Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap

Diposting pada

Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap – Dalam Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai majas. Majas tersebut pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam atau jenis. Setiap jenis majas memiliki pengertian dan ciri khas yang berbeda beda. Salah satunya ialah majas metonimia. Apa pengertian majas metonimia itu? Majas dalam Bahasa Indonesia berguna untuk pelengkap karya sastra dalam bentuk gaya bahasa. Majas metonimia memiliki ciri ciri tertentu seperti halnya majas pada umumnya. Ciri ciri majas metonimia tersebut digunakan sebagai pembeda dengan jenis majas Bahasa Indonesia lainnya. Untuk itu kita dapat mengetahui macam majas Bahasa Indonesia melalui ciri khas di dalamnya.

Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap
Kegunaan Majas Metonimia dalam Kalimat

Biasanya contoh majas metonimia dapat ditemukan dalam karya sastra. Contoh majas dalam kalimat tersebut dapat diketahui apakah termasuk dalam jenis metonimia atau bukan melalui ciri ciri didalamnya. Hal ini dikarenakan ciri ciri majas metonimia merupakan ciri khas dari majas tersebut. Dalam kehidupan sehari hari memang sering terlihat penggunaan majas metonimia. Bahkan majas ini juga digunakan dalam percakapan, baik secara sengaja ataupun tidak. Pengertian majas metonimia ialah gaya bahasa yang memanfaatkan kata untuk menjelaskan sebuah hal sehingga sangat dekat pertalian yang dimilikinya.

Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa majas metonimia dapat diartikan sebagai sebuah kata dalam gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan suatu hal agar pertaliannnya dapat lebih dekat. Di dalamnya juga disertakan dengan ciri ciri majas metonimia sebelum digunakan. Majas metonimia mungkin memang jarang digunakan oleh beberapa orang. Untuk itu beberapa orang juga belum mengetahui apa itu majas metonimia dan bagaimana cara menggunakannya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh majas metonimia beserta penjelasannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Metonimia secara bahasa berasal dari bahasa Yunani dimana tersusun dari kata Meto berarti menjelaskan perubahan dan Anoma berarti nama. Untuk itu pengertian majas metonimia ialah gaya bahasa yang menjelaskan sebuah hal lain menggunakan kata sehingga sangat dekat pertalian yang dimilikinya. Majas metonimia juga dapat diartikan sebagai majas yang memanfaatkan kata seperti merek dan lainnya sehingga kata tersebut digunakan sebagai satu kesatuan. Ciri majas metonimia tersebut yaitu menggunakan nama barang atau merk tertentu untuk menggambarkan hal yang dimanfaatkan sehingga menjadi satu kesatuan kalimat karena adanya asosiasi antara kata tadi dengan keseluruhan benda.

Baca juga : Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD 2020 dan Kunci Jawabannya Terlengkap

Secara singkat pengertian majas metonimia ialah majas yang menggunakan kata pengganti seperti nama hal atau nama ciri tertentu sehingga dapat dihubungkan dengan barang, orang dan sebagainya. Majas metonimia termasuk dalam majas perbandingan karena didalamnya terdapat nama atau merk barang atau benda untuk mengganti nama dari barang atau benda tadi dalam kalimat tertentu. Di bawah ini terdapat beberapa contoh majas metonimia yaitu sebagai berikut:

  • Ayah membeli sebuah Fortuner.

Berdasarkan contoh majas di atas dapat diketahui bahwa Foruner merupakan nama untuk menggantikan kata mobil. Hal ini dikarenakan merk mobil ternama yang ada di Indonesia dapat berupa Fortuner.

  • Air sumur di rumah Oki disedot menggunakan sanyo.

Berdasarkan kalimat di atas terdapat majas metonimia yang digunakan sebagai mesin air. Sebuah mesin air ini dirubah katanya menggunakan nama Sanyo.

  • Rani memiliki sebuah astrea di rumahnya.

Contoh majas metonimia dalam kalimat di atas menyebutkan merk Astrea sebagai asosiasi penggunaan kata motor di dalamnya.

  • Orang tua Dina pergi ke Tanah Suci menaiki Lion Air.

Dalam kalimat di atas terdapat penggunaan majas metonimia yang ditunjukkan dalam kata Lion Air. Lion Air tersebut merupakan salah satu nama maskapai penerbangan yang ternama. Untuk itu Lion Air dapat digunakan untuk mengganti nama pesawat. Dengan kata lain, kalimat diatas dapat diperjelas maknanya yaitu orang tua Dina pergi ke Tanah Suci menaiki pesawat Lion Air.

Baca juga : Jenis Jenis Pola Pengembangan Paragraf dan Contohnya

Contoh Majas Metonimia Dalam Kalimat

Penggunaan majas metonimia sebenarnya bisa kita temukan dalam berbagai karya sastra baik itu karangan, cerita, dan lain sebagainya. Kalimat metonimia tidak lain digunakan untuk menambah variasi diksi yang puitis. Sebagai referensi agar anda memiliki pemahaman lebih lanjut tentang majas ini, saya akan membagikan contoh kalimat metonimia dalam sebuah paragraf. Adapun contoh majas dalam kalimat lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Para pemilik kursi empuk berusaha untuk menyejahterakan rakyat menengah ke bawah sekarang ini. (Pemilik kursi empuk = pemimpin atau penguasa)
  • Warga Gaza sejak siang tadi ditembaki meriam meriam Israel tanpa henti. (Meriam = senjata)
  • Mobile Legend sekarang ini sedang diminati oleh kalangan anak muda untuk dimainkan daripada mainan tradisional. (Mobile Legend = game)
  • Di pasaran sekarang ini sedang populer dengan adanya Android. (Android = Handphone)
  • Sekarang ini sedang ada pro dan kontra yang dipicu oleh adanya perpanjangnya kontrak freeport. (Freeport = perusahaan asing dalam pertambangan)
  • Rika senang menabung di BRI. (BRI = bank)
  • Kelanjutan studi Linda telah dibiayai oleh LPDP. (LPDP = beasiswa)
  • Koran adalah alat informasi yang disusun oleh kuli tinta sehingga dapat memperluas wawasan setiap orang. (Kuli tinta = penulis)
  • Rambut Meldi diwarnai dengan Miranda. (Miranda = pewarna rambut)
  • Kesejahteraan rakyat terganggu karena turunnya Rupiah sebagai masalah utamanya. (Rupiah =uang)
  • Rika menggunakan Ciptadent untuk menggosok giginya setiap hari. (Ciptadent = pasta gigi)
  • Rina menggunakan Peditox untuk membaski kutu dikepalanya. (Peditox = racun kutu)
  • Nyamuk dapat dibasmi dengan menggunakan baygon. (Baygon = obat nyamuk)
  • Anak kelas 3 harus membeli Erlangga untuk pendamping belajarnya. (Erlangga = buku)
  • Di pertamina banyak sekali pemudik yang sedang antri. (Pertamina = pom bensin)

Sekian beberapa contoh majas metonimia beserta penjelasannya lengkap yang dapat saya bagikan. Pengertian majas metonimia ialah sebuah majas yang menggunakan kata merk sebuah barang atau benda untuk menggantikan nama dari benda atau barang itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi majas metonimia di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *