Pengertian Gelombang Mekanik, Jenis, Rumus dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Gelombang Mekanik, Jenis, Rumus dan Contohnya – Apa yang dimaksud gelombang mekanik itu? Apa saja jenis jenis gelombang mekanik? Bagaimana rumus gelombang mekanik? Apa saja contoh gelombang mekanik? Gelombang mekanik merupakan sebuah gelombang yang membutuhkan medium untuk melakukan perambatan. Medium ini di butuhkan agar energi dapat disalurkan melalui proses perambatan pada gelombangnya. Gelombang mekanik ini pada dasarnya dapat ditemui di sekeliling kita. Misalnya saja suara yang juga merupakan salah satu kategori gelombang mekanik. Bagaimana cara suara dapat merambat dan terdengar ke telinga kita?

Energi suara dapat disalurkan gelombangnya melalui medium udara maupun medium lainnya agar dapat merambat. Perambatan gelombang suara ini tidak akan terjadi apabila tidak memiliki medium perambatan seperti udara dan medium lainnya. Maka dari itu astronot di luar angkasa tidak bisa berbicara dan mendengarkan suara dari astronot lainnya, jika tidak memiliki alat bantu elektronik sebagai media komunikasi. Inilah salah satu bentuk contoh gelombang mekanik. Apabila membahas tentang gelombang ini tentunya anda juga harus mengetahui hal hal lainnya seperti pengertian gelombang mekanik, jenis jenis gelombang mekanik, rumus gelombang mekanik dan contoh gelombang mekanik.

Pengertian Gelombang Mekanik, Jenis, Rumus dan Contohnya
Macam Macam Gelombang Mekanik

Materi gelombang mekanik telah diajarkan kepada kita saat dibangku sekolah. Materi ini diajarkan dalam ilmu Fisika. Gelombang mekanik tidak hanya berbentuk suara saja, namun juga dapat berupa ombak yang media rambatnya ialah air. Disisi lain gelombang mekanik dapat ditemukan dalam fenomena alam seperti gempa bumi yang menggunakan media rambat berbentuk daratan. Lantas apakah anda tahu apa saja macam macam gelombang mekanik itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian gelombang mekanik, jenis jenis gelombang mekanik, rumus gelombang mekanik, sifat sifat gelombang mekanik dan contoh gelombang mekanik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Gelombang Mekanik, Jenis, Rumus dan Contohnya

Apa yang dimaksud gelombang mekanik itu? Gelombang mekanik ialah suatu gelombang yang digunakan untuk menyalurkan energi melalui media perantara untuk merambat sehingga gelombang tadi dapat di disebarkan. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa gelombang mekanik ini dapat kita temui dalam bentuk suara. Suara ini membutuhkan udara sebagai media rambatnya sehingga tekanan dalam ruang udaranya dapat berubah (rapat renggangnya molekul berada di udara). Perambatan udara tidak akan terjadi apabila tidak ada udara. 

Baca juga : Contoh Soal Listrik Arus Searah Beserta Pembahasannya

Setelah mamahami pengertian gelombang mekanik di atas tentunya anda mengetahui sedikit gambaran bagaimana gelombang ini. Di bawah ini terdapat contoh gelombang mekanik yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari yaitu meliputi:

  • Gelombang bunyi
  • Gelombang pegas (pada slinki)
  • Gelombang air
  • Gelombang tali

Perambatan gelombang gelombang di atas dapat dilakukan dengan cara menggunakan medium tertentu seperi udara, slinki, air dan tali. Untuk itu timbulnya gelombang gelombang tersebut disebabkan oleh adanya getaran mekanik. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai jenis jenis gelombang mekanik, rumus gelombang mekanik dan sifat sifat gelombang mekanik. Berikut penjelasan selengkapnya:

Macam Macam Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik berdasarkan arah getar dan arah rambatnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu meliputi:

  • Gelombang transversal yaitu gelombang yang saling tegak lurus arah rambat dan arah getarannya. Adapun contoh gelombang transversal yaitu gelombang tali. 
  • Gelombang longitudinal yaitu gelombang yang saling sejajar arah rambat dan arah getarannya. Adapun contoh gelombang longitudinal yaitu gelombang slinki.

Baca juga : Contoh Soal Katrol Beserta Pembahasan Lengkap

Rumus Gelombang Mekanik

Selain pengertian gelombang mekanik dan jenis jenis gelombang mekanik di atas. Adapula rumus yang digunakan untuk menghitung gelombang mekanik yaitu diantaranya:

T = t/n
T = 1/f
f = n/t
f = 1/T

Keterangan:
T = Periode (s)
f = Frekuensi (Hz)
t = Waktu (s)
n = Banyak gelombang (kali)

Dalam rumus gelombang mekanik di atas adapula persamaan yang digunakan untuk menghitung cepat rambat gelombangnya. Adapun rumus cepat rambat gelombang yaitu :

v = λ.f atau v = λ/T

Keterangan:
λ = Panjang gelombang (m)
v = Cepat rambat gelombang (m/s)
T = Periode (s)
f = Frekuensi (Hz)

Sifat Gelombang Mekanik

Setelah membahas tentang pengertian gelombang mekanik, jenis jenis gelombang mekanik, contoh gelombang mekanik dan rumus gelombang mekanik di atas. Adapula sifat sifat pada gelombang mekanik yaitu meliputi:

  • Refleksi (Pemantulan)
  • Refraksi (Pembiasan)
  • Interferensi (Perpaduan)
  • Difraksi (Penyebaran/Perbelokkan)

Salah satu sifat gelombang mekanik ialah difraksi yang merupakan lenturan karena adanya celah celah sempit sebagai penghalang. Apabila ukuran celahnya lebar, maka tidak akan terlihat jelas difraksinya. Namun apabila ukurannya dipersempit celahnya maka tampak jelas difraksinya. Celah ini digunakan sebagai bentuk tindakan titik pada sumber gelombangnya. Difraksi sangat mudah dialami oleh gelombang bunyi karena panjang gelombang yang dimiliki oleh gelombang bunyi diudara mencapai rentang sentimeter hingga beberapa meter.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian gelombang mekanik, jenis jenis gelombang mekanik, rumus gelombang mekanik, sifat sifat gelombang mekanik dan contoh gelombang mekanik. Gelombang mekanik merupakan suatu gelombang yang digunakan untuk menyalurkan energi melalui media perantara untuk merambat sehingga gelombang tadi dapat di disebarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *