Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya

Diposting pada

Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya – Indonesia adalah negeri yang memiliki laut terbentang yang kaya dan luas. Selain itu adapula negara lainnya yaitu negara Singapura. Apakah anda tahu apa saja perbedaan negara Indonesia dan Singapura itu? Apa persamaan antara negara Indonesia dan Singapura itu? Negara Indonesia ialah negara kepulauan. Jika kekayaan alamnya diolah dengan maksimal, maka negara Indonesia ini dapat menggunakan peluang ekonomi maritim. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di kawasan Asia terdapat dua negara yang ekonominya kuat dan berhasil yaitu Tiongkok dan Jepang. Hal ini dikarenakan adanya konsep incorporated telah diimplementasikan. Bahkan potensi industri maritim dan kelautannya tidak diabaikan oleh kedua negara ini.

Indonesia sekarang ini memiliki status sebagai negara kepulauan. Untuk itu negara Indonesia belum dapat dinamakan dengan negara Maritim. Negara maritim sendiri dapat diartikan sebagai negara yang dapat mengelola dan menguasai laut dengan berbagai kekuatannya. Untuk itu sebuah negara yang disebut maritim tidak harus disebut sebagai negara kepulauan. Selain Indonesia, adapula negara Singapura yang memiliki ciri khasnya sendiri. Jika dibandingkan antara negara Indonesia dan negara Singapura tentunya memiliki persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Apakah anda tahu apa perbedaan negara Indonesia dan Singapura itu? Apa saja persamaan negara Indonesia dan Singapura itu?

Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya
Negara Indonesia dengan Negara Singapura

Pada dasarnya di dunia ini terdapat beberapa jenis negara dengan spesifikasinya sendiri sendiri. Seperti halnya Indonesia yang termasuk sebagai negara kepulauan. Namun negara Indonesia tidak termasuk negara kepulauan. Dari sini sudah terlihat perbedaan antara negara Indonesia dan Singapura. Selain perbedaan, adapula persamaan antara negara Indonesia dan Singapura itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang persamaan negara Indonesia dan Singapura beserta perbedaan negara Indonesia dan Singapura. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya

Status Indonesia pada dasarnya bukanlah negara maritim, meskipun termasuk dalam kategori negara kepulauan. Namun berbeda lagi negara Singapura yang termasuk dalam kategori negara Maritim meskipun bukanlah negara kepulauan. Negara ini dapat disebut sebagai negara maritim karena dapat memanfaatkan laut dan menguasai laut dengan berbagi keunggulannya, baik teknologi, SDM (Sumber Daya Manusia) dan sebagainya. Singapura memang berbentuk negara kecil, namun dapat dinamakan sebagai negara maritim karena posisinya strategis dan dapat memanfaatkan laut dalam perdagangan dunia melalui pelabuhan kelas utama yang dibangun.

Baca juga : Pengertian Politik Isolasi Beserta Dampaknya

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa Singapura dapat memanfaatkan potensi laut. Negara inipun memiliki pelabuhan dengan berbagai keunggulannya seperti kualitas pelayanan dan teknologinya yang canggih. Karena kedua faktor inilah yang membuat pelabuhan Singapura banyak disinggahi oleh hampir seluruh kapal yang melewati selat Malaka. Kita tahu bahwa negara Indonesia dan negara Singapura ialah dua negara yang berbeda. Maka dari itu banyak perbedaan yang tentunya terdapat didalam kedua negara tadi. Selain perbedaan tentu adapula persamaan yang terdapat antara negara Indonesia dan Singapura. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai persamaan negara Indonesia dan Singapura beserta perbedaan negara Indonesia dan Singapura. Berikut penjelasan selengkapnya:

Persamaan Antara Negara Indonesia dan Singapura

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah persamaan negara Indonesia dengan Singapura. Negara Indonesia dan negara Singapura memang memiliki beberapa persamaan seperti berikut ini:

  • Keduanya termasuk dalam kawasan Asia Tenggara atau letaknya ada di benua Asia.
  • Keduanya tergabung dalam organisasi ASEAN dan bahkan menjadi anggota di dalamnya.
  • Kedua negara termasuk dalam pendiri ASEAN.
  • Memiliki penduduk yang rumpunnya termasuk dalam kategori Melayu.
  • Bentuk negara Singapura dan Indonesia ialah Republik.
  • Singapura dan Indonesia pernah dikuasai oleh pemerintah kolonial.

Baca juga : Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap

Perbedaan Antara Negara Indonesia dan Singapura

Selain persamaan negara Indonesia dan Singapura di atas. Adapula perbedaan negara Indonesia dan Singapura. Negara Indonesia dan negara Singapura memiliki beberapa perbedaan diantaranya:

  • Negara Indonesia termasuk negara berkembang, sedangkan negara Singapura termasuk negara maju.
  • Negara Indonesia termasuk negara kepulauan, sedangkan negara Singapura tidak termasuk negara kepulauan.
  • Singapura termasuk negara kecil karena wilayahnya memiliki luas yang sangat terbatas. Sedangkan Indonesia termasuk negara luas.
  • Di Singapura terdapat agama yang mayoritas Buddha dan di Indonesia terdapat agama yang mayoritas Islam. 
  • Indonesia memiliki bahasa resmi satu saja yaitu Bahasa Indonesia. Sedangkan bahasa resmi Singapura terdiri dari bahasa Melayu, Tamil, Inggris dan Mandarin.
  • Kedudukan etnis Tionghoa di Indonesia pada dasarnya mayoritas. Sedangkan kedudukan etnis Tionghoa di Indonesia ialah minoritas.

Demikianlah penjelasan mengenai persamaan negara Indonesia dan Singapura beserta perbedaan negara Indonesia dan Singapura. Negara Indonesia dengan Singapura pada umumnya memiliki persamaan dan perbedaannya masing masing. Hal ini tentunya juga berlaku dengan negara negara lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *