Rumus Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Diposting pada

Rumus Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap – Cara mencari akar pangkat 2 dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan contoh soal akar pangkat 2 tersebut sering muncul dalam soal soal ujian, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Akar pangkat 2 dapat dinamakan dengan akar kuadrat. Selain itu pangkat 2 sendiri juga dapat disebut sebagai kuadrat. Apa pengertian akar pangkat dua itu? Apa pengertian pangkat dua itu? Materi akar pangkat 2 ini merupakan salah satu materi ilmu Matematika yang tidak kalah penting untuk dipelajari. Materi akar kuadrat ini tentunya dapat dipelajari dengan mudah karena dalam ilmu Matematika sering mempelajari tentang hal ini.

Dalam aplikasi Excel sendiri kita dapat menghitung akar kuadrat dengan mudah. Selain menggunakan excel tersebut, cara menghitung akar pangkat 2 juga dapat dilakukan dengan metode manual. Cara manual ini tentunya menggunakan rumus akar pangkat 2 yang tersedia. Apakah anda tahu bagaimana bentuk contoh soal akar pangkat 2 itu? Materi akar pangkat dua biasanya telah diajarkan ketika kita di bangku sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas. Ketika di bangku sekolah dasar tentunya materi akar kuadrat ini berupa hal hal dasar saja. Kemudian materi ini dikembangkan di sekolah menengah pertama dan diperluas di sekolah menengah atas.

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap
Akar Pangkat 2

Apakah anda tahu berapa akar kuadrat dari 49 itu? Jawaban dari akar pangkat 2 ini tentunya mudah ditebak yaitu 7, karena 7² = 7 x 7 = 49. Lalu apakah anda dapat mengetahui akar kuadrat dari 529 itu? Soal akar pangkat dua ini tentunya menggunakan cara khusus agar nilainya dapat diketahui. Hal ini dikarenakan anda tidak mungkin mencari nilainya dengan mengalikan angka angkanya satu persatu. Jika hal ini dilakukan, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung akar pangkat 2 dan contoh soal akar pangkat 2.

Rumus Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Kita tahu bahwa cara mencari akar pangkat dua dapat dilakukan menggunakan dua metode yaitu metode eksekusi manual dan rumus akar excel. Untuk cara pertama ini menggunakan metode kesalahan dan percobaan. Metode manual ini dilakukan sedemikian rupa agar hasil nilainya lebih baik. Kemudian untuk cara berikutnya menerapkan rumus akar Excel. Namun para siswa diharuskan untuk menggunakan cara manual karena ketika mengerjakan soal soal ujian tentunya tidak diperbolehkan menggunakan alat elektronik apapun.

Baca juga : Rumus dan Cara Menghitung Jangkauan (Range) Beserta Contoh Soal

Pengertian akar pangkat 2 atau akar kuadrat ialah invers atau kebalikan dari operasi pangkat dua. Akar pangkat dua ini memiliki nilai yang berupa bilangan x ialah y. Untuk itu berlaku persamaan x = y², dimana x maupun y ialah bilangan real. Maka dari itu, penulisan akar kuadrat dapat berbentuk √x = y. Dalam bahasa Inggris, istilah akar kuadrat dapat dinamakan dengan “Square Root”. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara menghitung akar pangkat 2 dan contoh soal akar pangkat 2. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Menghitung Akar Pangkat Dua

Setelah memahami tentang pengertian akar kuadrat di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara menghitung akar kuadrat. Pada zaman dahulu, akar pangkat dua dapat dicari nilainya menggunakan metode efisien dan efektif yang ditemukan oleh para Matematikawan. Namun seiring berkembangnya zaman membuat pengerjaan akar kuadrat menjadi lebih mudah karena menggunakan kalkulator. Cara mencari akar pangkat dua dapat dilakukan dengan mudah menggunakan metode ekstraksi atau longhand method sesuai dengan catatan J.B Calvert. Metode tersebut memiliki konsep pengerjaan untuk membuat dua digit bilangan yang dicari menjadi terpisah.

Akar pangkat dua pada dasarnya dapat dihitung menggunakan beberapa metode seperti metode aritmatika yang akurat, metode ekstraksi dan metode logaritma dengan cara paling cepat. Namun saya lebih suka menggunakan cara ekstraksi karena lebih mudah dilakukan. Berikut penjelasan mengenai cara menghitung akar pangkat 2 dan contoh soal akar pangkat 2 seperti di bawah ini:

Baca juga : Rumus Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan Lengkap

Memahami Konsep Pangkat Dua
Cara menghitung akar kuadrat yang pertama ialah memahami konsep pangkat dua terlebih dahulu. Dengan konsep ini tentunya anda akan lebih mudah untuk mencari nilai akar pangkat dua nya. Adapun beberapa konsep pangkat 2 yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut:

  • Nilai 1² = 1 × 1 = 1, dimana nilai dari √1 = 1
  • Nilai 2² = 2 × 2 = 4, dimana nilai dari √4 = 2
  • Nilai 3² = 3 × 3 = 9, dimana nilai dari √9 = 3
  • Nilai 4² = 4 × 4 = 16, dimana nilai dari √16 = 4
  • Nilai 5² = 5 × 5 = 25, dimana nilai dari √25 = 5
  • Nilai 6² = 6 × 6 = 36, dimana nilai dari √36 = 6
  • Nilai7² = 7 × 7 = 49, dimana nilai dari √49 = 7
  • Nilai 8² = 8 × 8 = 64, dimana nilai dari √64 = 8
  • Nilai 9² = 9 ×9 = 81, dimana nilai dari √81 = 9
  • Nilai 10² = 10 ×10 = 100 , dimana nilai dari √100 = 10

Melakukan Ekstrak Bilangan
Cara menghitung akar pangkat 2 selanjutnya ialah melakukan ekstrak bilangan. Bilangan tersebut dapat diekstrak dari satuan yang nilainya bermula 2 digits. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelaskan di bawah ini:
11
1 11
11 11
1 11 11
11 11 11
11 11 11, 10
11 11 11, 11

Menentukan Akar Ekstraksi Pertama dan Berikutnya
Cara menghitung akar pangkat dua selanjutnya ialah mencari akar ekstraksi pertama maupun berikutnya. Untuk ekstraksi pertama biasanya terletak pada bagian sebelah kiri. Kemudian untuk akar ekstraksi berikutnya dapat dicari menggunakan beberapa metode seperti:

  • Proses mengurangi
  • Membuat ekstraksi berikutnya diturunkan
  • Menentukan pasangan perkalian, dimana nilai akar ekstraksinya 2x.

Contoh Soal Akar Pangkat 2

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung akar pangkat 2 dan pengertian akar pangkat 2 di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal akar kuadrat terkait cara tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Tentukan akar pangkat dua dari 676 itu?

Baca juga : Materi Bilangan Berpangkat Pecahan (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal)

Pembahasan:
Langkah pertama dalam cara mencari akar kuadrat tersebut ialah membuat bilangan √676 dapat diekstrak. Ekstrak bilangan ini dilakukan pada satuan untuk memisahkan 2 digit di dalamnya. Maka hasilnya akan menjadi:

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Cara mencari akar pangkat 2 selanjutnya ialah menentukan akar ekstraksi pertama dari sebelah kiri. Ekstraksi yang dicari ialah 6. Usahakan pengambilan nilai akarnya harus mendekati akar 6 dan tidak boleh lebih dari akar 6. Akar yang mendekati nilai √6 ialah 2, karena jika 2² maka hasilnya adalah 4. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Cara menghitung akar pangkat 2 selanjutnya ialah mengurangkan nilai kuadrat dan ekstraksi selanjutnya diturunkan. Dalam pengerjaan tersebut terdapat hasil dari 2² = 4, maka hasil kuadrat ini dikurangkan dengan ekstraksi pertama. Kemudian hasilnya diturunkan seperti pada langkah di bawah ini:

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Cara menghitung kuadrat selanjutnya ialah menentukan pasangan perkalian akar ekstraksi yang nilainya “2x”. Untuk itu diperoleh angka 4 dari 2 x 2 (nilai akar ekstraksi). Untuk pasangan akar ekstraksi ini harus memiliki angka yang sama, kemudian hasil nilai akhirnya harus paling mendekati ≅ 276. Usahakan nilainya tidak melebihi 276. Maka dari itu anda dapat mencoba mengalikannya dengan bilangan bulat seperti angka 5, 6 ataupun 7:

  • 45 x 5 = 180 (mendekati)
  • 46 x 6 = 276 (tepat)
  • 47 x 7 = 329 (melebihi)

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soalnya Lengkap

Dari hasil di atas dapat ditemukan jawaban bahwa √676 adalah 26.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung akar pangkat 2 dan contoh soal akar pangkat 2. Pengertian akar pangkat 2 atau akar kuadrat ialah invers atau kebalikan dari operasi pangkat dua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi akar kuadrat di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *