Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar Terlengkap

Diposting pada

Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar Terlengkap – Di sekitar kita pada dasarnya dapat ditemukan berbagai kelompok makhluk hidup yang saling berinteraksi seperti kelompok kambing yang sedang makan rumput, gerombolan rumput liar, sebatang pohon pisang, dan masing banyak lagi. Sekelompok makhluk hidup ini merupakan contoh struktur organisasi kehidupan berbentuk ekosistem. Di kehidupan tersebut terdapat urutan tingkatan kehidupan dari yang paling kecil hingga paling besar. Lantas bagaimana urutan tingkatan penghidupan dari terkecil ke terbesar itu? Dalam sebuah ekosistem pada umumnya terdapat satuan organisasi kehidupan seperti individu, komunitas, biosfer, populasi dan ekosistem itu sendiri. Namun susunan struktur ini masih terdiri dari beberapa satuan lainnya.

Urutan organisasi kehidupan selalu ada, baik berupa sebuah jabatan atau tata letak yang terdapat di dalam pos pos tertentu. Untuk kategori urutan dalam jabatan mempunyai kewajiban dan tugas yang berbeda beda di kehidupan organisasinya. Dalam struktur organisasi kehidupan tersebut berisi kehidupan manusia maupun makhuk hidup lainnya. Dari struktur inilah terlihat sebuah pola urutan kehidupan, mulai dari yang sederhana hingga terkompleks. Organisasi pada umumnya memiliki ciri khas di dalamnya seperti kerja sama dan pengaturan.

Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar Terlengkap
Satuan Organisasi Kehidupan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa urutan tingkatan oranisasi kehidupan memang merupkan salah satu bagian kehidupan untuk membuatnya lebih sempurna lagi. Dalam pola ini terdapat keteraturan rumit yang dapat kita lihat seperti pola warna warni bulu burung, pola pertulangan daun dan sebagainya. Adapun contoh tingkatan organisasi penghidupannya seperrti keteraturan biologi yang tidak terlihat oleh mata. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar Terlengkap

Pengertian struktur organisasi kehidupan ialah sebuah tingkatan dalam kehidupan yang berawal dari paling sederhana sampai paling kompleks. Dalam organisasi kehidupan terdapat setiap tingkatan yang cukup penting karena digunakan untuk mempelajari sebuah biologi. Urutan tingkat organisasi kehidupan bermula dari molekul sampai biosfer. Inilah yang merupakan tingkatan paling benar.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Penyerbukan Tetangga pada Bunga (Tumbuhan)

Seperti yang telah saya katakan bahwa urutan organisasi kehidupan yang benar ialah bermula dari molekul dan diakhiri dengan biosfer. Urutannya tersebut seperti molekul, dilanjutkan dengan organel, sel, jaringan, kemudian organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, lalu ekosistem dan yang terakhir biosfer. Berikut penjelasan mengenai struktur organisasi kehidupan tersebut yaitu:

Molekul

Setiap orang pasti sudah familiar dengan kata molekul. Kata ini sering digunakan untuk merepresentasikan sebuah objek kecil yang bahkan berukuran micro. Molekul termasuk dalam komponen penciptaan utama yang terbuat dari susunan atom.

Urutan tingkat organisasi kehidupan yang pertama ialah molekul. Molekul merupakan tingkatan yang didasarkan pada susunan molekul organik di setiap makhluk hidup. Untuk itulah tingkatan molekul ini dijadikan sebagai dasar susunan organisasi. Dalam makhluk hidup terdapat biomolekul (molekul organik) yang kompleks seperti protein, lemak, asam nukleat (RNA dan DNA), vitamin, serta karbohidrat. Fungsi molekul organik ini ialah untuk mengontrol fungsi dan struktur masing masing komponen pada sel.

Organel

Struktur organisasi kehidupan selanjutnya ialah organel. Pengertian organel ialah bagian yang digunakan untuk menyusun sel di berbagai jenis molekul organik dengan fungsi beraneka ragam. Adapun beberapa contoh organel sel yaitu meliputi:

  • Ribosom yang digunakan untuk sintesis protein.
  • Retikulum endoplasma yang digunakan untuk transportasi sel.
  • Mitokondria yang digunakan untuk menciptakan energi.
  • Badan golgi yang digunakan untuk sistem ekskresi pada sel.

Apakah anda masih asing dengan istilah organel ini? ya, sebenarnya istilah “organel” jarang dipakai ketika proses KBM berlangsung. Tidak heran jika banyak siswa yang bertanya apa sebenarnya organel ini. Namun, jika kita menyimak pelajaran biologi secara teliti sudah pasti akan menemukan materi organel sebagai unsur penyusun sel. Bisa dibilang organel berada satu level dibawah sel dan diatas molekul.

Sel

Urutan organisasi kehidupan selanjutnya ialah sel. Pengertian sel adalah unit fungsional dan struktural yang paling kecil. Adapun contoh makhluk hidup yang memiliki sel satu yaitu protozoa, alga dan bakteri. Makhluk hidup ini memiliki satu sel saja yang berperan dalam pelaksanaan metabolisme. Selain itu adapula jenis makhluk hidup yang memiliki sel banyak seperti hewan dan tumbuhan. Jenis makhluk hidup ini mempunyai berbagai fungsi dan bentuk sel yang beranekaragam.

Baca juga : Jenis Jenis Ekosistem Beserta Komponen dan Contohnya

Dalam konteks pendidikan materi sel banyak sekali dibahas ketika pelajaran IPA dan biologi khususnya. Pada dasarnya sel masih bisa dibagi dan dipelajari lagi secara mendalam karena setiap makhluk hidup memiliki jenis sel yang berbeda. Jadi jangan samakan sel manusia dengan binatang, binatang dengan tumbuhan, maupun sebaliknya.

Jaringan

Urutan tingkatan organisasi kehidupan selanjutnya ialah jaringan. Pengertian jaringan ialah sekelompok sel yang beraneka macam dengan persamaan fungsi dan bentuk. Peran jaringan ini ialah untuk membuat struktur dasar dibagian tubuh makhluk hidup sehingga dapat terbentuk. Di bawah ini terdapat contoh tingkatan jaringan dalam organisasi kehidupan yaitu sebagai berikut:

  • Jaringan tumbuhan seperti jaringan epidermis, pengangkut dan meristem.
  • Jaringan hewan seperti jaringan otot, jaringan ikat, jaringan epitel dan jaringan saraf.

Karena memiliki sel yang berbeda, sudah pasti setiap makhluk hidup memiliki jaring-jaring yang berbeda. materi jaring jaring tumbuhan, hewan, dan manusia banyak sekali dibahas bahkan dimasukan dalam materi wajib untuk SMP, SMA, dan SMK.

Organ

Urutan organisasi kehidupan selanjutnya ialah organ. Pengertian organ ialah jaringan yang dikumpulkan dengan peranan tertentu di dalamnya. Fungsi yang dimiliki oleh masing masing organ dapat berupa alat penyokong kehidupan dari makhluk hidup. Organ yang terdapat dalam makhluk hidup mempunyai fungsi terhadap keadaan lingkungan secara fisiologis. Dalam organ lambung manusia dan organ batang tumbuhan sebelah kiri terdapat berbagai jenis jaringan yang menyusun organ tersebut. Adapun contoh organ dalam organisasi kehidupan yaitu sebagai berikut:

  • Organ tumbuhan seperti daun, bunga, akar dan batang.
  • Organ hewan seperti paru paru, ginjal, jantung, mata, lambung dan sebagainya.

Sistem Organ

Struktur organisasi kehidupan selanjutnya ialah sistem organ. Sistem organ dapat berupa susunan organ yang menghasilkan sistem tertentu sehingga dapat melakukan interaksi satu sama lain. Di berbagai jenis organ ini memiiki persamaan tujuan dalam menjalin interaksi yaitu untuk menghasilkan kesatuan fungsional dalam sebuah makhluk hidup sehingga kehidupannya dapat berlangsung dengan baik. Misalnya saja sistem peredaran darah yang mencakup organ jatung, pembulur darah arteri, pembuluh darah kapiler dan pembuluh darah vena. Di bawah ini terdapat tingkatan sistem organ dalam organisasi kehidupan yaitu sebagai berikut:

  • Sistem organ tumbuhan seperti sistem transpirasi dan sistem transportasi.
  • Sistem organ hewan yang berupa sistem reproduksi, sistem pernapasan dan sistem pencernaan.

Individu (Organisme)

Urutan tingkatan organisasi kehidupan selanjutnya ialah individu atau organisme. Pengertian organisme ialah sebuah satuan makhluk hidup yang secara kompleks disusun menjadi berbagai sistem pendukung organ tubuh. Daya dukung yang diperoleh dalam tingkatan molekul sampai sistem organ ini digunakan untuk melakukan interaksi dan menjalankan kehidupan dengan sekitar.

Populasi

Urutan organisasi kehidupan selanjutnya ialah populasi. Pengertian populasi ialah sekumpulan organisasi yang sejenis dengan persamaan waktu dan tempat tinggal. Adapun contoh populasi dalam organisasi kehidupan yaitu seperti sekumpulan padi di sawah, sekelompok rusa di padang rumput dan sekumpulan manusia di sebuah kota atau desa.

Baca juga : Bentuk Bentuk Molekul Menurut Teori Domain Elektron dan Hibridisasi

Komunitas

Urutan tingkat organisasi kehidupan selanjutnya ialah komunitas. Pengertian komunitas ialah sekelompok populasi di tempat dan waktu yang sama, namun terdiri dari berbagai jenis spesies. Adapun contoh komunitas dalam organisasi kehidupan yaitu dalam suatu sawah terdapat populasi belalang, populasi alga hijau, populasi padi, populasi semut dan sebagainya. Setiap komunitas tersebut terdapat berbagai populasi yang saling berinteraksi.

Ekosistem

Urutan tingkatan organisasi kehidupan selanjutnya ialah ekosistem. Pengertian ekosistem ialah sebuah susunan populasi yang saling berinteraksi untuk membentuk komunitas dengan lingkungan abiotik seperti air, sinar matahari, udara dan tanah. Dalam hal ini tingkatan ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komponen abiotik dan komponen biotik dalam keadaan tertentu karena adanya proses interaksi satu sama lain. Ekosistem tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu ekosistem buatan dan ekosistem alami. Adapun contoh ekosistem dalam organisasi kehidupan yaitu seperti ekosistem hutan, ekosistem tambak, ekosistem sungai, ekosistem sawah dan ekosistem pantai.

Bioma

Urutan organisasi kehidupan selanjutnya ialah bioma. Pengertian bioma ialah sekelompok ekosistem terestrial yang dipengaruhi oleh iklim regional sehingga wilayah cakupannya cukup luas. Bioma ini dapat berupa proses adaptasi antara hewan dan tumbuhan khas terhadap lingkungannya. Bioma dapat dikelopokkan sesuai dengan vegetasi yang mendoinasi di dalamnya. Adapun contoh bioma dalam organisasi kehidupan yaitu seperti padang rumput, taiga, hutan hujan tropis, gurun, hutan gugur dan tundra.

Biosfer

Struktur organisasi kehidupan selanjutnya ialah biosfer. Pengertian biosfer ialah sebuah bumi yang mencakup kehidupan makhluk hidup secara keseluruhan. Dalam tingkatan tersebut terdapat interaksi skala global yang terbentuk dari satu kesatuan kehidupan di bumi secara utuh dan menyeluruh.

Sekian penjelasan mengenai urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar terlengkap. Adapun struktur organisasi kehidupan dari terkecil sampai terbesar yaitu diawali dengan molekul, dilanjutkan dengan organel, sel, jaringan, kemudian organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, lalu ekosistem dan yang terakhir biosfer. Semoga artikel ini dapat bermanfat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *