Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia

Diposting pada

Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia – Dalam sebuah perusahaan pasti kita sering mengenal tentang istilah surat teguran atau surat peringatan. Apa pengertian surat peringatan itu? Bagaimana ciri ciri surat peringatan? Surat peringatan pada dasarnya diberikan kepada seseorang atau karyawan yang melanggar peraturan atau melakukan kesalahan di sebuah perusahaan. Surat ini dikeluarkan dengan tujuan agar beberapa karyawan tersebut dibuat sadar akan perbuatan yang dilakukannya serta tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Untuk itulah surat teguran tersebut dibuat. Apakah anda tahu bagaimana bentuk contoh surat teguran Bahasa Indonesia itu? Jenis surat ini telah diajarkan ketika di bangku sekolah, baik pembahasan mengenai pengertian hingga ciri ciri yang terdapat di dalamnya.

Pengertian surat teguran adalah surat yang dikeluarkan untuk karyawan dari perusahaan atau badan usaha dikarenakan telah melanggar aturan dalam perusahaan yang berlaku. Surat ini dapat diminimalisir pengeluarannya dengan cara melakukan pemantauan melalui administrasi karyawan yang meliputi daftar cuti, hadir dan sebagainya. Dengan begitu setiap diri pribadi masing masing karyawan dapat menjaga kedisiplinannya sehingga surat teguran ini tidak perlu dikeluarkan untuknya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam contoh surat peringatan pada umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat seseorang tidak melakukan perbuatan yang merugikan lagi dan memberi tahu bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. 

Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia
Pembuatan Surat Peringatan

Pengeluaran surat teguran pada umumnya memiliki beberapa fungsi di dalamnya. Apa saja fungsi surat teguran itu? Fungsi surat peringatan itu dapat berupa untuk memberikan teguran, sebagai masa perbaikan, membantu karyawan dan memberikan upah. Inilah yang menjadi dasar pembuatan dan pemberian surat peringatan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh surat peringatan (teguran) Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia

Surat peringatan dapat diartikan sebagai jenis surat Bahasa Indonesia yang dikeluarkan untuk karyawan dari perusahaan atau badan usaha dikarenakan telah melanggar aturan dalam perusahaan yang berlaku. Pembuatan surat teguran tersebut tentunya tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan surat peringatan memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri surat peringatan tersebut dapat digunakan untuk membedakan surat ini dengan surat Bahasa Indonesia lainnya.

Baca juga : Unsur Intrinsik Drama dan Unsur Ekstrinsiknya Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tujuan dikeluarkannya surat teguran ini ialah untuk memberikan efek jera kepada seseorang dengan maksud agar perbuatannya tidak dilakukan lagi. Disi lain pembuatan contoh surat peringatan juga didasarkan pada ciri ciri yang tersedia di dalamnya. Dengan begitu contoh surat teguran tersebut dapat dibuat dengan baik dan benar. Di bawah ini terdapat beberapa ciri ciri surat teguran yaitu sebagai berikut:

  • Surat teguran ditulis menggunakan bahasa yang baku karena tergolong jenis surat formal.
  • Pembuatan surat peringatan ditulis secara jelas, singkat dan padat untuk diberikan kepada karawan yang berhubungan. Dengan begitu pelaksanaan penulisan surat ini kesannya tidak bertele tele.
  • Surat ini ditulis berdasarkan sistematika di dalamnya yaitu mengandung kepala surat, isi surat, nomor surat, tanggal pembuatan, penutup surat dan tanda tangan dari pihak terkait.
  • Surat harus ditulis dengan pengirim dan tujuan surat yang jelas sehingga pengirimnya tidak salah.

Contoh Surat Peringatan Untuk Pelanggaran Disiplin

Setelah memahami tentang pengertian surat peringatan dan ciri ciri surat peringatan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh surat teguran. Berikut contoh suratnya yaitu:

Surat Tagihan Kredit
Bahana Lestari
Jalan Graha Remaja No. 10, Telepon : 22761155
______________________________________________________________________
Surat Peringatan

Nomor : 55/I/22/2019

Surat peringatan ini diberikan kepada yang terhormat,
Nama : Rohman Saputra
Jabatan : Staff Marketing
Surat peringatan ini dikeluarkan berdasarkan bukti yang telah ditemukan karena pelanggaran disiplin dilakukan oleh saudara yang bersangkutan seperti:

  • Pelanggaran disiplin dikarenakan oleh masuk kerja terlambat sebanyak 5 kali lebih secara berturut turut dalam jangka waktu 3 minggu. 

Sesuai dengan peraturan perusahaan yang telah ditetapkan bahwasannya masing msing staff, pegawai dan karyawan dalam waktu kerja belum berakhir dilarang untuk meninggalkan lokasi kerja dan wajib tiba di lokasi kerja tepat waktu sesuai dengan ketentuan civitas dan karyawan pegawai perusahaan.

Surat peringatan ini dikeluarkan dengan tujuan seperti berikut:
Saudara yang berkaitan dengan surat peringatan ini diharapkan dalam disiplin dan melakukan tata tertib bekerja sesuai dengan peraturan perusahaan yang telah diatur sebagaimana mestinya.

Pemberian Sanksi:
Sehubungan dengan pelanggaran kedisiplinan terkait tindakan yang saudara tertera lakukan seperti di atas, maka sanksi peringatan akan diberikan berupa larangan fasilitas perusahaan untuk tidak digunakan seperti peralatan elektronik maupun kendaraan perusahaan.

Berlakukan sanksi dan larangan yang ditentukan ini mulai berlaku sejak surat ini diterbitkan pada tanggal 5 Agustus 2019 sampai 5 September 2019. 
Demikianlah surat peringatan ini dikeluarkan untuk dipatuhi sebagaimana kiranya. Apabila dalam surat peringatan ini terdapat kekeliruan dan kesalahan, maka peraturan yang berlaku akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Serang, 5 Agustus 2019

Baca juga : Cara Menyunting Beserta Pengertian dan Contoh Suntingan

Contoh Surat Peringatan Untuk Tindakan Kelalaian

Selain contoh surat teguran di atas, saya juga akan membagikan surat berbentuk peringatan lainnya. Dalam surat tersebut terdapat ketidaksengajaan perilaku yang dilakukan karena sebuah hal tidak dimengerti, namun dijadikan sebagai bukti pelanggaran atas kelalaian. Maka dari itu tupoksi kerja, prosedur dan sistematis perusahaan harus dipahami agar tidak merugikan perusahaan serta pelanggaran tidak terjadi lagi. Berikut bentuk contoh suratnya yaitu diantaranya:

Bukit Indah Pertiwi
Jln. Sukamaju Nomor 22 Kecamatan Malang Kabupaten Malang
________________________________________________________________________
Surat Teguran

Nomor : 023/TH/6446/2019

Surat teguran ini diterbitkan karena berhubungan dengan:
Nama    : Ibnu Sanjaya
Jabatan : Karyawan Administrasi Gudang PT. Bukit Indah Pertiwi
Berdasarkan aturan yang berlaku di perusahaan terkait kelalaian stok barang dalam gudang bahwasannya terdapat tindakan mengabaikan peraturan di gudang yang wajib. Maka dari itu teguran dan sanksi akan diterima oleh saudara yang bersangkutan dari perusahaan.

Surat ini diberikan dengan tujuan supaya kesalahan itu tidak diulangi lagi oleh saudara yang berkaitan, kedisiplinan kerja lebih ditingkatkan serta evaluasi dilakukan agar kepentingan bersama dapat dicapai untuk menunjang perusahaan PT. Bukit Indah Pertiwi. Saudara yang bersangkutan akan diberikan sanksi yang berbentuk:

Hak tunjangan transportasi saudara tidak dikeluarkan sampai ketentuan batas waktu tertentu yaitu sejak surat ini diterbitkan hingga tanggal 20 September 2019.

Demikianlah pembuatan surat ini agar dijadikan perhatian terhadap surat ini bahwa:
Masing masing karyawan PT. Bukit Indah Pertiwi hanya akan memperoleh teguran satu kali saja. Dan jika terjadi kesalahan dan pelanggaran lagi setelah itu, maka sanksi akan diberikan oleh perusahaan secara langsung seperti surat peringatan pertama atau SP I. Maka dari itu hal ini diharapkan dijadikan pelajaran supaya proses aktivitas kedepannya di perusahaan tidak ada hambatan yang dialami. Mohon maaf atas kekurangan yang terdapat di masa mendatang dan terima kasih atas perhatian yang saudara berikan.

Malang, 20 Oktober 2019
Bukit Indah Pertiwi    

Eka Setiawati MM.      
Manager HRD        

Demikianlah contoh surat peringatan (teguran) Bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan. Surat peringatan dapat diartikan sebagai jenis surat Bahasa Indonesia yang dikeluarkan untuk karyawan dari perusahaan atau badan usaha dikarenakan telah melanggar aturan dalam perusahaan yang berlaku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *