan kayu dirumahnya. Di waktu yang bersamaan, muncullah sekelompok pemberontak yang ingin membunuh warga desa. Karena panik dan takut, banyak warga yang berlari untuk menyelamatkan diri. Namun Hang Tuah tetap mengumpulkan persediaan kayu dengan sibuknya. Ibu Hang Tuah berteriak dari kejauhan untuk menyuruh Hang Tuah menyelamatkan diri dan berlari sejauh mungkin. Akhirnya para pemberontak tersebut sampai didepan Hang Tuah yang sedang sibuk bekerja.

Hang Tuah ingin ditusuk oleh para pemberontak menggunakan keris, namun dapat dihindari oleh Hang Tuah. Lalu dengan kapak yang dipegangnya, Hang Tuah dapat membunuh para pemberontak. Keberhasilan Hang Tuah dalam mengalahkan pemberontak tersebut menyebar sampai ke semua negeri. Kemudian Hang Tuah memperoleh undangan dari raja untuk masuk ke dalam istana. Undangan raja tersebut merupakan bentuk rasa terima kasih dan bahkan ia menjadi salah satu orang kepercayaan raja.

Hal yang didapat oleh Hang Tuah menimbulkan rasa iri dari sejumlah Tumenggung dan pegawai. Kemudian mereka bekerjasama untuk memfitnah Hang Tuah. Lalu salah satu Tumenggung berbicara dengan raja bahwasannya Hang Tuah akan berkhianat dari kerajaan dan ia juga sedang mendekati Dang Setia yaitu seorang gadis di istana kerajaan. Rajapun marah mendengar hal itu. Lalu ia memberikan mandat kepada para pengawalnya agar Hang Tuah dibunuh. Namun Hang Tuah tidak dapat dibunuh oleh para pengawal karena orang yang tidak bersalah senantiasa akan dilindungi Allah. Kemudian Hang Tuah pergi ke hutan untuk mengasingkan diri dari permasalahan yang ada.

Sekian penjelasan mengenai materi hikayat lengkap dengan pengertian hikayat, struktur hikayat dan contoh hikayat singkat. Hikayat merupakan bentuk karya sastra prosa berisi kisah kepahlawanan dan kehebatan seseorang beserta mukjizat, keanehan dan kesaktian tokoh utama secara lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi tentang hikayat di atas.

Baca Juga  4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.