Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif, Sifat dan Pengertiannya

Diposting pada

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif, Sifat dan Pengertiannya – Tidak semua orang mampu menjawab saat ditanya apa pengertian bilangan berpangkat negatif. Padahal kontekstualisasi materi tersebut sudah pasti kita jumpai hampir di semua jenjang sekolah. Mampu menyelesaikan latihan soal bilangan berpangkat negatif pun jadi parameter yang harus dicapai oleh siswa.

Dasar pembelajaran Matematika pada umumnya berupa pengurangan, penjumlahan, perkalian dan pembagian. Salah satu materi pembelajaran Matematika yang sering dibahas yaitu operasi perkalian yang dikembangkan menjadi bilangan berpangkat. Apa yang dimaksud bilangan berpangkat itu? Apa pengertian bilangan pangkat negatif itu?

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian
Sifat Bilangan Pangkat Negatif

Sebelum membahas tentang pengertian bilangan berpangkat negatif dan contoh soal bilangan berpangkat negatif tersebut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai bilangan berpangkat secara umum. Pengertian bilangan berpangkat secara umum ialah perkalian bilangan secara berulang.

Dimana pangkat dari bilangan tersebut dapat berupa bulat positif, bulat negatif ataupun nol. Penulisan bilangan berpangkat secara umum dapat berupa aⁿ = a x a x a x … x a. Dalam persamaan ini basis atau bilangan pokok ditunjukkan dalam huruf a dan eksponen atau pangkat ditunjukkan dengan huruf n.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif, Sifat dan Pengertiannya

Matematika masuk dalam jajaran mata pelajaran yang disegani oleh siswa hampir di semua jenjang. Pembahasan teori serta rumus pasti yang kompleks jadi alasan utama mengapa banyak yang minder saat guru matematika memasuki ruang kelas. Mampu mengerjakan contoh soal bilangan berpangkat negatif pun juga termasuk parameter kompetensi dasar yang wajib dikuasai.

Bilangan berpangkat merupakan perkalian bilangan secara berulang yang dilakukan sebanyak angka yang terdapat dalam pangkat bilangan tersebut. Untuk kategori bilangan pangkat negatif pada dasarnya hampir sama dengan perpangkatan secara umum. Namun yang membedakan disini adalah angka pangkat pada bilangan tersebut bertanda negatif.

Adapun contoh bilangan berpangkat negatif seperti 10‾¹ = 1 : 10 = 0,1; 10‾² = 1 : 10 : 10 = 0,01; dan sebagainya. Meski terkesan mudah tapi materi tersebut sebenarnya tidaklah sesederhana itu. Banyak siswa yang mengeluh sulit menghafalkan rumus serta sifat bilangan pangkat negatif. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal bilangan berpangkat negatif beserta rumus dan definisinya.

Pengertian Bilangan Berpangkat Negatif

Pengertian pangkat negatif adalah model pembagian bilangan secara berulang sebanyak pangkat negatif yang tertera pada bilangan tersebut. Hal ini berkebalikan pangkat positif yang merupakan perkalian bilangan secara berulang.

Mayoritas siswa gagal mengerjakan contoh soal bilangan berpangkat negatif karena kurang memahami konsep tersebut. Oleh karenanya simaklah perbedaan antara pangkat positif dan pangkat negatif yang terdiri dari:

  • Bilangan 10 pangkat negatif satu (-1) dan pangkat positif satu (1) yaitu 10‾¹ = 1 : 10 = 0,1 dan 10¹ = 1 x 10 = 10.
  • Bilangan 10 pangkat negatif dua (-2) dan pangkat positif dua (2) yaitu 10‾² = 1 : 10 : 10 = 0,01 dan 10² = 1 x 10 x 10 = 100.
  • Bilangan 10 pangkat negatif tiga (-3) dan pangkat positif tiga (3) yaitu 10‾³ = 1 : 10 : 10 : 10 = 0,001 dan 10³ = 1 x 10 x 10 x 10 = 1000.
  • dan seterusnya

Baca juga : Contoh Soal Persamaan Kubik Beserta Cara Menyelesaikannya

Perbedaan di atas terlihat dari contoh bilangan pangkat negatif dan contoh bilangan pangkat positifnya. Dari penjelasan tentang pengertian bilangan berpangkat negatif di atas tentunya anda mengetahui bagaimana bentuk contoh soal bilangan berpangkat negatif tersebut.

Sifat Bilangan Berpangkat Negatif

Secara umum bilangan berpangkat memang diartikan sebagai perkalian berulang yang berbentuk sederhana. Contohnya 3² = 3 x 3 = 9. Tetapi bagaimana jika contoh bilangan berpangkatnya berupa 3‾²? Untuk memahami lebih lanjut mengenai metode pengerjaan contoh bilangan berpangkat negatif tersebut, perhatikan sifat perpangkatan di bawah ini:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

Keterangan:
a = Bilangan real, dimana a ≠ 0
m, n = Bilangan bulat positif, dimana m > n

Bagaimana jika nilai m < n? Apabila hal ini terjadi maka terdapat bilangan bulat negatif yang dinyatakan dalam bentuk m – n. Perhatikan contoh bilangan pangkat negatif di bawah ini:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

Berdasarkan contoh 1 dan 2 tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian. Dari contoh bilangan berpangkat di atas dapat disimpulkan bahwa sifat bilangan pangkat negatif dapat seperti di bawah ini:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

Baca juga : Contoh Soal Pertidaksamaan Irasional dan Pembahasannya

Contoh Soal Bilangan Pangkat Negatif

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan berpangkat negatif dan sifat bilangan berpangkat negatif tersebut. Kemudian saya akan membagikan contoh soal bilangan berpangkat negatif itu. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu meliputi:

1. Tuliskan dalam bentuk pangkat positif!
a. 4‾²
b. (-6)‾³
c. a‾³

Jawab.
Cara menghitung bilangan berpangkat negatif pada soal tersebut dapat dilakukan dengan metode di bawah ini:
a. 4‾² = Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian
b. (-6)‾³ =Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian
c. a‾³ =Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

2. Tuliskan dalam bentuk pangkat negatif!
a. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian
b. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian
c. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

Jawab.
Contoh soal bilangan berpangkat negatif tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
a. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian= 4‾³
b. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian= 3‾⁶
c. Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian= a‾⁸

Demikianlah contoh soal bilangan berpangkat negatif beserta pengertian bilangan berpangkat negatif yang dapat saya bagikan. Pengertian bilangan pangkat negatif ialah pembagian bilangan secara berulang sebanyak pangkat negatif yang tertera pada bilangan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bilangan berpangkat negatif di atas.

Baca Juga  Rumus Perkalian Bilangan Berpangkat Pecahan Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.