Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Diposting pada

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap – Apa pengertian geometri bidang datar itu? Bagaimana bentuk materi tentang geometri bidang datar itu? Geometri bidang datar SMA ialah sebutan untuk berbagai jenis bangun dua dimensi. Pengertian bangun datar ialah bidang yang memiliki garis lengkung dan garis lurus yang membatasinya. Dalam geometri bidang datar tersebut terdapat pembahasan mengenai materi jarak, baik jarak titik menuju garis maupun jarak antara dua titik. Geometri ialah ilmu yang membahas tentang beberapa objek yang saling berhubungan seperti garis, sudut, titik dan bangun. Setiap jenis geometri bidang datar tersebut tentunya memiliki pembahasan yang berbeda beda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa geometri ialah salah satu cabang ilmu Matematika yang paling tua. Ilmu ini pada zaman dahulu banyak dipelajari oleh para ilmuan seperti Pythagoras, Euclid, dan Thales. Dalam ilmu geometri memang ada pengaruh dari ketiga tokoh tadi dan bahkan banyak ilmuan lainnya yang mengembangkan karyanya. Apakah anda tahu bagaimana bentuk materi geometri bidang datar itu? Cakupan yang dimiliki oleh ilmu geometri pada dasarnya cukup luas. Bahkan karena sangat luas maka pembahasannya cukup banyak. Maka dari itu kita hanya akan membahas materi tentang geometri bidang datar.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa objek yang dimiliki oleh geometri dapat berupa garis, sudut, titik dan bangun (ruang ataupun datar). Pengertian geometri bidang datar ialah nama atau istilah untuk berbagai jenis bangun dua dimensi atau bangun datar. Bangun datar tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam tergantung bentuknya. Setiap bentuk bangun datar memiliki rumus keliling dan luas yang berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang materi geometri bidang datar kelas 12 SMA lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Materi tentang geometri bidang datar pada umumnya menjelaskan tentang sebuah jarak, baik jarak antara titik dengan garis maupun antara dua titik. Materi ini juga menjelaskan tentang titik tengah yang terdapat diantara dua titik. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai geometri bidang datar kelas 12 kurikulum 2013 ini, tentunya anda harus memahami tentang pengertian geometri bidang datar terlebih dahulu. Dengan begitu anda dapat mengetahui gambaran mengenai materi tersebut.

Baca juga : Materi Irisan Kerucut (Lingkaran, Elips, Parabola dan Hiperbola)

Materi geometri bidang datar memang membahas tentang konsep garis, titik, sudut dan bangun, baik bangun datar ataupun bangun ruang. Setiap materi pembahasan dalam geometri ini memiliki penjelasan yang berbeda beda. Untuk itu anda harus memahami betul apa yang terdapat di dalamnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Sudut

Objek geometri bidang datar yang pertama ialah sudut. Dalam geometri, sudut dapat diartikan sebagai sebuah besaran rotasi dari satu titik pangkal dalam suatu ruas garis menuju posisi lainnya. Selain itu adapula pengertian sudut dalam bangun dua dimensi beraturan yaitu ruang yang terdapat pada perpotongan dua ruas garis lurus. Dalam lingkaran terdapat sudut yang total besarnya mencapai 360º. Sedangkan untuk bangun segi empat atau persegi juga memiliki susut yang besarnya 360º. Sudut ini dapat diukur menggunakan alat ukur berupa penggaris busur derajat. Di bawah ini terdapat jenis jenis sudut yaitu sebagai berikut:

Sudut Lancip
Macam sudut yang pertama ialah sudut lancip. Pengertian sudut lancip ialah sudut yang besarnya lebih besar dibandingkan 0º dan lebih kecil dibandingkan 90º (0º < a < 90º)

Sudut Siku Siku
Jenis sudut selanjutnya ialah sudut siku siku. Sudut siku siku ialah sudut yang memiliki besar 90º.

Sudut Tumpul
Macam sudut selanjutnya ialah sudut tumpul. Pengertian sudut tumpul ialah sudut yang memiliki besar lebih besar dibandingkan 90º dan lebih kecil dibandingkan 180º (90º < a < 180º). Sudut ini termasuk pembahasan dalam materi geometri bidang datar.

Sudut Lurus
Jenis sudut selanjutnya ialah sudut lurus. Sudut lurus ialah sudut yang memiliki besar 180º.

Sudut Lingkaran Penuh
Macam sudut selanjutnya ialah sudut lingkaran penuh. Pengertian sudut lingkaran penuh ialah sudut yang memiliki besar 360º.

Titik

Materi geometri bidang datar selanjutnya ialah titik. Pengertian titik ialah sebuah noktaf yang tidak memiliki panjang di dalamnya. Untuk itu bentuk paling sederhana dalam geometri ini dapat berupa titik tersebut. Hal ini dikarenakan pengunaan titik tidak hanya untuk menjelaskan sebuah posisi saja. Contohna titik A (• A).

Baca juga : Contoh Soal Peluang Beserta Pembahasan Terlengkap

Garis

Materi tentang geometri bidang datar selanjutnya membahas tentang garis. Pengertian garis ialah titik titik yang berkumpul secara tak terhingga memanjang menuju kedua arah. Sebuah garis akan diperoleh ketika dua buah titik saling dihubungkan. Berikut contoh gambar garis yaitu diantaranya:

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Bidang

Materi geometri bidang datar selanjutnya membahas tentang bidang. Bidang merupakan titik titik yang terkumpulkan dalam jumlah tak terhingga, maka permukaan rata melebar dapat terbentuk sampai tak terhingga menuju segala arah. Bidang pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis bidang memiliki bentuk yang berbeda beda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Persegi (Bujur Sangkar)
Jenis bidang yang pertama ialah persegi atau bujur sangkar. Apabila keempat sisi yang dimiliki oleh bangun itu panjangnya sama  dan sudut sudutnya berupa sudut siku siku, maka dapat dinamakan dengan bangun segi empat atau persegi. Berikut contoh gambarnya:

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Pada gambar di atas terdapat keterangan bahwa panjang AB = BC = CD = DA. Dalam materi geometri bidang datar ini memiliki sisi sisi yang sama panjang, maka rumus keliling persegi dan rumus luas perseginya dapat seperti di bawah ini:

K = AB + BC + CD + DA
K = 4s
L = s x s
L = s²

Persegi Panjang
Materi tentang geometri bidang datar selanjutnya ialah persegi panjang. Persegi panjang ialah bangun segi empat yang memiliki dua sisi berhadapan yang panjangnya sama serta sudut sudut di dalamnya berbentuk sudut siku siku. Berikut contoh gambarnya:

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Pada gambar di atas terdapat keterangan bahwa panjang AB = CD (panjang) dan AD = BC (lebar). Dalam materi geometri bidang datar ini memiliki dua sisi yang sama panjang, maka rumus keliling persegi panjang dan rumus luas persegi panjangnya dapat seperti di bawah ini:

K = 2p + 2l
K = 2(p + l)
L = p x l

Segitiga
Jenis bangun datar selanjutnya ialah segitiga. Segitiga ialah bangun datar yang memiliki sudut berjumlah 180º dan bentuknya berasal dari tiga titik yang saling dihubungkan sehingga garisnya tidak dalam satu bidang. Di bawah ini terdapat jenis jenis segitiga yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Tabel Kebenaran Konjungsi, Disjungsi, Implikasi, dan Biimplikasi

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Segitiga Sama Sisi
Jenis segitiga yang pertama ialah segitiga sama sisi. Segitiga ini memiliki ketiga sisi yang sama panjang. Adapun rumus keliling segitiga = 3s dan rumus luas segitiga = ½ x alas x tinggi.

Segitiga Sama Kaki
Jenis segitiga selanjutnya ialah segitiga sama kaki. Segitiga ini mempunyai dua sisi yang panjangnya sama dan dua sudut yang besarnya sama. Bangun ini termasuk materi geometri bidang datar.

Segitiga Siku Siku
Macam segitiga selanjutnya ialah segitiga siku siku. Segitiga ini memiliki salah satu sudut yang besarnya 90º.

Segitiga Sembarang
Macam segitiga selanjutnya ialah segitiga sembarang. Jenis segitiga ini memiiki ketiga sisi yang panjangnya tidak sama dan bahkan ketiga sudutnya memiliki besar yang tidak sama. Untuk itu rumus luas segitiga sembarang yang digunakan yaitu L = ½ x alas x tinggi.

Jajar Genjang
Jenis bangun datar selanjutnya ialah jajar genjang. Bangun ini termasuk dalam materi tentang geometri bidang datar. Jajar genjang ialah bangun yang mempunyai dua pasang sisi yang sejajar. Adapun gambar bangunnya yaitu:

Materi Geometri Bidang Datar Kelas 12 SMA Lengkap

Pada gambar di atas dapat kita ketahui bahwa panjang AB sejajar dengan panjang CD (AB // CD). Dalam materi geometri bidang datar ini memiliki dua sisi yang sama panjang dan sejajar, maka rumus keliling jajar genjang dan rumus luas jajar genjangnya dapat seperti di bawah ini:
K = 2(p + l)
L = alas x tinggi

Lingkaran
Materi tentang geometri bidang datar selanjutnya ialah bangun lingkaran. Lingkaran ialah bangun yang berupa semua titik saling terhimpun dengan titik tertentu, dimana jaraknya tetap. Lingkaran menggunakan rumus keliling dan luas yaitu K = 2πr dan L = πr².

Demikianlah penjelasan mengenai materi geometri bidang datar kelas 12 SMA lengkap. Dalam materi ini terdapat objek geometri yang berupa sudut, garis, titik dan bangun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *