Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya

Diposting pada

Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya – Sebagai makhluk sosial tentunya kita selalu melakukan komunikasi. Apabila membahas tentang komunikasi pasti berhubungan dengan metode cara berbicara yang baik dan benar. Ketika kita sedang berbicara tentunya menginginkan para pendengar agar dapat memahaminya. Hal ini pula yang diterapkan ketika sebuah buku dibaca, maka isi dari tulisan buku tersebut diharapkan dapat dipahami oleh para pembaca. Untuk itulah dalam sebuah tulisan atau karangan pasti mengandung makna tersirat dan tersurat. Apa pengertian tersirat itu? Apa pengertian makna tersurat? Apa perbedaan tersirat dan tersurat?

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat pembahasan mengenai pengertian makna tersirat, pengertian makna tersurat serta perbedaan tersirat dan tersurat. Penyampaian suatu tulisan memang memuat makna tersirat atau tersurat. Arti tersirat dan arti tersurat tentunya berbeda, karena maksud dari keduanya juga tidak sama. Tersurat pada dasarnya dapat diartikan sebagai hal yang dapat dipahami dengan cara diucapkan atau tertulis sebagaimana mestinya sehingga dapat disampaikan dengan jelas. Pesan yang akan disampaikan tersebut dapat ditangkap dan dipahami secara langsung dengan cara memperhatikan kata kata yang diucapkan.

Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya
Makna Tersirat dan Tersurat

Kemudian adapula istilah mengenai tersirat yang dapat diartikan sebagai penyampaian makna tulisan atau pembicaraan secara tersembunyi atau tidak secara gamblang untuk dapat memahami tulisan atau pembicaraan secara keseluruhan dengan benar. Misalnya makanan makanan instan sangat nikmat dimakan, terlebih lagi apabila penyajiannya dalam kondisi panas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian makna tersirat, pengertian makna tersurat serta perbedaan tersirat dan tersurat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya

Untuk memahami makna tersirat dalam sebuah tulisan tentunya harus membaca keseluruhan dari tulisan tersebut. Sedangkan makna tersurat biasanya terdapat dalam tulisan itu sendiri sehingga kita tidak perlu menyimpulkannya. Pada dasarnya memahami kata kata tersurat lebih mudah dibandingkan kata kata tersirat. Hal ini dikarenakan untuk memahami makna tersirat diperlukan kemampuan menyimpulkan dan memahami sesuatu dalam tulisan atau pembicaraan tersebut. 

Baca juga : Macam Macam Majas Pertentangan Beserta Contoh Lengkap

Terkadang dalam tulisan atau pembicaraan terdapat makna tersirat yang sulit ditangkap oleh beberapa orang. Namun disisi lain kata kata tersirat dan tersurat mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing. Pengertian makna tersirat ialah makna yang terkandung dalam pembicaraan atau tulisan secara tersembunyi. Sedangkan pengertian makna tersurat ialah makna dalam pembicaraan atau tulisan yang mudah dimengerti atau dipahami. Hal ini dikarenakan makna dalam pembicaraan atau tulian tersebut dapat kita lihat secara langsung. Selain pengertian tersebut, adapula perbedaan tersirat dan tersurat yaitu sebagai berikut:

Perbedaan Makna Tersirat dan Tersurat

Setelah menjelaskan tentang pengertian tersirat dan pengertian tersurat di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian makna tersirat dan makna tersurat. Perbedaan kedua makna ini yaitu makna tersirat berisi sebuah makna dalam ucapan atau bacaan yang tidak tertera atau secara langsung tetapi masih terkandung di dalamnya. Sedangkan makna tersurat berisi makna sebuah ucapan atau bacaan yang telah tertera secara jelas.

Baca juga : Macam Macam Imbuhan Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Dari penjelasan tersebut kita tahu perbedaan tersirat dan tersurat itu apa. Makna tersirat dapat disebut dengan makna implisit, dimana kita harus memahami isi bacaan secara keseluruhan apabila ingin mengetahui makna tersebut. Sedangkan makna tersurat dapat disebut dengan makna eksplisit, dimana makna tersebut dapat diketahui secara langsung meskipun hanya sekilas saja dibaca karena penulisannya begitu jelas. 

Contoh Makna Tersirat dan Tersurat

Setelah memahami pengertian makna tersirat dan pengertian makna tersurat serta perbedaan makna tersirat dan tersurat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh makna tersirat dan contoh makna tersurat dalam kalimat. Berikut contohnya yaitu diantaranya:

Contoh Makna Tersirat Dalam Kalimat

  • Ketika matahari sudah di atas awan maka saya malu datang ke sekolah.
  • Rina sudah meninggalkanku di dunia yang fana ini.

Contoh Makna Tersurat Dalam Kalimat

  • Saya sedih ketika kamu pergi dari sini.
  • Saya tidak punya makanan untuk dimakan.
  • Saya suka menonton film lewat handphone.
  • Saya ingin mengajak kamu bicara.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian makna tersirat, pengertian makna tersurat serta perbedaan tersirat dan tersurat. Makna tersirat pada dasarnya dapat didalami dengan mudah melalui penelitian atau pembacaan tulisan secara intensif dan saksama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *