Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian

Diposting pada

Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian – Pengertian katrol secara umum ialah cakram pejal atau roda yang perputarannya ada diporosnya dan melalui suatu tali atau rantai. Kemudian di bagian tepi kiri dan kanan rodanya memang lebih tinggi dibandingkan pembuatan bagian tengah supaya dapat dipasangi tali dan gerakannya dapat disepanjang badan roda. Dalam kehidupan manusia tentunya tidak terlepas dari adanya penggunaan katrol untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Contohnya ketika pengangkatan benda yang berat. Katrol memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan pengungkit (tuas) yang berguna untuk membuat benda terangkat meski kecil gaya yang bekerja di dalamnya.

Setelah memahami pengertian katrol tentunya anda mengetahui sedikit gambaran mengenai katrol ini. Katrol tersebut pada dasarnya dapat dibagi menjadi berbagai jenis. Jenis jenis katrol itu dapat berupa katrol tetap, katrol bergerak dan katrol majemuk. Bagaimana rumus katrol tetap itu? Bagaimana rumus pada katrol bergerak? Bagaimana rumus dari katrol majemuk itu? Sekitar 250 tahun sebelum masehi terdapat penemuan dan penggunaan katrol. Katrol secara umum dapat dimasukkan dalam kategori pesawat sederhana selain tuas maupun bidang miring.

Kattrol merupakan salah satu macam pesawat sederhana yang berguna untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Katrol memiliki bagian utama yang berupa roda kecil dengan alur disepanjang sisi tertentu dan berputar pada porosnya sehingga tali/rantai/kabel dapat melilitnya. Penggunaan katrol biasanya menggunakan rantai atau seutas tali sehingga beban beban berat dapat diangkat dan arah tenaganya dapat diubah. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus katrol tetap, bergerak, dan majemuk beserta pengertian katrol. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian

Katrol memang menggunakan prinsip kerja untuk mengangkat atau menarik sebuah benda dengan poros/roda sehingga lebih ringan rasanya. Beban tersebut dikaitkan dengan salah satu ujung tali, kemudian di ujung lainnya terdapat kuasa untuk menarik ketika terjadi perputaran pada roda katrolnya. Katrol ini memang dapat dibagi menjadi beberapa macam. Macam macam katrol tersebut seperti katrol tetap, katrol majemuk dan katrol bergerak.

Baca juga : Contoh Soal Listrik Dinamis Beserta Pembahasannya Lengkap

Kita tahu bahwa katrol majemuk merupakan salah satu jenis katrol yang terdiri dari katrol bergerak dan katrol tetap. Setiap macam katrol memiliki rumus yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan pengertian katrol tersebut juga berbeda. Di bawah ini terdapat rumus katrol tetap, katrol bergerak dan katrol majemuk. Berikut penjelasan selengkapnya:

Katrol Tetap

Pengertian katrol tetap ialah katrol yang tempatnya tetap karena tempatnya tidak berpindah meski digunakan. Contoh katrol tetap tersebut dapat kita temukan dalam kerekan sumur yang ada disekeliling kita. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar katrol tetap di bawah ini:

Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian
Ilustrasi Katrol Tetap

Berdasarkan gambar di atas kita dapat melihat adanya pusat katrol (tuas dengan titik tumpu O), titik kuasa A dan titik beban B. Untuk itu dalam katrol tersebut terdapat titik tumpu, lengan kuasa dan lengan beban. Seperti yang kita ketahui bahwa keuntungan mekanis sama dengan perbandingan lengan beban dan lengan kuasa pada pembelajaran tuas. Untuk itu katrol tetap memiliki keuntungan mekanis berupa 1. Karena keuntungan mekanis katrol tetap itu satu, maka beban yang diangkat oleh katrol tersebut tidak menggunakan gaya kecil. Untuk itu gaya yang dibutuhkan sama dengan berat bendanya. Untuk menghitung katrol tetap tersebut dapat dilakukan menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Rumus Katrol Tetap

F = W

Keterangan:
F = Gaya kuasa
W = Berat beban

Selain rumus di atas adapula keuntungan mekanik katrol tetap dengan rumus yang berbeda. Berikut rumus keuntungan mekanik katrol tetap yaitu diantaranya:

KM = W/F = Ik/Ib = 1

Keterangan:
KM = Keuntungan mekanik katrol
W = Berat benda (F)
F = Gaya kuasa (N)
lb = Lengan beban (m)
lk = Lengan kuasa (m)

Baca juga : Rumus Elastisitas Fisika Beserta Contoh Soalnya

Katrol Bergerak

Setelah membagikan pengertian dan rumus katrol tetap di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang katrol bergerak. Pengertian katrol bergerak ialah katrol yang memiliki tempat tetap untuk diikatkan pada salah satu ujungnya sehingga dengan menggunakan gaya tertentu dapat menarik ujung lainnya ke atas. Kemudian poros katrolnya digunakan untuk menggantung benda sehingga dapat diangkat meski beban totalnya besar. Beban total ialah penambahan berat katrol dengan berat dari beban bendanya. Kita dapat menemukan contoh katrol bergerak ini di pabrik besar untuk menarik barang atau peti. Berikut gambar katrol bergerak yaitu:

Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian
Ilustrasi Katrol Bergerak

Katrol bergerak memiliki lengan kuasa yang berupa diameter katrol (jarak A ke B) dan lengan beban (lb) berupa jarak O ke B. Katrol bergerak ini memiliki keuntungan mekanis yang berupa lk (diameter) = 2 lb (jari jari) sehingga lk/lb = 2/1 = 2. Dengan begitu keuntungan mekanis katrol bergerak ialah 2. Apabila benda yang digantungkan memiliki berat 90 N, maka gaya pada katrol bergerak untuk mengangkat benda tersebut ialah 45 N. Untuk menghitung katrol bergerak ini dapat dilakukan dengan rumus di bawah ini:

Rumus Katrol Bergerak

W/F = 2 atau F = 1/2 W
KM = Ik/Ib

Keterangan:
KM = Keuntungan mekanik katrol
W = Berat benda (F)
F = Gaya kuasa (N)
lb = Lengan beban (m)
lk = Lengan kuasa (m)

Katrol Majemuk

Pengertian katrol majemuk ialah gabungan dari katrol bergerak dengan katrol tetap. Katrol majemuk ini memiliki prinsip yaitu titik poros pada katrol bergerak tersebut diberikan beban, kemudian dikaitkan dengan beberapa katrol bergerak lainnya. Setelah itu dihubungkan lagi dengan katrol tetap.

Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian
Ilustrasi Katrol Majemuk

Demikianlah penjelasan rumus katrol tetap, bergerak, dan majemuk beserta pengertian katrol. Secara umum katrol dapat diartikan sebagai cakram pejal atau roda yang perputarannya ada diporosnya dan melalui suatu tali atau rantai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *