Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Pengertian, Tujuan, dan Macam Macamnya)

Diposting pada

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Pengertian, Tujuan, dan Macam Macamnya) – Persaingan dalam usaha semakin ketat seiring perkembangan dan kemajuan ekonomi dewasa sekarang ini, baik dalam lingkup luar negeri ataupun dalam negeri. Hal ini dikarenakan sedang berlangsung era persaingan global antar negara yang masuk dalam sistem ekonomi dewasa. Maka dari itu para pelaku ekonomi harus mempunyai pengetahuan dan pemahaman untuk membuat mutu kinerja menjadi meningkat sehingga unit unit usaha dapat dikembangkan. Lantas apa sebenarnya pengertian pelaku kegiatan ekonomi itu? Apa saja peran pelaku ekonomi? Apa saja tujuan pelaku kegiatan ekonomi? Apa saja macam macam pelaku kegiatan ekonomi?

Pelaku ekonomi yang terdapat dalam unsur unsur perekonomian pada dasarnya sangat penting untuk para mahasiswa. Hal ini dikarenakan peran pelaku kegiatan ekonomi sangat strategis dan juga makna positif yang diberikan oleh pemerintah sebagai pemegang kebijakan tersebut, baik dampaknya secara tidak langsung maupun langsung. Dari sinilah dapat dilakukan beberapa analisis terkait masalah tadi yang dilakukan oleh para mahasiswa. Analisis ini dapat berhubungan dengan pengertian pelaku ekonomi, peran pelaku ekonomi, tujuan pelaku kegiatan ekonomi dan macam macam pelaku kegiatan ekonomi. Selain itu kemajuan ekonomi juga dapat ditunjang dari pemikiran pemikiran dan pengetahuan yang ikut serta disumbangkan oleh mahasiswa yang proaktif.

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Pengertian, Tujuan, dan Macam Macamnya)
Peran Pelaku Ekonomi

Kegiatan ekonomi pada dasarnya selalu dilakukan oleh semua pihak seperti konsumsi, produksi dan distribusi, baik dilaksanakan oleh lembaga swasta atau pemerintahan maupun perorangan. Peran pelaku ekonomi dapat dilakukan oleh berbagai pihak seperti perusahaan produsen, lembaga keuangan, rumah tangga, masyarakat luar negeri dan pemerintah. Peran yang dimiliki oleh setiap pihak pada umumnya tidak sama, namun saling berpengaruh terhadap perekonomian di sebuah negara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pelaku kegiatan ekonomi, peran pelaku kegiatan ekonomi, tujuan pelaku kegiatan ekonomi dan macam macam pelaku kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Pengertian, Tujuan, dan Macam Macamnya)

Pernahkah anda memperhatikan aktivitas yang berhubungan dengan perekonomian secara mendetail? Di kehidupan sehari hari pasti kita sering menemukan kegiatan ekonomi baik itu dalam bentuk simpel maupun kompleks. Hal ini merupakan persitiwa lumrah yang terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Contohnya ketika menabung di bank ataupun membeli barang di supermarket.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh kelompok atau individu tersebut dinamakan dengan perilaku ekonomi. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan tersebut dinamakan pelaku ekonomi. Terlibatnya pelaku kegiatan ekonomi tersebut memiliki ruang lingkup dalam skala besar ataupun kecil. Pelaku kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai kelompok atau individu yang terikat dalam proses kegiatan ekonomi di masyarakat, baik dalam bidang konsumsi, produksi dan distribusi. Agen kelompok ekonomi pada dasarnya memiliki beberapa pihak di dalamnya seperti lembaga keuangan, produsen, rumah tangga, pemerintah dan sebagainya.

Baca juga : Materi Diversifikasi: Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Contoh

Semua pihak dalam pelaku ekonomi pada dasarnya saling mempengaruhi dan saling berhubungan satu sama lain di sebuah negara yang ada di lingkaran sistem perekonomian. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian pelaku kegiatan ekonomi, peran pelaku kegiatan ekonomi, tujuan pelaku kegiatan ekonomi dan macam macam pelaku kegiatan ekonomi yaitu sebagai berikut:

Macam Macam Pelaku Ekonomi

Peran pelaku kegiatan ekonomi sebenarnya sudah banyak sekali dibahas di berbagai kesempatan. Dalam dunia pendidikan materi ini diajarkan dalam mata pelajaran EKONOMI dan termasuk rumpun mapel IPS. Meskipun terdengar luas namun kita bisa mempelajari materi tersebut dengan mudah. Pelaku ekonomi pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis pelaku kegiatan ekonomi yaitu sebagai berikut:

Rumah Tangga Keluarga (Consumer)

Jenis pelaku ekonomi yang pertama ialah rumah tangga keluarga. Rumah tangga keluarga ini dapat dinamakan dengan konsumen. Pada dasarnya kebutuhan hidup sehari hari dapat dipenuhi dengan menggunakan jasa atau barang yang diperlukan oleh masing masing rumah tangga. Maka dari itu beberapa kegiatan dalam pemerolehan penghasilan dapat dilakukan oleh rumah tangga sehingga semua keperluannya dapat dipenuhi. Mereka akan menggunakan penghasilan tersebut untuk membeli semua jasa atau barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Macam macam pelaku kegiatan ekonomi ini memiliki perannya sendiri. Lantas apa saja peran kegiatan ekonomi ini? Di bawah ini terdapat peran rumah tangga keluarga yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki peran sebagai konsumen dari para produsen yang menghasilkan masing masing jasa atau barang.
  • Memiliki peran sebagai penyedia yang asalnya dari faktor produksi seperti menyediakan lahan atau tanah, modal, tenaga kerja, wirausaha, dan bahan baku.

Perusahaan (Produsen)

Jenis pelaku kegiatan ekonomi selanjutnya ialah perusahaan atau produsen. Berbagai jenis bentuk perusahaan pada umumnya memang banyak ditemukan di Indonesia. Perusahaan ini dapat berupa perusahaan milik negara, perusahaan perorangan atau swasta, koperasi, dan lain lain. Perusahaan jenis ini dinamakan dengan produsen. Perusahaan menurut unsur hukumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti perusaahaan PT, firma, perorangan dan CV. Di bawah ini terdapat peran perusahaan secara umum yang memiliki peran cukup penting untuk konsumen yaitu sebagai berikut:

  • Menghasilkan produk seperti jasa dan batang, serta memasok jasa atau barang itu kepada para konsumen di pasar ekonomi.
  • Menggunakan semua faktor produksi yang telah disediakan rumah tangga konsumen sehingga proses jasa atau barangnya dapat dijalankan. Contohnya saja rumah tangga konsumen yang menyediakan tenaga kerja untuk dimanfaatkan.
  • Menghasilkan dan mengelola inovasi baru lagi sehingga jasa dan barang yang baru dapat diproduksi lagi. Untuk itulah peran perusahaan dapat sebagai produsen.
  • Jasa atau barang yang dihasilkan oleh para pemerintah, masyarakat luar negeri, rumah tangga keluarga, masyarakat luar daerah dan semuanya untuk dijual nantinya.
  • Bertanggung jawab kepada masyarakat dan setiap karyawan sehingga kesejahteraan di sekitar lingkungan perusahaan dapat dipenuhi.

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

Pemerintah

Macam pelaku kegiatan ekonomi selanjutnya ialah pemerintah. Peran pelaku kegiatan ekonomi ini berbeda dengan pihak lainnya. Tugas pemerintah ialah untuk mengendalikan dan mengatur perekonomian menggunakan kebijakan ekonomi di sebuah negara sehingga warga negaranya dapat lebih makmur karena ketetapan peraturan tersebut. Pemerintah membuat beberapa kebijakan ekonomi seperti di bawah ini:

  • Kebijakan fiskal ialah jenis kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan pengeluaran dan pendapatan negara.
  • Kebijakan moneter ialah jenis kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengendalikan laju inflasi karena berhubungan dengan peraturan peredaran uang yang jumlahnya tertentu.
  • Peraturan keuangan Internasional ialah seluruh kebijakan yang berhubungan dengan dunia internasional serta mencakup bidang keuangan seperti kerjasama ekonomi, perdagangan Internasional dengan negara lain dan sebagainya.

Peran pelaku kegiatan ekonomi ini tentunya berbeda dengan peran pelaku ekonomi lainnya. Adapun beberapa peran pemerintah yaitu sebagai berikut:

  • Menghasilkan investasi umum seperti menyediakan sarana jembatan dan jalan raya.
  • Membentuk perusahaan negara yang berguna untuk menstabilkan kegiatan ekonomi.
  • Menarik pajak tidak langsung dan pajak langsung.
  • Melakukan pembelanjaan negara yang berguna untuk membeli barang kebutuhan milik pemerintah.
  • Melakukan penyewaan tenaga kerja.
  • Melaksanakan kebijakan moneter.

Rumah Tangga Luar Negeri

Macam pelaku kegiatan ekonomi selanjutnya ialah rumah tangga luar negeri. Pada umumnya negara yang satu memiliki ikatan erat dengan negara lainnya sehingga terbentuklah hubungan kegiatan ekonomi antar negara. Akan tetapi keadaan geografis yang dimiliki oleh masing masing negara berbeda karena kondisi masyarakatnya juga tidak sama. Untuk itulah sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara juga berbeda. Kemudian kebutuhan dari setiap negara ini tentunya perlu dipenuhi sehingga terjalin hubungan antar negara dengan sumber daya alamnya masing masing. Hubungan antar negara dalam bidang ekonomi ini dapat dinamakan dengan hubungan ekonomi.

Pada dasarnya jenis pelaku kegiatan ekonomi yang satu ini sama saja seperti versi pertama. Namun dengan cakupan wilayah luas bahkan mencapai mancanegara. Masyarakat luar negeri pada umumnya juga melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti:

  • Menyediakan jasa atau barang tertentu untuk diekspor menuju negara lain nantinya.
  • Melaksanakan kegiatan impor dan ekspor dengan negara lain sehingga hubungan ini dapat bertujuan untuk memenuhi keperluan di setiap negara.
  • Menyediakan kredit untuk melakukan investasi sehingga kegiatan pembangunan dapat dibiayai oleh swasta dan pemerintah dalam negeri.
  • Berusaha untuk menyalurkan uang dari luar negeri, uang kartal rupiah dan peminta kredit dengan cara masuk ke pasar uang Indonesia sehingga semua cabang perusahaan dalam negeri dapat dipenuhi keperluannya.
  • Menghubungkan pasar uang luar negeri dengan pasar uang dalam negeri.

Pengertian pelaku ekonomi secara umum ialah kelompok atau individu masyarakat yang berperan serta dalam kegiatan ekonomi, baik dalam bidang konsumsi, produksi maupun distribusi. Tujuan pelaku ekonomi tersebut ialah untuk memenuhi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari hari yang diperlukan. Sekian penjelasan mengenai pengertian pelaku kegiatan ekonomi, peran pelaku kegiatan ekonomi, tujuan pelaku kegiatan ekonomi dan macam macam pelaku kegiatan ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *