Rumus Berat Jenis dan Massa Jenis Beserta Perbedaan Terlengkap

Diposting pada

Rumus Berat Jenis dan Massa Jenis Beserta Perbedaan Terlengkap – Berat jenis pada umumnya dimiliki oleh masing masing benda. Seperti halnya setiap zat yang memiliki massa jenis di dalamnya. Apa pengertian berat jenis itu? Bagaimana cara menghitung berat jenis? Apa pengertian massa jenis? Bagaimana rumus massa jenis? Apa saja perbedaan berat jenis dan massa jenis? Pada dasarnya contoh soal berat jenis dan contoh soal massa jenis dapat diselesaikan dengan menggunakan rumusnya masing masing. Berat jenis sering dianggap sebagai massa jenis oleh beberapa orang. Namun keduanya sebenarnya berbeda karena jika dilihat dari pengertian dan rumusnya juga telah berbeda.

Pengertian berat jenis secara singkat merupakan specific gravity, dimana rumus berat jenisnya ialah berat yang dibandingkan dengan volume bendanya. Kemudian dari segi pengertian massa jenis dan rumus massa jenisnya juga berbeda. Perbedaan berat jenis dan massa jenis dapat dilihat dari massa benda dan besaran beratnya. Berat jenis (specific gravity) dan massa jenis (density) digunakan untuk memaparkan kondisi sebuah massa zat sehingga berbagai macam zatnya dapat kita bandingkan. Meski begitu massa jenis dengan berat jenis memang berbeda satu sama lain. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal berat jenis itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal massa jenis itu?

Rumus Berat Jenis dan Massa Jenis Beserta Perbedaan Terlengkap
Berat Jenis dan Massa Jenis

Berat jenis dapat diartikan sebagai tingkat kerapatan pada kerapatan referensi atau standar tertentu (misalnya saja air). Kemudian untuk massa jenis sendiri ialah massa yang dibandingkan dengan kerapatan (volume). Massa jenis dinyatakan dalam bentuk satuan terhadap ukuran, sedangkan berat jenis dinyatakan tanpa dimensi atau berbentuk bilangan murni. Dari penjelasan singkat ini tentunya anda telah mengetahui sedikit mengenai pengertian berat jenis dan pengertian massa jenis itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus berat jenis dan rumus massa jenis beserta perbedaan antara berat jenis dengan massa jenis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Berat Jenis dan Massa Jenis Beserta Perbedaan Terlengkap

Dalam ilmu fisika, ada banyak konsep penting yang dipakai untuk menggambarkan karakteristik fisik suatu benda. Dua konsep yang sering menjadi bahan perdebatan yakni masa jenis dan berat jenis. Meski kedua istilah itu sering digunakan secara bergantian, sebenarnya terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara masa jenis dan berat jenis serta pentingnya memahami keduanya dalam konteks fisika.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa massa jenis dengan berat jenis jika dilihat dari segi pengertian dan rumus memang berbeda. Untuk itu keduanya tidak dapat disamakan, meski sebenarnya banyak orang yang menyamakan kedua hal ini. Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan mengenai materi berat jenis dan materi massa jenis. Materi Fisika ini sering dimasukkan dalam soal soal Ujian, baik Ujian Sekolah maupun Ujian Tengah Semester.

Baca juga : Rumus Gaya Sentrifugal Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Apa yang dimaksud berat jenis itu? Apa yang dimaksud massa jenis itu? Apa perbedaan berat jenis dan massa jenis itu? Berat jenis dan massa jenis merupakan hal yang menyatakan kondisi sebuah benda/zat. Untuk menghitung berat jenis dan massa jenis itu dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang tersedia. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian berat jenis, pengertian massa jenis, rumus berat jenis, rumus massa jenis, contoh soal berat jenis dan contoh soal massa jenis.

Rumus Berat Jenis

berat jenis mengacu pada gaya yang dialami oleh suatu benda akibat gaya tarik gravitasi bumi, yang dinyatakan per satuan volume. Berat jenis dapat dihitung dengan membagi berat benda dengan volumenya. Satuan yang umum digunakan untuk berat jenis adalah newton per meter kubik (N/m³). Berat jenis seringkali digunakan dalam konteks fluida untuk mempelajari apakah suatu benda akan terapung atau tenggelam dalam fluida tersebut.

Singkatnya, pengertian berat jenis adalah perbandingan antara massa jenis zat secara relatif dengan massa jenis air murni. Berat jenis memiliki satuan yang berbentuk N/m³. Cara menghitung berat jenis dapat dilakukan dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Berat Jenis = m.g/v atau Berat Jenis = w/v

Keterangan :
m = Massa
g = Gravitasi
v = Volume
w = Berat (Weight)

Rumus berat jenis di atas dapat anda pahami berdasarkan pengertian pada berat jenis tersebut. Berat jenis juga dapat diartikan sebagai massa jenis sebuah bahan yang cukup relative. Maka dari itu berat jenis tidak memiliki Satuan.

Baca juga : Bagian Bagian Baterai Kering Beserta Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

Rumus Massa Jenis

Setelah menjelaskan tentang pengertian berat jenis dan rumus berat jenis di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian massa jenis dan rumus massa jenis. Massa jenis dapat diartikan sebagai massa yang diukur pada setiap jenis satuan volume benda. Jika sebuah benda memiliki massa jenis yang semakin tinggi, maka massa masing masing volumenya juga semakin besar.

perbedaan massa jenis dan berat jenis
perbedaan massa jenis dan berat jenis

Setiap benda memiliki massa jenis rata rata yang berupa pembagian massa total dengan volume totalnya. Massa jenis yang dimiliki oleh suatu benda lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki lebih rendah volumenya dibandingkan massa jenis yang lebih rendah (misalnya air).

Massa jenis memiliki satuan SI berupa kg/m³ atau kg.m‾³. Fungsi massa jenis pada dasarnya untuk menentukan sebuah zat. Massa jenis yang dimiliki oleh setiap zat memang berbeda. Kemudian massa zat berapapun dan volume zat berapapun pasti memiliki massa jenis yang sama. Massa jenis dapat ditentukan dengan rumus seperti di bawah ini:

ρ = m/V

Keterangan:
ρ = massa jenis
m = massa
V = volume

Rumus massa jenis di atas berbeda dengan rumus berat jenis apabila kita buat perbandingan. Dalam CGS atau Centi Gram Sekon terdapat satuan massa yang berupa g/cm³. Nilai 1 g/cm³ memiliki besar yang sama dengan 1.000 kg/m³. 

Perbedaan Berat Jenis dan Massa Jenis

Setelah menjelaskan tentang pengertian berat jenis dan pengertian massa jenis di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan berat jenis dengan massa jenis. Perbedaan antara berat jenis dan massa jenis dapat dilihat dari segi pengertiannya. Massa jenis zat dapat diartikan sebagai perbandingan massa dan volume zat.

Sedangkan berat jenis dapat diartikan sebagai perbandingan berat benda dengan volume bendanya. Selain itu masih adapula perbedaan lainnya seperti di bawah ini:

Baca juga : Pengertian Gaya Sentripetal, Rumus dan Contoh Soalnya

Massa Jenis

  • Massa jenis di dalamnya hanya memiliki nilai sehingga termasuk besaran skalar.
  • Digunakan untuk mengukur kelembaman benda. Jika massa bendanya semakin besar, maka kelembamannya semakin besar pula.
  • Massa dimanapun tempatnya memiliki besar yang tetap sama.

Berat Jenis

  • Berat jenis di dalamnya hanya memiliki arah dan nilai sehingga termasuk besaran vektor.
  • Digunakan untuk mengukur besar sebuah benda terhadap gaya tarik bumi.
  • Besar berat jenis disesuaikan dengan percepatan gravitasi yang besarnya dimiliki oleh bendanya.

Perbedaan utama antara masa jenis dan berat jenis adalah bahwa masa jenis hanya memperhitungkan massa suatu benda. Sedangkan berat jenis mencakup pengaruh gravitasi terhadap benda tersebut. Dalam menghitung massa jenis, tidak ada perhatian terhadap gaya gravitasi.

Hanya perbandingan massa dengan volume. Sedangkan dalam menghitung berat jenis, gaya gravitasi perlu diperhitungkan, sehingga hasilnya akan berbeda tergantung pada percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Contoh Soal Massa Jenis dan Berat Jenis

Selain pengertian berat jenis, rumus berat jenis, pengertian massa jenis dan rumus massa jenis di atas. Adapula contoh soal massa jenis dan contoh soal berat jenisnya. Adapun contoh dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Diketahui panjang sisi sebuah kubus ialah 4 cm. Apabila kubus tersebut memiliki massa 192 gram. Maka hitunglah massa jenis kubusnya?

Pembahasan.
Diketahui : s = 4 cm; m = 192 gram
Ditanyakan : ρ = ?
Jawab :
Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu mencari volume kubus terlebih dulu. Adapun caranya yaitu:
V = s³ = 4³ = 64 cm³

Sehingga,
ρ = m / v 
   = 192 / 64
   = 3 gram/cm³
Jadi massa jenis kubus tersebut ialah 3 gram/cm³.

2. Sebuah balok memiliki massa jenis 800 kg/m³ dengan volume 2 m³. Tentukan massa baloknya?

Pembahasan.
Diketahui : ρ = 800 kg/m³; V = 2 m³
Ditanyakan : m = ?
Jawab :
    ρ = m / v
800 = m / 2
   m = 800 x 2
        = 1.600 kg
Jadi massa balok tersebut ialah 1.600 kg.

Demikialah penjelasan mengenai rumus berat jenis dan rumus massa jenis beserta perbedaan antara berat jenis dengan massa jenis. Berat jenis merupakan tingkat kerapatan pada kerapatan referensi atau standar tertentu (misalnya saja air). Sedangkan massa jenis merupakan massa yang dibandingkan dengan kerapatan (volume). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.