Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap – Dalam ilmu Matematika pasti kita sering mendengar tentang istilah garis, bidang, titik dan ruang. Apa yang dimaksud titik itu? Apa pengertian garis? Apa pengertian bidang? Apa pengertian ruang? Bagaimana contoh titik itu? Bagaimana contoh garis itu? Bagaimana contoh bidang itu? Bagaimana contoh ruang itu? Istilah istilah titik, garis, bidang dan ruang ini merupakan materi dasar sebelum mempelajari tentang ilmu Matematika yang lebih lanjut. Hal ini dikarenakan istilah istilah ini sering berhubungan dengan beberapa konsep materi Matematika.

Konsep titik, garis, bidang dan ruang pada dasarnya berhubungkan dengan materi ruang tiga dimensi. Beberapa istilah Matematika ini pastinya saling berhubungan karena awalnya berasal dari titik, kemudian garis, lalu bidang dan yang terakhir berupa ruang. Untuk itu pembahasan tentang ruang dipelajari setelah memahami tentang konsep titik, garis, dan bidang terlebih dahulu. Untuk itulah dalam materi Matematika terdapat pembahasan mengenai pengertian titik, pengertian garis, pengertian bidang, pengertian ruang, contoh titik, contoh garis, contoh bidang dan contoh ruang. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa materi ruang tiga dimensi memang tidap dapat dipisahkan dari konsep bidang, garis dan juga titik. Beberapa hal ini tentunya saling berhubungan dan bahkan saling berurutan. Untuk itu anda harus memahami konsep titik sebelum mempelajari tentang konsep garis. Anda harus memahami konsep garis sebelum mempelajari bidang. Demikian pula dengan konsep bidang yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum mempelajari konsep ruang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian titik, pengertian garis, pengertian bidang, pengertian ruang, contoh titik, contoh garis, contoh bidang dan contoh ruang terlengkap.

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Sebelum mempelajari tentang konsep ruang tiga dimensi, anda harus memahami konsep dasar yang tidak kalah penting yaitu tentang titik. Untuk itu materi titik ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap pembahasan garis, bidang, dan ruang. Materi titik, garis, bidang dan ruang dalam bidang geometri merupakan salah satu konsep dasar dalam mempelajari materi Matematika lainnya. Untuk itu istilah istilah ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami.

Baca juga : Cara Membandingkan Pecahan SMP Beserta Contoh Soal

Dalam materi bangun ruang dan bangun datar tentunya terdapat konsep dasar seperti titik, garis, bidang dan ruang. Konsep ini ini tentunya saling berhubungan satu sama lain untuk nantinya dapat disebut sebagai bangun datar dan bangun ruang. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian titik, pengertian garis, pengertian bidang, pengertian ruang, contoh titik, contoh garis, contoh bidang dan contoh ruang yaitu sebagai berikut:

Titik

Titik secara umum dapat diartikan sebagai simbol berupa lingkaran berwarna yang kecil untuk mewakili sebuah kondisi tertentu (Oxford Dictionary). Selain itu titik juga dapat didefinisikan sebagai sebuah metode penulisan atau tipografi yang secara khusus tidak dapat didefinisikan. Di bawah ini terdapat definisi titik berdasarkan bidang ilmu tertentu yaitu meliputi:

  • Titik dalam ilmu bahasa ialah simbol dalam konteks penulisan yang mewakili kondisi tertentu. Adapun contoh titik seperti kalimat yang diakhiri dengan tanda titik, pembuatan pertanyaan lisan menggunakan tanda titik tiga, penulisan teriakan mengunakan tanda titik titik dan sebagainya.
  • Pengertian titik dalam ilmu Matematika ialah unsur yang tidak memiliki lebar, tinggi dan panjang untuk mewakili sebuah lokasi. Dalam ilmu Matematika ini terdapat simbol titik yang berupa tanda dot (titik).
  • Titik dalam ilmu seni musik ialah sebuah tanda yang berguna dalam ketukan nada untuk menambahkan panjang.

Titik Koordinat Kartesius
Setelah memahami tentang definisi titik, selanjutnya saya akan membagikan contoh titik dalam koordinat kartesius. Titik dalam ilmu geometri dapat disimbolkan dengan huruf seperti titik B, titik A, dan sebagainya. Titik ini dapat diidentifikasi dengan mudah melalui koordinat kartesius tersebut. Untuk itulah didalam titik terdapat keterangan seperti A(x, y), dimana y memiliki posisi di sumbu y dan x memiliki posisi di sumbu x. Sumbu y ini dapat dinamakan dengan absis dan sumbu x dapat dinamakan dengan koordinat. Di bawah ini terdapat contoh dari titik dalam koordinat kartesius yaitu sebagai berikut:

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Baca juga : Rumus dan Cara Menghitung Jangkauan (Range) Beserta Contoh Soal

Dalam contoh titik di koordinat kartesius di atas dapat anda lihat bahwa di sumbu x (koordinat) terdapat posisi 1, dan di sumbu y (absis) terdapat posisi 2, sehingga dapat membentuk titik A(1, 2). Kemudian adapula titik B(3, 3) yang terbentuk dari posisi 3 pada sumbu x dan posisi 3 pada sumbu y. Dari contoh ini tentunya anda telah memahami pengertian titik tersebut.

Garis

Pengertian garis dalam bidang geometri ialah hubungan antara himpunan titik titik secara melengkung atau berjejer lurus (kontinu) sehingga memiliki satu titik awal dan satu titik akhir saja. Pada umumnya garis dapat diberikan nama menggunakan 2 huruf yang dapat menyatakan titik akhir dan titik awalnya. Contohnya garis AB. Adapun gambar dari contoh garis AB dalam koordinat kartesius yaitu:

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa pengertian titik ini tentunya berkaitan dengan adanya garis. Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa garis lurus dibentuk dari titik A dan titik B pada koordinat kartesius sehingga dapat menghasilkan garis AB. Dengan menggunakan rumus jarak tersebut, kita dapat mengukur garis secara langsung karena memiliki unsur dimensi panjang. Hal ini dikarenakan pembentukan garis tersebut menghasilkan garis lurus. Untuk itu penghitungannya dapat menggunakan rumus euclidean ruang dimensi 2 (R²) yaitu:

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Keterangan:
d = Panjang atau jarak pada garis lurus
x1 dan x2 = posisi setiap titik dalam koordinat
y1 dan y2 = posisi setiap titik dalam absis

Bidang

Setelah menjelaskan tentang pengertian titik, contoh titik, pengertian garis dan contoh garis di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian dan contoh bidang. Pengertian bidang ialah permukaan datar yang dapat diukur lebar dan panjangnya karena memiliki bentuk berupa dua dimensi. Hubungan garis garis yang diperluas hingga membentuk satu permukaan datar ini dapat dinamakan dengan bidang. Adapun contoh gambar bidang yaitu:

Baca juga : Rumus Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan Lengkap

Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Unsur unsur yang dimiliki oleh bidang datar pada umumnya lebih kompleks dibandingkan titik dan garis, karena disesuaian dengan bentuk bidangnya. Secara umum bidang memiliki beberapa bentuk seperti:

  • Persegi
  • Jajar genjang
  • Layang layang
  • Lingkaran
  • Segitiga
  • Trapesium
  • Persegi panjang
  • Belah Ketupat

Ruang

Setelah menjelaskan tentang pengertian titik, contoh titik, pengertian garis, contoh garis, pengertian bidang dan contoh bidang di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian ruang dan contohnya. Ruang dalam konsep Matematika kuno dapat dartikan sebagai bentuk dengan unsur panjang, tinggi dan lebar yang membentuk bangun 3 dimensi. Dalam ilmu Matematika terdapat sebuah aksioma dalam konsep ruang, seperti halnya dalam bidang, garis dan titik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian sekitar 300 sebelum Masehi oleh Matematikawan Mesir bernama Euklides. Dalam bidang geometri tersebut terdapat contoh populer ruang sebagai bukti peradaban mesir kuno yang berbentuk bangun piramida. Untuk itu dalam ruang euclidean terdapat beberapa contoh ruang di dalamnya.

Unsur unsur yang termuat dalam bangun disesuaikan dengan bentuknya sehingga tergolong lebih kompleks dibandingkan bangun datar. Secara umum terdapat beberapa bangun ruang yang memiliki bentuk bentuk seperti:

  • Balok
  • Kerucut
  • Limas segi empat
  • Prisma
  • Kubus
  • Bola
  • Prisma segitiga
  • Tabung

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian titik, pengertian garis, pengertian bidang, pengertian ruang, contoh titik, contoh garis, contoh bidang dan contoh ruang terlengkap. Konsep titik, garis, bidang dan ruang dalam ilmu Matematika ini pada dasarnya saling berhubungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *