Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan

Diposting pada

Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan – Apa yang dimaksud gelombang mekanik? Ketika di bangku sekolah para siswa diajarkan mengenai materi gelombang mekanik dalam ilmu Fisika. Gelombang mekanik adalah sebutan untuk jenis ombang yang merambat menggunakan medium tertentu. Perantara tersebut berfungsi untuk menyalurkan energi melalui proses cepat rambat gelombang. Jenis gelombang ini dapat kita temui dalam kehidupan sehari hari. Adapun contoh gelombang mekanik tersebut salah satunya yaitu suara. Energi gelombang suara dapat disalurkan dengan melalui udara atau medium lainnya untuk dapat merambat .

Gelombang suara yang tidak menggunakan medium udara atau medium perambatan lainnya pasti tidak dapat merambat. Maka dari itu suara astronot diluar angkasa tidak terdengar dan bahkan tidak bisa berbicara, jika tidak ada alat bantu komunikasi elektronik yang digunakan. Untuk menyelesaikan contoh soal gelombang mekanik sendiri pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Rumus ini nantinya dapat memudahkan anda dalam melakukan perhitungan. Bagaimana rumus gelombang mekanik itu? Bagaimana cara menghitung gelombang mekanik?

Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan
Gelombang Mekanik

Pada umumnya gelombang mekanik tidak hanya berupa suara saja, namun adapula contoh lainnya yaitu ombak dimana media rambatnya berupa air. Adapula contoh gelombang mekanik yang berupa fenomena tertentu dengan menggunakan media rambat daratan seperti gempa bumi dan ada juga gelombang pada tali yang juga bentuk gelombang mekanik. Gelombang gelombang ini dapat anda temukan disekeliling kita, baik secara sadar ataupun tidak. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal gelombang mekanik beserta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan

Pengertian gelombang secara umum ialah getaran yang melakukan perambatan. Saat tali ataupun air diberikan getaran awal, maka akan terjadi perambatan getaran. Rambatan inilah yang disebut dengan gelombang. Selain itu adapula yang mendefinisikan gelombang sebagai perambatan getaran menggunakan ruang hampa atau media penghantar energi. 

Baca juga : Contoh Soal Listrik Arus Searah Beserta Pembahasannya

Dalam pembelajaran Fisika memang terdapat pembahasan mengenai materi gelombang mekanik. Dalam ini terdapaat pembahasan apa saja terkait gelombang mekanik tersebut. Dalam gelombang ini terdapat penjelasan mengenai gelombang transversal, gelombang longitudinal, hukum melde atau gelombang pada dawai dan sebagainya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal gelombang mekanik beserta pembahasan yaitu sebagai berikut:

1. Gelombang yang dipindahkan dari gerakan gelombang dari tempat yang satu ke tempat lainnya ialah . . .
a. Energi
b. Panjang gelombang
c. Massa
d. Amplitudo
Jawaban : A

2. Apabila gelombang terdapat di celah sempit, maka akan terjadi . . .
a. Refraksi
b. Difraksi
c. Polarisasi
d. Refreksi
Jawaban : B
Pembahasan :
Refraksi ialah pembiasan
Difraksi ialah pembelokan atau pelenturan ketika celah sempit dikenai
Polarisasi ialah pengkutuban
Refreksi ialah pemantulan
Interfensi ialah perpaduan atau penggabungan gelombang

3. Sudut yang datang pada pembiasan gelombang dari daerah dangkal yang semakin kecil menuju daerah dalam akan menyebabkan . . .
a. Tetap sudut biasnya
b. Sudut biasnya semakin besar
c. Indeks bias menjadi dasar dari sudut bias
d. Sudut biasnya semakin kecil
Jawaban : C
Pembahasan Contoh Soal Gelombang Mekanik :
Hal ini tercaantum dalam hukum Snellius mengenai pembiasan

Baca juga : Contoh Soal Katrol Beserta Pembahasan Lengkap

4. Terjadinya gelombang stasioner apabila arah dua gelombang yang menjalar tersebut berlawanan, namun memiliki ketentuan yaitu . . .
a. Memiliki persamaan frekuensi dan amplitudo
b. Memiliki frekuensi dan amplitudo yang berbeda
c. Memiliki persamaan amplitudo
d. Memiliki fase yang sama
Jawaban : D
Pembahasan :
Interferensi maksimum akan dihasilkan apabila fasenya sama, namun terjadi simpul atau saling melemahkan apabila fase tidak sama berupa perut (fase berbeda = 90º)

5. Dalam waktu 5 detik akan membentuk gelombang 55, maka hitunglah frekuensi gelombangnya?
a. 5 Hz
b. 11 Hz
c. 16 Hz
d. 21 Hz
Jawaban : B
Pembahasan Contoh Soal Gelombang Mekanik :
Untuk menyelesaikan contoh soal tersebut, kita dapat menggunakan rumus frekuensi gelombang seperti di bawah ini:
f = n / t = 55 / 5 = 11 Hz

6. Jarak rapatan dan renggangan pada gelombang longitudinal yang dihasilkan oleh suatu slinki ialah 8 cm. Apabila besar cepat rambat gelombangnya 4 m/s. Tentukan besar frekuensi gelombangnya?
a. 25 Hz
b. 17 Hz
c. 10 Hz
d. 5 Hz
Jawaban : A
Pembahasan :
λ = panjang 1 regangan + 1 rapatan
½ λ = 8
    λ = 16 cm = 16 x 10‾² m
Kemudian cepat rambat gelombangnya dapat dihitung menggunakan rumus di bawah ini:
v = λ . f
4 = 16 x 10‾² x f
f = 400/16
  = 25 Hz

7. Dalam fase yang sama terdapat dua titik berdekatan dengan jarak 9 cm serta memiliki besar periode gelombang 3 sekon. Maka dari itu cepat rambat gelombangnya memiliki besar . . .
a. 16 cm/s
b. 10 cm/s
c. 6 cm/s
d. 3 cm/s
Jawaban : D
Pembahasan Contoh Soal Gelombang Mekanik:
λ = jarak fase yang sama antara dua titik berdekatan
λ = 9 cm
T = 3 s
v = λ/T
   = 9/3
   = 3 cm/s

8. Gelombang transversal terbentuk dari penggetaran seutas tali di salah satu ujungnya yang cukup pnjang. Apabila dua bukit berdekatannya memiliki jarak 60 cm dan besar frekuensi sumber getarannya 12 Hz. Maka besar cepat rambat gelombang dalam tali ialah . . .
a. 0,5 m/s
b. 0,05 m/s
c. 5 m/s
d. 12 m/s
Jawaban : B
Pembahasan :
λ = 60 cm = 0,6 m
f = 12 Hz
v = λ . f
   = 0,6 . 10
   = 0,05 m/s

Demikianlah beberapa contoh soal gelombang mekanik beserta pembahasannya yang dapat saya bagikan. Gelombang mekanik merupakan sebuah gelombang yang merambat menggunakan medium tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *