Cara Cepat Hitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Cepat Hitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal – Cara menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 ialah variasi perhitungan yang sangat menarik dalam materi pengkuadratan bilangan. Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung bilangan pangkat dua itu? Kita dapat melihat contoh bilangan kuadrat berakhiran 5 yaitu 15², 25², 35², 45², dan sebagainya. Untuk mencari perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan menentukan angka setelah bilangan depannya dan angka depan tadi dikalikan, lalu ditambah. Cara ini terbilang mudah dan membuat perhitungan pangkat dua menjadi lebih cepat, khususnya untuk kuadrat yang berakhiran 5.

Bagaimana cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bilangan kuadrat berakhiran 5 itu? Cara menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 dapat dilakukan dengan cara membuat tabel kuadrat ataupun cara susun, namun cara ini memang terlalu memakan waktu. Selain itu anda juga dapat menggunakan kalkulator sehingga lebih cepat. Namun cara ini tentunya tidak diperbolehkan ketika ujian Sekolah ataupun ujian Nasional. Untuk itu kita membutuhkan cara yang cepat menghitung pangkat dua berakhiran 5 agar tidak memakan waktu yang lama.

Cara Cepat Hitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal
Bilangan Kuadrat Berakhiran 5

Jika perhitungan kuadrat ini dapat dilakukan dengan cepat dan tentunya jawabannya juga benar, maka kita dapat menghemat waktu untuk mengerjakan soal soal Matematika lainnya. Untuk itu cara hitung kuadrat berakhiran 5 dengan cepat ini memang perlu dipahami dan dikuasai. Sebenarnya pola dalam Matematika tersebut dapat kita temukan jika mau berusaha. Untuk itu cara berpikir kita harus menggunakan logika. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 beserta contoh soal bilangan kuadrat berakhiran 5. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Cepat Hitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal

Cara hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 ini dapat dilakukan dengan cepat menggunakan logika. Dalam pengkuadratan bilangan berakhiran 5 tersebut tentunya akan menghasilkan ekor bilangan berupa angka 25. Contonya 25² = 625, 35² = 1225 dan sebagainya. Maka dari itu anda harus mencatat logika yang pertama yaittu satuan yang beturut turut menempati puluhan dalam hasil kuadrat itu ialah angka 25 atau 2 dan 5. Setelah ekor hasil bilangan pangkat dua ini diketahui, kemudian kita menentukan digit atau bilangan depannya.

Baca juga : Contoh Soal Volume Balok Beserta Pembahasannya Lengkap

Cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 ini memang membutuhkan beberapa langkah di dalamnya. Setelah ekor bilangannya ditemukan, lalu angka depannya ditentukan dengan melihat bilangan di bagian depan angka 5 untuk dikalikan dengan bilangan sesudahnya sehingga memperoleh angka tertentu. Contohnya 25², maka di depan angka 5 terdapat angka 2. Setelah angka 2 ini terdapat angka 3. Maka 2 dikalikan 3 menjadi 6. Setelah itu angka 6 digabungkan dengan ekor 25 dan menjadi 625. Jadi nilai dari 25² ialah 625. Mudah bukan?

Apabila anda masih bingung dengan cara yang saya jelaskan di atas. Maka saya akan membagikan cara menghitung cepat bilangan kuadrat berakhiran 5 dengan langkah langkah seperti di bawah ini:

  • Angka yang letaknya sebelum angka 5 diambil, lalu menentukan angka setelahnya dan dikalikan. Contohnya 2 dikalikan dengan 3, 4 dikalikan dengan 5 dan sebagainya.
  • Hasil perkalian di cara pertama ditambahkan dengan bilangan dibelakangnya yang ekornya 25. 

Baca juga : Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal

Contoh Soal Bilangan Kuadrat Berakhiran 5

Setelah menjelaskan tentang cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait cara tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Tentukan nilai dari 45²?

Pembahasan.
Cara menghitung cepat bilangan kuadrat berakhiran 5 tersebut dapat menjadi seperti di bawah ini:

  • 4 x 5 = 20
  • Ekornya ialah 25
  • Sehingga hasilnya menjadi 2025

2. Tentukan nilai dari 65²?

Pembahasan.
Cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 tersebut dapat dilakukan dengan metode di bawah ini:

  • 6 x 7 = 42
  • Ekornya ialah 25
  • Sehingga hasilnya menjadi 4225.

3. Tentukan nilai dari 125²?

Pembahasan.
Cara menghitung cepat bilangan kuadrat berakhiran 5 tersebut dapat diselesaikan dengan metode berikut:

  • 12 x 13 = 156
  • Ekornya ialah 25
  • Sehingga hasilnya akan menjadi 15625

Demikianlah penjelasan mengenai cara cepat hitung bilangan kuadrat berakhiran 5 beserta contoh soal bilangan kuadrat berakhiran 5. Bilangan kuadrat yang berakhiran 5 pada umumnya memiliki ekor bilangan yang berupa angka 25 atau angka 2 dan 5 secara berturut turut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *