Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap – Karya sastra Bahasa Indonesia pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Salah satunya ialah prosa. Apa yang dimaksud prosa itu? Prosa ialah sebuah karya sastra yang isinya tulisan naratif dengan berbagai unsur ceritanya. Dalam prosa tersebut terdapat unsur unsur cerita yang berupa penokohan, tema, konflik, alur, watak dan latar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam masyarakat terdapat contoh prosa yang berbentuk novel dan cerpen. Apa perbedaan antara novel dan cerpen itu? Kedua bentuk prosa ini memang sangat berbeda, mulai dari pengertian hingga unsur unsur di dalamnya.

Dalam perbedaan novel dan cerpen tersebut dijelaskan bahwa terdapat penjelasan mengenai pengertian kedua bentuk prosa tersebut. Cerpen sendiri singkatan dari cerita pendek ialah sebuah bentuk karya sastra yang berupa prosa dan berisi penggambaran atau penceritaan pengalaman kisah seorang tokoh bersifat fiktif secara ringkas. Cerita atau gambaran tersebut dilengkapi dengan berbagai jenis konflik, namun penyelesaian dari terjadinya konflik atau permasalahan itu juga beranekaragam. Cerpen ini memiliki kesan tunggal yang berfokus pada satu tokoh saja. Hal ini tentunya berbeda dengan hal hal yang terdapat dalam novel.

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap
Perbedaan Antara Novel Dengan Cerpen

Perbedaan novel dengan cerpen ini terlihat pada jumlah katanya. Jumlah kata yang dimiliki dalam karya sastra cerpen jumlahnya sekitar 10.000 kata kurang. Puncak konflik atau masalah tersebut berada dalam cerpen tersebut. Selain itu permasalahan ini juga disertai dengan penyelesaian atau solusinya sekaligus. Kemudian cerpen tersebut memiliki isi yang cenderung padat, memiliki tujuan langsung dan singkat. Lantas bagaimana isi dalam novel itu? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan novel dan cerpen beserta penjelasannya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

Perbedaan antara novel dengan cerpen dapat dilihat dari segi pengertiannya. Novel dan cerpen ini pasti sudah banyak dikenal oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Bahkan di waktu luang, banyak orang yang membaca kisah kisah di kedua karya sastra tersebut karena sangat menarik sekali. Meskipun menarik, namun kedua karya sastra ini berbeda. Pengertian cerpen itu ialah sebuah bentuk karya sastra yang berupa prosa dan berisi penggambaran atau penceritaan pengalaman kisah seorang tokoh bersifat fiktif secara ringkas. Sedangkan pengertian novel ialah bentuk karya sastra berupa prosa naratif yang cenderung kompleks dan memiliki alur panjang. 

Baca juga : Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

Dari sinilah terlihat beberapa perbedaan novel dan cerpen tersebut. Gambaran atau cerita dalam novel itu menjelaskan tentang kehidupan orang disekitarnya dan juga seorang tokoh saja. Biasanya dalam novel terdapat hal yang ditonjolkan seperti sifat atau watak tokoh cerita di dalamnya. Dalam novel tersebut juga terdapat penyampaian pesan tersembunyi yang ditujukan kepada para pembacanya. Selain perbedaan antara novel dan cerpen ini, adapula persamaan didalamnya seperti sama sama termasuk dalam karya sastra fiksi. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai perbedaan novel dengan cerpen tersebut yaitu sebagai berkut:

Penokohan

Perbedaan antara novel dengan cerpen yang pertama dilihat dari segi penokohan. Munculnya tokoh dalam novel dan cerpen memang berbeda. Alur yang dimiliki oleh cerpen bersifat sederhana dan singkat. Kemudian dalam cerpen tersebut hanya ada beberapa jumlah tokoh saja. Sedangkan alur yang dimiliki oleh novel cenderung lebih rumit dan panjang. Maka dari itu munculnya tokoh yang terdapat dalam novel memiliki jumlah yang lebih banyak daripada cerpen.

Selain itu dalam novel terdapat masing masing tokoh yang wataknya cukup beragam. Sedangkan watak dalam cerpen hanya menonjolkan tokoh utamanya. Maka dari itu watak penokohan di kedua karya sastra tersebut berbeda. Kemudian dalam novel dan cerpen ini juga terdapat pengembangan cerita yang membuat cerita sangat menarik untuk dibaca.

Perbedaan Alur

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam perbedaan alurnya. Dalam cerpen terdapat alur cerita yang cukup sederhana karena sangat terbatas dan sempit dalam hal gerakannya. Meskipun bergitu, cerpen memiliki banyak peminat dan selalu menarik cerita cerita di dalamnya. Cerpen memiliki alur cerita atau urutan jalan cerita yang berupa perkenalan, konflik, klimaks dan diakhiri dengan penyelesaian. Sedangkan dalam novel terdapat alur cerita yang lebih dinamis, rumit dan panjang sehingga tidak terbatas ruang di dalamnya. Untuk itulah jumlah kata dalam novel lebih banyak daripada jumlah kata cerpen yang kurang dari 10.000 kata.

Baca juga : Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap

Perbedaan Latar

Perbedaan antara novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam latar yang digunakannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cerpen memiliki latar cerita yang terbatas dan sempit. Hal ini dikarenakan sebuah cerpen akan memiliki jumah latar yang kurang dari 10. Sedangkan jumlah latar dalam novel memiliki jangkauan geografis yang banyak sehingga tergolong lebih luas. Sekarang ini perbedaan novel dengan cerpen ini terlihat dalam latar suasana, tempat dan waktu di dalamnya.

Perwatakan

Perbedaan antara novel dengan cerpen selanjutnya terdapat dalam perwatakannya. Watak dalam cerpen atau cerita pendek biasanya akan dijelaskan secara langsung, jelas dan singkat mengarah pada hal yang dituju. Sedangkan para tokoh dalam novel memiliki watak yang pengungkapannya sedikit demi sedikit dan perlahan nantinya di masing masing cerita. Maka dari itulah peminat novel cukup luas wawasannya karena diminati oleh orang dewasa. Sedangkan peminat cerpen hanya mengarah pada remaja dan anak anak saja. Hal ini dikarenakan pengungkapan watak yang dimiliki oleh cerpen tergolong lebih mudah dipahami dan jelas untuk anak anak.

Perbedaan Tema

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam perbedaan temanya. Tema dalam cerpen berasal dari masalah sederhana yang cenderung memiliki cerita dengan alur yang mudah ditebkh pembacanya. Sedangkan dalam isi novel terdapat hal yang lebih komplek sehingga lebih rumit alurnya. Selan itu juga terdapat lebih dari satu efek, emosi dan impresi dalam novelnya.

Perbedaan Konflik

Perbedaan novel dengan cerpen selanjutnya terdapat dalam konfliknya. Dalam novel terdapat konflik atau masalah yang berbeda dengan cerpen. Biasanya cerpen hanya memiliki satu konflik yang dikeluarkan seperti satu titik klimaksnya. Sedangkan konflik yang dikeluarkan dalam novel tergolong lebih banyak seperti di beberapa titik klimaksnya. Maka dari itulah banyak orang yang menjadi peminat novel daripada cerpen. Biasanya dalam novel terdapat konflik yang membuat pembacanya larut di dalamnya. Kemudian dalam novel juga terdapat konflik yang sulit ditebak sehingga pembacanya lebih penasaran.

Baca juga : Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Penggunaan Kata Katanya

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam penggunaan kata katanya. Pembaca lebih mudah untuk memahami gambaran atau cerita dalam cerpen melalui kata kata yang digunakannya. Sedangkan dalam novel terdapat pembahaan yang sulit dilakukan melalui penggunaan kata katanya karena hanya sekilas saja. Maka dari itu butuh konsentrasi yang lebih untuk memahami alur cerita dalam novel. Hal ini tentunya berbeda dengan pembacaan dalam cerpen yang dapat dilakukan dengan duduk saja. Maka dari itu isi cerpen dapat dipahami langsung meski pembacaannya sekilas saja.

Jumlah Kata

Perbedaan antara novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam jumlah katanya. Dalam cerpen terdapat jumlah kata yang kurang dari 10.000 kata. Sedangkan jumlah kata dalam novel dapat lebih dari 35.000 kata. Maka dari itu pembuatan cerpen dapat berupa satu halaman saja, sedangkan dalam pembuatan novel dapat berupa 100 halaman lebih. Dengan begitu pembacaan novel sampai habis membutuhkan waktu selama 120 menit atau bahkan lebih.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan novel dan cerpen terlengkap. Novel dan cerpen dapat dibedakan dari segi pengertian, alur, tema, penokohan, perwatakan dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dapat Ditulis Dalam Bentuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.