Contoh Alat Musik Pukul Bernada dan Tidak Bernada

Diposting pada

Contoh Alat Musik Pukul Bernada dan Tidak Bernada – Dalam masyarakat pasti kita sering mendengar musik yang mengiringi suatu lagu. Alunan musik yang didengar tersebut sebenarnya dapat menambah semangat. Asal dari suara musik ini ialah dari permainan alat musik. Permainan alat musik memang terdiri dari beberapa cara yang berbeda beda seperti alat musik tiup, alat musik petik, alat musik pukul dan alat musik gesek. Salah satu jenis alat musik yang sering dimainkan ialah alat musik pukul. Jenis jenis alat musik pukul pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti alat musik pukul bernada dan alat musik pukul tidak bernada. 

Apa yang dimaksud alat musik pukul? Apa saja jenis jenis alat musik pukul? Apa saja contoh alat musik pukul? Pengertian alat musik pukul ialah alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipukul. Alat ini dalam bahasa musik dapat dinamakan dengan perkusi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa alat musik pukul dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti alat musik pukul bernada dan alat musik pukul tidak bernada. Kedua macam alat musik ini memiliki karakteristik yang berbeda beda.

Contoh Alat Musik Pukul Bernada dan Tidak Bernada
Macam Macam Alat Musik Pukul

Alat musik pukul bernada dan tidak bernada memiliki definisi yang berbeda beda. Bernada yang dimaksud ialah alat musik yang menghasilkan atau mengeluarkan nada ketika dimainkan dengan cara dipukul. Sedangkan tidak bernada maknanya yaitu ketika dimainkan dengan cara dipukul, maka hanya menghasilkan bunyi tertentu saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh alat musik pukul bernada dan tidak bernada. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Alat Musik Pukul Bernada dan Tidak Bernada

Pengertian alat musik secara umum ialah alunan musik yang dihasilkan dari penciptaan suatu instrumen. Dengan kata lain alat musik ini digunakan oleh seorang musisi untuk mengolah dan mengatur sesuatu sehingga dapat menghasilkan alunan musik. Berdasarkan cara memainkannya, alat musik dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah alat musik pukul.

Baca juga : Pengertian Gambar Ilustrasi, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pengertian alat musik pukul ialah jenis alat musik yang menghasilkan alunan musik dengan cara dipukul. Jenis jenis alat musik pukul ini memang terdiri dari alat musik pukul bernada dan alat musik pukul tidak bernada. Setiap macam alat musik pukul memiliki contoh yang berbeda beda. Adapun contoh alat musik pukul bernada dan tidak bernada yaitu sebagai berikut:

Alat Musik Pukul Bernada

Definisi alat musik pukul bernada ialah alat musik yang permainannya dengan cara dipukul, dimana bunyi yang diciptakan dari alat musik ini mempunyai frekuensi tunggal tertentu dan teratur. Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari alat musik pukul bernada yaitu sebagai berikut:

Kolintang

Pengertian alat musik kolintang ialah alat musik dari Minahasa Sulawesi Utara yang dimainkan dengan cara dipukul. Kolintang merupakan alat musik perkusi yang berasal dari kayu. Kayu yang digunakan untuk membuat kolintang biasanya ialah kayu lokal yang kuat tetapi ringan seperti kayu waru, kayu wenuang, kayu telur dan kayu cempaka.

Perangkat Gamelan

Jenis alat musik pukul bernada selanjutnya ialah perangkat gamelan. Biasanya alat musik ini menonjolkan gendang, demung, peking, gambang, saron, dan gong. Cara memainkan semua alat musik ini dilakukan dengan memukulnya. Gamelan ialah satu kesatuan alat musik yang permainannya secara berdampingan untuk menjadi sebuah bunyi. Menurut bahasa Jawa, gamelan berasal dari kata “Gamel” dengan makna menabuh atau memukul.

Calung

Contoh alat musik pukul bernada selanjutnya ialah calung. Perkembangan alat musik calung ada di daerah Banyumas. Pembuatan calung biasanya berasal dari bambu. Calung dapat dimainkan dengan cara dipukul pada susunan bagian ruas bambu menurut tangga nadanya. Calung menggunakan bambu jenis bambu ater berwarna hijau (awi temen) atau bambu hitam (awi wulung).

Xylophone

Jenis alat musik perkusi selanjutnya ialah Xylophone. Asal Xylophone ialah dari kategori Slokavia. Menurut Bahasa Yunani, istilah Xylophone berasal dari kata Xylo dengan makna katu dan kata Phone bermakna suara. Xylophone memiliki berbagai ukuran yang disusun dari kayu. Cara memainkan alat musik tersebut dilakukan dengan cara dipukul agar suara dapat dihasilkan. Alat pemukul Xylophone dapat dinamakan dengan malet yang berasal dari karet, kayu atau plastik. 

Baca juga : Pengertian Tangga Nada, Jenis dan Contohnya Lengkap

Vibraphone

Jenis alat musik pukul bernada selanjutnya ialah Vibraphone. Vibraphone dapat dinamakan dengan Vibes atau Vibraharp. Vibraphone memiliki bentuk yang hampir sama dengan xylophone. Pembuatan alat musik vribraphone biasanya berasal dari batang alumunium dan mempunyai pedal seperti piano.

Bellyra

Contoh alat musik pukul bernada selanjutnya ialah bellyra. Bellyra ialah alat musik yang terdapat pada melodi drum band. Alat musik ini berasal dari beberapa bilah logam yang menghasilkan beberapa nadanya sendiri di masing masing logamnya. Bellyra berfungsi untuk memainkan nada melodi di drum band sehingga lagu yang dibawakan dapat diketahui oleh para penontonnya.

Glockenspiel

Jenis alat musik perkusi selanjutnya ialah Glockenspiel. Glockenspiel memiliki satu set kunci pada mode keyboard piano yang tersusun teratur. Alat musik ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan gambang. Akan tetapi pembuatan Glockenspiel berasal dari logam, sedangkan gambang berasal dari batang kayu.

Alat Musik Pukul Tidak Bernada

Jenis jenis alat musik pukul selanjutnya ialah alat musik tidak bernada. Jenis alat musik tersebut dapat dinamakan dengan alat musik ritmis. Kegunaan alat musik pukul tidak bernada ialah untuk membuat irama lagu menjadi lebih teratur. Cara memainkan alat musik tidak bernada tersebut dapat dilakukan dengan memukulnya menggunakan tangan atau alat. Adapun beberapa contoh alat musik pukul tidak bernada yaitu sebagai berikut:

Rebana

Jenis alat musik ritmis yang pertama ialah rebana. Rebana memiliki bentuk yang pipih dan bundar seperti gendang. Bingkai yang dimiliki rebana tersebut membentuk lingkaran dengan bahan dari kayu. Setelah itu bagian tengah rebana memiliki bahan dasar dari kulit kambing. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara memukul menggunakan telapak tangan.

Ketipung

Jenis alat musik pukul tidak bernada selanjutnya ialah ketipung. Alat musik ini mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan gendang, meskipun bentuknya hampir sama. Ketipung berasal dari kayu bubut dengan lubang dibagian tengahnya yang berukuran 20 – 40 cm. Hasil permainan ketipung biasanya bernuansa musik melayu, musik keroncong dan musik dangdut. 

Tamborin

Contoh alat musik pukul tidak bernada selanjutnya ialah tamborin. Tamborin berguna untuk mengiringi irama lagu yang bernuansa riang. Bentuk tamborin sendiri ialah lingkaran dengan bulatan logam tipis di masing masing sisinya karena pemasangannya rangkap. Selain itu tamborin juga disertai dengan bahan kulit.

Simbal

Jenis alat musik ritmis selanjutnya ialah simbal. Sejak zaman kuno, simbal telah dimainkan oleh para leluhur kita. Simbal populer dikalangan masyarakat karena suara yang dihasilkan bagus karena asal alat musik ini memang dari Turki. Simbal dibuat dengan menggunakan campuran rahasia dan campuran logam.

Timpani

Jenis alat musik tidak bernada selanjutnya ialah timpani. Timpani dapat dinamakan dengan Kettledrum. Timpani berasal dari kulit yang dibentangkan pada tembaga menyerupai mangkok besar. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan timpani mallet atau stik timpani pada bagian kulitnya.

Triangle

Contoh alat musik pukul tidak bernada selanjutnya ialah triangle. Bentuk triangle ialah segitiga dengan musik yang dihasilkan tidak bernada. Triangle mempunyai irama bunyi yang dimainkan agar lagu lagu dapat diiringi. Bahan pembuat triangle pada umumnya akan mempengaruhi hasil tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan. Triangle dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik berbahan dasar logam.

Sekian penjelasan mengenai contoh alat musik pukul bernada dan tidak bernada. Pengertian alat musik pukul ialah jenis alat musik yang menghasilkan alunan musik dengan cara dipukul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *