Nama Pendiri ASEAN Beserta Asal Negaranya Lengkap

Diposting pada

Nama Pendiri ASEAN Beserta Asal Negaranya Lengkap – Apa saja negara pendiri ASEAN? Siapa saja tokoh pemrakarsa ASEAN? Apa itu organisasi ASEAN? ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations ialah organisasi kerjasama antar berbagai negara di kawasan Asia Tenggara secara Internasional. Negara anggota ASEAN ini sampai sekarang berjumlah 10 negara. Namun sebelumnya hanya ada 5 negara pendiri ASEAN saja yang pertama. Pembentukan organisasi ASEAN pertama kali dilakukan melalui Deklarasi Bangkok pada tahun 1967. Negara negara ASEAN ini memiliki kerjasama di berbagai bidang yang menguntungkan di semua negara negara anggotanya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara negara anggota ASEAN memiliki kerjasama di berbagai bidang seperti bidang olahraga, ekonomi, politik dan sebagainya. Pada tanggal 8 Agustus 1967 terdapat pelaksanaan pendirian ASEAN pertama kali melalui Deklarasi Bangkok. Pengadaan Deklarasi ini dilakukan di kota Bangkok, Thailand. Dalam Deklarasi Bangkok ini terdapat 5 negara pendiri ASEAN yang menandatangani perjanjian tersebut. Lantas siapa nama pendiri ASEAN itu? Adapun negara negara ASEAN yang pertama kali mendirikan organisasi tersebut yaitu Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Setiap negara tersebut memiliki tokoh pemrakarsa ASEAN yang bertugas untuk tanda tangan dalam Deklarasi Bangkok.

Nama Pendiri ASEAN Beserta Asal Negaranya Lengkap
Tokoh Pemrakarsa ASEAN

Hari berdirinya atau hari ulang tahun organisasi ASEAN diperingati setiap bulan Agustus. ASEAN tersebut dapat disebut Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara berdasarkan bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris dinamakan Association of Southeast Asian Nations. Di dalam organisasi ini terdapat beberapa negara anggota ASEAN. Organisasi ini berawal dari 5 tokoh pendiri ASEAN yang berjasa dalam mendirikan organisasi tersebut hingga berdiri sampai sekarang. Lantas mana saja 5 negara pendiri ASEAN itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nama nama pendiri ASEAN beserta asal negaranya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nama Pendiri ASEAN Beserta Asal Negaranya Lengkap

Organisasi ASEAN memiliki lima tokoh pendiri yang berjasa dalam mendirikan organisasi ini. Tokoh pendiri ASEAN tersebut seperti dari negara Indonesia bernama Adam Malik, dari negara Malaysia bernama Tun Abdul Razak, dari negara Thailand bernama Thanat Khoman, dari negara Filipina bernama Narcisso R. Ramos, dan dari negara Singapura bernama S. Rajaratnam. 5 negara pendiri ASEAN ini melakukan perjanjian dan menantangani deklarasi ASEAN tersebut. Isi deklarasi ini membahas tentang tujuan mendirikan ASEAN dan mendirikan kerjasama di Asia Tenggara bernama Perhimpunan Bangsa Bangsa.

Baca juga : Pengertian Zaman Praaksara dan Zaman Aksara Beserta Perbedaan

ASEAN didirikan dengan maksud dan tujuan untuk bekerja sama dalam bidang sosial, teknis, ekonomi, pendidikan, budaya, sosial dan sebagainya. Selain itu negara negara anggota ASEAN tersebut juga mempromosikan stabilitas dan perdamaian regional melalui organisasi ini dengan berdasar pada prinsip kepatuhan dan keadilan dalam hukum. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada beberapa tokoh pemrakarsa ASEAN yang berjasa mendirikan organisasi tersebut. Adapun beberapa nama pendiri ASEAN beserta asal negara pendiri ASEAN nya yaitu sebagai berikut:

Adam Malik (Indonesia)

Tokoh pendiri ASEAN pertama ialah Adam Malik yang berasal dari negara Indonesia. Adam Malik tersebut telah berjasa dalam pemerintahan negara karena banyak hal yang dilakukannya. Pada tahun 1967 sampai 1977 merupakan periode pengabdian Adam Malik dalam kiprahnya di pemerintahan. Bahkan ia juga dijadikan sebagai juru bicara kongres dan parlemen Indonesia. Kemudian pada tahun 1978, Adam Malik diangkat sebagai Wakil Presiden karena kiprahnya selama ini dalam pemerintahan.

Asal kelahiran Adam Malik sendiri ialah dari daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dikala itu Adam Malik ikut aktif dalam berbagai gerakan Nasional yang ia tekuni. Kemudian pada tahun 1917 merupakan awal petualangannya dalam perjuangan dan pergerakan melawan penjajah Belanda untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. Setelah itu Adam Malik dipenjara pada tahun 1930 pada beberapa tahun berikutnya. Adam Malik di penjara karena terlibat dengan gerakan Nasionalis. Kemudian ia mendirikan kantor beritanya sendiri pada tahun 1937. Kantor ini nantinya memiliki peran penting dan besar dalam pers di Indonesia. Kantor tersebut dinamakan dengan Kantor Berita ANTARA. 

Tokoh pendiri ASEAN ini juga menjadi salah satu pemuda dalam peristiwa Rengasdengklok untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan ia juga yang berperan serta dalam penculikan Soekarno dengan Mohammad Hatta. Tujuan penculikan ini terhadap kedua tokoh besar tersebut ialah untuk memaksa agar kemerdekaan Indonesia segera di proklamirkan. Adam Malik juga berperan dalam bidang politik pasca kemerdekaan Indonesia. 

Narcisso Ramos (Filipina)

Nama pendiri ASEAN selanjutnya ialah Narcisso Ramos. Asal negara pendiri ASEAN ini ialah dari Filipina. Tempat kelahiran Ramos ialah di Pangasinan, Filipina. Profesi ramos sebelumnya ialah legislator, pengacara, dan penulis sebelum menjadi Menteri Luar Negeri. Ramos tersebut juga menjadi salah satu pendiri Partai Liberal dan sekaligus anggota parlemen. Bahkan ia juga menjadi Duta Besar Filipina kepada Taiwan. Setelah itu dibawah kepemimpinan Presiden Ferdinand Marcos dikala itu, Ramos dijadikan sebagai Menteri Luar Negeri Filipina.

Baca juga : Latar Belakang Lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia Terlengkap

Narcisso Ramos ialah anak dari Fidel V. Ramos selaku Presiden yang pernah menjabat pada tahun 1992 – 1998. Tokoh pendiri ASEAN ini ikut berperan serta sebagai anggota negara ASEAN yang bertanda tangan di perjanjian deklarasi untuk itikad baik, saling pengertian, imajinasi dan lebih sabar bersama pendiri asosiasi lainnya. Negara negara ASEAN yang terdapat di Asia Tenggara tersebut memang harus melakukan kerjasama regional demi menghadapi ketidakpastian masa dan tantangan yang akan terjadi nantinya. Pada tahun 1986, Narcisso Ramos wafat dikarenakan sakit yang berkepanjangan.

Tun Abdul Razak (Malaysia)

Tokoh pemrakarsa ASEAN selanjutnya ialah Tun Abdul Razak yang asal negaranya dari Malaysia. Dari tahun 1960 hingga 1970, Tun Abdul Razak telah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia. Abdul Razak lahir pada tanggal 11 Maret 1922 di Pahang, Pulau Keladi. Di kala kuliah, ia mengambil jurusan hukum di Universitas Inggris dan Singapura. Tun Abdul Rajak menjadi Ketua Perhimpunan Mahasiswa Malaysia saat menempuh pendidikan di Inggris. Bahkan Forum Malayan juga dibentuk oleh Abdul Razak untuk tempat para pelajar dari Malaysia. 

Kemudian pada tahun 1950, Abdul Razak mengabdi dengan negara dan tahun 1955 ia terjun dalam dunia politik. Pada awalnya ia menjabat sebagai Kepala Menteri Pendidikan Pahang di awal karirnya di dunia politik. Kemudian ketika Inggris ingin memperjuangkan kemerdekaannya, ia ikut berperan serta dan berjuang dalam memperolehnya. Ketika Deklarasi ASEAN ditandatangani, negara negara anggota ASEAN harus saling bekerjasama. Hal inilah yang ditekankan oleh Tun Abdul Razak. 

Rajaratnam (Singapura)

Nama pendiri ASEAN selanjutnya ialah Rajaratnam yang asal negara pendiri ASEAN nya dari Singapura. Sinnathamby Rajaratnam ialah seorang jurnalis sekaligus pendiri Partai Aksi Masyarakat. Bahkan ia juga berkiprah dalam media The Strait Times, The Malaya Tribunne, dan Singapore Standard. Ia selalu mengungkapkan peristiwa politik tanpa ragu ketika menjadi jurnalis. 

Pada tahun 1959, tokoh pendiri ASEAN ini menjabat sebagai Menteri Budaya dan Tenaga Kerja. Kemudian pada tanggal 1965, ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Singapura. Ia menekankan bahwa pemikiran regional dan Nasional harus ada dalam hubungan negara negara ASEAN setelah deklarasinya ditandatangani. Pada tahun 1980, ia juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, namun tahun 1985 telah mundur jabatan. Dikarenakan Rajaratnam menderita penyakit jantung, maka pada tahun 2006 ia wafat.

Baca juga : Sejarah Perang Aceh Beserta Kronologinya Lengkap

Thanat Khoman (Thailand)

Tokoh pemrakarsa ASEAN selanjutnya ialah Thanat Khoman yang asal negara pendiri ASEAN nya dari Thailand. Pada tahun 1959 – 1971, ia berkiprah dalam Kementerian Luar Negeri Thailand sebagai diplomat atau negarawan. Bahkan ia dapat melakukan hubungan dengan Amerika Serikat secara amanah dan baik agar paham komunisme tidak dapat masuk ke Thailand. Sebelumnya ia menjadi Duta Besar Thailand yang mewakili negaranya untuk ke Amerika. Kemudian dalam mempromosikan kerjasama negara regional di Asia Tenggara tersebut juga terdapat peran serta yang cukup banyak dari Thanat Khoman. 

Sekian penjelasan mengenai nama nama pendiri ASEAN beserta asal negaranya lengkap. 5 Negara pendiri ASEAN yang pertama kali membentuk organisasi ini ialah Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *