Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal – Dalam pelajaran Matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat materi pembelajaran mengenai pecahan. Dalam pelajaran ini terdapat pembahasan mengenai materi membandingkan pecahan. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal membandingkan pecahan? Cara membandingkan 2 bilangan pecahan tersebut biasanya akan disediakan beberapa pecahan dan kita diharuskan untuk menentukan pecahan mana yang lebih kecil ataupun besar. Cara membandingkan bilangan pecahan tersebut dapat didefinisikan sebagai pengurutan pecahan menggunakan aturan tertentu. Membandingkan sebuah bilangan pada dasarnya tidak hanya terjadi pada bilangan pecahan saja, sehingga adapula cara membandingkan bilangan bulat.

Cara membandingkan pecahan dengan cara membandingkan bilangan bulat tentunya berbeda beda langkah di dalamnya. Hal ini dikarenakan bentuk bilangannyapun juga berbeda. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal membandingkan pecahan itu? Sebelum memahami lebih lanjut mengenai materi membandingkan pecahan tersebut, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian pecahan dan hal hal yang terdapat di dalamnya. Pecahan pada umumnya dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut sehingga dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Pembilang pecahan dapat diumpamakan dengan hurud a dan penyebut pecahan dapat diumpamakan dengan huruf b. 

Bentuk pecahan memang terdiri dari pembilang dan penyebut. Untuk itu contoh bilangan pecahan dapat berbentuk 2/5 maupun 1/4. Contoh pecahan tersebut dapat memiliki bentuk lainnya. Menurut anda 2/5 dengan 1/4 itu mana yang lebih besar? Kedua pecahan tersebut dapat ditentukan besarnya menggunakan cara membandingkan 2 bilangan pecahan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membandingkan pecahan SMP beserta contoh soal membandingkan pecahan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Materi membandingkan pecahan memiliki maksud untuk menentukan hubungan antara dua pecahan yang berupa sama dengan, lebih dari ataupun kurang dari. Contohnya disebuah sekolah sedang diadakan pemilihan Ketua OSIS. Dalam pemilihan tersebut terdapat calon I dan calon II. Calon I dipilih oleh 1/4 siswa di sekolah dan calon II dipilih 2/5 siswa di sekolah tersebut. Lantas manakah calon yang banyak dipilih siswa? Iniah merupakan bentuk contoh cara membandingan 2 bilangan pecahan.

Baca juga : Cara Menghafal Sin, Cos, Tan Pada Sudut Istimewa Lengkap

Pada umumnya cara membandingkan pecahan dapat diterapkan dalam bentuk dua pecahan sejenis maupun dua pecahan tidak sejenis. Kedua bentuk pecahan ini pada konsepnya memiliki tujuan yang sama, namun langkahnya berbeda. Hal ini dikarenakan cara membandingkan bilangan pecahan tidak sejenis tergolong lebih panjang. Untuk itu pengerjaannya tidak sesederhana pada bentuk pecahan sejenis. Berikut penjelasan mengenai cara dan contoh soal membandingkan pecahan yaitu:

Membandingkan Dua Pecahan Sejenis

Cara membandingkan bilangan pecahan yang pertama ditujukan untuk dua pecahan sejenis. Bentuk pecahan sejenis ini lebih mudah dibandingkan daripada bentuk pecahan tidak sejenis. Untuk itu perhatikan model kedua pecahan seperti berikut:

Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Dari gambar model dua pecahan di atas, dapat kita ketahui bahwa 4/6 lebih besar daripada 2/6 (4/6 > 2/6). Bagaimana hal ini dapat terjadi? Kita permisalan bahwa satuan baru dapat terbentuk dari seperenam. Untuk itu 4/6 maksudnya 4 seperenam dan 2/5 maksudnyaa 2 seperenam. Maka dari itu 4 seperenam dengan 2 seperenam akan diketahui yang lebih besar ialah 4 seperenam. Sehingga dapat diketahui bahwa 4/6 > 2/6.

Dari contoh soal membandingkan pecahan itu dapat kita ketahui bahwa cara membandingkan pecahan sejenis dapat dilakukan dengan membandingkan pembilangnya saja. Maka dari itu pecahannya akan lebih besar apabila pembilangnya juga lebih besar. Mudah bukan?

Membandingkan Dua Pecahan Tidak Sejenis

Materi membandingkan pecahan selanjutnya ditujukan untuk pecahan tidak sejenis. Cara membandingkan 2 bilangan pecahan tidak sejenis tersebut berbeda dengan cara membandingkan bilangan pecahan sejenis. Adapun contohnya seperti membandingkan 1/4 dan 1/5. Seperti yang telah kita ketahui bahwa nilai yang sebanding dengan 1/4 ialah 5/20. Kemudian nilai 1/5 sama dengan 4/20. Contoh soal membandingkan pecahan ini dapat dinyatakan dalam bentuk gambar seperti di bawah ini:

Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Dari gambar model dua pecahan di atas, dapat kita ketahui bahwa 1/4 lebih besar daripada 1/5 (1/4 > 1/5). Bagaimana hal ini dapat terjadi? Hal ini dikarenakan 1/4 = 5/20 dan 1/5 = 4/20.

Baca juga : Kumpulan Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD Semester 2 UAS

Dari contoh soal membandingkan pecahan itu dapat kita ketahui bahwa cara membandingkan pecahan tidak sejenis dapat dilakukan dengan membuat pecahan tersebut menjadi sejenis. Setelah bentuk pecahannya sejenis, kemudian pembilang pembilangnya tinggal di bandingkan saja. Cara membandingkan 2 bilangan pecahan tidak sejenis juga dapat dilakukan melalui KPK pada penyebut penyebutnya. Untuk lebih jelasya perhatikan langkah langkah membandingkan pecahan 1/4 dan 1/5 dengan KPK penyebut seperti di bawah ini.

Menentukan KPK dari Penyebut
Cara membandingkan bilangan pecahan tidak sejenis yang pertama ialah menentukan KPK penyebutnya terlebih dahulu. Untuk itu kita harus mencari KPK penyebut dari 4 dan 5. Adapun caranya yaitu:
Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, …
Kelipatan dari 5 = 5, 10, 15, 20, 25, …
Maka KPK dari 4 dan 5 adalah 20.

Menentukan Pecahan Senilai
Cara membandingkan 2 bilangan pecahan selanjutnya ialah menentukan pecahan senilai. Pecahan senilai antara 1/4 dan 1/5 dapat dicari menggunakan KPK penyebut di atas. Maka hasilnya akan menjadi:
Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Membandingkan Pecahan Sejenis
Cara membandingkan bilangan pecahan selanjutnya ialah membandingkan pecahan yang telah disamakan jenisnya. Untuk itu dapat diperoleh 5/20 dan 4/20. Dari kedua pecahan ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa 5/20 > 4/20, karena pembilang 5 lebih besar daripada 4. Untuk itu pecahan 1/4 > 1/5.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membandingkan pecahan SMP beserta contoh soal membandingkan pecahan. Membandingan 2 bilangan pecahan sama artinya dengan menentukan pecahan mana yang nilainya lebih besar atau lebih kecil diantara pecahan pecahan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi membandingkan bilangan pecahan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *