Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan Terlengkap

Diposting pada

Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan Terlengkap – Pengertian teks wawancara adala teks yang isinya tentang kegiatan wawancara atau reportase antara narasumber dengan pewawancara dalam bentuk percakapan. Tujuan dilakukannya wawancara ialah untuk memperoleh informasi terkait tema tertentu sehingga dapat digali lebih dalam lagi. Namun sebelum itu terdapat beberapa pertanyaan berbobot yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara. Dengan begitu hasil informasi yang diperoleh dapat lebih tinggi nilai informatifnya. Suksesnya sebuah wawancara juga didukung dengan adanya narasumber yang kompeten. Kompeten yang dimaksud ialah mengetahui segala hal yang termasuk dalam bidang yang ia dalami. 

Kegiatan wawancara biasanya mengusung tema tertentu. Tema yang diambil tersebut disesuaikan dengan jenis narasumber yang dipilih. Untuk itu diharapkan anda memilih narasumber yang berkompeten pada bidang dengan tema yang diusung itu. Salah satu tema yang sering digunakan dalam wawancara ialah tentang kesehatan. Lantas bagaimana contoh teks wawancara tentang kesehatan yang baik itu? Contoh wawancara tentang kesehatan ini disajikan dalam bentuk teks yang rapi dan bagus. Usahakan pertanyaan pertanyaan yang dibuat juga berlandaskan dengan tema kesehatan dan tidak keluar jalur dari temanya.

Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan Terlengkap
Teks Wawancara

Pengertian teks wawancara secara singkat ialah kegiatan wawancara antara narasumber dan pewawancara yang disajikan dalam bentuk teks. Selain itu adapula pengertian wawancara secara umum yaitu kegiatan yang berlangsung antara dua pihak yakni narasumber dengan pewawancara dalam bentuk tanya jawab untuk memperoleh pendapat, data ataupun keterangan terkait sesuatu hal. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh teks wawancara tentang kesehatan terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan Terlengkap

Setiap orang tentunya sudah pernah melewati sesi wawanara dalam hidupnya. Baik itu dalam bentuk formal ketika melamar kerja, mendaftar sekolah, namun juga dalam bentuk informal dalam percakapan ringan. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi-informasi spesifik tentang topik bahasan tertentu. Ada beberapa syarat dimana sebuah percakapan bisa dikategorikan menjadi wawancara. Misalnya saja harus ada narasumber dan pewawancara, topik bahasan, dan pertanyaan yang bersifat menggali informasi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa wawancara dilakukan oleh dua pihak yaitu narasumber dan pewawancara. Pengertian narasumber ialah orang yang memberikan pendapat atau jawaban terkait pertanyaan dari pewawancara. Narasumber tersebut dapat dinamakan dengan informan. Kemudian pengertian pewawancara ialah orang yang memberikan pertanyaan kepada narasumber. Biasanya para pewawancara tidak sembarangan dalam memilih narasumber. Hal ini dikarenakan harus memiliki kompetensi yang baik terkait tema yang diusung dalam wawancara tersebut.

Baca juga : Contoh Kritik Sastra Beserta Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Pendekatannya

Seorang narasumber biasanya dapat berupa orang yang ahli dalam bidang tertentu sehingga memiliki hubungan dengan data yang ingin kita peroleh. Untuk itulah penting sekali untuk memilih narasumber yang tepat. Apakah anda tahu bagaimana bentuk contoh wawancara tentang kesehatan itu? Setelah menjelaskan tentang pengertian teks wawancara di atas, selanjutnya saya akan membagikan contoh teks wawancara tentang kesehatan. Berikut contohnya yaitu:

Contoh Teks Wawancara Singkat Tentang Kesehatan

Wawancara tidak harus berbentuk formal seperti ketika kita ingin melamar pekerjaan. Namun, percakapan ini bisa terjadi dalam konteks ringan dan santai seperti menanyakan hal-hal umum. Dalam dunia medis misalnya, seorang pasien bertanya hal-hal yang tidak dia ketahui tentang cara menjaga kesehatan. Hal ini sudah termasuk contoh wawancara tentang kesehatan. Nah dalam sesi pertama saya akan memberikan percakapan singkat antara dokter dan pasien. Contoh teks wawancara tentang kesehatan ini dilakukan oleh dokter dengan pewawancara terkait banyak mengkonsumsi air putih untuk kesehatan. Berikut contoh wawancaranya yaitu:

Pewawancara: Selamat pagi, Dok!
Dokter : Selama pagi, ada yang dapat saya bantu?

Pewawancara : Saya disini ingin bertanya tentang manfaat atau fungsi apa yang terdapat dalam mengkonsumsi air putih bagi kesehatan, dok?
Dokter : Baik, dalam tubuh kita memang terdapat peredaran darah yang dibantu oleh cairan yang banyak. Cairan yang baik untuk tubuh ini salah satunya ialah air mineral. Air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita seperti meningkatkan energi, menurunkan berat badan, mempercerah kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan haus atau dehidrasi, mengontrol kalori, menjaga fungsi ginjal dan memperhalus kulit. Pada dasarnya mengkonsumsi air putih dengan rutin ini masih memiliki berbagai manfaat lainnya.

Pewawancara : Lantas bagaimana jika tubuh kekurangan air putih atau cairan?
Dokter : Tubuh kita memang membutuhkan banyak asupan air putih. Jika cairan dalam tubuh tersebut kurang, maka tubuh juga akan mengalami beberapa dampak yang dirasakan. Dampak ini dapat berupa fungsi ginjal terganggu, berhalusinasi, kulit kusam, tenggorokan kering, konsentrasi berkurang sehingga dapat mengantuk dengan mudah dan lain lain.

Pewawancara: Tubuh kita membutuhkan berapa takaran air mineral, Dok?
Dokter : Kita dapat minum ketika sedang merasa haus sesuai dengan saran IMMDA (International Marathon Medical Directors Association). Usahakan air mineral dikonsumsi dalam takaran yang pas sehingga tidak kekurangan maupun tidak kelebihan. Konsumsi air mineral yang saya sarankan kurang lebih 0,03 liter per berat tubuh anda. Mungkin kita sering mendengar bahwa dalam sehari harus mengkonsumsi 2 liter air minum. Namun sebenarnya yang dikomsumsi adalah semua cairan sehingga tidak hanya berupa air minum saja. Misalnya cairan dari buah buahan, susu, maupun sayur yang berkuah.

Baca juga : Contoh Majas Pertautan Beserta Pengertian dan Jenisnya

Pewawancara : Apakah minum air mineral membutuhkan waktu yang baik?
Dokter : Minum air mineral dapat dilakukan ketika sedang haus. Namun adapula beberapa waktu tertentu yang baik untuk meminum air seperti sebelum tidur, setelah bangun tidur, sesudah dan sebelum makan.

Pewawancara : Apakah saran dokter terkait air mineral bagi kesehatan tubuh masyarakat luas?
Dokter : Konsumsi air mineral dalam waktu yang tepat dan dalam takaran yang cukup. Hal in dikarenakan kesehatan tubuh kita dapat dipengaruhi oleh kurang atau lebihnya asupan air minum.

Pewawancara : Baiklah Dok, Terima kasih atas waktu yang diberikan dan informasi yang disampaikan. Tentunya informasi ini dapat bermanfaat untuk saya dan semua masyarakat di luar sana.
Dokter : Iya, sama sama. Semoga penjelasan dari saja tadi dapat menginspirasi semuanya agar dapat menerapkan kebiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari hari.

Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan

Selanjutnya saya akan membagikan contoh wawancara tentang kesehatan. Tema kesehatan yang dimaksud disini berhubungan dengan donor darah. Adapun contoh teksnya yaitu sebagai berikut:

Pewawancara : Selamat siang, Dokter.
Dokter : Selama siang, ada yang dapat saya bantu?

Pewancara : Pertanyaan pertama yaitu apa yang dimaksud donor darah jika ditinjau dari segi istilah dan bahasa, Dok?
Dokter : Donor darah ialah sebuah kegiatan seseorang dalam melakukan penyumbangan darah secara sosial. Darah ini nanti akan digunakan untuk pasien yang membutuhkan darah tambahan alam proses pengobatan seperti operasi dan sebagainya.

Pewawancara : Siapa saja yang dapat melakukan donor darah itu, Dok?
Dokter : Donor darah dapat dilakukan oleh siapa saja, namun dengan catatan orang tersebut sesuai dengan syarat pendonor yang baik.

Baca juga : Jenis Jenis Pola Pengembangan Paragraf dan Contohnya

Pewawancara : Apakah mendonorkan darah membutuhkan syarat khusus, Dok? Lalu apa saja syarat syaratnya?
Dokter : Calon pendonor harus memenuhi beberapa syarat yang tidak membuat calon pendonor merasa terbebani. Hal terpenting yang perlu dipersiapkan ialah kesehatan rohani dan jasmani dari calon pendonor itu sendiri. Disisi lain ada syarat khusus lainnya seperti usianya harus 17 tahun ke atas, tidak mempunyai riwayat sakit, minimal kadar hemoglobin yang dimiliki sekitar 12,5 g/dl, tekanan darah sistolik diastolic sekitar 100 – 180 mm Hg dan 50 – 100 mm Hg, tidak mengidap atau sedang mengalami penyakit mematikan, berat badan yang dimiliki ideal serta bagi wanita tidak sedang mengalami menstruasi.

Pewawancara : Bagaimana prosedur yang harus dilalui oleh calon pendonor darah itu, Dok?
Dokter : Para pendonor darah tidak sulit untuk melalui prosedur yang ada. Pertama para petugas donor darah akan memeriksa darah pada calon pendonor terlebih dahulu. Kemudian formulir donor darah diperiksa untuk mengetahui apakah calon pendonor sesuai dengan syarat khusus yang telah saya jelaskan tadi. Setelah itu kadar Hb pendonor diperiksa setelah semua prosedurnya selesai. Caranya yaitu cukup sampel darah pendonor yang diambil. Setelah selesai, lalu dilakukan pengambilan darah dari pendonor tadi.

Pewawancara : Aoakah melakukan donor darah secara terus menerus dapat menyebabkan habisnya darah pendonor, Dok?
Dokter : Tentu saja tidak, karena tubuh akan melakukan pembaruan sel darah kembali setelah prosesi donor darah dilakukan. Untuk itu tidak mungkin jika darah akan habis lama kelamaan setelah melakukan donor darah.

Pewawancara : Mungkin itu saja yang dapat saya tanyakan, Dokter. Terima kasih atas waktu yang diberikan. Selamat siang.
Dokter : Iya sama sama. Semoga bermanfaat dan selamat siang juga.

Demikianlah contoh teks wawancara tentang kesehatan terlengkap yang dapat saya bagikan. Teks wawancara dapat diartikan sebagai teks yang isinya tentang kegiatan wawancara atau reportase antara narasumber dengan pewawancara dalam bentuk percakapan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima telah membaca contoh teks wawancara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *