Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada

Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya Terlengkap – Indonesia tergolong dalam kategori negara berkembang dikarenakan jumlah kesenian, suku dan budaya yang sangat melimpah. Salah satu contohnya ialah seni musik yang berkembang di Indonesia. Dari zaman nenek moyang memang sudah ada perkembangan seni musik tersebut, bahkan dapat berkembang sampai sekarang. Seiring semakin tuanya peradaban manusia membuat seni musik itu terus mengalami perkembangan. Maka dari itulah tercipta perbedaan musik tradisional dan musik modern tersebut. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara musik tradisional dan modern itu?

Musik sendiri dapat diartikan sebagai beberapa elemen sumber suara yang digabungkan untuk membentuk harmoni yang enak dan sangat indah didengar. Pada umumnya manfaat musik tradisional sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti media hiburan, pengiring maupun ekspresi. Manfaat ini hampir sama dengan jenis musik modern. Meski memiliki persamaan dari segi manfaatnya, namun adapula perbedaan musik tradisional dan modern yang terdapat di dalamnya. Sebenarnya perbedaan antara musik tradisional dan musik modern ini terbentuk dari perubahan tatanan masyarakat, penerapan bahan yang berbeda serta perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya Terlengkap
Musik Modern dan Musik Tradisional

Seperti yang telah kita ketahui bahwa perbedaan musik tradisional dan musik modern memang cukup menonjol yaitu dari segi penggunaan hingga alat alatnya. Selain itu ada banyak hal lainnya yang membuat musik tradisional dan modern menjadi berbeda satu sama lain. Meskipun keduanya berbeda, namun kita harus tetap melestarikan dan tidak melupakan musik tradisional. Seni musik sendiri merupakan sebuah seni dengan keindahan harmoni ketika didengar, dimana di dalamnya terdapat penataan suara yang baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan musik tradisional dan modern terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya Terlengkap

Seiring berkembangnya zaman terciptalah seni musik yang dapat berkembang sampai sekarang. Secara umum seni musik dapat dibagi menjadi dua macam yaitu seni musik tradisional dan musik modern. Apakah perbedaan antara seni musik tradisional dan modern itu? Perbedaan musik tradisional dan musik modern ini dapat disebabkan oleh penggunaan bahan dan tatanan masyarakat yang berbeda beda. Letak perbedaanya sendiri tidak hanya terlihat dari proses penciptaannya saja, namun juga penggunaan berbagai unsur lain di dalamnya. Selain itu keberagaman seni musik yang berkembang di Indonesia ini disebabkan oleh adanya jumlah budaya, keseniann dan suku suku yang beragam.

Baca juga : Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa musik adalah gabungan dari beberapa unsur pada sumber suara sehingga terciptalah keindahan harmoni yang enak untuk di dengar. Manfaat musik pada umumnya ialah untuk media ekspresi, hiburan dan pengiring. Hal ini tentunya berlaku untuk kedua jenis musik tadi, meskipun terdapat perbedaan musik tradisional dan modern di dalamnya. Sebelum menjelaskan antara seni musik tradisional dan seni musik modern tersebut saya akan menjelaskan tentang pengertian musik tradisional dan pengertian musik modern beserta contoh musik tradisional dan contoh musik modern terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Musik Tradisional

Pengertian musik tradisional ialah jenis musik yang berkembang dan lahir di tempat asal musik tersebut. Dengan kata lain munculnya seni musik tradisional dan proses perkembangannya berada disuatu tempat serta dijadikan sebagai ciri khas dari tempat itu sendiri. Sifat musik tradisional sendiri ialah sederhana karena menggambarkan kebudayaan di masyarakat dan pembentukan budayanya berada di tempat itu.

Artinya setiap daerah memiliki contoh musik tradisional yang berbeda antara satu sama lain. Sebagai referensi silahkan simak beberapa contoh seni musik terkenal yang ada di Indonesia:

  • Musik Keroncong
  • Musik Laras Madya dan Santi Swara
  • Musik Tabuh Salimpat
  • Musik Senandung Jolo
  • Musik Goong Renteng
  • Musik Sasando Gong
  • Musik Gaghahanggase
  • Musik Karang Dodou
  • Musik Tradisional Huda
  • Musik Gambang Kromo
  • Musik Krumpyung
  • Musik Painting
  • Musik Gong Luang
  • Musik Tradisional Kombi
  • Musik Syair Telima

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Musik Modern

Pengertian musik modern ialah jenis musik yang berkembang dan lahir setelah zaman klasik sehingga terdapat dalam masyarakat modern. Pengertian ini dapat dijadikan salah satu unsur perbedaan musik tradisional dan modern tersebut. Sifat yang dimiliki oleh musik modern tergolong lebih fleksibel, luwes dan memiliki keberagaman dalam instrumen yang banyak.

Pembentukan musik modern pada umumnya didasarkan pada tangga nada diatonis atau tangga tujuh nada yang digunakannya. Untuk itulah dokumen yang dimiliki oleh musik modern lebih terang sehingga kita dapat mengetahui nama penciptanya dengan mudah. Selain itu adapula beberapa contoh musik modern yaitu sebagai berikut:

  • Musik Rap atau Hip Hop
  • Musik Opera
  • Musik K Pop
  • Musik Blues
  • Musik Reggae
  • Musik Pop
  • Musik EDM (Electronic Dance Music)
  • Musik Country
  • Musik Marching Band
  • Musik Jazz
  • Musik Rock

Perbedaan Musik Tradisional dan Musik Modern

Setelah menjelaskan tentang pengertian musik tradisional, pengertian musik modern, contoh musik tradisional dan contoh musik modern. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan antara musik tradisional dan modern. Pada dasarnya terdapat persamaan musik tradisional dan musik modern yang terletak di hasil ekspresi atau ungkapan seseorang akan keindahan dan suaranya. Selain itu adapula persamaan lainnya yang terletak dibagian fungsinya yaitu untuk sarana hiburan, ekpresi, edukasi dan sebagainya.

Perbedaan antara musik tradisional dan modern dapat terlihat lebih signifikan ketika proses pembuatan dan waktu perkembangan yang berbeda telah terjadi. Meskipun kedua jenis seni musik ini berbeda, namun semua orang tetap banyak yang menyukainya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai perbedaan antara musik tradisional dan musik modern yaitu sebagai berikut:

Sejarah Perkembangan

Perbedaan musik tradisional dan modern yang pertama terletak pada sejarah perkembangannya. Musik tradisional dalam perkembangannya memiliki hasil yang berasal dari proses pemenuhan keperluan masyarakat, baik sebagai media hiburan dan ekspresi ataupun sebagai pengiring ritual tertentu. Musik tradisional sendiri dijadikan sebagai jati diri masyarakat dan sangat kental denga nilai budaya yang terdapat di masyarakat setempat.

Baca juga : Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya

Sedangkan untuk musik modern dalam perkembangannya sebenarnya disesuaikan dengan teknik praktek dan komposisi dalam memainkan alat musik di dalamnya. Maka dari itu pengelompokkan musik modern disesuaikan dengan gaya musik dan zamannya.

Penciptaannya

Perbedaan antara musik tradisional dan modern selanjutnya terletak di proses penciptaannya. Pada umumnya hasil karya musik tradisional ini disesuaikan dengan permainan kolektif di kelompok musik tertentu. Musik tradisional dalam penciptaannya menjelaskan tentang kepercayaan atau kebudayaan dan cenderung terikat dengan masyarakat setempat. Disisi lain adapula seorang komponis ialah seorang individu yang biasanya menghasilkan musik modern. Komponis dalam menciptakan karya musik modern menganut gaya yang bebas karena disesuaikan dengan hal yang disukainya dan tidak memiliki ikatan dengan kebudayaan tertentu.

Penggunaan Temanya

Perbedaan musik tradisional dan modern selanjutnya terletak pada penggunaan temanya. Tema yang digunakan oleh musik tradisional mengarah pada kehidupan karena perkembangannya bersahabat dan berada di masa tradisional sehingga berhubungan dengan kebudayaan setempat. Misalnya acara ekonomi rakyat, adat istiadat, pergaulan rakyat, kepercayaan masyarakat dan kondisi alam setempat. Sedangkan tema dalam musik modern cenderung tidak terbatas dan lebih luas katena perkembangannya berada di masa modern. Pada umumnya tema yang diangkat musik modern memang lebih populer di kalangan masyarakat. Misalnya persahabatan, wawasan umum dan percintaan.

Sistem Nada

Perbedaan musik tradisional dan musik modern selanjutnya terletak disistem nadanya. Pada dasarnya alat musik yang digunakan dalam jenis seni tradisional masih tergolong tradisional karena sistem nada yang digunakannya memiliki jarak berbeda. Dikarenakan jarak sistem nadanya tidak sama, maka tangga nada pentatonis yang dihasilkan tergolong lebih sederhana. Kemudian untuk alat yang digunakan dalam musik modern cenderung lebih beragam karena anutan musiknya juga bermacam macam. Sistem nada yang digunakan dalam musik modern dapat disusun sesuai persamaan jarak nada dan frekuensi yang tetap, sehingga dapat menghasilkan tangga nada kromatik dan diatonis.

Salinan dan Dokumen

Perbedaan antara musik tradisional dan modern selanjutnya terletak di salinan dan dokumennya. Pada umumnya musik tradisional jika dilihat dari segi dokumen memang belum memiliki partitur sehingga secara pasti tidak memiliki dokumen. Selain itu juga jarang mengetahui nama penciptanya sehingga musik tradisional dalam penyebarannya lebih mengandalkan penyebaran secara turun temurun. Sedangkan untuk musik modern memiliki partitur dan kejelasan dalam dokumennya. Selain itu nama pencipta atau pengarangnya juga dimiliki serta memiliki salinan secara tertulis. Musik modern disebarkan melalui media tulisan atau verba sehingga cenderung lebih luas.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan musik tradisional dan modern terlengkap. Perbedaan antara musik tradisional dengan musik modern dapat terlihat dari segi pengertian, contoh, sejarah perkembangan dan hal hal lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *