Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya – Dalam kehidupan manusia pada dasarnya selalu berhubungan dengan musik. Musik ini telah berkembang di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia tersebut memiliki keragaman musik yang luas sehingga menciptakan berbagai jenis alat musik. Alat musik ini dapat berupa alat musik gesek, alat musik petik, alat musik pukul dan sebagainya. Salah satu jenis alat musik yang sering digunakan dapat berupa alat musik gesek. Apa yang dimaksud alat musik gesek itu? Apa saja jenis jenis alat musik gesek itu? Macam macam alat musik gesek ini dapat berasal dari berbagai daerah.

Apakah anda tahu contoh alat musik gesek dari berbagai daerah itu? Cara memainkan alat musik gesek kebanyakan menggunakan bow (alat penggesek) ataupun tidak. Hal ini populer dengan nama chordophone. Macam macam alat musik gesek menghasilkan suara yang disesuaikan dengan tekanan, panjang senar, berat dan ketebalannya. Pengertian alat musik gesek ialah sebuah permainan musik dalam instrumen yang menggunakan metode di gesek melalui beberapa bagian. Karena adanya gesekan antara busur dan dawai tersebut akan tercipta sebuah bunyi melodis yang indah. 

Jenis jenis alat musik gesek dari berbagai daerah pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Alat musik jenis ini dapat berupa alat musik modern hingga alat musik tradisional. Untuk itu bahan pembuatnya dan hasil bunyi yang dihasilkan juga berbeda beda. Semua itu disesuaikan dari asal alat musik itu berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh alat musik gesek dari berbagai daerah beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya

Bahan pembuat alat musik gesek pada dasarnya berasal dari kayu seperti kayu pohon maple, cemara eropa, dan ebony atau kayu arang. Akan tetapi alam musik gesek pada zaman dahulu terbuat dari usus domba untuk dijadikan sebagai senarnya. Setelah itu senar alat musik gesek seiring perkembangan zaman terbuat dari bahan sesuai keperluan seperti kawat baja ataupun kawat perak. Apakah anda tahu apa saja macam macam alat musik gesek dari berbagai daerah itu?

Baca juga : Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya Terlengkap

Dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya terkenal dengan alat musik klasik yang dimainkan dengan cara digesek seperti viola dan biola. Meski begitu masih adalagi contoh alat musik gesek dari berbagai daerah yang juga tidak kalah dan suara nya juga merdu seperti biola. Alat musik tradisional ini dapat berua arababu, tarawangsa ataupun arbab. Suara yang dimiliki oleh alat musik itu memiliki ciri khasnya sendiri. Untuk itu masih banyak lagi berbagai jenis alat musik yang digesek dengan ciri khas mereka masing masing. Di bawah ini terdapat beberapa macam alat musik gesek dari berbagai daerah yaitu sebagai berikut:

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya
Gambar Alat Musik Gesek

Arbab

Jenis alat musik gesek dari berbagai daerah yang pertama ialah alat musik arbab. Asal alat musik arbab ialah dari Aceh, Pulau Sumatera. Permainan alat musik ini biasanya digunakan untuk hiburan rakyat dalam bentuk pergelaran. Di daerah Aceh Tengah, wilayah Piddie dan Aceh Barat terdapat perkembangan alat musik arbab tersebut. Untuk itu didaerah tadi memang cukup populer jenis alat musik di gesek ini.

Bahan pembuat alat musik arbab ialah dari tempurung kelapa. Kemudian untuk bagian dawai geseknya terbuat dari kayu ataupun serat rotan. Alat musik ini cukup sulit untuk dimainkan karena membutuhkan keahlian khusus penggunanya sehingga nada yang diinginkan dapat diciptakan. 

Rebab

Contoh alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah rebab. Rebab termasuk jenis alat musik tradisional yang cara memainkannya melalui digesek. Asal alat musik rebab ialah dari daerah jazirah Arab. Permainan rebab pada umumnya terdapat dalam seni pergelaran musik Betawi sehingga permainannya bersamaan dengan gambang dan kromong.

Tarawangsa

Macam alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik tarawangsa. Asal tarawangsa ini ialah dari Jawa Barat. Biasanya dawai yang dimiliki oleh tarawangsa berjumlah dua buah sehingga bahan pembuatnya dapat berasal dari baja atau kawat besi. Tarawangsa dapat dimainkan dengan cara menggesek senar busur dengan dawainya. 

Baca juga : Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap

Tehyan

Jenis alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik tehyan. Asal alat musik tehyan ialah dari Jakarta. Permainan alat musik tehyan biasanya digunakan untuk menghibur rakyat dalam bentuk pergelaran.

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya
Gambar Alat Musik di Gesek

Arababu

Contoh alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik arababu. Asal alat musik arababu ialah dari Maluku. Senar yang dimiliki oleh jenis alat musik ini hanya satu sehingga berbeda dengan Rebab yang mempunyai dua senar di dalamnya. Arababu berasal dari setengah sisi tempurung kelapa untuk dijadikan tabung resonansi dan bambu untuk dijadikan batang pegangannya. Selain itu busur yang memilki senar pada alat geseknya hampir sama dengan Rebab, hanya saja lebih kecil ukurannya dibandingkan Rebab.

Keso Keso

Contoh alat musik yang digesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik keso keso. Asal alat musik ini dari Sulawesi Selatan. Keso keso digesek menggunakan alat yang dinamakan dawai, dimana pembuatannya dari rambut hewan kuda. Keso memerlukan keahlian khusus untuk memainkannya karena tingkat kesulitan dalam menggesek keso keso tergolong sulit untuk menciptakan nada indah sesuai keinginan pengguna.

Sukong

Jenis alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik sukong. Bentuk sukong hampir sama dengan alat musik rebab. Namun alat musik sukong memiliki hasil suara yang berbeda dengan Rebab. Sukong mempunyai nada dasar G dan dua buah senar di dalamnya. Hasil suara yang diciptakan sukong tergolong rendah sehingga biasanya dijadikan sebagai nada bass dalam pergelaran gambang kromong.

Haegeum

Contoh alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik haegeum. Asal alat musik haegeum ialah dari Korea sehingga bukan dari wilayah Indonesia.  Haegeum merupakan jenis alat musik rebab Cina yang diadaptasi sehingga masih termasuk dalam kategori alat musik rebab. Haegeum dimainkan dengan cara digesek sehingga nada yang dihasilkan dapat sambung menyambung serta sangat indah karena terdapat instrumen petik dalam alat geomungso yang digabung dengan alat musik gayageum.

Bentuk haegeum memang cukup unik, dimana bagian leher terdapat silinder jenjang dengan bagian lehernya. Senar yang dimiliki oleh alat musik haegeum berjumlah dua buah dan biasanya dilengkapi dengan busur untuk digunakan sebagai alat penggeseknya. Biasanya letak alat musik haegeum ketika dimainkan berada di pangkuan pemainnya. Hal ini berbeda dengan letak viola dan biola yang berada diatas bahu untuk dipanggul ketika akan dimainkan.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya
Gambar Alat Musik Gesek

Erhu

Jenis alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik erhu. Asal alat musik erhu ialah dari Tiongkok. Sejak abad ke 7 – 10 Masehi pada zaman Dinasti Tang telah diketahui jenis alat musik ini beserta asal usulnya. Dikala itu, beberapa pemukiman rakyat etnis minoritas di Tiongkok bagian barat daya memang lebih populer jenis alat musik Erhu ini. Bahkan dalam opera pertunjukan Tiongkok tradisional juga menggunakan erhu sebagai alat musik utama. Struktuk  erhu sendiri juga lebih sederhana dengan dua dawai dan panjangnya 80 cm. Alat musik erhu biasanya dipegang menggunakan tangan kiri dan alat geseknya dipegang menggnakan tangan kanan. Erhu dapat disebut sebagai biola ala Tiongkok karena permainannya sangat ekspresif.

Yanggin

Contoh alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik yanggin. Asal alat musik yanggin ialah dari Tiongkok. Jenis alat musik ini termasuk dalam alat musik pukul maupun gesek. Dalam pertunjukan musik tradisional biasanya Yanggin memiliki posisi penting didalamnya karena cukup kuat daya ekspresifnya dan cukup nyaring bunyinya.

Rabab

Macam alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik rabab. Asal alat musik rabab ialah dari Sumatera Barat. Dalam pergelaran hiburan rakyat biasanya terdapat penggunaan rabab untuk memeriahkan suasana dan menghibur penontonnya. Di daerah Sumatera Barat memang terjadi penerimaan alat musik Rabab meskipun sebenarnya termasuk dalam kategori alat musik adaptasi.

Lagia

Jenis alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik lagia. Asal alat musik lagia ialah dari Nias. Bentuk alat musik lagia tidak berkaitan dengan benda langit asteroid, walaupun namanya serupa dengan asteroid atau benda langit. Lagia termasuk alat musik gesek yang hampir sama dengan biola ataupun rebab. Namun letak perbedaannya dengan alat musik tersebut yaitu berada pada permainannya yang di atas permukaan tanah.

Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya
Gambar Alat Musik yang di Gesek

Biola

Contoh alat musik gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah biola. Biola sering ditampilkan dalam pergelaran musik seperti pergelaran musik pop, pergelaran musik melayu, pertunjukan orkestra dan pergelaran musik jazz. Senar yang dimiliki oleh biola berjumlah 4 buah dengan tata letak yang diatur sedemikian rupa sehingga ketika digesek terdapat nada interval yang dimiliki lebih sempurna. Pemain biola biasanya dinamakan dengan violinist karena banyak dimainkan oleh kaum perempuan.

Viola

Contoh alat musik yang di gesek dari berbagai daerah selanjutnya ialah alat musik viola. Bentuk viola memang hampir sama dengan biola, namun nada yang dikeluarkan lebih rendah dan ukurannya lebih kecil dibandingkan biola. Viola ini termasuk dalam kategori alat musik yang modern. 

Demikianlah penjelasan mengenai contoh alat musik gesek dari berbagai daerah. Alat musik gesek dapat dibagi menjadi beberapa jenis, baik termasuk dalam alat musik modern maupun tradisional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *