Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soalnya – Pengertian perbandingan secara umum ialah selisih pada pola dua hal yang sama. Selain itu adapula yang menjelaskan tentang arti perbandingan yaitu selisih atau perbedaan dalam persamaan pola tertentu antara dua hal atau lebih. Dengan kata lain perbandingan ini secara singkat diartikan sebagai hal yang berbeda namun polanya sama. Perbandingan dalam Matematika pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal perbandingan berbalik nilai itu? Materi perbandingan berbalik nilai ini sebenarnya merupakan salah satu materi yang dikeluarkan dalam soal soal ujian, baik ujian Nasional maupun ujian Sekolah.

Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai pada umumnya memiliki perbedaan di dalamnya. Perbedaan ini dapat terlihat dari cara menghitung perbandingan berbalik nilai dan pengertian perbandingan berbalik nilai yang tidak sama dengan perbandingan senilai. Dalam perbandingan senilai terdapat ketentuan yang berupa jika sebuah kejadian memiliki penambahan variabel, maka akan bertambah pula yang lainnya sehingga peristiwanya berlangsung sejajar. Sedangkan dalam perbandingan berbalik nilai jika terjadi penambahan variabel, maka akan berkurang yang lainnya sehingga peristiwanya berlangsung kebalikannya. Kemudian untuk menyelesaikan contoh soal perbandingan berbalik nilai biasanya menggunakan rumus perbandingan berbalik nilai yang tersedia.

Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soal
Ilustrasi Perbandingan Berbalik Nilai

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus perbandingan berbalik nilai dapat dipahami dengan mudah. Rumus tersebut bentuknya hampir sama dengan rumus perbandingan senilai, namun polanya saja yang berbeda. Ketika di bangku sekolah pastinya telah diajarkan mengenai materi perbandingan berbalik nilai bersamaan dengan perbandingan senilai. Pembahasan tentang perbandingan ini berisi tetang cara menghitung perbandingan, rumus rumus perbandingan maupun contoh soal perbandingan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung perbandingan berbalik nilai beserta contoh soal perbandingan berbalik nilai. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soalnya

Pengertian perbandingan berbalik nilai ialah perbandingan yang terjadi pada dua besaran atau lebih, dimana apabila terdapat pertambahan sebuah variabel maka nilai variabel lainnya akan menurun atau berkurang. Kita dapat melihat penerapan perbandingan berbalik nilai dalam bentuk sebuah contoh peristiwa seperti banyaknya hewan dengan waktu yang diperlukan untuk menghabiskan makanan, banyak pekerja dengan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan masih banyak lagi. Cara mencari perbandingan berbalik nilai dapat dilakukan menggunakan rumus yang tersedia. Adapun rumus perbandingan berbalik nilai yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soal

Baca juga : Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Rumus perbandingan berbalik nilai di atas dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh soal perbandingan berbalik nilai yang tersedia. Cara menghitung perbandingan berbalik nilai ini memang sedikit berbeda dengan cara menghitung perbandingan senilai. Namun pengerjaannya tetap mudah dilakukan. Perbandingan berbalik nilai memang dapat dicari menggunakan rumus di atas, namun masih ada lagi cara lain menghitung perbandingan berbalik nilai dengan langkah langkah di bawah ini:

Jika a = x
Maka b = (a/b) . x

Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai

Setelah menjelaskan tentang pengertian perbandingan berbalik nilai, rumus perbandingan berbalik nilai dan cara mencari perbandingan berbalik nilai di atas. Kemudian saya akan membagikan contoh soal terkait perbandingan tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Sebuah gedung perkantoran akan diselesaikan oleh 140 buruh dalam waktu 12 bulan menurut perkiraan seorang arsitek. Gedung ini harus selesai dalam waktu 8 bulan sesuai keinginan arsitek. Jadi berapa banyak tambahan buruh yang dibutuhkan?

Pembahasan.
Bertambahkan buruh dalam pengurangan waktu ini menandakan bahwa jenis perbandingan ini termasuk berbalik ini. Maka:
140 pekerja → 12 bulan
x pekerja → 8 bulan

Kemudian nilai x pekerja di atas dapat dicari menggunakan rumus perbandingan berbalik nilai yang tersedia. Adapun caranya yaitu:

Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soal

Jumlah pekerja tambahan = 210 – 140 = 70 orang.
Jadi jumlah pekerja yang perlu ditambahkan untuk menyelesaikan gedung selama 8 bulan ialah 70 orang.

Baca juga : Contoh Soal Persamaan Linear Dua Variabel Bentuk Pecahan Lengkap

2. Selama 8 hari seorang peternak menyediakan pakan untuk ayamnya yang berjumlah 60 ekor. Apabila peternak tersebut membeli ayam lagi sejumlah 20 ekor, maka persediaan pakannya dalam beberapa hari akan habis. Hitunglah jumlah hari ketika habisnya persediaan tersebut?

Pembahasan.
Cara menghitung perbandingan berbalik nilai tersebut dapat dilakukan menggunakan rumus perbandingan berbalik nilai yang tersedia. Untuk itu contoh soal perbandingan berbalik nilai ini dapat diselesaikan menggunakan langkah langkah di bawah ini:
8 hari → 60 ekor
x hari → 60 + 20 = 80 ekor

Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soal

Jadi 80 ekor ayam akan menghabiskan persediaan pakan selama 6 hari

Agar anda lebih memahami materi perbandingan berbalik nilai ini, maka saya akan membagikan beberapa latihan soal perbandingan berbalik nilai yang dapat anda kerjakan sendiri. Adapun soal soal latihannya yaitu sebagai berikut:

1. Pada tanggal 1 januari 2010 merupakan awal dimulainya proyek bangunan dengan pekerja 28 orang. Kemudian pada tanggal 10 april 2010 harus selesai dalam waktu 100 hari, namun selama 20 hari proyek berhenti karena sesuatu hal meskipun telah berjalan 5 hari. Berapakah pekerja tambahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bangunan tepat pada tanggal 10 april 2010?

2. Selama 100 hari, makanan 1 karung konsentrat berhasil dihabiskan oleh seekor ayam. Kemudian 1 karung makanan konsentrat dapat dihabiskan oleh seekor angsa selama 25 hari. Apabila seekor angka di tambah seekor ayam, maka berapa harikah mereka dapat menghabiskan 1 karung konsentrat?

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung perbandingan berbalik nilai beserta contoh soal perbandingan berbalik nilai. Pengertian perbandingan berbalik nilai ialah perbandingan yang terjadi pada dua besaran atau lebih, dimana apabila terdapat pertambahan sebuah variabel maka nilai variabel lainnya akan menurun atau berkurang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perbandingan berbalik nilai di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *