Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Beserta Contoh

Diposting pada

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Beserta Contoh – Operasi hitung Matematika pada umumnya dapat di bagi menjadi beberapa jenis seperti perkalian, pengurangan, pembagian dan penjumlahan. Salah satu operasi hitung yang tidak kalah penting untuk dipelajari ialah operasi hitung perkalian bersusun. Bagaimana cara menghitung perkalian bersusun panjang dan pendek? Perkalian bersusun panjang dan pendek dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan cara yang instan agar jawabannya dapat diperoleh. Bagaimana contoh soal perkalian bersusun itu? Ketika masih di bangku sekolah dasar tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi operasi hitung dasar tersebut. Materi ini perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari materi Matematika lainnya.

Cara perkalian bersusun dapat dilakukan dengan mudah, baik perkalian bersusun pendek maupun perkalian bersusun panjang. Cara menghitung perkalian bersusun ini dilakukan dengan cara bersusun ke bawah secara runut. Contoh soal perkalian bersusun dapat berbentuk ratusan, puluhan ataupun ribuan. Perkalian secara sederhana dapat diartikan sebagai penjumlahan berulang. Operasi hitung perkalian bersusun ini dapat berbentuk panjang ataupun pendek. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh perkalian bersusun ini? Operasi hitung perkalian pada dasarnya harus dipelajari karena termasuk materi dasar dalam Matematika. 

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Beserta Contoh
Perkalian Bersusun

Pada umumnya perkalian telah dipelajari ketika masuk ke kelas 3 SD. Meskipun termasuk dalam materi dasar, namun operasi perkalian bersusun ini sering dianggap sulit untuk beberapa orang. Sebelum mempelajari tentang materi perkalian bersusun ini, anda harus memahami materi penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu. Perkalian bilangan dapat diselesaikan dengan menggunakan beberapa sifat sifat di dalamnya. Lalu apa saja sifat sifat perkalian itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara perkalian bersusun panjang dan pendek beserta contoh soal perkalian bersusun. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Beserta Contoh

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai cara menghitung perkalian bersusun di atas, maka anda harus mengetahui sifat sifat perkalian secara umum. Sifat sifat perkalian Matematika ini dapat membantu anda menyelesaikan soal soal terkait materi perkalian tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa sifat sifat perkalian yaitu sebagai berikut:

  • Sifat Komutatif (Pertukaran) ialah sifat perkalian yang dilakukan dengan cara menukarkan posisi bilangan dengan bilangan lainnya. Meskipun tempatnya ditukar, namun hasil akhirnya tetap sama. Contohnya : 2 x 3 = 3 x 2 = 6.

Baca juga : Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan

  • Sifat Asosiatif (Pengelompokan) ialah sifat perkalian yang dilakukan dengan menggunakan posisi dimana saja, karena hasil akhirnya akan tetap sama. Contohnya (2 x 3) x 4 = 2 x (3 x 4) = 24.

Sifat sifat perkalian secara umum di atas perlu anda pelajari sebelum memahami lebih lanjut mengenai cara menghitung perkalian bersusun, baik pendek maupun panjang. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara perkalian bersusun panjang dan pendek beserta contoh soal perkalian bersusun panjang dan pendek. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perkalian Bersusun Pendek

Materi perkalian bersusun yang pertama saya jelaskan ialah perkalian bersusun pendek. Perkalian ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Hal ini dikarenakan bentuk perkalian tersebut sering digunakan oleh banyak orang. Lalu bagaimana cara melakukan perkalian bersusun pendek itu? Untuk lebih jelasnya perkalian contoh perkalian bersusun pendek di bawah ini:

1. Hitunglah perkalian antara 45 x 3?

Pembahasan.
  45
    3  x
135

Contoh perkalian bersusun pendek tersebut dapat dibentuk seperti di atas dengan menyusunnya ke bawah. Adapun penjelasan cara perkalian bersusun pendeknya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu menghitung perkalian antara 5 dan 3 terlebih dahulu. Maka 5 x 3 = 15.
  • Setelah itu menulis angka 5 saja dalam operasi tersebut. Angka 1 diletakkan pada perhitungan berikutnya untuk dijumlahkan.
  • Kemudian menghitung nilai perkalian 4 dan 3, dan jangan lupa ditambahkan dengan angka 1 tadi. Maka (4 x 3) + 1 = 13.
  • Angka 13 tadi diletakkan di depan angka 5. Jadi hasil perkalian dari 45 x 3 = 135.

2. Tentukan nilai perkalian dari 35 x 22?

Pembahasan.
  35
  22   x
770

Contoh soal perkalian bersusun pendek tersebut dapat dibentuk seperti di atas dengan menyusunnya ke bawah. Adapun penjelasan cara perkalian bersusun pendeknya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu mengalikan 35 dengan 2 sehingga 35 x 2 = 70.
  • Kemudian mengalikan lagi 35 dengan 20 sehingga 35 x 20 = 700
  • Kedua perkalian ini djumlahkan sehingga 70 + 700 = 770. Jadi perkalian dari 35 x 22 ialah 770.

Baca juga : Materi Hiperbola Matematika Beserta Rumus dan Contoh Soal

Perkalian Bersusun Panjang

Materi perkalian bersusun selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah perkalian bersusun panjang. Langkah langkah operasi hitung perkalian bersusun panjang pada umumnya dapat dilakukan dengan mudah, karena caranya hampir sama dengan perkalian bersusun pendek. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka perhatikan contoh perkalian bersusun panjang di bawah ini:

1. Tentukan hasil perkalian dari 45 x 3?

Pembahasan.
  45
    3   x
  15
120   +
135

Contoh perkalian bersusun panjang tersebut dapat dibentuk seperti di atas dengan menyusunnya ke bawah. Adapun penjelasan cara perkalian bersusun panjangnya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu mengalikan satuan dari 45 dengan angka 3. Maka hasilnya menjadi 5 x 3 = 15. Hasil ini ditulis secara langsung seperti di atas.
  • Setelah itu mengalikan puluhan dari 45 dengan angka 3. Maka hasilnya menjadi 40 x 3 = 120. Hasil ini ditulis secara langsung seperti di atas.
  • Kemudian kedua perkalian ini dijumlahkan hingga hasilnya menjadi 15 + 120 = 135.
  • Maka perkalian antara 45 x 3 = 135.

2. Tentukan nilai perkalian dari 35 x 2?

Pembahasan.
35
  2   x
10
60  +
70

Contoh soal perkalian bersusun panjang tersebut dapat dibentuk seperti di atas dengan menyusunnya ke bawah. Adapun penjelasan cara perkalian bersusun panjangnya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu mengalikan satuan dari 35 dengan angka 2. Maka hasilnya menjadi 5 x 2 = 10. Hasil ini ditulis secara langsung seperti di atas.
  • Setelah itu mengalikan puluhan dari 35 dengan angka 2. Maka hasilnya menjadi 30 x 2 = 60. Hasil ini ditulis secara langsung seperti di atas.
  • Kemudian kedua perkalian ini dijumlahkan hingga hasilnya menjadi 10 + 60 = 70.
  • Maka perkalian antara 35 x 2 = 70.

Demikianlah penjelasan mengenai cara perkalian bersusun panjang dan pendek beserta contoh soal perkalian bersusun. Perkalian bersusun ialah metode perkalian Matematika yang dilakukan dengan cara bersusun ke bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perkalian bersusun di atas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *