Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian dan Contohnya Terlengkap – Jenis jenis makhluk hidup memang banyak seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang tinggal saling berdampingan. Makhluk hidup ini diklasifikasikan menadi beberapa kingdom menurut manusia agar lebih mudah dipahami berdasarkan kebiasaan, cara hidup, ukuran, ekosistem dan bentuk setiap kingdom makhluk hidupnya. Apakah anda tahu apa saja ciri ciri pada makhluk hidup itu? Apa pengertian makhluk hidup? Apa saja contoh makhluk hidup? Ciri ciri pada makhluk hidup ini akan membedakannya dengan benda mati atau makhluk tak hidup. Untuk itu perbedaan pasti selalu ada pada hewan, tumbuhan dan manusia meski terdapat beberapa persamaan yang dimiliki oleh mereka.

Ketika dibangku sekolah tentunya para siswa telah diperkenalkan mengenai pengertian makhluk hidup, ciri ciri makhluk hidup dan contoh makhluk hidup. Secara umum makhluk hidup terdiri dari hewan, tumbuhan dan manusia. Makhluk hidup ini memiliki ciri ciri khusus untuk membedakannya dengan makhluk tak hidup seperti berkembangbiak, bernapas dan sebagainya. Makhluk hidup secara umum dapat diartikan sebagai jenis organisme hidup yang memenuhi ciri ciri pada umumnya seperti melakukan respirasi untuk menghirup udara dan sebagainya. 

Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian dan Contohnya Terlengkap
Contoh Makhluk Hidup dan Tak Hidup

Makhluk hidup pada umumnya memiliki definisi yang cukup luas apabila memperhatikan organisme lainnya seperti jamur atau bakteri. Spesies makhluk hidup yang ada memang cukup banyak jenisnya, bahkan kita tidak tahu pasti berapa jumlah keseluruhannya. Hal ini dikarenakan satu spesies dengan spesies lainnya saling berinteraksi dan menjalin hubungan sesuai dalam sistem klasifikasi makhluk hidup tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri makhluk hidup, pengertian makhluk hidup dan contoh makhluk hidup terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup mempunyai ciri ciri atau karakteristiknya sendiri. Dengan karakteristik tersebut setiap makhluk hidup dapat dibedakan satu sama lain seperti perbedaannya dengan makhluk tak hidup atau benda mati. Untuk itu penting sekali untuk kita memahami tentang materi makhluk hidup tersebut.

Baca juga : Contoh Soal Listrik Statis Kelas 9 SMP Beserta Pembahasannya

Kita tahu bahwa pengertian makhluk hidup ialah jenis organisme hidup yang memenuhi ciri ciri pada umumnya seperti melakukan respirasi untuk menghirup udara dan sebagainya. Dalam pengertian ini terlihat jelas salah satu ciri ciri makhluk hidup yang utama yaitu bernapas. Selain itu adapula ciri ciri dan contoh makhluk hidup di dunia yaitu sebagai berikut:

Karakteristik Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup memang memiliki ciri ciri atau karakteristiknya sendiri, baik hewan, tumbuhan maupun manusia. Di bawah ini terdapat ciri ciri khusus makhluk hidup yaitu sebagai berikut:

Bernapas
Ciri ciri utama makhluk hidup ialah respirasi atau bernapas. Bernapas ialah proses pengambilan oksigen dari lingkungan dan mengeluarkannya dari tubuh berbentuk karbondioksida. Sedangkan karbondioksida dihirup oleh tumbuhan untuk proses respirasi. Manusia dan hewan menghirup oksigen untuk menjadi sumber energi melalui proses oksidasi sehingga dapat melakukan aktivitas. Sedangkan oksigen dibutuhkan tumbuhan dalam proses bernapas sebagai bahan penghasil makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. 

Alat respirasi pada masing masing makhluk hidup memang berbeda beda. Kita dapat menemukannya pada alat pernapasan manusia berupa paru paru, alat pernapasan burung berupa pundi pundi udara, alat pernapasan ikan berupa insang dan sebagainya.

Tumbuh dan Berkembang
Ciri ciri makhluk hidup selanjutnya ialah tumbuh dan berkembang. Meskipun tidak tercantum dalam pengertian makhluk hidup, namun ciri ciri ini juga mengidentifikasi karakteristik dari makhluk hidup. Setiap makhluk hidup (manusia, tumbuhan dan hewan) pasti mengalami fase tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan masing masing makhluk hidup tersebut tidak sama. Makhluk hidup memiliki proses tumbuh yang bersifat irreversible. Dengan kata lain tidak dapat kembali seperti semula setelah tumbuh. 

Baca juga : Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya

Berkembang biak
Ciri ciri pada makhluk hidup selanjuttnya yaitu reproduksi atau berkembang biak. Makhluk hidup memiliki satu tujuan utama yang berupa melestarikan jenisnya dan berkembang biak supaya tidak punah, baik hewan, tumbuhan ataupun manusia. Perkembangbiakan pada manusia dan mamalia dilakukan melalui proses melahirkan anak oleh betinanya. Namun adapula hewan yang bertelur untuk proses berkembangbiaknya. Sedangkan proses perkembangbiakan pada tumbuhan dilakukan dengan cara stek, cangkok dan sebagainya.

Bergerak
Ciri ciri makhluk hidup selanjutnya ialah bergerak. Meskipun tidak tercantum dalam pengertian makhluk hidup, namun ciri ciri ini juga mengidentifikasi karakteristik dari makhluk hidup. Bergerak ialah perpindahan seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup yang disebabkan oleh rangsangan eksternal maupun internal. 

Peka Terhadap Rangsang
Peka terhadap rangsang dapat dinamakan dengan iritabilitas. Wujud sifat ini ialah reaksi dari terjadinya perubahan disekitarnya. Rangsangan terebut dapat berbentuk sentuhan, panas, bau, cahaya, rasa, suara, dingin dan sebagainya. Rangsangan ini dapat dirasakan oleh manusia dengan menggunakan 5 panca inderanya seperti hidung, lidah, kulit, mata dan telinga. Rangsangan tersebut juga dirasakan oleh hewan dengan cara yang hampir serupa, bahkan indera perangsang yang dimiliki oleh beberapa hewan cukup peka dan lebih kuat. Kemudian peka terhadap rangsangan juga dimiliki oleh tumbuhan.

Mengeluarkan Zat Sisa
Pengeluaran zat sisa yang dilakukan oleh masing masing makhluk hidup dapat dinamakan dengan proses ekskresi. Proses ini dilakukan agar zat sisa yang sifatnya racun dapat dikeluarkan sehingga kinerja tubuh tidak terganggu. Manusia memiliki organ ekskresi yang berupa kulit, ginjal, anus, dan paru paru. Hal ini juga serupa dengan proses ekskresi pada hewan. Sedangkan tumbuhan melalukan proses ekskresi melalui bagian lentisel dan stomata. 

Baca juga : Ciri Ciri Fungi (Jamur) Beserta Klasifikasinya Lengkap

Membutuhkan Nutrisi dan Makanan
Ciri ciri makhluk hidup selanjutnya ialah membutuhkan nutrisi dan makanan. Meskipun tidak tercantum dalam pengertian makhluk hidup, namun ciri ciri ini juga mengidentifikasi karakteristik dari makhluk hidup. Nutrisi nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia berasal dari makanan yang dikonsumsinya. Begitu pula dengan hewan dan tumbuhan.

Melakukan Metabolisme
Ciri ciri pada makhluk hidup selanjutnya ialah melakukan metabolisme. Proses metabolisme memang selalu dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Metabolisme sendiri dapat diartikan sebagai terjadinya proses kimia dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu anabolisme dan katabolisme. Katabolisme ialah proses penguraian lebih kecil yang terjadi pada zat untuk dijadikan partikel. Sedangkan proses anabolisme ialah proses senyawa tertentu yang disusun.

Adaptasi
Adaptasi ialah proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya. Selain itu adaptasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan penyesuaian diri oleh makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup dilingkungan habitatnya, Adaptasi tersebut dapat berupa adaptasi fisiologi, tingkah laku dan morfologi.

Klasifikasi Makhluk Hidup

Setelah menjelaskan tentang pengertian makhluk hidup dan ciri ciri makhluk hidup di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh makhluk hidup sesuai dengan klasifikasinya. Di bawah ini terdapat beberapa klasifikasi makhluk hidup yaitu sebagai berikut:

Berdasarkan Kemampuan Membuat Makanan

  • Organisme Autotrof ialah organisme yang dapat melakukan proses fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Contohnya tumbuhan.
  • Organisme Heterotrof ialah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Contohnya manusia dan hewan.

Berdasarkan Habitat Tumbuhan

  • Tumbuhan hidrofit ialah tumbuhan yang tempat hidupnya berada di air, contoh makhluk hidupnya : teratai.
  • Tumbuhan higrofit ialah tumbuhan yang tempat hidupnya berada di tanah lembab, misalnya lumut.
  • Tumbuhan xerofit ialah tumbuhan yang tempat hidupnya berada di tanah kering, misalnya kaktus.

Hewan Berdasarkan Makanannya

  • Hewan herbivora (pemakan tumbuhan), misalnya kambing.
  • Hewan karnivora (pemakan daging), misalnya singa.
  • Hewan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan), misalnya ayam.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri makhluk hidup, pengertian makhluk hidup dan contoh makhluk hidup terlengkap. Makhluk hidup merupakan jenis organisme hidup yang memenuhi ciri ciri pada umumnya seperti melakukan respirasi untuk menghirup udara dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *