Pengertian Magnet, Sifat, Jenis dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Pengertian Magnet, Sifat, Jenis dan Cara Membuatnya – Dalam Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains pasti kita sering mendengar tentang istilah magnet. Apa yang dimaksud magnet itu? Aja saja sifat sifat magnet? Apa saja jenis jenis magnet? Bagaimana cara membuat magnet? Magnet merupakan sebuah hal yang sudah diketahui oleh banyak orang. Meski begitu ada beberapa orang yang kurang paham makna dari magnet itu sendiri. Materi magnet ini telah diajarkan ketika dibangku sekolah. Bahkan materi tersebut juga digunakan sebagai bahan soal dalam Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Magnet secara umum dikenal sebagai sebuah benda yang dapat menarik benda benda disekitarnya.

Pengertian Magnet, Sifat, Jenis dan Cara Membuatnya
Cara Membuat Sebuah Magnet

Magnet bersifat kemagnetan karena dapat menarik benda yang ada disekitarnya. Dengan kata lain kemampuan yang dimiliki oleh sebuah benda berupa penarikan benda benda disekelilingnya. Kata magnet secara etimologi berasal dari kata daerah Asia yang berupa Magnesia. Sifat magnetik ini ditemukan oleh bangsa Yunani yang berasal dari bebatuan, dimana biji besi dapat tertarik olehnya. Inilah awal dari pengertian magnet, sifat sifat magnet, jenis jenis magnet dan cara membuat magnet. Magnet pertama kali dimanfaatkan atau digunakan oleh bangsa jika sebagai kompas atau penunjuk arah sesuai dengan historis paradigma ilmuan Cina.

Pengertian Magnet, Sifat, Jenis dan Cara Membuatnya

Magnet pada umumnya terbentuk dari magnet elementer (magnet kecil) yang disusun menjadi satu. Susunan dalam benda magnetik ini dilakukan secara teratur. Namun susunan magnet elementer dalam benda non magnetik dilakukan secara acak. Keteraturan dalam membuat magnet elementer ini dijadikan sebagai prinsip perubahan benda tertentu menjadi magnet. Apabila terjadi pemotongan magnet, maka potongan magnet tadi akan memiliki kutub selatan dan kutub utara. Pada kesempatan kai ini saya akan menjelaskan tentang pengertian magnet, sifat sifat magnet, jenis jenis magnet dan cara membuat magnet.

Magnet dapat diartikan sebagai sebuah objek yang menyebabkan adanya gejala gaya yang timbul, baik gaya tolak ataupun gaya tarik pada logam tertentu. Jenis logam yang dapat ditarik oleh magnet dapat berupa baja, besi dan sejenisnya. Selain itu adapula definisi magnet yaitu sebuah benda yang dapat menarik benda lain berbentuk logam seperti baja, nikel, besi dan koblat. Magnet memiliki kutub magnet yang merupakan bagian daya tarik terkait. Kutub magnet dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kutub selatan (S) dan kutub utara (U).

Baca juga : Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya

Magnet memiliki susunan magnet magnet elementer yang terarah dan teratur. Dua buah magnet akan tolak menolak apabila kutub kutub yang didekatkan sama. Namun dua buah magnet akan tarik menarik apabila kutub kutub yang didekatkan berbeda. Disekitar magnet terdapat bagian yang memperoleh pengaruh dari gaya magnet, biasanya sering dikenal dengan nama medan magnet.

Sifat Sifat Magnet

Setelah menjelaskan tentang pengertian magnet, selanjutnya saya akan membahas tentang sifat sifat pada magnet. Magnet pada dasarnya memiliki beberapa sifat seperti:

  • Magnet dapat menarik benda tertentu.
  • Magnet memiliki dua kutub.
  • Gaya magnet dapat terbentuk pada medan magnet.
  • Magnet akan tolak menolak jika kutub kutubnya sama, namun akan saling tarik menarik apabila kutub kutubnya berbeda.

Jenis Jenis Magnet

Selain pengertian dan sifat sifat magnet di atas, adapula macam macam magnet yang tersedia. Magnet dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • Magnet Alam
  • Magnet Tidak Tetap
  • Magnet Buatan
  • Magnet Tetap

Baca juga : Ciri Ciri Fungi (Jamur) Beserta Klasifikasinya Lengkap

Cara Membuat Magnet

Setelah menjelaskan tentang pengertian magnet, sifat sifat magnet, dan jenis jenis magnet di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara membuat magnet. Magnet dapat dibuat menggunakan beberapa cara seperti di bawah ini:

Digosok Dengan Magnet Secara Searah

Magnet baru dapat dibuat dengan cara menggosokkannya pada magnet secara searah. Misalnya besi akan dijadikan sebagai magnet, padahal sebelumnya tidak memiliki medan magnet. Maka untuk menjadikannya magnet harus menggosokkanya dengan ujung magnet tetap secara searah.

Dialiri Arus Listrik Searah

Cara membuat magnet selanjutnya ialah dengan mengalirinya arus listrik searah. Misalnya saja besi yang dililit dengan kawat, lalu kawat tersebut terhubung dengan batu baterai untuk mengalirinya dengan listrik searah. Baterai akan menghasilkan arus listrik DC yang akan mempengaruhi besi untuk dapat menjadi magnet elementer. Setelah itu magnet elementer akan menjadi teratur dan searah.

Mengaliri batang besi dengan listrik untuk menciptakan medan magnet sudah banya sekali dibahas dalam berbagai teori. Bahkan, teori hingga praktek seharusnya sudah kita dapatkan dalam pembelajaran sains khususnya fisika.

Induksi Magnet

Selanjutnya magnet dapat dibuat dengan cara menggunakan induksi magnet. Misalnya sebuah besi akan dijadikan sebagai magnet baru. Maka peletakkan besi ini dapat berada di dekat magnet tetap sehingga akan ada pengaruh dari magnet tetap terhadap magnet elementer besi. Kemudian magnet elementer ini akan menjadi searah dan teratur.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian magnet, sifat sifat magnet, jenis jenis magnet dan cara membuat magnet. Magnet ialah sebuah benda yang dapat menarik benda benda disekitarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi magnet di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *