Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap – Pada dasarnya perubahan sosial selalu dialami oleh manusia karena termasuk dalam makhluk sosial. Hal ini dapat disebabkan karena faktor cara berbicara, cara bergaul maupun hal lainnya. Berbeda lagi dengan perubahan kebudayaan yang dialami oleh setiap manusia. Apa definisi perubahan kebudayaan itu? Apa faktor perubahan kebudayaan? Apa contoh perubahan kebudayaan itu? Perubahan sendiri pasti selalu dialami oleh masing masing individu. Hal ini dibuktikan dengan adanya internet yang dapat membantu manusia untuk mengetahui banyak hal, dimana sebelumnya tidak mengetahui apapun pada zaman dahulu.

Kita tahu bahwa perubahan dan perkembangan akan terus terjadi di kalangan masyarakat sehingga tidak hanya dialami oleh beberapa orang saja. Inilah yang menjadi bukti adanya perubahan dalam lingkup masyarakat. Pengertian perubahan kebudayaan ialah sebuah terjadinya perubahan dikarenakan adanya unsur unsur kebudayaan yang tidak sesuai dan berbeda sehingga dalam kehidupan terdapat kondisi yang tidak serasi. Tidak hanya pengertian, namun adapula faktor perubahan kebudayaan dan contoh perubahan kebudayaan. Pelaksanaan perubahan kebudayaan tersebut digunakan agar seluruh kebutuhan rakyat dapat dipenuhi.

Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap
Perubahan Kebudayaan

Kebutuhan rakyat semuanya memang dapat dipenuhi melalui perubahan kebudayaan tersebut. Seiring berkembangnya zaman maka akan sering terjadi perubahan dalam masyarakat secara terus menerus. Pada umumnya terjadinya perubahan tersebut terdiri dari adanya unsur unsur budaya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian perubahan kebudayaan, faktor perubahan kebudayaan dan contoh perubahan kebudayaan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap

Kebudayaan adalah salah satu warisan turun temurun suatu bangsa yang terus dilestarikan. Sebagai bangsa yang majemuk indonesia memiliki beragam budaya berbeda antara satu suku dengan suku lainnya. Perbedaan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari latar belakang, letak geografis, ras, dan agama. Meskipun demikian kita tidak boleh membiarkan perbedaan kebudayaan menjadi dinding pemisah. Melalui rasa toleransi dan saling memiliki inilah kita bisa bertahan melawan segala perubahan kebudayaan yang datang dari negera lain.

Setiap negara pasti memiliki ragam kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Misalnya saja di indonesia kita mengenal budaya tarian daerah yang diselenggarakan ketika terdapat hajatan, apakah di amerika ada? tentu saja tidak. Begitu juga di amerika dengan budaya thanksgiving yang diadakan setiap tahunnya, apakah di indonesia ada? tentu tidak. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan kebudayaan suatu bangsa. Perubahan tersebut disebabkan berbagai alasan mulai dari akulturasi misalnya, ketika terjadi percampuran dua budaya (lokal dan luar) dan menciptakan sebuah budaya baru. Pertanyaanya, apakah anda tau apa pengertian perubahan kebudayaan? lantas apa pengaruhnya untuk kita generasi milenial?

Faktor perubahan kebudayaan tersebut bisa mengarah pada sesuatu yang baik dan begitu juga sebaliknya. Pernahkah anda sadari bahwa kebudayaan asli di indoensia sudah semakin luntur? misalnya saja dengan pagelaran wayang kulit. Pentas wayang kulit jaman dulu sering kita temukan namun seiring berjalannya waktu budaya tersebut terkikis dan mulai digantikan dengan berbagai pentas musik seperti dangdut. Perubahan budaya seperti inilah yang akan kita pelajari dalam artikel kali ini.

Pengertian Perubahan Kebudayaan

Pengertian perubahan budaya ialah terjadinya perubahan disebabkan oleh adanya unsur unsur budaya yang tidak sesuai. Seperti yang telah kita ketahui bahwa terjadinya perubahan kebudayaan pada umumnya disebabkan oleh fungsi dalam kehidupan yang tidak serasi. Terjadinya perubahan kebudayaan tersebut akan selalu ada seiring berkembangnya zaman. Untuk itu kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi melalui terjadinya perubahan kebudayaan ini. Selain itu perubahan kebudayaan dapat diartikan sebagai usaha atau cara baru untuk memperbaiki kebutuhan masyarakat agar dapat dipenuhi.

Baca juga : Jenis Jenis Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap

Perubahan kebudayaan pada umumnya terdiri dari beberapa hal seperti teknologi, sistem kemasyarakatan, kesenian dan ilmu pengetahuan. Sebelum menjelaskan tentang faktor perubahaan kebudaaan dan contoh perubahan kebudayaan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian perubahan kebudayaan menurut para ahli. Adapun pengertian perubahan budaya menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Samuel Koenig
Perubahan kebudayaan menurut Samuel Koenig dapat diartikan sebagai sebuah upaya dalam pola kehidupan manusia yang digunakan untuk memodifikasi beberapa hal. Modifikasi ini dapat terjadi karena faktor eksternal maupun faktor internal. Kita akan menjabarkan kedua jenis faktor perubahan budaya tersebut secara terpisah pada sesi selanjutnya.

Selo Soemardjan
Pengertian budaya menurut Selo Soemardjan ialah terjadinya seluruh perubahan yang dipengaruhi oleh sistem sosial dalam lembaga kemasyarakatan, baik berupa pola perilaku seseorang, sikap maupun nilai tertentu yang terdapat dalam kelompok masyarakat.

John Philip Gillin dan John Lewin Gillin
Pengertian perubahan kebudayaan menurut John Philip Gillin dan John Lewin Gillin ialah terjadinya cara hidup yang beranekaragam karena keadaan geografis yang berubah seperti komposisi penduduk maupun ideologinya.

Faktor Perubahan Kebudayaan

Setelah menjelaskan tentang pengertian perubahan budaya di atas, kemudian saya akan membahas tentang faktor terjadinya perubahan kebudayaan. Faktor pendorong perubahan kebudayaan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Setiap faktor perubahan budaya tersebut memiliki penjelasannya masing masing. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Fungsi Laten Lembaga Pendidikan Beserta Fungsi Manifesnya

Faktor Internal Perubahan Kebudayaan

Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak darimana datangnya faktor perubah budaya secara internet. Faktor perubah kebudayaan secara internal datang dari dalam bangsa itu sendiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan bangsa lainnya. Faktor internal tersebut tidak hanya sebatas pola pikir individu dalam menanggapi adanya budaya saja melainkan juga karena berbagai alasan seperti terkikis perkembangan jaman, adanya konflik dan pertentangan kebudayaan, hingga perubahan demografis.

Sudah menjadi tugas kita sebagai penerus bangsa untuk mencintai serta melestarikan seluruh budaya bangsa. Sayangnya hal tersebut sulit untuk diwujudkan karena kesadaran masyarakat sudah terkikis oleh perkembangan jaman, pengaruh budaya barat, dan lain sebagainya. Sebagai referensi akan saya jelaskan beberapa faktor internet perubahan kebudayaan di bawah ini:

  • Adanya perubahan demografis seperti perubahan distribusi penduduk dan ukuran struktur. Perubahan demografis tersebut dapat berbentuk migrasi, kelahiran dan kematian.
  • Terdapat penemuan baru yang berupa alat atau ide tertentu. Penemuan ini dapat mengganti, memperbaharui maupun menyempurnakan penemuan yang telah ada
  • Terdapat konflik sosial dalam masyarakat.
  • Terdapat pemberontakan dalam struktur pemerintahan.

Faktor Eksternal

Berbeda dengan sebelumnya, faktor eksternal cenderung berasal dari luar bangsa itu sendiri. Misalnya saja terjadinya proses akulturasi dimana budaya Indonesia bercampur dengan budaya barat. Akhirnya gabungan keduanya membentuk sebuah budaya baru yang belum pernah ada sebelumnya. Di bawah ini terdapat beberapa bentuk faktor eksternal perubahan kebudayaan yaitu sebagai berikut:

  • Adanya peperangan. Unsur unsur budaya yang berubah karena adanya peperangan dalam sebuah negara dapat mempengaruhi sistem pengetahuan, unsur ekonomi, bahasa, sistem kemasyarakatan, kesenian dan teknologi.
  • Adanya pengaruh dari budaya lain baik itu pengaruh secara total maupun melalui proses akulturasi.
  • Adanya perubahan dari segi alam.

Contoh Perubahan Kebudayaan

Selain pengertian perubahan kebudayaan dan faktor pengaruh kebudayaan di atas. Adapula beberapa contoh perubahan budaya yang sebenarnya bisa kita amati tanpa harus dijelaskan. Pada umumnya unsur unsur budaya dapat berubah karena adanya pertentangan dalam lingkup masyarakat. Hal ini dapat ditunjukkan dalam beberapa contoh perubahan kebudayaan seperti di bawah ini:

  • Sistem Kepercayaan (Religi)
  • Sistem Kemasyarakatan
  • Sistem Pengetahuan
  • Kesenian
  • Bahasa

Seiring berkembangnya zaman pasti selalu ada perubahan kebudayaan yang terjadi. Untuk itulah pemenuhan kebutuhan manusia selalu disesuaikan dengan perubahan kebudayaan yang ada. Sekian penjelasan mengenai pengertian perubahan kebudayaan, faktor perubahan kebudayaan dan contoh perubahan kebudayaan lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *