Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponen Lengkap

Diposting pada

Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponen Lengkap – Apa yang dimaksud demografi itu? Apa saja manfaat demografi? Apa saja tujuan demografi itu? Apa saja komponen demografi? Demografi pada dasarnya berhubungan dengan kependudukan. Dalam bahasa Yunani, istilah demografi berasal dari kata Demos yang maknanya penduduk atau rakyat. Demografi sendiri dapat diartikan sebagai hal hal yang berhubungan dengan kependudukan. Kependudukan yang digambarkan ini berkaitan dengan pernikahan, pekerjaan, kelahiran, migrasi, kematian dan sebagainya. Maka dari itulah demografi dihubungkan dengan jumlah dan angka.

Secara umum pengertian demografi ialah cabang ilmu yang membahas tentang komposisi penduduk, jumlah dan persebaran wilayah. Dalam hal ini tentunya berhubungan dengan perubahan dalam kependudukan yang disertai dengan perpindahan penduduk, mobilitas sosial dan kelahiran. Pada dasarnya materi penduduk yang dipelajari berhubungan dengan kependudukan dan demografi. Dalam hal ini terdapat pembahasan kependudukan sebagai kumpulan dan bukan sebagai individu. Penduduk sendiri dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang ada disuatu wilayah dan bertempat tinggal disana. Pembahasan ini berhubungan dengan manfaat demografi, tujuan demografi dan komponen demografi.

Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponen Lengkap
Peneraoan Ilmu Demografi

Ilmu yang mempelajari tentang kependudukan telah memberikan informasi tentang solusi pemecahan masalah dan sebab akibat yang komperhensif karena fenomena demografi yang muncul. Maka dari itu terdapat peran ilmu lainnya yang disiplin dengan studi kependidikan seperti psikologi, ekonomi, sosiologi, geografi, dan sosial ekonomi. Dalam pemecahan masalah pembangunan tersebut terdapat peran studi kependudukan dengan berbagai studi bidang lainnya, baik berhubungan dengan objek pembangunan maupun subjek penduduknya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian demografi, tujuan demografi, manfaat demografi dan komponen demografi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponen Lengkap

Dalam perkembangan penduduk terdapat pengembangan hubungan sebab akibat dengan berbagai jenis aspek organisasi sosial sesuai dengan manfaat demografi dan tujuan demografi. Dalam komponen demografi tersebut berhubungan dengan persebaran, pertumbuhan dan penurunan data di masa lampau yang disediakan sebaik mungkin. Kemudian adapula variabel atau komponen demografi utama yang berpengaruh terhadap perubahan komposisi penduduknya seperti jumlah, jenis kelamin, umur, dan persebarannya. Variabel ini berhubungan dengan migrasi, kelahiran dan kematian.

Baca juga : Tugas Mahkamah Konstitusi (Mk) Beserta Wewenangnya

Demografi ini pada dasarnya berhubungan dengan bidang ekonomi yang dinamakan dengan gaya hidup. Apa itu gaya hidup? Gaya hidup ialah cara seseorang untuk menjalankan siklus kehidupan dan interaksi dengan sesama manusia sesuai konsep dalam dirinya sehingga sama seperti karakter dalam dirinya sendiri. Konsep gaya hidup yang berbeda dengan kepribadian ini telah ditunjukkan dalam definisi demografi tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bagaimana seseorang dapat hidup tentunya berhubungan dengan gaya hidupnya sendiri.

Pengertian Demografi

Menurut Bahasa Latin istilah deografi berasal dari kata Demos berarti rakyat dan Nomos berarti menulis. Demografi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah catatan yang berhubungan dengan kependudukan di suatu negara. Selain pengertian secara umum, adapula definisi demografi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

George W. Barclay
Arti demografi menurut George W. Barclay ialah sebuah ilmu yang membahas tentang bentuk statistika dalam penduduk. Hal yang dipelajari dalam demografi tersebut berhubungan dengan perilaku penduduk secara keseluruhan.

D.V. Glass
Pengertian demografi menurut D.V. Glass adalah ilmu yang membahas perihal penduduk seperti migrasi, fertilitas dan mortalitas.

Philip M Hauser dan Duddley Duncan
Definisi demografi menurut Philip M Hauser dan Duddley Duncan ialah sebuah ilmu yang membahas tentang distribusi, ukuran dan struktur penduduk. Selain itu adapula perubahan penduduk yang berlangsung karena meningkatnya angka kematian, kelahiran, perpindahan penduduk dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Pemilu Langsung dan Pemilu Tidak Langsung Terlengkap

Manfaat Demografi

Setiap negara pasti memiliki demografi penduduk maupun ekonomi yang berbeda beda. Metode pencatatan tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan dan dipengaruhi berbagai faktor pula. Namun taukah anda bahwa demografi pada dasarnya memiliki beberapa manfaat. Adapun beberapa manfaat demografi untuk sebuah organisasi maupun instansi yaitu:

  • Membantu dan mendukung evaluasi kinerja pembangunan yang dilakukan pemerintah. Dalam hal ini jumlah komposisi penduduk dimasa lalu akan dilihat oleh pemerintah hingga sampai sekarang. Selain itu juga berhubungan dengan beberapa faktor yang berpengaruh.
  • Membantu dan mendukung strategi pembangunan dalam kinerja pemerintah diberbagai bidang seperti pertanian, kemiliteran, pendidikan, perpajakan dan sebagainya.
  • Mengetahui dan mendeteksi perkembangan ekonomi yang menyebabkan sebuah negara menjadi meningkat. Dalam hal ini ketersediaan jumlah lapangan pekerjaan, jumlah penduduk yang bekerja dan lain lain juga dilihat oleh ilmu demografi tersebut.
  • Menggunakan rata rata penduduk untuk mengetahui tingkat harapan hidup masyarakat.

Tujuan Demografi

Setelah menjelaskan tentang pengertian demografi dan manfaat demografi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang tujuan demografi. Demografi memiliki beberapa tujuan di dalamnya seperti :

  • Menjelaskan perkembangan yang terdapat disetiap penduduk. Contohnya bagaimana tingkat perkembangannya, bagaimana masa lalu mereka, dan bagaimana penyediaan jumlah datanya melalui tingkat persebarannya.
  • Menggambarkan tingkat distribusi dan kuantitas penduduk yang ada di wilayah atau daerah tertentu.
  • Memberikan prediksi terkait pertumbuhan penduduk yang meningkat dimasa mendatang beserta konsekuensi yang mungkin terjadi.

Baca juga : Faktor Pendorong Nasionalisme Beserta Sejarah, Tujuan dan Jenisnya

Meskipun terlihat simpel, namun untuk menyusun demografi tidaklah semudah kelihatannya. Kita harus memperhatikan beberapa faktor dan aspek khusus yang sedikit banyak akan mempengaruhi proses penyusunan tersebut. Dalam sesi berikutnya kita akan mempelajari berbagai komponen demografi sesuai standar internasional.

Komponen Demografi

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang komponen pada demografi. Komponen demografi ialah dinamika sosial dalam masyarakat yang mengandung berbagai hal di dalamnya. Demografi memiliki beberapa komponen seperti di bawah ini:

Kelahiran (Fertilitas)

Komponen dalam demografi yang pertama ialah kelahiran atau fertilitas. Fertilitas tersebut memang berhubungan dengan tingkat kelahiran penduduk yang terjadi. Maka dari itu dalam fertilitas terdapat jumlah semua bayi yang hidup maupun lahir. Namun untuk mengukur tingkat fertilitas sendiri disesuaikan dengan jumlah anak pada setiap pasangan.

Mortalitas

Komponen demografi selanjutnya ialah mortalitas. Komponen ini juga telah saya jelaskan dalam pengertian demografi di atas. Pada dasarnya mortalitas dikaitkan dengan tingkat kematian penduduk yang terdapat di sebuah wilayah. Akan tetapi demografi tidak selalu mencatat peristiwa kematian yang terjadi dalam permasalahan penduduk ini. Hal ini dikarenakan definisi kematian menurut WHO dan PBB ialah tanda tanda kehidupan yang terjadi secara permanen dalam sejumlah peristiwa kehilangan ketika telah dilahirkan. Untuk itulah catatan dalam kematian tersebut tidak memasukkan kategori stiil birth atau keguguran.

Perkawinan

Komponen demografi selanjutnya ialah perkawinan. Perkawinan ini pada umumnya berpengaruh dalam pertambahan jumlah penduduk. Faktor pernikahan pula dapat mempengaruhi jumlah kelahiran yang nantinya menjadi pertimbangan dalam pengukuran data. Maka dari itu fertilitas akan meningkat jika angka perkawinannya juga meningkat.

Mobilitas Sosial

Komponen demografi selanjutnya ialah mobilitas sosial. Mobilitas sosial ialah pergeseran atau perubahan yang berhubungan dengan status dalam penduduk. Untuk itulah mobilitas sosial dapat dinamakan dengan gerakan sosial. Mobilitas sosial juga dapat didefinisikan sebagai perpindahan posisi dari lapisan satu dalam kelompok atau individu menuju lapisan lainnya. Misalnya perubahan profesi seseorang menjadi pengusaha setelah ia pensiun sebelumnya.

Migrasi

Komponen dalam demografi selanjutnya ialah migrasi. Migrasi ialah terjadinya perpindahan penduduk untuk menetap cukup lama atau sementara waktu dari daerah yang satu menuju daerah lainnya. Migrasi sendiri dapat dibagi menjadi dua macam yaitu migrasi Nasional dan migrasi Internasional. Migrasi Internasional ialah peristiwa dalam penduduk di negara yang satu berpindah ke negara lainnya. Jenis migrasi ini dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu emigrasi dan imigrasi. Kemudian adapula migrasi Nasional yang dapat didefinisikan sebagai berlangsungkan perpindahan penduduk di dalam sebuah negara. Contohnya perpindahan penduduk antar provinsi ataupun kota. Jenis migrasi ini dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu transmigrasi dan urbanisasi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian demografi, tujuan demografi, manfaat demografi dan komponen demografi. Demografi merupakan cabang ilmu yang membahas tentang komposisi penduduk, jumlah dan persebaran wilayah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *