Perbedaan Diskusi dan Musyawarah Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Perbedaan Diskusi dan Musyawarah Beserta Penjelasannya – Seperti yang telah kita ketahui bahwa manusia ialah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Manusia ini memiliki akal sebagai bentuk alat yang sangat penting. Salah satu anugerah ini dapat digunakan untuk pembeda dengan manusia lainnya. Akal yang dimiliki oleh setiap manusia dapat digunakan untuk memahami lingkungan, memahami berbagai hal terkait sesuatu di muka bumi maupun mengembangkan diri. Manusia selalu menggunakan akal untuk melakukan diskusi maupun musyawarah. Apa saja perbedaan antara diskusi dan musyawarah itu? Manusia pada dasarnya tidak hanya dilengkapi dengan akal saja, namun juga dilengkapi dengan panca indera yang menyempurnakan manusia itu sendiri.

Panca indera yang dimiliki oleh manusia dapat berupa telinga, lidah, mata, kulit dan hidung. Fungsi mata yaitu melihat, fungsi telinga sebagai alat pendengar suara yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian fungsi hidung yaitu mencium berbagai aroma atau bau. Lalu lidah digunakan untuk mengecap rasa dan kulit berfungsi untuk merasakan rangsangan yang ada di lingkungan sekitar. Panca indera yang melakukan kerjasama dengan akal pada dasanya akan menghasilkan sebuah pendapat. Pendapat tersebut tentunya dimiliki oleh setiap manusia. Pendapat inilah yang digunakan untuk melakukan musyawarah maupun diskusi. Apa perbedaan diskusi dan musyawarah itu? Perbedaan antara diskusi dan musyawarah ini tentunya dapat diketahui berdasarkan pengertian, tujuan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan hal hal di dalamnya.

Perbedaan Diskusi dan Musyawarah Beserta Penjelasannya
Perbedaan Diskusi dengan Musyawarah

Setiap manusia pada umumnya memiliki pendapat yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan memperoleh pengaruh dari berbagai macam hal seperti pengalaman, pengetahuan, keinginan dan sebagainya. Pendapat tersebut tentunya tidak ada yang dapat menghentikannya. Kebebasan berpendapat tentunya sesuatu hal yang tidak salah karena termasuk hak asasi yang telah ada dalam diri manusia itu sendiri. Untuk itu hak asasi manusia tersebut tidak diboleh diganggu orang lain. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan diskusi dan musyawarah beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Diskusi dan Musyawarah Beserta Penjelasannya

Dalam kehidupan sehari hari tentunya memiliki persoalan kehidupan yang dialami sehari hari. Terkadang persoalan ini diselesaikan dengan metode yang kurang baik seperti sikap arogan, main hakim sendiri dan sebagainya. Namun metode metode tersebut nantinya akan menyebabkan peperangan, saling fitnah, kerusuhan dan sebagainya. Untuk itulah kita harus menyelesaikan permasalahan ini menggunakan metode diskusi ataupun musyawarah. Apakah anda tahu apa saja perbedaan diskusi dengan musyawarah itu?

Baca juga : Alasan Papua Ingin Merdeka dari Indonesia Beserta Pembahasannya

Pada umumnya banyak orang yang menganggap bahwa diskusi dan musyawarah adalah kedua hal yang sama. Namun sebenarnya diskusi dan musyawarah ini berbeda satu sama lain. Apa saja perbedaan diskusi dan musyawarah itu? Diskusi maupun musyawarah sebenarnya ialah cara yang berguna untuk memperoleh jawaban dari masalah yang dihadapi. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara diskusi dan musyawarah yaitu meliputi:

Menurut Pengertiannya

Pengertian diskusi dengan musyawarah yang pertama ditinjau dari segi pengertiannya. Pengertian diskusi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah pertemuan ilmiah yang digunakan untuk melakukan pertukaran pikiran terkait sebuah permasalahan. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), musyawarah (perundingan) adalah pembahasan bersama yang dilakukan untuk memperoleh penyelesaian dalam memutuskan masalah.

Menurut Tujuannya

Perbedaan diskusi dan musyawarah selanjutnya ditinjau dari segi tujuannya. Dua orang atau lebih yang melakukan kegiatan wicara seperti diskusi memiliki tujuan di dalamnya seperti untuk memperoleh kesepahaman dan kesepakatan terkait suatu pendapat atau gagasan tertentu. Sedangkan tujuan musyawarah yaitu untuk menyelesaikan masalah demi memperoleh keputusan bersama terkait kepentingan bersama.

Baca juga : Pengertian Otonomi Daerah Beserta Asas dan Dasar Hukumnya

Menurut Ciri Cirinya

Perbedaan antara dikusi dan musyawarah selanjutnya ditinjau dari segi ciri cirinya. Ciri ciri inilah yang menjadi karakteristik dari masing masing metode penyelesaian masalah menggunakan diskusi ataupun musyawarah. Adapun ciri ciri diskusi yaitu meliputi:

  • Pelaksanaan diskusi biasanya terdiri dari dua orang atau lebih.
  • Dilakukan dengan cara tatap muka.
  • Menjelaskan tentang masalah tertentu.
  • Kesempatan yang dimiliki oleh setiap pihak pada dasarnya sama yaitu untuk mengemukakan pendapat, pikiran dan gagasan tertentu.
  • Biasanya diskusi dijalankan dengan menggunakan seorang moderator sebagai pemandu.

Selain itu adapula ciri ciri musyawarah yaitu meliputi:

  • Terdapat pembahasan bersama untuk menghadapi masalah tertentu.
  • Pelaksanaan musyawarah terdiri dari beberapa orang yang dijadikan sebagai seseorang yang dipercaya atau wakil kelompok agar memperoleh kepentingan bersama.
  • Pendapat atau kehendak sendiri tidak dapat dipaksakan oleh orang lain.
  • Hasil musyawarah yang berupa keputusan tertentu didasarkan pada kesepakatan bersama.
  • Pelaksanaan musyawarah mengandung semangat kekeluargaan.
  • Setiap keputusan yang merupakan hasil musyawarah tersebut harus dilaksanakan dan diterima oleh masing masing anggota dengan rasa penuh tanggung jawab dan itikad baik.
  • Pelaksanaan musyawarah biasanya menggunakan hati nurani luhur dan akal yang sehat.
  • Keputusan dari masing masing anggota harus dipertanggungjawabkan ketika melakukan musyawarah tersebut.

Menurut Jenisnya

Perbedaan diskusi dan musyawarah selanjutnya ditinjau dari segi jenisnya. Diskusi dan musyawarah dapat dibagi menjadi beberapa macam. Adapun jenis jenis diskusi secara umum yaitu sarasehan, diskusi panel, muktamar, seminar, lokakarya, simposium dan kongres. Kemudian untuk jenis jenis musyawarah dapat berupa musyawarah desa, musyawarah adat, musyawarah Nasional dan lain lain.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan diskusi dan musyawarah lengkap. Perbedaan antara diskusi dan musyawarah dapat ditinjau dari segi pengertian, tujuan, ciri ciri dan jenis jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *