Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Diposting pada

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya – Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa diajarkan mengenai materi Matematika. Ilmu Matematika ini terkadang dianggap sebagian siswa sebagai pelajaran yang menyulitkan dan menyusahkan. Hal ini dikarenakan menggunakan berbagai rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang tersedia. Namun sebenarnya matematika ini dapat dipelajari dengan mudah menggunakan beberapa trik yang terdapat di dalamnya. Salah satunya ialah trik cara menghitung cepat perkalian Matematika. Dalam contoh hitung cepat perkalian Matematika ini terdapat berbagai trik yang memudahkan anda untuk menyelesaikan berbagai bentuk perkalian yang ada. 

Dalam matematika pasti kita sering melihat berbagai bentuk angka yang sederhana hingga rumit. Kemudian untuk pengerjaannyapun juga ada yang panjang, sederhana ataupun rumit sekalipun. Tetapi kondisi ini akan berbeda apabila kita memahami trik yang tersedia. Misalnya saja trik hitung cepat perkalian Matematika ini. Trik ini nantinya dapat anda terapkan dalam contoh hitung cepat perkalian Matematika tersebut. Dengan trik ini diharapkan anda dapat dengan mudah melakukan operasi perkalian Matematika dengan berbagai digit. Untuk itulah pelajaran Matematika tersebut dapat diubah menjadi lebih asik dan tentunya mudah. 

Operasi perkalian merupakan materi Matematika dasar yang dipelajari oleh para siswa itu selain operasi pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Operasi ini memang dapat dengan mudah dilakukan, namun jika anda memahami cara menghitung perkalian Matematika dengan cepat tentunya akan lebih mudah lagi. Lalu bagaimana trik hitung perkalian Matematika cepat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang trik hitung cepat perkalian Matematika beserta contoh soal hitung cepat perkalian Matematika.

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Pada umumnya pengurangan, perkalian, penambahan dan pembagian sebuah bilangan dikerjakan dengan enak menggunakan kalkulator bagi sebagian orang. Hal ini karena dengan kalkulator diharapkan pengerjaan sebuah bilangan dapat dilakukan dengan praktis, akurat dan cepat. Lalu bagaimana jika pengerjaannya tidak boleh menggunakan kalkulator? Jika hal ini terjadi maka anda harus mengerjakannya secara manual. Untuk itu ada banyak sekali cara menghitung cepat perkalian Matematika dengan berbagai contoh menghitung perkalian Matematika dengan cepat yang tersedia.

Baca juga : Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Beserta Contoh Soalnya

Ketika kita di bangku Sekolah Dasar (SD) tentunya kita telah mengenal tentang trik hitung cepat perkalian Matematika menggunakan bantuan tangan. Trik hitung perkalian Matematika cepat ini memudahkan anak untuk mengalikan angka angka yang berupa angka 6, 7, 8, dan 9. Selain trik ini sebenarnya masih adapula cara menghitung perkalian dengan cepat lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perkalian 6, 7, 8, 9 Dengan Jari Tangan

Cara menghitung cepat perkalian Matematika yang pertama membahas tentang perkalian 6, 7, 8, dan 9 menggunakan jari tangan. Cara ini pada dasarnya banyak digunakan oleh semua orang karena dianggap sebagai cara yang paling terkenal. Trik cepat hitung perkalian Matematka ini dianggap paling akurat dan telah diajarkan ketika di bangku Sekolah Dasar. Adapun caranya yaitu menggunakan nomor imajinatif sebagai tanda pada masing masing jari di kedua telapak tangan. Nomor yang digunakan berawal dari angka 6 di awali dengan jari manis hingga angka 10 yang terletak di ibu jari. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Trik hitung cepat perkalian Matematika ini dapat diterapkan dengan berdasar pada permisalan jari tangan seperti di atas. Agar anda lebih paham mengenai cara menghitung cepat perkalian Matematika tersebut perhatikan contoh yang akan saya bagikan ini. Adapun contoh soal cepat hitung perkalian Matematika tersebut yaitu perkalian antara 8 x 9. Adapun caranya yaitu:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Berdasarkan gambar di atas dapat kita ketahui bahwa jari yang menunjukkan angka 8 menempel dengan jari yang menunjukkan angka 9. Dari penyatuan dua jari ini terlihat bagian bawah pada jari yang dipertemukan dengan bagian atasnya. Bagian bawah termasuk kedua jari yang saling dipertemukan ini menyatakan adanya angka puluhan, sehingga nilainya berupa 70 = 7 jari. Inilah awal cara cepat menghitung perkalian Matematika. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Baca juga : Pengertian Titik, Garis, Bidang dan Ruang Terlengkap

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Trik hitung cepat perkalian Matematika selanjutnya ialah menemukan angka satuannya yang berasal dari perkalian sisa jari di bagian atas. Jari atas tersebut menunjukkan bilangan 2 dan 1 sehingga nilainya 2 x 1 = 2. Setelah itu gabungkan dengan angka pada bagian bawah yang ditemukan tadi. Untuk itu hasilnya menjadi 70 + 2 = 72.

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Dari cara menghitung cepat perkalian Matematika antara 8 dan 9 ini dapat diperoleh hasil berupa 72 (8 x 9 = 72).

Perkalian 9 Versi Pertama Cepat

Trik cepat hitung perkalian Matematika selanjutnya membahas tentang perkalian 9 versi pertama dengan cepat. Adapun caranya yaitu nilai angka yang menunjukkan puluhan pada umumnya akan semakin banyak, sedangkan nilai angka yang menunjukkan satuan akan semakin menurun. Selain itu yang perlu di catat yaitu penjumlahan antara angka puluhan dengan angka satuan nantinya harus sembilan. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Perkalian 9 Versi Kedua Cepat 

Trik hitung cepat perkalian Matematika selanjutnya membahas tentang perkalian 9 pada versi kedua. Jika cara pertama di atas dianggap sulit, maka anda dapat menerapkan cara kedua ini. Adapun caranya yaitu memberikan nomor dari angka 1 – 10 pada kedua tangan. Pemberian nomor ini diawali dengan tangan sebelah kiri. Agar anda lebih paham mengenai cara menghitung perkalian Matematika dengan cepat ini, maka saya akan memberikan contoh perkalian 4 x 9. Untuk itu jari pada nomor 4 tinggal ditekuk saja seperti gambar di bawah ini:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Baca juga : Contoh Soal Persamaan Linear Dua Variabel Bentuk Pecahan Lengkap

Pada gambar cara cepat menghitung perkalian Matematika di atas dapat dilihat bahwa jari yang terletak di sebelah kiri jari ditekuk menandakan nilai puluhan. Untuk itu pada bagian sebelah kiri jari ini terdapat nilai 30 = 3 jari. Kemudian untuk jari yang berada di sebelah kanan pada jari ditekuk menyatakan adanya satuan. Untuk itu satuannya menjadi 6. Untuk mengetahui hasil perkalian 4 x 9 ini tinggal menggabungkan puluhan dengan satuannya sehingga 30 + 6 = 36. Jadi hasil dari 4 x 9 ialah 36.

Perkalian 11 Dengan Angka Dua Digit

Trik hitung cepat perkalian Matematika selanjutnya membahas tentang perkalian 11 dengan angka dua digit. Adapun caranya yaitu pertama kedua angka dipisahkan terlebih dahulu sehingga nantinya angka pertama dijadikan ratusan dan angka kedua dijadikan satuan. Kemudian untuk mencari nilai puluhannya dapat ditentukan dengan mengjumlahkan kedua angka tadi. Setelah itu hasil keduanya tinggal digabungkan saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan di bawah ini:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

Jadi hasil perkalian dari 25 x 11 = 275.

Perkalian Dua Nilai Puluhan

Trik cepat hitung perkalian Matematika selanjutnya membahas tentang perkalian dua nilai puluhan. Jika nilai puluhannya semakin besar, maka cara mengalikannya akan semakin mudah. Cara tersebut dianggap paling efektif untuk jenis perkalian antara angka 90 sampai 99. Agar anda lebih paham mengenai cara ini ini, maka saya akan membagikan contoh soal hitung cepat perkalian Matematikanya. Kita akan coba mengalikan angka 98 dengan 95. Maka masing masing angkanya dikurangi dengan 100 sehingga 100 – 98 = 2 dan 100 – 95 = 5.

Hasuk pengurangan tadi kemudian ditambahkan, maka 2 + 5 = 7. Kemudian angka 100 dikurangkan dengan hasil penjumlahan tadi, maka 100 – 7 = 93. Angka 9 akan dijadikan sebagai nilai ribuan dan angka 3 dijadikan sebagai nilai ratusan.  Hasil pada kedua angka pertama tadi kemudian dikalikan, maka hasilnya akan menjadi 2 x 5 = 10. Angka 10 tersebut dijadikan sebagai nilai puluhan dan satuannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjabaran cara menghitung perkalian Matematika dengan cepat seperti di bawah ini:

Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan ContohnyaJadi hasil perkalian dari 98 x 95 ialah 9310.

Sekian penjelasan mengenai trik hitung cepat perkalian Matematika beserta contoh soal hitung cepat perkalian Matematika. Trik cepat hitung perkalian Matematika ini telah diajarkan ketika di bangku Sekolah Dasar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *