Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua Beserta Contoh Soal – Apakah anda tahu cara menghitung penjumlahan kuadrat dalam kurung itu? Secara umum dalam Matematika terdapat operasi hitung yang digunakan untuk memisahkan operator antara dua bilangan atau lebih. Operasi hitung Matematika sendiri terdiri dari dari perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan. Kemudian adapula operasi hitung lainnya seperti akar maupun pangkat. Operasi hitung campuran bilangan kuadrat tersebut berisi pembahasan mengenai cara menghitung bilangan pangkat dua itu sesuai dengan operasi hitungnya. Biasanya operasi hitung yang satu digunakan dengan operasi hitung lainnya secara bersamaan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penggunaan operasi hitung Matematika telah menjadi kesepakatan di seluruh dunia. Untuk itu hasil yang akan diperoleh nantinya harus sesuai dengan aturan kesepatan yang diikuti sehingga dapat bernilai benar, tidak terkecuali operasi hitung bilangan pangkat dua. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan pangkat dua itu? Bagaimana cara menghitung penjumlahan kuadrat dalam kurung itu? Bagaimana bentuk contoh soal operasi hitung campuran bilangan kuadrat itu? Dalam operasi hitung Matematika tentunya kita pernah melihat adanya penggunaan tanda kurung. Tanda kurung ini merupakan bentuk operasi hitung lainnya yang memiliki ketentuan pengerjaannya sendiri.

Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua Beserta Contoh Soal
Operasi Hitung Campuran Bilangan Kuadrat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa operasi hitung campuran bilangan kuadrat dan cara menghitung penjumlahan kuadrat dalam kurung adalah materi Matematika tentang pangkat dua yang perlu dipelajari. Materi kuadrat ini sering menggunakan bentuk soal yang berbeda beda sehingga jumlah operasi hitung dalam satu soal dapat lebih dari satu. Bagaimana cara mengerjakannya? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang operasi hitung campuran bilangan pangkat dua beserta contoh soal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua Beserta Contoh Soal

Secara umum operasi hitung Matematika terdiri dari penjumlahan, pembagian, pengurangan dan perkalian. Akan tetapi dalam perhitungannya terdapat salah satu jenis operasi hitung yang sulit diselesaikan atau membutuhkan ketelitian dan ketelatenan lebih yaitu operasi hitung campuran bilangan kuadrat. Dalam operasi hitung ini terdapat cara menghitung penjumlahan dalam kurung, perkalian, pengurangan maupun pembagian sekaligus.

Baca juga : Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal

Perpangkatan secara umum dapat diartikan sebagai operasi hitung Matematika yang terdiri dari perkalian bilangan sebanyak pangkatnya secara berulang. Biasanya penulisan pangkat tersebut letaknya sedikit ke atas dan ukurannya lebih kecil dibandingkan angkanya. Contohnya 2², 4², 9², 11² dan sebagainya. Operasi hitung pangkat dua biasanya terdiri dari pengurangan, penjumlahan, pembagian dan perkalian. Selain itu adapula operasi variasi yang melibatkan tanda kurung didalamnya sehingga pengerjaannya harus dilakukan terlebih dahulu. Tanda ini juga digunakan dalam operasi hitung bilangan pangkat dua. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bilangan pangkat dua atau kuadrat ialah bilangan yang berasal dari hasil perkalian sebanyak dua kali antara bilangan itu sendiri. Kemudian untuk pengertian operasi hitung campuran ialah dua operasi hitung biasa atau lebih yang digabungkan. Maka dari itu dalam satu soal terdapat operasi hitung pembagian, penjumlahan, perkalian ataupun pengurangan sekaligus. Misalnya saja cara menghitung penjumlahan dalam kurung. Operasi hitung dalam kurung berbentuk campuran tersebut harus dikerjakan terlebih dulu. 

Aturan Operasi Hitung Campuran

Sebelum membagikan contoh soal operasi hitung campuran bilangan pangkat dua, saya akan membagikan beberapa aturan di dalamnya. Dalam operasi hitung ini terdapat beberapa aturan khusus. Adapun aturan operasi hitung campuran secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Pengerjaan operasi hitung dalam kurung harus dilakukan terlebih dahulu.
  • Bilangan berpangkat harus didahulukan.
  • Operasi pembagian dan perkalian harus didahulukan sebelum pengurangan maupun penjumlahan.
  • Apabila dalam soal tidak ada tanda kurung dan terdapat operasi hitung pembagian maupun perkalian, maka pengerjaannya dilakukan dari kiri ke kanan secara berurutan.
  • Apabila dalam soal tidak ada tanda kurung dan terdapat operasi hitung pengurangan maupun penjumlahan, maka pengerjaannya dilakukan dari kiri ke kanan secara berurutan.

Baca juga : Rumus Penjumlahan Bilangan Berpangkat Beserta Contoh Soal

Pada intinya operasi hitung campuran bilangan kuadrat harus mendahulukan tanda kurung, pembagian/perkalian, pengurangan/penjumlahan maupun perpangkatan. Untuk itulah penting sekali memahami cara menghitung penjumlahan kudrat dalam kurung tersebut. 

Contoh Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua

Setelah menjelaskan tentang operasi hitung campuran bilangan kuadrat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait materi operasi hitung campuran tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Tentukan nilai dari (2 + 3)² – 4²?

Pembahasan.
Cara menghitung penjumlahan kuadrat dalam kurung tersebut dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti di bawah ini:
(2 + 3)² – 4² = 5² – 4²
                     = 25 – 16
                     = 9

2. Tentukan nilai dari (2 + 3)² x 3² : 5²?

Pembahasan.
(2 + 3)² x 3² : 5² = 5² x 3² : 5²
                            = 25 x 9 : 25
                            = 9

Demikianlah penjelasan mengenai operasi hitung campuran bilangan pangkat dua beserta contoh soal. Untuk menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan kuadrat tersebut anda harus memahami terlebih dahulu mengenai aturan umum dalam operasi campuran tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.