Contoh Kalimat Generalisasi Beserta Penjelasan Lengkap

Diposting pada

Contoh Kalimat Generalisasi Beserta Penjelasan Lengkap – Apakah anda tahu apa pengertian kalimat generalisasi itu? Pengertian generalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah kesimpulan atau ide ide umum yang terbentuk dari sebuah peristiwa, apa dan berikutnya; suatu ide yang pembentukannya lebih sederhana dibandingkan kebenaran; gagasan yang dibentuk menjadi lebih kabur. Jenis kalimat Bahasa Indonesia ini tentunya memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik kalimat generalisasi tersebut dapat dijadikan pembeda dengan jenis kalimat lainnya. Selain itu ciri ciri kalimat generalisasi juga dapat digunakan untuk menemukan jenis kalimat ini dengan mudah.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Bahasa Indonesia terdapat kata dari waktu ke waktu dengan makna yang tidak selalu ada. Kemudian kata ini mengalami perubahan atau pergeseran makna seiring berkembangnya peradaban kehidupan dan berjalannya waktu. Hal inilah yang juga dialami oleh kalimat generalisasi. Bagaimana contoh kalimat generalisasi itu? Pengertian kalimat generalisasi ialah sekumpulan kalimat yang membahas tentang topik atau ide. Dalam paragraf generalisasi terdapat kalimat kalimat yang mempunyai koneksi atau menggambarkan kesatuan pikiran untuk membentuk sebuah topik atau ide. Selain itu generalisasi juga dapat diartikan sebagai esai yang memakai induksi pendekaran di dalamnya.

Contoh Kalimat Generalisasi Beserta Penjelasan Lengkap
Kalimat Generalisasi

Berdasarkan pengertian kalimat generalisasi di atas dapat kita simpulkan bahwa presentasi paragraf generalisasi dapat berbentuk penjelasan atau fakta dari sebuah kalimat awal. Generalisasi dapat dinamakan dengan perluasan. Perluasan makna atau makna generalisasi ialah kata semula (khusus) yang diperluas maknanya menjadi lebih umum. Untuk itu satu kata saja maknanya dapat diperluas menjadi kata kata lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh kalimat generalisasi beserta penjelasan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kalimat Generalisasi Beserta Penjelasan Lengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa generalisasi memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik kalimat paragraf generalisasi tersebut terdiri dari ide penjelas atau pemikiran penjelas yang digunakan untuk menunjukkan kalimat penjelasnya. Isi kalimat tersebut ialah kalimat kalimat topik yang dirinci. Isi setiap topik dalam paragraf hanya satu kalimat generalisasi saja dan beberapa kalimat penjelas. Kandungan masing masing kalimat penjelas tentunya tidak mengulangi penjelasan pemikiran lainnya dan sangat spesifik.

Baca juga : Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia

Ciri ciri kalimat generalisasi selanjutnya yaitu menggunakan kalimat topik di setiap paragrafnya dan yang lainnya menggunakan kalimat pengembang. Fungsi kalimat ini ialah untuk memaparkan penjelasan pikran utama di kalimat topiknya. Kalimat topik ini juga ditunjukkan oleh adanya gagasan utama (pemikiran utama) yang digunakan oleh paragraf generalisasi. Selain itu paragraf generalisasi memiliki posisi kalimat pertama yang terletak di lima ruang. Secara sederhana, pengertian kalimat generalisasi ialah makna yang awalnya khusus diperluas menjadi makna umum. Untuk itu generalisasi termasuk dalam jenis pergeseran makna. Di bawah ini terdapat contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

1. Ibu Endah ialah pemilik cafe Bintang tempat aku bekerja.
Pada awalnya kata ibu ini memiliki makna orang tua wanita yang telah melahirkan anaknya. Kemudian kata tersebut digeneralisasi hingga maknanya meluas menjadi sebutan bagi wanita yang dihormati atau lebih tua dibandingkan kita. 

2. Pak Sudirman ialah pemilik rumah yang aku sewa sekarang ini.
Pada awalnya kata Pak atau Bapak memiliki makna orang tua pria yang telah mencari nafkah dan dijadikan kepala keluarga. Tetapi setelah digeneralisasi, maknanyapun meluas menjadi sebutan untuk pria yang dihormati atau umurnya lebih tua dibandingkan kita.

3. Pak Sanjaya memiliki papan yang cukup luas.
Dalam contoh kalimat generalisasi di atas terdapat kata papan yang maknanya bukan sebenarnya. Hal ini dikarenakan papan ialah hasil dari makna generalisasi yang artinya rumah.

Baca juga : Unsur Intrinsik Drama dan Unsur Ekstrinsiknya Lengkap

4. Saudara akan saya beri hadiah karena saudara telah menolong saya. 
Pada awalnya kata saudara merupakan sebutan untuk keluarga atau kerabat. Tetapi kata ini telah digeneralisasi maknanya hingga terbentuk perluasan makna menjadi kata sapaan yang biasanya berguna untuk bercakapan setiap hari.

5. Endang ialah putri dari Pak Broto.
Pada awalnya kata putri berguna bagi sebutan anak perempuan dari seorang sultan atau raja. Tetapi setelah digeneralisasi, kemudian terjadi perluasan makna yang berupa sebutan bagi anak perempuan dari siapapun, baik anak orang biasa hingga anak raja sekalipun.

6. Rendi ialah putra dari seorang dokter.
Dalam contoh kalimat generalisasi di atas terdapat kata putra yang makna awalnya ialah sebutan anak laki laki dari seorang sultan atau raja. Namun kata tersebut sekarang ini dijadikan sebagai sebutan anak laki laki dari anak orang biasa maupun anak raja.

7. Benih cintah diantara kalian berdua telah terlihat sejak awal pertemuan.
Dalam kalimat di atas terdapat kata benih yang awalnya memiliki makna buah atau biji untuk disemaikan atau ditanam. Kemudian kata ini mengalami makna generalisasi yang semakin luas. Perluasan makna benih tersebut menjadi asal mula atau sebab dari suatu hal.

Sekian beberapa contoh kalimat generalisasi beserta penjelasan lengkap yang dapat saya bagikan. Pengertian kalimat generalisasi ialah sekumpulan kalimat yang membahas tentang topik atau ide. Generalisasi ini dapat disebut perluasan sehingga dapat memperluas makna yang awalnya khusus menjadi umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kalimat generalisasi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *