Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Jawabannya Lengkap

Diposting pada

Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Jawabannya Lengkap – Dalam ilmu Matematika terdapat pembahasan mengenai materi perbandingan. Perbandingan tersebut pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Kedua jenis perbandingan ini digunakan sebagai bahan soal soal, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Apakah anda tahu apa pengertian perbandingan senilai itu? Bagaimana rumus perbandingan senilai itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pada perbandingan senilai. Untuk mengerjakan soal soal perbandingan tersebut, anda harus mengetahui pengertian dan rumusnya terlebih dahulu. Dengan begitu pengerjaannya dapat dilakukan dengan mudah.

Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering mendengar atau menjumpai istilah mengenai membandingkan atau perbandingan. Misalnya saja membandingan bentuk nilai maupun membandingkan dua objek atau lebih. Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa juga diajarkan mengenai materi perbandingan ini. Materi Matematika tersebut berisi pembahasan tentang pengertian perbandingan senilai, rumus perbandingan senilai maupun cara mengerjakan contoh soal perbandingan senilai yang tersedia. Pembahasan mengenai jenis perbandingan tersebut diajarkan ketika berada di jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas.

Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Jawabannya Lengkap
Ilustrasi Perbandingan Senilai

Perbandingan secara matematis pada umumnya dapat digambarkan dalam bentuk a : b. Namun perbandingan ini juga dapat dijelaskan dalam bentuk pecahan a/b, dimana pembilangnya dinyatakan dalam huruf a dan penyebutnya dinyatakan dalam huruf b. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian perbandingan senilai ialah perbandingan yang terjadi pada dua besaran atau lebih dengan bertambahnya sebuah variabel yang sama. Untuk itulah nilai pada perbandingan senilai pada dasarnya memang sama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal perbandingan senilai beserta jawabannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Jawabannya Lengkap

Untuk mengerjakan soal soal pada perbandingan senilai pada umumnya dapat dapat menggunakan rumus perbandingan senilai yang tersedia. Berdasarkan pengertian perbandingan senilai di atas, tentunya anda telah mengetahui gambaran secara umum mengenai rumus yang digunakan. Dari pengertian ini dapat kita ketahui bahwa nilai pada perbandingan tersebut ialah sama. Maka dari itu perbandingan senilai dapat dinyatakan dalam rumus seperti di bawah ini:

Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Jawabannya Lengkap

Persamaan di atas merupakan rumus perbandingan senilai yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang tersedia. Dari rumus tersebut dapat anda lihat bahwa nilai pada a1/b1 sama dengan nilai pada a2/b2. Dari persamaan inilah dapat diketahui bahwa nilai pada keduanya sama. Agar anda lebih memahami lagi mengenai materi perbandingan senilai ini, maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal perbandingan senilai dan jawabannya yaitu:

Baca juga : Rumus Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

1. Buku tulis sebanyak 1 lusin memiliki harga Rp 36.000,00. Hitunglah harga 4 buku tulis?

Pembahasan.
Diketahui : 1 lusin buku = 12 buku = Rp 36.000,00
Ditanyakan : Harga 4 buku tulis = ?
Jawan :
Untuk menyelesaikan soal tersebut, anda harus mengetahui harga 1 buku tulis terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:
1 buku = Rp 36.000/12
              = Rp 3.000,00

Setelah harga 1 buku tulis diketahui, kemudian kita hanya cukup mencari harga 4 buku tulis. Adapun caranya yaitu:
4 buku = 4 x Rp 3.000
              = Rp 12.000,00
Jadi harga 4 buku tulis tersebut ialah Rp 12.000,00.

2. Dalam satu jam seorang tata usaha dapat mengetik tulisan sebanyak 1800 kata.
a. Tentukan jumlah kata yang bisa diketik dalam waktu 1 ½ jam?
b. Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk mengetik 2400 kata?

Pembahasan.
a. Untuk menentukan jumlah kata yang bisa diketik, anda harus mengkonversikan satuan jam dalam bentuk menit terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
1 ½ jam = 90 menit
60 menit = 1800 kata

Baca juga : Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Untuk menyelesaikan contoh soal perbandingan senilai ini, anda dapat menerapkan rumus perbandingan senilai seperti berikut:
a1/b1 = a2/b2
60/90 = 1800/b2
     b2 = (1800 x 90) / 60 
     b2 = 2700
Jadi selama 1 ½ jam ia dapat mengetik sebanyak 2700 kata.

b. Pada soal kedua ini anda tidak perlu melakukan konversi satuan jam. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
1800 kata/2400 kata = 1 jam / ? jam
? jam = (2400 kata x 1 jam) / 1800 kata
? jam = 1 1/3 jam
Jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 2400 kata ialah selama 1 1/3 jam.

3. Jarak yang dapat ditempuh oleh sebuah mobil ialah sejauh 180 km dengan jumlah bahan bakar sebanyak 18 liter. Apabila jarak yang ia tempuh sejauh 420 km, maka berapakah bahan bakar yang diperlukan?

Pembahasan.
180 km → 18 liter
420 km → ? liter
Sehingga,
180 km/420 km = 18 liter/? liter
                 ? liter = (420 x 18) / 180
                 ? liter = 42 liter
Jadi bahan bakar yang diperlukan untuk menempuh 420 km tersebut ialah 42 liter.

4. Jumlah pakaian yang berhasil dijahit selama 4 hari oleh sebuah konveksi ialah sebanyak 120 potong. Jika penjahitan dilakukan selama 20 hari, maka berapakah jumlah pakaian yang berhasil dijahit?

Pembahasan.
Untuk menyelesaikan contoh soal perbandingan senilai ini dapat menggunakan rumus perbandingan senilai yang tersedia. Maka:
4 hari → 120 potong
20 hari → ? potong

Untuk mengetahui jumlah pakaian yang dijahit dapat menerapkan rumus yang tersedia menjadi seperti berikut:
4/20 = 120/?
      ? = (120 x 20) / 4
      ? = 600
Jadi selama 20 hari konveksi tersebut dapat menjahit 600 potong pakaian.

5. Jumlah sirup yang berhasil di jual oleh seorang pedagang dengan harga Rp 190.000,00 sebanyak 10 botol. Kemudian terjual lagi 1 lusin pada minggu berikutnya. Berapakah jumlah uang yang diperoleh saat menjual sirup pada minggu tersebut?

Pembahasan.
Rp 190.000 → 19 botol
? → 12 botol
Maka,
190.000/? = 19/12
               ? = (190.000 x 12) / 19
               ? = 120.000
Jadi jumlah uang yang diperoleh ketika menjual 1 lusin sirup ialah Rp 120.000,00.

Demikianlah contoh soal perbandingan senilai beserta jawabannya lengkap yang dapat saya bagikan. Pengertian perbandingan senilai ialah perbandingan yang terjadi pada dua besaran atau lebih dengan bertambahnya sebuah variabel yang sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *